Connect with us

Lampung Selatan

Ini Penjelasan Ketua DPRD Lamsel, Terkait Tatib Pilwabup Yang Disetujui 8 Fraksi

Published

on

Hanuang.com – DPRD Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), menyetujui Rancangan Tata Tertib (Rantatib) menjadi Tata Tertib (Tatib) Dewan, dalam rapat Paripurna Internal, yang digelar di gedung DPRD setempat, Senin, (15/10/18).

Delapan Fraksi tersebit yaitu, Fraksi PDIP, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi PKS, Fraksi Golkar, dan terakhir Fraksi Nasdem & PKB Hanura.

Menurut Ketua DPRD Lamsel, Hendry Rosyadi, SH. MH, menjelaskan isi Tatib secara garis besar yakni se-Indonesia didesak diamanatkan untuk mengubah Tatib deadlinenya tanggal 15 Oktober 2018 dan itu memuat sesuai PP Nomor 12 tahun 2018 itu ada tambahan DPRD bisa memilih Bupati dan Wakil Bupati yang masa jabatannya diatas 18 bulan karena berhalangan tetap, meninggal dunia dan tersangkut Pidana, itu dan harus dimasukan dan itu satu kesatuan dalam Tatib tidak adalagi Pansus-pansus Pemilihan.

“Kebetulan ditempat kita ada kondisi seperti ini, jika kasus Pak Bupati (Zainudin Hasan_red) Inkrah, setelah itu Plt. Bupati Lamsel didefenitifkan maka ada kekosongan Wakil Bupati dan itu sudah mengacu pada Tatib saat ini yakni kekosongan 18 bulan” ungkapnya yang dikutip dari laman www.lnews.co.

Dijelaskannya bahwa didalam tatib tersebut terdapat teknis pemilihan, menyangkut semua hak dan kewajiban, Hak Kourum, Rapat, Usulan Partai, Pemilihan Sistem One Man One Vote, yang mana parpol pengusung atau gabungan parpol pengusung mengusulkan dua nama dipilih DPRD.

“Tatib itu nantinya kita minta diverifikasi dulu di Propinsi kemudian diverifikasi juga oleh Mendagri, nanti kalau sudah selesai baru menjadi Tatib, kalau urusan Bupati dan Wakil Bupatikan kita masih nunggu inkrah dulu, kemudian jika sudah inkrah, DPRD menyurati Gubernur paling lambat enam bulan setelah inkrah” jelasnya. (Arya)

 2,287 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Satuan Sabhara Polres Lamsel Gelar Ops Yustisi Penegakan Prokes

Published

on

By

Hanuang.com, KALIANDA – Satuan Sabhara Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan (Lamsel) melaksanakan Giat Ops Yustisi, Selasa malam (26/1/2021).

Sekira pukul 21.21 WIB, personil Sat Sabhara
melaksankan giat ops yustisi di wilayah hukum Kabupaten Lampung Selatan.

Mewakili Kapolres Lamsel AKBP Zaky Alkazar Nasution, Kasat Sabhara Iptu Feriyantoni menyebut giat ops yustisi guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui penegakan protokol kesehatan (prokes).

“Untuk lokasi giat ops yustisi yakni warung yang terletak di sekitar GOR Way Handak, Kelurahan Way Lubuk, Kecamatan Kalianda,” cetus Iptu Feriyantoni, Rabu (27/1/2021).

Iptu Feriyantoni melanjutkan, giat ops yustisi dilaksanakan dengan mengedepankan pendekatan humanisme kepada para pelanggar prokes yang terjaring operasi.

“Dalam giat ops kali ini, petugas mendapati 10 orang yang melanggar protokol kesehatan,” jelas Iptu Feriyantoni.

Kasat Sabhara menambahkan sejumlah sepuluh orang pelanggar prokes diberikan tindakan sanksi berupa teguran lisan enam orang dan sanksi sikap hormat empat orang.

“Dihimbau kepada warga masyarakat, untuk selalu mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19, khususnya di Kabupaten Lampung Selatan, ” pungkas Iptu Feriyantoni. (*)

 338 total views,  338 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Bersama Tim Gugas, Babinsa di Lamsel Tindak Pelanggar Prokes Covid-19

Published

on

By

Hanuang.com – Babinsa Koramil 421-7/Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), bersama Tim Gugus tugas, melakukan penegakan protokol kesehatan (Prokes) Covid -19 dan memberikan masker kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Candipuro.

Sasaran dalam operasi Gakplin kali ini, kepada warga yang ada di Pasar Candipuro dan beberapa ruas jalan yang ada di Kecamatan Candipuro.

Peltu Heriudin kepada media mengatakan, bahwa dalam rangka menekan penyebaran covid-19, pihaknya bersama Tim Gabungan dari Pemkab Lampung Selatan, bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Candipuro melakukan penegakan disiplin (Gakplin) Covid-19 dan pemberian masker kepada masyarakat.

“Diharapkan dengan dilakukannya operasi Gakpil ini, dapat mencegah dan menekan terjadinya penularan covid-19 diwilayah ini, tuturnya, Rabu (27/01/2021).

Hadir dalam kegiatan Gakplin Prokes Covid-19 dan pembagian masker kepada warga masyarakat tersebut, Camat Candipuro Wasidi SE, Kapolsek Candipuro, AKP Azuan, KUPT Puskesmas Candipuro, Ahmad Sholatan, Babinsa Koramil 0421-07/Sidomulyo, Peltu Heriudin, Satpol PP Candipuro, Pramuka Saka Bhakti Husada. (*)

 349 total views,  349 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Presiden Jokowi Resmi Melantik Komjen Listyo Sebagai Kapolri

Published

on

By

Hanuang.com – Presiden Joko Widodo pada Rabu, 27 Januari 2021, melantik dan mengambil sumpah jabatan Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Acara pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pelantikan Listyo Sigit dilakukan dengan berlandaskan pada Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 5/POLRI Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta pada tanggal 25 Januari 2021.

“Saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan.

Listyo Sigit Prabowo lahir di Ambon, 5 Mei 1969. Ia merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Sebelum dilantik sebagai Kapolri, yang bersangkutan menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri sejak 6 Desember 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Listyo turut mendapat kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi Polri berdasarkan Keppres Nomor 7/POLRI Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta pada 27 Januari 2021. Melalui Keppres tersebut, Listyo memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal Polisi. Selanjutnya, Listyo akan langsung bertugas sebagai Kapolri untuk menggantikan Kapolri sebelumnya, Jenderal Pol. Idham Azis, yang memasuki masa pensiun.

Memberikan keterangan selepas acara pelantikan, Kapolri ke-25 tersebut menyampaikan komitmennya untuk menjawab harapan masyarakat terhadap Polri dan melakukan transformasi di tubuh Polri dalam berbagai bidang untuk menjadikan Polri yang lebih baik ke depannya.

“Kami berangkat dari potret Polri di mata masyarakat dan apa yang menjadi harapan masyarakat terhadap Polri, yakni bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis, bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, dan bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan. Ini tentunya menjadi tugas kami ke depan,” ucapnya.

Acara pelantikan tersebut diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk kemudian diikuti para tamu undangan terbatas.

Hadir sebagai saksi yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md. dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Selain itu, turut hadir secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan di antaranya ialah Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidanan Moeldoko, Ketua KPK Firli Bahuri, Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, dan Kapolri ke-24 Jenderal Pol. Idham Azis. (BPMI Setpres)

 342 total views,  342 views today

Continue Reading

Trending Topic