Connect with us

Lampung Selatan

Tunggakan PKB Capai Rp. 1,2 Triliun, Bapenda Lampung Sosialisasi & Verifikasi

Published

on

Hanuang.com – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung melalui UPTD Wilayah II Kantor Pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kalianda mengadakan sosialisasi pendataan dan verifikasi potensi Pajak Kendaraan Bemrotor (PKB) secara door to door di wilayah Kabupaten Lamppung Selatan.

Acara yang dilaksanakan di Aula Krakatau, Kantor Bupati Lampung Selatan itu, dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan Supriyanto, S.Sos, MM, pada Selasa (23/7/2018).

Turut hadir, Kepala UPTD Wilayah II Samsat Kalianda Agustami, M.Si, unsur dari Satlantas Polres Lampung Selatan, Jasa Raharja, camat, lurah/kepala desa, serta para petugas pemungut pajak dari Kecamatan Kalianda, Natar, dan Tanjung Bintang.

Mewakili Kepala Bapenda Provinsi Lampung, Agustami mengatakan, salah satu sumber utama Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Lampung adalah dari sektor pajak daerah, salah satu diantaranya adalah PKB yang merupakan penyumbang tertinggi penerimaan daerah.

Namun katanya, dalam kenyataannya belum semua potensi penerimaan PKB tergali secara optimal. Hal tersebut disebabkan masih banyaknya kendaraan bermotor yang menunggak membayar PKB dan dapat dihitung sebagai potensi PKB yang dapat ditagih.

Agustami menyebut, hingga 31 Desember 2018, terdapat potensi penerimaan PKB Provinsi Lampung dari tunggakan PKB sebesar Rp1,297 triliun dari 1.964.925 unit kendaraan bermotor yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Untuk kata dia, data potensi PKB tersebut perlu diverifikasi guna memastikan kendaraan bermotor tersebut benar-benar ada dan dapat dipungut pajaknya.

“Pemerintah Provinsi Lampung melalui Badan Pendapatan Daerah telah melakukan pendataan secara door to door dengan cara mendatangi langsung alamat wajib pajak untuk dilakukan pendataan dan verifikasi. Dan kemudian dilakukan pemilihan potensi pajak yang masih aktif dan menyisihkan data yang tidak dapat lagi dianggap sebagai potensi,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Bapenda Provinsi Lampung, kegiatan door to door di Kabupaten Lampung Selatan meliputi Kecamatan Kalianda, dengan potensi tunggakan sebanyak 10.691 unit, Kecamatan Natar sebanyak 15.178 unit, dan Kecamatan Tanjung Bintang 8.676 unit.

Agar perolehan tersebut dapat tercapai, Agustami menambahkan, diperlukan kerjasama dari pemerintah kabupaten/kota khususnya kepala daerah untuk dapat menugaskan aparatur pemerintahannya mulai dari tingkat desa/kelurahan sebagai koordinator pendataan dan aparatur di tingkat RT sebagai petugas pendataan di lapangan.

“Hal ini sebagai wujud komitmen kita untuk bersama-sama mendukung upaya optimalisasi penerimaan daerah. Karena, pada gilirannya manfaatnya akan kita rasakan bersama melalui mekanisme dana bagi hasil untuk pemerintah kab/kota sebagai salah satu sumber pembiayaan pembangunan di daerahnya,” terangnya.

Sementara, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lampung Selatan, Supriyanto berharap, melalui sosialisasi itu dapat memebrikan manfaat dan wawasan bagi para wajib pajak dalam membayar pajak, serta meminimalisir tunggakan.

Selain itu, dia juga berharap, melalui sosialisasi itu dapat mengingatkan para wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotornya, sehingga lebih praktis, cepat dan mudah bagi para wajib pajak dalam melaksanakan kewajibannya.

“Karena tingginya angka yang belum membayar pajak kendaraan, sangat berpengaruh terhadap capaian target pendapatan yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Lampung Selatan,” kajta Supriyanto.

Untuk itu, dia mengimbau para peserta dapat mengikuti kegiatan itu dengan penuh kesungguhan hati dan menyimak apa yang disampaikan narasumber.

“Sehingga pasca mengikuti sosialisasi ini, para peserta diharapkan dapat mengetahui mekanisme pendataan dan verifikasi potensi penerimaan pajak kendaraan bermotor yang dilakukan secara door to door,” pungkasnya. (Arya/Aziz)

 1,076 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Babinsa di Lamsel Kompak Bersihkan Rumah Ibadah Jelang Ramadhan

Published

on

By

Hanuang.com – Binter Kreatif Personil Koramil 421-03/Penengahan jajaran Kodim 0421/LS, bersama masyarakat, melakukan giat Karya bakti gotong royong pembersihan Masjid Nurul Ikhlas di Desa Sripendowo, Kecamatan Ketapang.

Kegiatan Binter kreatif karya bakti dan gotong-royong yang dilaksanakan, sebagai Sinergitas memperkokoh kemanunggalan TNI bersama komponen masyarakat, yang bertujuan dapat mendorong masyarakat ke arah yang lebih baik dengan tetap mematuhi prokes.

