Connect with us

Lampung Selatan

Tim ICC & Delegasi Papua Nugini Kunjungi Lamsel

Published

on

Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Bidang Ekobang, Syahlani Menerima Cinderamata Dari Direktur Eksekutif ICC Uron N. Salum Dalam Pertmuan di Aula Krakatau, Kantor Bupati Lampung Selatan

Hanuang.com Tim International Coconut Community (ICC) dan Delegasi Papua Nugini mengungjungi Kabupaten Lampung Selatan, Senin (8/4/2019).

Kedatangan rombongan yang dipimpin langsung Uron N. Salum selaku Direktur Eksekutif ICC bersama Kris Magaya sebagai Ketua Delegasi Papua Nugini diterima oleh Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Bidang Ekonomi Pembangunan Syahlani, di Aula Krakatau, kantor bupati setempat.

Turut hadir juga sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang membidangi pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pangan, perindustrian, usaha kecil menengah, dan pariwisata.

Adapun kunjungan Tim ICC dan Delegasi Pemerintah Papua Nugini tersebut dalam rangka peningkatan pemahaman dan kapasitas pegawai pemerintah di negara anggota ICC dalam pengolahan produk-produk turunan kelapa, khususnya yang ada di Lampung Selatan.

Selain itu, kedatangan Tim ICC itu juga untuk memberikan dukungan, mempromosikan, mengoordinasikan dan menyelaraskan semua kegiatan industri kelapa yang menopang kehidupan petani kecil serta mereka yang terlibat dalam produksi, pengolahan dan pemasaran produk kelapa.

Sementara, dalam kata sambutannya, Syahlani memaparkan gambaran umum Kabupaten Lampung Selatan. Dimana katanya, kabupaten yang terdiri dari 17 kecamatan dengan 256 desa dan4 kelurahan itu memiliki jumlah penduduk sebanyak1.261.393 jiwa.

Lebih lanjut Syahlani mengungkapkan, komoditas perkebunan yang dapat dikembangkan di wilayah Kabupaten Lampung Selatan adalah kelapa dalam, kelapa sawit, kakao, karet, cengkeh, tembakau dan kelapa puan (kopyor) yang merupakan komoditas populer di Kabupaten Lampung Selatan.

“Kabupaten Lampung Selatan juga merupakan penghasil kelapa terbesar di Provinsi Lampung dengan produksi sebanyak 126.618 ton per tahun,” ungkap Syahlani yang menyampaikan sambutan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

Syahlani juga mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, Kabupaten Lampung Selatan senantiasa menyelenggarakan peringatan Hari Perkelapaan Dunia atau yang dikenal dengan World Coconut Day.

Hal itu menurutnya, sebagai bentuk komitmen pemerintah bersama-sama dengan masyarakat baik pelaku utama atau petani, pengrajin, bersama lapisan masyarakat lainnya untuk membangun kembali komoditas kejayaan Lampung Selatan yaitu kelapa sebagai pohon kehidupan (the tree of life).

“Bagi sebagian masyarakat Lampung Selatan, kelapa masih menjadi komoditas andalan sebagai sumber pendapatan baik dalam bentuk segar maupun olahan dan turunannya. Dengan luas kebun kelapa seluas 23.133 Hektar dan potensi produksi kopra mencapai 126.618 ton pertahun, Lampung Selatan menjadi pemasok kelapa segar untuk Bandar Lampung dan Pulau Jawa serta industri pengolahan kelapa,” kata Syahlani.

Syahlani menambahkan, selain pekebun yang menghasilkan komoditas kelapa segar, di Kabupaten Lampung Selatan juga terdapat sejumlah pelaku utama yang memperoleh pendapatan sebagai pengrajin gula kelapa, nata de coco, pengrajin batok kelapa dan penangkar benih kelapa.

“Pengolahan turunan kelapa di Lampung Selatan dilakukan oleh perorangan, kelompok maupun perusahaan. Diantaranya di Kecamatan Kalianda, Palas, Candipuro, Sidomulyo, dan Natar. Dan hampir disemua kecamatan memiliki industri pengolahan turunan kelapa,” pungkasnya.

Dari informasi yang dihimpun, Tim ICC dan Delegasi Papua Nugini itu akan melakukan kunjungan lapangan ke sejumlah perkebunan kelapa yang dikelola masyarakat. Rencananya tim tersebut akan berada di Kabupaten Lampung Selatan hingga Jumat (12/4) mendatang. (Aziz/Kmf)

 796 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Satuan Sabhara Polres Lamsel Gelar Ops Yustisi Penegakan Prokes

Published

on

By

Hanuang.com, KALIANDA – Satuan Sabhara Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan (Lamsel) melaksanakan Giat Ops Yustisi, Selasa malam (26/1/2021).

