Connect with us

Lampung Selatan

Fredy Buka Sosialisasi & Penyampaian Hasil Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik

Published

on

Hanuang.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Ir. Fredy SM, MM, membuka sosialisasi sekaligus penyampaian hasil penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan sesuai dengan Undang-Undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik tahun 2018.

Acara yang digelar di Aula Sebuku, Rumah Dinas Bupati Lamsel, dihadiri Kepala Ombudsaman RI Perwakilan Lampung Nur Rakhman Yusuf, para Kepala OPD terkait pelayanan, para Camat, Kepala Puskesmas, serta Lurah dilingkup Pemkab setempat.

Kepala Bagian Organisasi Pemkab Lamsel, Puji Sukamto menjelaskan, dilaksanakannya kegiatan itu, bertujuan agar para peserta dapat mengerti, memahami, mengaplikasikan, serta meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Sehingga terwujud sistem penyelenggaraan publik yang real bagi masyarakat serta terpenuhinya penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan Undang-Undang nomor 25 tahun 2009,” kata Puji dalam laporannya, Senin (17/12/2018).

Sementara itu, berdasarkan survey kepatuhan yang dilakukan secara mandiri oleh Ombudsman, Kabupaten Lamsel memperoleh nilai 86,92. Dengan demikian, Kabupaten Lamsel masuk zona hijau untuk penilaian pelayanan publik tahun 2018.

“Kami dari Ombudsman menyampaikan apresiasi kepada Lampung Selatan yang masuk ke zona hijau atau tingkat Kepatuhan Tinggi,” ujar Kepala Ombudsaman RI Perwakilan Lampung Nur Rakhman Yusuf saat menyampaikan sambutannya.

Namun demikian katanya, penilaian zona hijau merupakan akumulasi dari penilaian OPD-OPD yang ada. Sebab, masih ada beberapa OPD yang belum masuk zona kuning.

“Jadi, ini tertolong oleh beberapa dinas yang memang sudah mendapatkan penilaian yang cukup tinggi. Sehingga di rata-rata bisa menaikan hasil penilaian di Kabupaten Lampung Selatan,” ungkapnya.

Dia berharap, apa yang sudah bagus tersebut agar bisa dipertahankan, dan jika perlu ditingkatkan, dan yang memang masih kurang dibeberapa dinas perlu ada upaya-upaya peningkatan pelayanan, sehingga standar pelayanannya bisa lebih baik lagi.

“Idealnya semuanya bisa mendapat nilai 100, paling tidak diatas rata-rata zona hijau. Karena dengan hasil yang didapat, saya yakin semua pasti bisa, tinggal bagaimana komitmen para Kepala OPD untuk memperbaiki standar pelayanannya,” ujarnya.

Sedangkan, Sekretaris Daerah Kabupaten Lamsel, Fredy menginstruksikan kepada OPD untuk lebih meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat, khususnya bagi OPD yang dinilai masih rendah.

“Ini tolong kepada OPD yang nilainya masih rendah untuk dilihat kembali, apa kelemahnnya, apakah memang tidak ada, atau mungkin kurang pelayanannya. Ini kedepan yang harus kita perbaiki,” pesan Fredy.

Selain itu, Fredy juga meminta seluruh OPD untuk memberikan pelayanan secara maksimal, serta menjadikan predikat yang diperoleh Kabupaten Lamsel, sebagai motivasi seluruh jajarannya untuk berbuat yang lebih baik lagi.

“Memang ini cukup membanggakan, namun disisi lain ini menjadi tantangan kita kedepan untuk mempertahankannya. Jangan sampai ada yang turun, kalau bisa lebih ditingkatkan,” pungkasnya. (Arya/Kmf)

 1,481 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Patut Ditiru, Kodim Lamsel Ajak Persit KCK Olahraga Bersama

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS Letkol Inf. Enrico SN, bersama anggota dan ibu – ibu persit Kartika Candra Kirana Cabang XXXIII, melakukan olahraga jalan santai disekitar wilayah Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel), Kamis (21/01/2021).

Kegiatan olahraga jalan santai yang diprakarsai Dandim 0421/LS, adalah untuk membiasakan semua personel dan ibu – ibu persit giat berolahraga, agar tubuh tetap bugar, dan stamina terjaga secara baik.

Selain itu dengan berolahraga jalan santai dapat meningkatkan imun tubuh, dimana kondisi sekarang ini ditengah pandemi COVID-19 kita semua dituntut untuk tetap sehat, salah satunya dengan melakukan giat berolahraga.

