Connect with us

Lampung Selatan

Semarak Kecamatan Kalianda 2019 Ditutup, Ini Daftar Pemenangnya

Published

on

Hanuang.com – Pameran pembangunan yang menampilkan potensi desa dan kelurahan se-Kecamatan Kalianda bertajuk ‘Semarak Kecamatan Kalianda’ yang berlangsung sejak Jumat, 20 Desember 2019 lalu resmi ditutup, Senin (23/12/2019).

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Drs. Rohadian, secara resmi menutup gelaran yang berlangsung di Lapangan Cipta Karya Kalianda, itu.

Diikuti 25 stand dari desa se-Kecamatan Kalianda dan 2 stand masing-masing diisi 2 kelurahan dari 4 kelurahan, seluruh stand berusaha menampilkan yang terbaik.

Berdasarkan penilaian tim juri yang terdiri dari unsur Dinas Pariwisata dan unsur komunitas seni, menobatkan stand Desa Pauh Tanjung Iman sebagai juara atau terbaik ke-1 dengan perolehan nilai 1.295, berdasarkan akumulasi dari kategori inovasi, produk unggulan, jumlah pengunjung dan keaktifan dari jupam.

Sedangkan terbaik ke-2 diraih oelh Desa Pematang dan terbaik ke-3 diraih Desa Munjuk Sampurna. Sementara juara favorit diraih oleh Desa Kedaton.

Adapun perolehan predikat terbaik ke-1 pada penampilan seni budaya, diraih  Desa Kecapi dengan nilai 810 yang menampilkan Seni Tari Muli Bekipas Kreasi Baru. Terbaik ke-2 diraih Desa Pauh Tanjung Iman dengan nilai 730 yang menampilkan Seni Pencak Silat dan Gambus Lampung. Dan terbaik ke-3 diraih Desa Babulang dengan nilai 700 dengan penampilan Kesenian Tari Muli Bekipas.

Menyampaikan amanat Plt Bupati Lampung Selatan, Kepala Dinas PMD Rohadian, mengatakan bahwa penyelenggaraan SemaraK Kalianda pada tahun 2019 ini sudah cukup baik.

Akan tetapi menurutnya, perlu dilakukan evaluasi agar pelaksanaan kegiatan serupa di tahun 2020 mendatang bisa lebih semarak dan lebih baik lagi.

“Saya berharap agar panitia melakukan evaluasi secara menyeluruh. Sehingga pelaksanaan Semarak Kalianda  tahun depan dapat lebih baik lagi. Sebaiknya masing-masing desa juga memiliki tema sesuai  dengan  potensi yang dimiliki,  sehingga bisa dikenal lebih luas,” ujar Rohadian.

Dirinya juga berharap, produk yang ditampilkan masing-masing desa adalah benar-benar produk yang diproduksi oleh masyarakat secara kontinyu, bukan produk yang dibuat hanya karna adanya kegiatan pameran semata.

“Sehingga dari produk yang ditampilkan itu dapat menghasilkan nilai tambah bagi masyarakat dan jika memungkinkan dapat dikelola oleh Bumdes,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Kalianda, Zahidan mengungkapkan bahwa acara tersebut dapat terselenggara atas usulan dari para Kepala Desa dan didukung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Desa

“Kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan sukses  berkat kekompakan dan semangat dari para kepala desa serta lurah yang ada dalam wilayah Kecamatan Kalianda,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara itu, para pejabat dari sejumlah OPD dilingkup Pemkab Lampung Selatan, Camat beserta Uspika Kecamatan Kalianda serta Pangeran Marga Legun. (Arya)

 2,680 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Lamsel Zona Merah Covid-19, Pemdes Kedaton Kembali Semprotkan Cairan Disinfektan

Published

on

By

Keterangan Gambar : Aparatur Pemerintahan Desa Kedaton Bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Masyarakat Saat Menggelar Penyemprotan Cairan Disinfektan

Hanuang.com, Kalianda – Aparatur Pemerintahan Desa Kedaton, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), bersama warganya kembali melakukan penyemprotan cairan disinfektan, Rabu, (27/01/21).

Mencegah lebih baik daripada mengobati, ya mungkin itu merupakan salah satu pepatah yang tepat dalam menggambarkan kesigapan Desa Kedaton dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Penyemprotan ini dilakukan fokus dititik keramaian sekitar Dusun I, II, dan VI. Yang mana wilayah tersebut menjadi tempat lalu lalang khalayak ramai orang.

Kades Kedaton, Junaidi, SE, menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan langkah cepat dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona.