Sekira pukul 21.21 WIB, personil Sat Sabhara
melaksankan giat ops yustisi di wilayah hukum Kabupaten Lampung Selatan.

Mewakili Kapolres Lamsel AKBP Zaky Alkazar Nasution, Kasat Sabhara Iptu Feriyantoni menyebut giat ops yustisi guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 melalui penegakan protokol kesehatan (prokes).

“Untuk lokasi giat ops yustisi yakni warung yang terletak di sekitar GOR Way Handak, Kelurahan Way Lubuk, Kecamatan Kalianda,” cetus Iptu Feriyantoni, Rabu (27/1/2021).

Iptu Feriyantoni melanjutkan, giat ops yustisi dilaksanakan dengan mengedepankan pendekatan humanisme kepada para pelanggar prokes yang terjaring operasi.

“Dalam giat ops kali ini, petugas mendapati 10 orang yang melanggar protokol kesehatan,” jelas Iptu Feriyantoni.

Kasat Sabhara menambahkan sejumlah sepuluh orang pelanggar prokes diberikan tindakan sanksi berupa teguran lisan enam orang dan sanksi sikap hormat empat orang.

“Dihimbau kepada warga masyarakat, untuk selalu mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19, khususnya di Kabupaten Lampung Selatan, ” pungkas Iptu Feriyantoni. (*)

 347 total views,  347 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Bersama Tim Gugas, Babinsa di Lamsel Tindak Pelanggar Prokes Covid-19

Published

on

By

Hanuang.com – Babinsa Koramil 421-7/Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), bersama Tim Gugus tugas, melakukan penegakan protokol kesehatan (Prokes) Covid -19 dan memberikan masker kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Candipuro.

Sasaran dalam operasi Gakplin kali ini, kepada warga yang ada di Pasar Candipuro dan beberapa ruas jalan yang ada di Kecamatan Candipuro.

Peltu Heriudin kepada media mengatakan, bahwa dalam rangka menekan penyebaran covid-19, pihaknya bersama Tim Gabungan dari Pemkab Lampung Selatan, bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Candipuro melakukan penegakan disiplin (Gakplin) Covid-19 dan pemberian masker kepada masyarakat.

“Diharapkan dengan dilakukannya operasi Gakpil ini, dapat mencegah dan menekan terjadinya penularan covid-19 diwilayah ini, tuturnya, Rabu (27/01/2021).

Hadir dalam kegiatan Gakplin Prokes Covid-19 dan pembagian masker kepada warga masyarakat tersebut, Camat Candipuro Wasidi SE, Kapolsek Candipuro, AKP Azuan, KUPT Puskesmas Candipuro, Ahmad Sholatan, Babinsa Koramil 0421-07/Sidomulyo, Peltu Heriudin, Satpol PP Candipuro, Pramuka Saka Bhakti Husada. (*)

 358 total views,  358 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Presiden Jokowi Resmi Melantik Komjen Listyo Sebagai Kapolri

Published

on

By

Hanuang.com – Presiden Joko Widodo pada Rabu, 27 Januari 2021, melantik dan mengambil sumpah jabatan Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Acara pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pelantikan Listyo Sigit dilakukan dengan berlandaskan pada Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 5/POLRI Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta pada tanggal 25 Januari 2021.

“Saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan.

Listyo Sigit Prabowo lahir di Ambon, 5 Mei 1969. Ia merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Sebelum dilantik sebagai Kapolri, yang bersangkutan menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri sejak 6 Desember 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Listyo turut mendapat kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi Polri berdasarkan Keppres Nomor 7/POLRI Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta pada 27 Januari 2021. Melalui Keppres tersebut, Listyo memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal Polisi. Selanjutnya, Listyo akan langsung bertugas sebagai Kapolri untuk menggantikan Kapolri sebelumnya, Jenderal Pol. Idham Azis, yang memasuki masa pensiun.

Memberikan keterangan selepas acara pelantikan, Kapolri ke-25 tersebut menyampaikan komitmennya untuk menjawab harapan masyarakat terhadap Polri dan melakukan transformasi di tubuh Polri dalam berbagai bidang untuk menjadikan Polri yang lebih baik ke depannya.

“Kami berangkat dari potret Polri di mata masyarakat dan apa yang menjadi harapan masyarakat terhadap Polri, yakni bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis, bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, dan bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan. Ini tentunya menjadi tugas kami ke depan,” ucapnya.

Acara pelantikan tersebut diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk kemudian diikuti para tamu undangan terbatas.

Hadir sebagai saksi yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md. dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Selain itu, turut hadir secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan di antaranya ialah Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidanan Moeldoko, Ketua KPK Firli Bahuri, Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, dan Kapolri ke-24 Jenderal Pol. Idham Azis. (BPMI Setpres)

 351 total views,  351 views today

Continue Reading

Trending Topic