Connect with us

Pelayanan Publik

Jumpa Ribuan Petani Di Pringsewu Lampung, Presiden Jokowi Disambut Meriah

Published

on

Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo Saat Bertemu Dengan Ribuan Petani Di Desa Pujodadi, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu, Lampung

Hanuang.com – Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo mendampingi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan para petani di Lampung di desa Pujodadi, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu, Sabtu (24/11) siang. Kegiatan yang berlokasi ditengah-tengah sawah tersebut dihadiri lebih dari 13000 petani se-Lampung.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Serikat Petani Indonesia (SPI) Lampung, Hendri Saragih menyatakan, semenjak kepamimpinan Presiden Jokowi dan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo kesejahteraan petani, khususnya di Lampung semakin meningkat.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya program-program bantuan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi yang sangat membantu para petani di Lampung.

Adapun selama pemerintahan Gubernur M.Ridho Ficardo telah banyak prestasi yang ditorehkan dibidang pertanian, diantaranya adalah Nilai Tukar Petani (NTP) Provinsi Lampung tertinggi Se-Sumatera.

Provinsi Lampung juga memperoleh penghargaan Pin Emas di Bidang pertanian dari pemerintah pusat sebagai provinsi penghasil pangan terbesar dan menjadi fokus pertanian pusat dalam sistem logistik nasional.

Sejak juni 2014, produksi padi menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung sebesar 3,32 juta ton gabah kering giling (GKG). Pada 2015, perlahan produksi padi naik menjadi 3,64 juta ton GKG atau naik 9,69%. Dan pada 2016 naik menjadi 4,35 juta ton atau naik 19,61%.

Kemudian untuk meningkatkan produksi kopi dan meningkatkan kesejahteraan petani kopi Lampung, Gubernur Ridho mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor: 046.2/2123/4.22/ 2018 tentang Penggunaan Produk Kopi Robusta Lampung. Dimana Gubernur Ridho mengintruksikan agar semua instansi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, perusahaan swasta (perhotelan, restoran, penyelenggaraan pertemuan, rapat dan lainnya) untuk menyajikan kopi robusta lampung.

Sementara itu Presiden Jokowi dalam sambutannya menyatakan bahwa masalah pertanian disemua provinsi itu sama, yakni masalah kekurangan air untuk pertanian. Dimana saat ini Indonesia hanya memiliki 231 bendungan dan waduk diseluruh Indonesia. Sangat jauh jika dibandingkan dengan negara lain.

“Kita itu hanya memiliki 231 bendungan dan waduk, sangat jauh jika dibandingkan dengan negara lain. Misalnya India yang memiliki kurang lebih 1500 bendung, atau Amerika yang memiliki 6100 bendungan dan waduk. Oleh karena itu menyediakan air untuk pertanian memang pekerjaan besar untuk kita semua,” papar Jokowi.

Masih menurut Jokowi, pemerintah pusat saat ini tengah membangun 65 bendungan dan waduk diseluruh Indonesia untuk membantu pasokan air bagi para petani. Jokowi juga mengingatkan kepada masyarakat Lampung untuk selalu menjaga kerukunan antar suku dan umat beragama. (*)

 2,611 total views,  4 views today

Luar Daerah

Jelang Natal & Tahun Baru, Provinsi Lampung Masuk Prioritas Keamanan Polri

Published

on

By

Keterangan Gambar : Gambar Diambil Dari Google

Hanuang.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak menggelar kegiatan konvoi kendaraan pada saat perayaan libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru_red).

Menurut Polri, kegiatan tersebut dapat berpotensi mengganggu ketertiban umum. Himbauan ini disampaikan Polri melalui Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono di Mabes Polri, Kamis, (12/12/19).

“Kalau itu menggangu ketertiban umum, lebih baik tidak. Nanti semua kita koordinasikan dengan Pemda dan kepolsian daerah,” kata Argo.

Ia juga menjelaskan bahwa sejauh ini pihaknya belum menerima informasi mengenai adanya rencana konvoi tersebut. Namun polisi akan berkordinasi dengan Pemerintahan Daerah setempat guna mengantisipasi kegiatan tersebut.

“Hingga saat ini di kota-kota lain belum mendapatkan (informasi) namun semua tetap termonitor dan diawasi oleh Polda untuk kegiatan akhir tahun ini,” paparnya.