“Selaku pimpinan di Satuan Kodim, saya mengajak kepada seluruh personel jajaran perwira maupun anggota agar tetap meluangkan waktunya untuk berolahraga, dengan demikian kebugaran dan stamina tubuh kita tetap fit dan dapat menunjang untuk sehat” ungkapnya.

“Olahraga bersama ini juga , untuk memupuk rasa kebersamaan dan rasa persaudaraan antara pemimpin dengan yang dipimpin sehingga akan terciptanya sinergitas yang kuat dalam menjalankan semua tugas – tugas satuan kodim ini” pungkasnya. (*)

 11 total views,  11 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Bersama Forkopimda, Nanang Sambut Kedatangan Wakapolda Lampung di Bumi Khagom Mufakat

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menerima kunjungan silaturahmi Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Lampung, Brigjen Pol Drs. Subiyanto di rumah dinas bupati setempat, Rabu siang (20/1/2021).

Tiba di rumah dinas bupati, Wakapolda Lampung yang didampingi sejumlah Pejabat Tinggi Polda Lampung itu langsung disambut Bupati beserta jajaran Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten, Thamrin beserta jajaran.

Diketahui, kunjungan Wakpolda Lampung ke Lampung Selatan itu dalam agenda ramah tamah bersama anggota Forkopimda Lampung Selatan di Polres Lampung Selatan.

Momen kunjungan singkat itu dimanfaatkan Bupati Lampung Selatan untuk meningkatkan silaturahmi dengan menjamu makan siang bersama Wakapolda Lampung.

Nanang Ermanto juga sempat mengajak jenderal bintang satu itu untuk melihat keadaan kebun edukasi yang memang berada di belakang rumah dinas bupati setempat.

“Tidak ada agenda khusus. Kita jajaran Pemkab Lampung Selatan dan anggota Forkopimda hanya bersilaturahmi dengan Wakapolda,” ujar Nanang ditemui usai pertemuan itu.

Hanya saja kata Nanang, dalam pertemuan itu, Wakapolda Lampung meminta jajaran Pemkab Lampung Selatan dan jajaran Forkopimda Lampung Selatan untuk bersama-sama menekan laju penyebaran Covid-19 semakin meluas.

“Iya, tadi Wakapolda sempat membahas Covid-19. Kita diminta untuk turun dari mulai tingkat kabupaten hingga ke desa-desa untuk menekan penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Nanang mengatakan, salah upaya pihaknya untuk menekan penyebaran Covid-19 adalah dengan meningkatkan sosialisasi ke desa-desa hingga ke tingkat RT.

“Seluruh kepala desa juga sudah kita panggil untuk meningkatkan kembali tim gugus tugasnya. Selain itu kita juga terus mengedukasi masyarakat untuk disiplin menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan),” imbuh Nanang. (Aziz)

 1,758 total views,  432 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Awali 2021, DAPM Kecamatan Penengahan Berikan Santunan Kepada Rava

Published

on

By

Hanuang.com – Koperasi Mirba Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) berikan santunan terhadap warga Desa Gayam, Rava Alfarizi, Rabu, (20/01/21).

Diketahui bahwa Rava (8), menderita penyakit jaringan pembuluh darah mati akibat kecelakaan yang dialami, yang menyebabkan sebelah kakinya harus diamputasi.

Hal itu dibenarkan oleh Camat Penengahan, Erdiansyah, yang menyatakan bahwa hal itu merupakan bukti peduli oleh pihak DAPM.

“Ya Alhamdulillah bisa kita bantu, ini sesuai dengan petunjuk serta perintah pak Bupati Lamsel (Nanang Ermanto_red), agar para Camat cepat tanggap dan sigap dalam mengambil langkah untuk warga masyarakat yang membutuhkan” ujarnya.

“Adapun bantuan itu kita lakukan dengan menggalang dana sosial secara bergotong-royong” tambahnya.

Apa yang dilakukan oleh Kecamatan Penengahan menjadi contoh untuk kecamatan lainnya dalam menggelar bansos diawal tahun 2021.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun. Selain memberikan santunan kepada Rava, pihak DAPM Kecamatan Penengahan juga memberikan bantuan bedah rumah terhadap kepada warga Dusun Buring, Desa Sukabaru. (*)

 1,805 total views,  397 views today

Continue Reading

Trending Topic