Peltu Gito Mewakilin Danramil 421-03/Penengahan mengatakan kegiatan bersih-bersih lingkungan tempat ibadah menjelang bulan suci Ramadhan dimana umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa.

“Tempat yang menjadi sasaran pembersihan adalah seputar mesjid, yang dimana masih banyak debu- debu yang menempel di dinding,dan di kaca jendela” bebernya.

“Pembersihan masjid ini merupakan Kerja Bakti serta bentuk kemanunggalan TNI dengan masyarakat sekelilingnya, dan kita juga selalu siap apabila dibutuhkan oleh Masyarakat Untuk mempelopori kegiatan gotong royong, kegiatan ini juga merupakan sebagai bentuk kepedulian Kodim 0421/Ls khusus nya Koramil 421-03/Penengahan kepada masyarakat untuk menyambut bulan yang penuh mulia ini yaitu bulan suci Ramadhan” tambahnya.

“Pembersihan di tempat rumah ibadah ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, selain itu juga untuk memupuk semangat gotong-royong, mempererat silaturahmi Babinsa dengan masyarakat, saya harapjan masarakat bisa lebih nyaman beribadah di masjid ini selama bulan ramadhan” tutupnya. (*)

 1,230 total views,  465 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Antisipasi Banjir di Musim Penghujan, Babinsa dan Warga Bersihkan Parit

Published

on

By

Hanuang.com – Serda Hariansyah, anggota Babinsa Koramil 421-09/Tanjung Bintang, mengajak masyarakat melakukan kegiatan gotong-royong melakukan penggalian tanah yang telah menutupi dan menimbun aliran parit di Dusun Budi Jaya, Desa Budi Lestari, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Minggu, (11/04/21).

Setidaknya hampir ratusan orang masyarakat, dalam aksi kegiatan gotong-royong terjun di lokasi menormalkan kembali saluran parit yang telah lama tertimbun, sehingga bisa normal kembali.

Kadus setempat mengucapkan terimakasih kepada babinsa dan seluruh masyarakat atas kerjasamanya melakukan gotong-royong.

“Memang gotong-royong ini adalah untuk membersihkan tanah yang telah banyak menimbun parit, dan berakibat terjadinya penyumbatan saluran air sehingga harus segera kita bersihkan” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Serda Heriansyah, yang mengatakan kegiatan gotong-royong ini tentunya akan sangat bermanfaat khususnya bagi masyarakat Dusun Budi Jaya.

“Sehingga saluran parit yang selama ini tidak lancar mengalir dapat kembali normal, karena saat ini kita juga masih menghadapi musim penghujan, sudah barang tentu kita harus bersiap dalam menghadapi sesuatu yang mungkin akan timbul dan terjadi, terutama terjadinya banjir” ucapnya.

“Saya berharap agar semangat gotong-royong ini tetap kita lestarikan, karena gotong-royong merupakan warisan para pendahulu bangsa, yang harus terus menerus kita lestarikan. Dan TNI akan selalu dekat dengan rakyat dalam semua upaya kegiatan untuk mendorong kemajuan pembangunan yang dijalankan” tutupnya. (*)

 2,412 total views,  437 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Bentuk Karya Bakti TNI, Koramil Kalianda Bersihkan Jalan Desa Canti

Published

on

By

Hanuang.com – Jalan rabat beton sepanjang 1 KM yang berlokasi di Dusun Belajung, RT 11, Desa Canti, Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), merupakan jalan poros dusun yang telah dibangun dengan menggunakan dana desa beberapa tahun yang lalu.

Hingga kini jalan tersebut masih dalam kondisi baik dan biasa dilalui masyarakat untuk beraktivitas pada sektor pertanian serta sarana silaturahmi.

Namun demikian beberapa tanaman gulma juga ikut mewarnai, sehingga perlu adanya pembersihan dan perawatan jalan, agar kondisi jalanan tersebut tetap awet dan dapat digunakan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama.

Untuk mengatasi hal tersebut, Personel Koramil 421-04/Kalianda yang dipimpin oleh Peltu Kuncoro serta 7 orang anggota, bersama masyarakat melakukan gotong-royong pembersihan lokasi jalan, melalui kegiatan karya bakti TNI, Sabtu, (10/04/21).

“Kegiatan karya bakti ini, memang kami pusatkan di Dusun Belajung, mengingat jalan dusun ini memang perlu sama-sama kita bersihkan dari tanaman gulma yang sudah banyak tumbuh ditempat ini, agar kondisi jalan ini bisa nampak bersih dan terawat” ujarnya.

“Kami dari Koramil 421-04/Kalianda, sebelumnya telah berkoordinasi serta berencana dengan aparatur pemerintahan desa untuk bersama sama melakukan gotong royong pembersihan jalan, dan kebetulan hari ini bisa terlaksana” tambahnya.

Pihaknya berharap kepada lapisan masyarakat, agar ikut berperan serta dalam merawat dan membangun semua fasilitas umum yang telah ada.

“Sehingga apa yang telah diwujudkan dalam program pembangunan tetap terjaga dan terawat secara baik” tutupnya. (*)

 4,417 total views,  437 views today

Continue Reading

Trending Topic