Connect with us

Nasional

TNI Berangkatkan KRI OWA-354 Dalam Misi Kirim Bantuan Korban Gempa

Published

on

Hanuang.com – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono melalui Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan yang didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II serta Danpuspenerbal bersama Ibu dan Komandan Lantamal V beserta Ibu memberangkatkan KRI Oswald Siahaan (OWA-354) dalam misi mengirimkan bahan bantuan kepada Korban Bencana Gempa Bumi Sulawesi Barat bertempat di Dermaga Madura, Ujung Koarmada II, Kamis (21/01).

Keberangkatan KRI Owa-354 yang di komandani oleh Letkol Laut (P) Nurul Muclis unsur Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II Surabaya diawali dengan embarkasi bahan bantuan yang didapatkan melalui posko yang dibentuk di bawah kendali Spotmar Lantamal V Surabaya.

Dalam sambutannya Pangkoarmada II Laksda TNI Sudihartawan mengatakan, ” Kegiatan pemberian bantuan terhadap korban bencana ini merupakan bagian dari tugas TNI AL selaku Prajurit Sapta Marga. Koarmada II bersinergi dengan mitra maritim, saling bahu membahu mengumpulkan bantuan kemanusiaan berupa bahan kontak untuk disalurkan kepada korban bencana, ” jelas Laksda Sudihartawa

“Mewakili Kepala Staf Angkatan Laut, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra maritim Koarmada II yang telah bersinergi mendukung dan membantu pemerintah dalam mengatasi situasi dan kondisi masyarakat yang berduka, ” pungkas Laksda Sudihartawan.

Adapun bantuan sosial yang sudah terkumpul merupakan bantuan yang berasal dari Koarmada II, Koarmada III, AAL, Kodiklatal, Puspenerbal, Lantamal V, Seluruh Satlak Marinir di Surabaya, Moro Tepat Ladies, Moro Cakra, Yayasan Seribu Cinta, Yayasan Rampai Cinta Indonesia serta Mitra Maritim Koarmada II yang berupa Sembako, mie instan, air mineral kemasan, beras, makanan bayi, tenda, selimut, alat mandi, perlengkapan wanita, obat-obatan, masker dan lain-lain.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Kepala Staf Koarmada II, Kapok Sahli Koarmada II, Inspektorat Koarmada II, Dan Guspurla Koarmada II, Dan Satkor Koarmada II serta mitra maritime Koarmada II. (*)

Sumber : Puspen TNI

 696 total views,  3 views today

Nasional

Brimob Kirim Enam Polwan Cantik Untuk Buru KKB

Published

on

By

Hanuang.com – Brimob Polri mengirim enam Polisi Wanita (Polwan) terbaik bergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi untuk memperkuat Operasi Nemangkawi di Papua.

“Ada enam Polwan kita yang berangkat ke Papua. Polwan kita adalah Polwan Brimob. Ketika negara memanggil, dia siap. Kemudian Polwan kita adalah Polwan tangguh, kita buktikan” bebernya.

“Ini adalah bentuk pertanggungjawaban negara terhadap Korps Brimob Polri,” kata Kepala Korps Brimob Polri Irjen Pol Anang Revandoko dalam sambutannya yang dilansir dari laman Instagram akun @sekolah_kedinasan, Jumat, (5/3/2021).

Anang mengatakan enam Polwan Brimob itu telah dilatih dan akan diuji ketangguhannya di Tanah Cenderawsih.

Pengiriman enam Polwan ini bertujuan untuk menjaga tanah Papua dari ancaman Kelompok Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Enam Polwan juga akan bersinergi dengan anggota TNI,” ujarnya.

Menurut Anang, pengiriman enam Polwan Brimob oleh Polri dalam operasi kemanusiaan yang menantang sebagai salah satu peristiwa luar biasa. (*)

 344 total views,  102 views today

Continue Reading

Nasional

Usai Baku Tembak Dengan Polri-TNI, Danton TPN OPM Tewas

Published

on

By

Hanuang.com, JAKARTA – Tim gabungan TNI-Polri berhasil melumpuhkan Ferry Elas (35), Komandan Peleton Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (Danton TPN OPM) Kodap III Kalikopi Tembagapura, dalam baku tembak dengan aparat di Mile 53 Kabupaten Mimika, Papua.

“Namanya Ferry Elas, jabatan Danton TPN OPM,” kata Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Rabu (3/3/2021).

Fery Elas adalah komandan di kelompok mereka di bawah pimpinan Joni Botak, yang memiliki catatan segudang tindak kriminal, berperan ikut dalam deklarasi penggabungan KKB se-Pegunungan Tengah 1 Agustus 2019 di Ilaga serta terlibat perampasan HP masyarakat sipil di Kabupaten Puncak Ilaga pada Agustus 2019 dan ikut KKB gabungan melaksanakan gangguan keamanan di Tembagapura tahun 2020.

Feri Elas juga tercatat pernah terlibat dalam penyanderaan guru dan tindak pidana pencurian HP korban guru di kampung Jagamin pada 22 Februari 2020. Dia juga terlibat dalam penembakan Pos Pam TNI/Polri di Opitawak pada Maret 2020.

“Bahkan barang bukti lain berupa satu HP yang ditemukan berisi foto-foto Fery Elas yang setelah dilakukan investigasi ada persesuaian dengan korban yang ditemukan di TKP baik pakaian yang digunakan, jam, kalung, anting, postur tubuh, dan wajah,” jelas Era. (Humas)

 1,103 total views,  102 views today

Continue Reading

Nasional

Panglima TNI : ‘Kontingen Garuda Mampu Laksanakan Mandat Dewan Keamanan PBB’

Published

on

By

Hanuang.com – Indonesia patut berbangga karena Satgas Kontingen Garuda telah mampu melaksanakan mandat dewan keamanan PBB dengan baik di daerah misi sehingga situasi di perbatasan Lebanon Selatan relatif kondusif.

Demikian sambutan tertulis Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang dibacakan oleh Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang, S.I.P., dalam upacara penyambutan Satgas Kontingen Garuda (Konga) XXVI-L1 UNIFIL 2020 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Panglima TNI menyampaikan bahwa sejak dikeluarkannya resolusi pada tahun 2006, kehadiran UNIFIL dengan satgas-satgas multinasional termasuk Kontingen Garuda telah berkontribusi untuk mengawal gencatan senjata antara Lebanon dan Israel.

Panglima TNI juga menyampaikan bahwa Satgas TNI yang tergabung dalam Konga XXVI-L1 UNIFIL merupakan wujud implementasi komitmen Indonesia terhadap perdamaian dunia, khususnya di Lebanon.


Lebih lanjut disampaikan penugasan dalam misi pemelihara perdamaian dunia seperti yang baru saja diselesaikan, tidak berhenti sampai di sini, namun harus terus ditingkatkan baik kapasitas maupun kualitasnya.


Upacara ditutup dengan penyematan penghargaan Medali Satya Lencana Santi Darma kepada prajurit TNI yang tergabung dalam penugasan Konga XXVI-L1 UNIFIL.

Adapun Satgas Konga XXVI-L1 UNIFIL TA. 2020, terdiri dari Satgas Force Headquarters Support Unit (FHQSU), Satgas Force Protection Company (FPC), Satgas Military Community Outreach Unit (MCOU), Satgas CIMIC, Satgas Indomedic, Satgas Sector East Military Police Unit (SEMPU) dan Satgas Yon Mekanik. (Puspen TNI)

 1,271 total views,  98 views today

Continue Reading

Trending Topic