Sebelumnya Agro juga menyatakan, jelang Natal dan Tahun Baru 2020, ada beberapa daerah yang menjadi prioritas keamanan seperti Jawa, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Papua dan Papua Barat. (*)

Sumber : https://kabarpolisi.com/berita-utama/polri-himbau-masyarakat-tidak-konvoi-kendaraan-saat-perayaan-nataru-2020.html

 21,706 total views,  35 views today

Continue Reading

Hukum

Jangan Khawatir Mudik Di Lampung, Tim Anti Begal Polres Lamsel Siap Melakukan Pengamanan

Published

on

By

(Tim Anti Begal Polres Lampung Selatan)

Hanuang.com – Jelang arus mudik 2019, Polres Lampung Selatan (Lamsel) kembali membentuk tim anti begal yang akan beroperasi di jalan lintas timur dan tengah di wilayah hukum Lamsel, Selasa, (21/05/19).

Diketahui bahwa Tim anti begal yang dibentuk oleh Polres Lamsel tersebut beranggotakan gabungan dari semua satuan yang ada di Polres Lamsel.

Kapolres Lamsel AKBP. Mohamad Syarhan, SIK, mengatakan bahwa tim anti begal dibentuk khusus untuk membuat para pemudik yang melintas di jalan lintas Timur dan Tengah Lamsel merasa aman dan nyaman.

IMG-20190521-WA0049-1024x768 Jangan Khawatir Mudik Di Lampung, Tim Anti Begal Polres Lamsel Siap Melakukan Pengamanan

“Kegiatan ini kita lakukan dalam rangka antisipasi gangguan kriminal arus mudik dan arus balik. Saya membentuk tim ini untuk di jalur lintas timur dan tengah,” kata Syarhan, (21/05/19).

Ia menerangkan, nantinya team anti begal yang sudah mulai beroperasi hari ini hingga akhir masa arus balik akan bekerja 24 jam mengamankan para pemudik dengan perlengkapan senjata lengkap.

IMG-20190521-WA0050-1024x768 Jangan Khawatir Mudik Di Lampung, Tim Anti Begal Polres Lamsel Siap Melakukan Pengamanan

“Ini (tim anti begal, red) akan bekerja 1 x 24 jam selama operasi ketupat berjalan dan memastikan jalur untuk mudik bebas dari tindak kriminalitas, teknisnya di lapangan nanti dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim, AKP. Tri Maradona dan Kasat Intel, IPTU Andi Nuraya” bebernya.

Tim anti begal juga tidak akan segan-segan melakukan tindakan yang tegas terukur (tembak ditempat_red) jika ada aksi kejahatan atau kriminal yang dirasa membahayakan pemudik maupun anggota kita sendiri.

“Apabila ada pelaku melalukan tindakan kejahatan petugas kepolisian tidak akan segan-segan melakukan tindakan tegas terukur. Kami akan memberikan keamanan dan kenyamanan sehingga pemudik bisa berkumpul dengan keluarga,” tutupnya. (Arya/Kur)

(Kapolres Lampung Selatan, AKBP. Mohamad Syarhan SIK Beserta Jajaran)

 40,072 total views,  40 views today

Continue Reading

Pelayanan Publik

Panglima TNI & Kapolri Tinjau Penanganan Pasca Bencana Banjir Bandang Di Sentani

Published

on

By

Hanuang.com – Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph. D, bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, tiba di Bandara Sentani Jayapura.

Kehadiran Panglima TNI dan Kapolri hari ini ke Jayapura dalam rangka melaksananakan peninjauan penanganan pasca bencana alam banjir bandang di Sentani Jayapura, Sabtu, (23/03/19).

Setibanya di Jayapura, Kapolri dan Panglima TNI beserta rombongan transit dan menerima Paparan perkembangan penanganan pasca bencana banjir bandang sentani yang disampaikan Oleh Danrem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Parluhutan Sianipar.

IMG-20190323-WA0035-1024x682 Panglima TNI & Kapolri Tinjau Penanganan Pasca Bencana Banjir Bandang Di Sentani

Dalam paparannya, Danrem menyampaikan penanganan bencana banjir bandang dan tanah longsor ini sudah berlangsung dan sudah didirikan posko inti terpadu terbagi menjadi satgas-satgas yang melibatkan semua unsur terkait sehingga komunikasi dapat berjalan dengan baik dan mempermudah dalam proses evakuasi dan penyerahan bantuan serta proses recovery.

Dalam kesempatan tersebut Kapolri menyampaikan apresiasi atas penanganan bencana alam banjir bandang ini dengan didirikannya Posko Terpadu yang terdiri dari beberapa Satgas.

Kapolri menambahkan agar dalam proses perawatan Korban Luka Berat seperti patah tulang agar ditangani di Rumah Sakit besar seperti dibawa Ke Jakarta agar penanganannya cepat dan baik.