“Sebelumnya kita (Para Kades_red) telah menggelar Rakor bersama pak Bupati Lamsel (Nanang Ermanto_red) dan Tim Gugus Tugas Kabupaten serta Kecamatan. Dan ini merupakan tindakan nyata sebagai langkah cepat kita dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19” ujarnya.

Dirinya juga mengajak seluruh warga agar tidak bosan-bosannya, untuk tetap menjalankan protokol kesehatan (Prokes) dengan cara 3M.

“Kami juga dari pemerintahan desa selalu menghimbau dan mengingatkan kepada masyarakat agar selalu menerapkan 3M, yakni Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak” tambahnya.

Sedikitnya 35 sampai 40 orang anggota diterjunkan dalam penyemprotan disinfektan ini, yang terdiri dari Aparatur Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan warga sekitar.

Diketahui bahwa Kabupaten berjuluk Gerbang Sumatera (Lamsel_red) saat ini sudah masuk dan dikategorikan sebagai zona merah Covid-19. Sedangkan Desa Kedaton merupakan pintu gerbang dari salah satu tempat lalu-lalang virus tersebut.

Dimana RSUD dr. Bob Bazar, SKM, Kalianda, merupakan salah satu RSU yang ditunjuk oleh pemerintah Provinsi Lampung sebagai tempat rujukan bagi para penderita (Pasien_red) Covid-19. (Arya)

 224 total views,  224 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Akhirnya JTTS di Lamsel Sudah Ada Stasiun Pengecasan Mobil Listrik

Published

on

By

Hanuang.com – Danramil 03/Penengahan, Kodim 0421 Lampung Selatan (Lamsel), menghadiri Launcing Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, Selasa, (26/01/21).

Kegiatan tersebut digelar di Rest Area KM 20 Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), Kecamatan Penengahan. Yang dihadiri oleh Dir Tehnik dan Lingkungan Kementerian ESDM, Eka Prianas, Dir Perencanaan Kelistrikan Kementerian ESDM, Wanhar, GM PLN Lampung, Firdaus Manti, Kadis Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang, Plt. Kadis Pertambangan Provinsi Lampung, Hery, Vice President Usaha, Arif dan lainnya.

Menko Kemaritiman dan Investasi Jenderal Purn Luhut Binsar Panjaitan, Vidio Confrence menyampaikan bahwa salah satu sarana pendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia adalah stasiun pengisian baterai. Saat ini stasiun itu jumlahnya baru sedikit, yakni 62 unit di seluruh Indonesia menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Stasiun pengisian baterai paling banyak disumbangkan PLN yang sudah membangun jenis stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) sebanyak 21 unit di Jakarta, Bandung, Tangerang, Semarang, Surabaya, dan Bali. Sebagian SPLKU ini berada di mal dan jalan tol” ujarnya.

“Penyumbang terbanyak kedua
adalah Mitsubishi yang sudah memiliki 17 unit stasiun pengisian di 16 lokasi dealer resmi” bebernya.

Dirinya berharap dengan adanya stasiun pengisian batrei di KM 20 JTTS dapat membantu para pengguna mobil listik memperlancar dalam mobilisasi kegiatan di wilayah khususnya Lampung.

“Mudah-mudahan kedepannya akan lebih banyak lagi stasiun pengisian baterai disepanjang JTTS” tutupnya. (*)

 1,649 total views,  431 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Menteri PUPR Sambangi Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai

Published

on

By

Hanuang.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dr. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Provinsi Sai Bumi Khua Jukhai, Senin, (25/01/21).

Tiba di Dermaga 7 Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel), kedatangan beliau disambut oleh Kapolres Lamsel, AKBP Zaky Nasution, Dirut ASDP, Ira Puspita, Kepala BPTD Bakauheni Lamsel, Rahmat Gustisari, GM ASDP, Capt Solikhin, Menejer Usaha ASDP Nana, KSKP Bakauheni, AKP Ferdi, Subdenpom 2/3 Bakauheni, Kapten Cpm Syambasri, Anggota Brimob Polda Lampung, dan Anggota Polres Lamsel.

Kunjungan kerja Menteri PUPR di Lampung tersebut dalam rangka Penanaman Pohon di KM 87, Jalan Trans Sumatra dan Peninjauan Bendungan Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur (Lamtim).

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, bahwa setibanya di ASDP Bakauheni, sang Menteri singgah di salah satu Icon kebanggaan masyarakat Lampung Selatan (Lamsel), yakni Menara Siger. (*)

 4,378 total views,  409 views today

Continue Reading

Trending Topic