Connect with us

Lampung Selatan

Warga Masih Ingin Bertahan, Kemungkinan Hunian Tetap Di Desa Kedaton Batal

Published

on

Hanuang.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto didampingi Sekretaris Daerah Fredy SM, mengunjungi warga Desa Way Muli Timur, Kecamatan Rajabasa yang berada di posko pengungsian, Jumat (4/1/2019).

Di posko itu, Nanang berdiskusi dan menampung keluhan dan harapan warganya. Salah satunya terkait usulan dari pemerintah untuk merelokasi para korban tsunami yang tak memiliki rumah lagi.

Seperti Muksin, salah seorang pengungsi ini mengungkapkan, banyak hal yang harus dipertaruhkan jika dirinya harus pindah dari Desa Way Muli. Mengingat katanya, banyak penduduk desa itu yang mencari nafkah sebagai nelayan.

“Itinya, kami ingin tetap bertahan disini (Way Muli). Mohon diberikan tempat dimana (masih desa Way Muli), yang penting kami aman dari tsunami,” tutur Muksin dihadapan Plt. Bupati Lamsel.

Menanggapi hal itu, Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto merespon dengan baik keinginan warganya. Nanang mengatakan, pemerintah siap memfasilitasi dan membantu warga Desa Way Muli yang ingin tetap bertahan.

Sebelumnya, pemerintah sudah menyiapkan tanah seluas 6 hektare di Desa Kedaton, Kecamatan Kalianda, kemudian akan membelikan tanah di Desa Way Muli, namun dengan standar keamanan yang telah ditentukan.

“Nanti kita carikan dulu lahan yang cocok yang tidak longsor. Saat ini kami bangun dulu hunian sementara, setelah itu baru hunian tetap. Tapi hunian berdasarkan perda nomor 15 tahun 2015, mengatakan bahwa daerah kita ini rawan longsor dan sunami, jadi kita tidak gegabah,” ujar Nanang.

Lebih lanjut Nanang mengatakan, niat pemerintah untuk merelokasi para korban tsunami bukan tanpa alasan. Selain Kecamatan Rajabasa masuk kedalam kawasan rawan longsor, juga untuk meminimalisir korban jiwa apabila terjadi bencana.

“Kita berbicara membangun hari ini untuk 5 atau 10 tahun kedepan, kalau terjadi lagi longsor atau bencana, sama saja kita melakukan kesalahan kedua kalinya. Jika mereka (warga) ingin tetap disini kita bantu, tapi kalau memang mau di Kalianda pemerintah siap memfasilitasi,” kata Nanang. (Arya)

 2,500 total views,  10 views today

Lampung Selatan

Atasi Ekonomi Akibat COVID-19, Tim Polres Lamsel Bagikan Ratusan Sembako

Published

on

By

Hanuang.com – Polres Lampung Selatan (Lamsel) melakukan langkah preventif guna mengantisipasi dampak ekonomi masyarakat yang terjadi akibat mewabahnya Corona Virus Desease (Covid-19).

Dalam giat rersebut, Polres Lamsel membagi dalam 5 tim untuk turun ke masyarakat, Sabtu (4/4/2020). Langkah-langkahnya yakni memperhatikan kesehatan masyarakat dan memberikan paket sembako.

Kapolres Lamsel AKBP Edi Purnomo, SH, SIK, MM mengatakan, dalam giatnya tersebut menyasar sejumlah kelompok masyarakat. Diantaranya, 9 komunitas ojek, 1 kelompok buruh dan 3 kelompok pedagang kaki lima.

“Selain sejumlah kelompok masyarakat, kita juga mengunjungi beberapa kelompok fakir miskin, pegawai honorer dan marbot masjid,” terangnya kepada wartawan.

Ia mengatakan, dalam giat ini pihaknya membagikan paket sembako sekitar 150 paket. Isinya adalah, beras, gula, teh, kopi dan mie instan.

“Ini sebagai langkah mengantisipasi adanya pengaruh ekonomi akibat wabah Covid-19. Meski nilainya tidak seberapa, namun diharapkan dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat,” tukasnya. (Arya)

 1,121 total views,  489 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Antisipasi COVID-19, Kecamatan Tanjung Bintang Bertabur Sabun Antiseptik Perindo

Published

on

By

Hanuang.com – Pembagian sabun antiseptik yang dilakukan DPD Perindo Lampung Selatan (Lamsel) berlanjut ke Kecamatan Tanjung Bintang, Sabtu, (4/4/2020).