IMG-20190323-WA0085-1024x866 Panglima TNI & Kapolri Tinjau Penanganan Pasca Bencana Banjir Bandang Di Sentani

Setelah kegiatan di VIP Room Bandara Sentani selesai, Kapolri beserta rombongan bergeser menuju Mako Yonif Raider 751. Kapolri dan Panglima beserta rombongan kemudian melaksanakan peninjauan ke asrama Mako Yonif Raider 751 yang terkenan dampak banjir bandang yang cukup parah.

Selain melaksanakan peninjauan, Panglima TNI dan Kapolri menyampaikan apresiasi kepada anggota TNI dan Polri yang atas semangat dan dedikasi dalam menolong dan mengevakuasi korban bencana banjir bandang.

Selain itu Kapolri juga memberikan bantuan langsung yang diterima oleh Danyon Raider 751. Selesai meninjau Mako Yonif Raider 751, Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan melaksanakan peninjauan di Asrama TNI AU yang berada di komplek Mako Lanud Silas Papare.

IMG-20190323-WA0073-1024x682 Panglima TNI & Kapolri Tinjau Penanganan Pasca Bencana Banjir Bandang Di Sentani

Panglima TNI dan Kapolri disambut langsung oleh Danlanud Silas Papare Marsma TNI Ir.Tri Bowo Budi Santoso, M.M, M.Tr.(Han). Danlanud menyampaikan beberapa bangunan asrama dan Mess personel banyak yang mengalami rusak berat sehingga diperlukan percepatan perbaikan dan pembangunan agar anggota dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Peninjauan di asrama Mako Lanud Silas Papare diakhiri dengan penyerahan bantuan langsung yang diserahkan oleh Kapolri dan diterima oleh Danlanud Silas Papare.

Kegiatan selanjutnya Kapolri dan Panglima TNI menuju Komplek DPRD jayapura dan meninjau posko trauma healing anak anak korban bencana banjir bandang.

IMG-20190323-WA0038-1024x682 Panglima TNI & Kapolri Tinjau Penanganan Pasca Bencana Banjir Bandang Di Sentani

Kapolri dan Panglima TNI disambut hangat nyanyian dari anak anak Korban Bencana Banjir Bandang. Kapolri dan Panglima TNI melaksanakan dialog serta memberikan semangat dan motivasi kepada para anak anak yang menjadi korban bencana.

“Siapa yang mau jadi tentara?, siapa yang ingin menjadi Pilot?” Tanya Panglima TNI.

Kemudian seluruh anak-anak menjawab dengan gembira dan mengacungkan tangan. Selain itu Kapolri juga memberikan pesan kepada anak-anak korban bencana banjir bandang agar tetap semangat karena pemerintah akan segera memperbaiki gedung sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan baik.

IMG-20190323-WA0088-1-1024x682 Panglima TNI & Kapolri Tinjau Penanganan Pasca Bencana Banjir Bandang Di Sentani

Kegiatan diakhiri dengan peninjauan Posko Kesehatan dan Posko Induk Penanggulangan bencana banjir bandang. Selesai meninjau Posko Induk, Kapolri dan Panglima TNI memberikan bantuan secara simbolis kepada Bupati dan Wakil Bupati Jayapura untuk para Korban Bencana Banjir di Sentani Jayapura.

Acara ditutup dengan Doorstop, Dalam doorstop ini Panglima TNI menyampaikan kehadiran Kapolri dan Panglima TNI meninjau penanganan pasca bencana banjir bandang memastikan bahwa pemerintah hadir serta proses evakuasi dan proses perbaikan dapat berjalan dengan lancar dan cepat.

IMG-20190323-WA0089-1024x887 Panglima TNI & Kapolri Tinjau Penanganan Pasca Bencana Banjir Bandang Di Sentani

Dalam kunjungan ini Panglima TNI didampingi oleh Asops Panglima, Aslog Panglima, Aster Panglima dan Kapuskes TNI. Sedangkan Kapolri didampingi oleh Dankor Brimob Polri, Kapusdokkes Polri, Karo Provost Div Propam Polri dan Kabag Penum Div Humas Polri.

Turut Hadir dalam kegiatan peninjauan Gubernur Papua, Pangdam Cendrawasih, Kapolda Papua, Pangkoops AU III, Pangkoarmada III, Danlantamal X, Danlanud Silas Papare, Ketua FKUB Papua dan Bupat serta Walikota Jayapura. (Arya)

 14,915 total views,  35 views today

Continue Reading

Trending Topic