Connect with us

Lampung Selatan

Hari Ini Kemenkumham RI Beri Bantuan Rp. 70 Juta, Kemarin MA RI Sebesar Rp. 150 Juta

Published

on

Kemenkumham RI Saat Memberikan Bantuan Untuk Korban Tsunami Lamsel Kepada Pemkab Sebesar Rp. 70 Juta

Hanuang.com – Bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda di Lampung Selatan terus mengalir dan berdatangan. Sejumlah bantuan tiba di posko penanggulangan darurat bencana tsunami Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

Hari ini, giliran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) RI Kantor Wilayah Lampung menyalurkan bantuan berupa uang dan kebutuhan dasar lainnya.

Bantuan itu, secara simbolis diserahkan Kepala Kantor Kemenkum HAM RI Wilayah Lampung, Bambang Haryono kepada Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamsel, Nanang Ermanto di posko logistik penanggulangan darurat bencana tsunami Kabupaten Lamsel, Jumat (4/1/2019).

Adapun bantuan yang diberikan yakni, uang tunai sebesar Rp. 70 juta, dengan rincian uang tunai sebesar Rp. 20 juta yang dibagi dalam 100 amplop masing-masing berisi sebesar Rp. 200 ribu, dan Rp. 50 juta secara langsung.

Selain itu juga memberikan 100 paket kebutahan dasar sehari-hari, 100 paket keperluan sekolah bagi siswa SD, 50 paket perlengkapan shalat wanita, 101 paket kasur lipat, 50 kg gula pasir, 745 kg beras, 70 dus mie instan, 21 dus air mineral, serta pakaian baik untuk wanita dan anak-anak.

FB_IMG_1546594922139-1024x665 Hari Ini Kemenkumham RI Beri Bantuan Rp. 70 Juta, Kemarin MA RI Sebesar Rp. 150 Juta
Mahkamah Agung RI Saat Memberikan Bantuan Untuk Korban Tsunami Kepada Pemkab Lamsel Sebesar Rp. 150 Juta

Sebelumnya, Keluarga besar Mahkamah Agung (MA) RI juga telah menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban tsunami di Lamsel, pada Rabu, (02/01/19). Bantuan yang diberikan itu berupa uang sebesar Rp. 150 juta.

Bantuan tersebut diserahkan Ketua Pengadilan Tinggi Tanjung Karang, Zaid Umar Bob Said serta Kepala Biro Hukum dan Humas MA RI, Abdullah dan diterima secara simbolis oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Supriyanto, Kepala BKD Lamsel, Akar Wibowo, dan Kepala BPBD Lamsel, I Ketut Sukerta.

Nampak hadir juga, Ketua PN Gunungsugih, Syamsul Arief, Ketua PN Kalianda, Mashuri Effendi, dan Hakim Tinggi PT Tanjungkarang Diah Sulastri Dewi.

Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Abdullah mengatakan bantuan kemanusiaan itu berasal dari keluarga besar MA RI dan jajaran organisasi di bawahnya yang terdiri dari IKAHI, IPASPI, dan Dharmayuktikarini.

Abdullah menambahkan, bantuan itu merupakan bukti kepedulian pihaknya terhadap bencana tsunami. Menurutnya, Mahkamah Agung di bawah kepemimpinan Ketua MA RI M Hatta Ali selalu cepat dan tanggap dalam memberi keadilan dan kepedulian kemanusiaan, termasuk bantuan kemanusiaan tersebut. (Arya/Kmf)

 1,605 total views,  4 views today

Lampung Selatan

Nanang Ermanto Resmikan Masjid Nurul Iman Karangsari

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto meresmikan Masjid Nurul Iman, di Desa Karangsari, Kecamatan Ketapang, Kamis (24/9/2020).

Dalam peresmian masjid tersebut, Nanang turut didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin beserta sejumlah pejabat utama dan Kepala OPD setempat.

Pada kesempatan itu, Nanang berharap kepada masyarakat sekitar untuk berbondong-bondong melaksanakan salat lima waktu di masjid.

Sebab menurutnya, masjid merupakan salah satu tempat bagi umat muslim untuk beribadah kepada Allah SWT dengan menjalankan kewajiban salat lima waktu.

“Mudah-mudah dengan adanya masjid ini semakin meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT,” ujar Nanang saat memberikan sambutan.

Nanang menambahkan, keberadaan masjid tersebut dapat pula dijadikan sebagai tempat silaturahmi dan media dakwah bagi kaum muslimin. Karena melalui masjid, umat Islam dapat melaksanakan berbagai kegiatan yang bersifat keagamaan.

“Harapannya dengan adanya masjid ini semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan umat. Dijaga dan dimakmurkan. Jangan hanya pengurus saja yang salat,” tukasnya.

Sementara, Nasirin selaku panitia penyelenggara kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, donatur, dan semua pihak yang ikut berpartisipasi memberikan dukungan dan bantuan untuk kelancaran pembangunan Masjid Nurul Iman.