Aksi sosial yang dimotori oleh Ketua DPD Perindo Lamsel, Aribun Sayunis menyisir pasar Tanjung Bintang. Dilokasi itu, sekitar 5.000 sabun antiseptik yang dibagikan gratis kepada masyarakat.

Bersamaan dengan itu, Aribun juga membagikan stiker terkait langkah pencegahan penyebaran virus corona. Ia juga mengajak, agar masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat guna menangkal serangan virus berbahaya itu.

“Kita terus bergerilya membagikan sabun antiseptik kepada masyarakat. Agar, masyarakat dapat menjaga pola hidup bersih dan sehat,” kata Aribun disela-sela kegiatannya.

Aribun Sayunis mengungkapkan, pihaknya menerjunkan 3 armada untuk mengangkut sabun antiseptik yang akan dibagikan di Kecamatan Jati Agung hingga Tanjung Bintang.

“Ada armada Kartini Perindo, armada rescue dan UMKM Perindo Lamsel. Selain itu, tim Sahabat Aribun juga turut membantu membagikan sabun antiseptik kepada masyarakat,” ungkap Aribun disela-sela kegiatannya di Desa Margodadi.

Diketahui, aksi kemanusiaan dalam bentuk membagikan sabun antiseptik oleh Aribun Sayunis ini telah dilakukan di 14 Kecamatan di Lamsel.

“Sampai selesai di 17 kecamatan di Lamsel. Kita akan bagikan sabun antiseptik ini secara menyeluruh disetiap rumah warga,” pungkasnya. (Arya)

 1,095 total views,  469 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Di Bali Nuraga, Water Canon Polres Lamsel Semprotkan Disinfektan Disejumlah Pura

Published

on

By

Hanuang.com – Armada Water Canon (AWC) Polres Lampung Selatan (Lamsel) kembali diterjunkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Kali ini, giliran Desa Bali Nuraga, Kecamatan Way Panji, yang seraya dihujani cairan pembasmi virus tersebut.

Langkah pencegahan penyebaran virus korona (Covid-19) itu, dilakukan jajaran Polres Lamsel, bersama Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) Way Panji, Jum’at (3/4/2020) siang tadi.

Dalam kegiatan itu, turut hadir Camat Way Panji, Isro’Abdi, Kapolsek Sidomulyo, IPTU Edi Iskandar, S. Pd beserta Kanit Binmas, Ka SPK dan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sidomulyo.

Selain itu, nampak hadir juga Kasat Sabhara Polres Lamsel, IPTU Feriyantoni, SH, MH, Sekretaris BPBD Lamsel, Afendi, SE, Kades Bali Nuraga, Made Suwide, Tokoh Masyarakat, Mangku Gambar dan Putu Murah.

Kapolsek Sidomulyo, IPTU Edi Iskandar mendampingi Kapolres Lamsel AKBP Edi Purnomo, SH, SIK, MM mengungkapkan, kegiatan penyemprotan disinfektan itu menyisir seluruh wilayah di Desa Bali Nuraga, Way Panji.

”Sepanjang jalan Desa Sidoharjo sampai Desa Bali Nuraga, Way Panji. Kemudian Balai Desa, Pure dan SDN Desa Bali Nuraga,” ujarnya.

IPTU Edi juga mengatakan, selain AWC, Polres Lamsel juga menurunkan 1 unit mobil Penmas, guna menghimbau masyarakat terkait pencegahan yang harus dilakukan.

“Kita juga ingatkan kepada masyarakat Way Panji agar senantiasa mematuhi arahan dari pemerintah. Melakukan langkah pencegahan dan termasuk menghindari kerumunan orang,” tukasnya.

Berdasarkan pantauan, Piksel Sidomulyo mengawal kegiatan ini hingga selesai. Bahkan, mobil patroli juga selalu berada di paling depan untuk memandu penyemprotan disinfektan di Desa Bali Nuraga, Way Panji. (Arya)

 1,795 total views,  389 views today

Continue Reading

Trending Topic