“Mewakili panitia, kami sampaikan terima kasih kepada para donatur, khususnya warga Dusun 8 yang telah ikut berpartisapi dalam pembangunan Masjid Nurul Iman. Kami juga sampaikan terima kasih atas kehadiran pak bupati. Ini suatu penghargaan bagi kami,” tandasnya. (Aziz)

 201 total views,  201 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Mantab…!!! Pemkab Kembali Gelontorkan Bantuan Untuk UMKM di Lamsel

Published

on

By

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kembali menggulirkan bantuan stimulus kepada masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

Salah satunya adalah bantuan langsung tunai bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Bantuan sebesar Rp. 2 juta ini diterima para pelaku UMKM langsung ke rekening masing-masing melalui perbankan yang telah ditunjuk pemerintah.

Kali ini bantuan stimulus bagi pelaku UMKM diberikan Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto kepada 473 pelaku UMKM dari 9 kecamatan yang dibagi dua tempat.

Lokasi pertama bertempat di PAUD Aisyiyah Desa Sukabakti, Kecamatan Palas. Dilokasi ini Nanang menyerahkan secara simbolis bantuan stimulus kepada 264 pelaku UMKM dari Kecamatan Palas, Kalianda, Rajabasa, dan Way Panji.

Kemudian di lokasi kedua bertempat di Lapangan Futsal Desa Sukamarga, Kecamatan Sidomulyo. Di lokasi ini Nanang kembali menyerahkan secara simbolis bantuan stimulus kepada 209 pelaku UMKM dari Kecamatan Sidomulyo, Candipuro, Katibung, Way Sulan, dan Merbau Mataram.

Terkait bantuan tersebut, Nanang mengatakan, dana stimulus dari pemerintah tersebut untuk membantu pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19. Menurutnya, dana bantuan itu diperuntukan membantu modal pelaku UMKM guna mengiatkan perekonomian agar bangkit pada masa pandemi.

“Walaupun kecil, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk melanjutkan usaha masyarakat yang terdampak Covid-19. Semoga bisa digunakan dengan baik untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” ujar Nanang saat memberikan sambutan di Kecamatan Palas.

Selain bantuan dana stimulus, dikedua lokasi tersebut Nanang Ermanto juga menyerahkan bantuan beras untuk keluarga penerima manfaat program keluarga harapan. Bantuan beras sebanyak 15 kilogram ini diberikan kepada 53.998 KPM yang tersebar di 17 kecamatan.

Kemudian ada juga bantuan untuk renovasi rumah ibadah sebesar Rp. 5 juta. Bantuan ini dikucurkan bagi 260 rumah ibadah dari berbagai agama yang tersebar di 17 kecamatan. Total bantuan renovasi rumah ibadah ini mencapai Rp. 1,3 miliar.

Selanjutnya ada bantuan peralatan perpustakan berupa komputer berikut meja, printer, dan buku-buku bacaan untuk Kecamatan Kalianda dan Candipuro.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lampung Selatan, I Ketut Sukerta menyebut, total bantuan stimulus bagi pelaku UMKM di wilayahnya berjumlah 1.000 orang yang tersebar di 17 kecamatan.

Dia mengungkapkan, pelaksanaan bantuan tersebut berdasarkan Peraturan Bupati Lampung Selatan Nomor 27 Tahun 2020 tentang Pemberian Stimulus Permodalan bagi UMKM.

“Kegiatan ini bisa terlaksana berkat kebijakan pak bupati, H. Nanang Ermanto. Karena beliau begitu sangat perhatian dan peduli terhadap pelaku UMKM. Supaya roda perekonomian pelaku UMKM ini bisa berputar kembali,” kata Ketut dalam laporannya. (Aziz)

 209 total views,  209 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Rombongan Pengedar Sabu Di Jambi Berhasil Diringkus Ditresnarkoba

Published

on

By

Hanuang.com, Jambi – Ditresnarkoba Polda Jambi menangkap 5 tersangka pengedar shabu seberat 553, 133 gram berasal dari Tanjung Jabung barat/Tungkal, Selasa, (24/09/20).

Direktur Resnarkoba Polda Jambi, Kombes Pol Dewa Putu Gede Artha menuturkan bahwa shabu sebenarnya total keseluruhan 1 Kg, tetapi sebagian sudah diedarkan oleh tersangka di Muaro Jambi dan Bayung Lencir.

Lanjutnya, dari kelima tersangka itu ada pemesan, penyimpan dan kurir yang dimana tersangka di tangkap di mayang magurai Kecamatan Kota baru.

Selain itu pihaknya mengamankan Narkotika jenis Shabu, 7 unit HP android, 1 unit mobil Daihatsu Xenia warna abu-abu NO. POL B 1011 GKL, 1 buah tas belanja warna hijau, 1 buah timbangan, 1 buah dompet berisi uang Rp. 2.000.000, beberapa plastik kosong dan 1 buah pipet plastik, 1 buah potongan pipa pralon plastik

Identitas pelaku yaitu, MK 34 tahun laki-laki, SR 40 tahun laki-laki, HR 38 tahun laki-laki, BB 51 tahun laki-laki, RZ 42 tahun laki-laki.

Dalam kasus ini, mereka dijerat dengan pasal 114 AYAT 2 DAN ATAU PASAL 112 AYAT 2 JO PASAL 132 AYAT 1 UU NO. 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA DENGAN ANCAMAN PIDANA SEUMUR HIDUP. (*)

 500 total views,  500 views today

Continue Reading

Trending Topic