Connect with us

Lampung Selatan

Persiapan Lomba Kesrak PKK-KKBPK Sudah Mencapai 95%

Published

on

Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto Saat Menanam Tanaman Obat

Hanuang.com – Desa Way Sari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) siap mengikuti lomba Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan dan Lomba Kegiatan-kegiatan PKK Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018.

Hal itu dijelaskan oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Rohadian kepada Plt. Bupati,  Nanang Ermanto saat meninjau gladi bersih untuk persiapan jelang lomba esok.

“Sudah mencapai 95%, sisanya tinggal finishing,”kata Rohadian melaporkan kepada Nanang.

Sementara itu, saat meninjau area kebun toga, Nanang sempat melihat berbagai tanaman yang ditanam di atas area seluas 2.400 M2.

Di area tanaman Toga, Nanang beserta Kepala OPD dan masyarakat, turun langsung ikut membersihkan area kebun yang masih tampak masih banyak sampah.

Tanpa canggung Nanang ikut membersihkan serta menanam tanaman obat. Bahkan, seperti seorang ahli pertanian, Nanang memberikan contoh cara menanam.

“Kita ini MSI (master segala ilmu_red), urusan pertanian, kita bicara pertanian, urusan perkebunan, kita bicara perkebunan. Apalagi urusan mencangkul, udah biasa, bukanbhal baru buat saya” ujar Nanang.

“Ayuk kita bersih-bersih. Kita gotong-royong, mana yang harus kita kerjakan, kita kerjakan.  Semua ikut bekerja. Jangan hanya menyuruh masyarakat,  kita hanya jadi mandor” ungkap Nanang dalam memberi semangat.

Sedangkan ketua Pokja 3, Rini Ariasih menjelaskan, ada sebanyak 180 jenis tanaman obat yang ditanam dilahan seluas 2400 M2.

“Semua tanaman yang kita tanam disini bisa untuk obat. Sebagai contoh jahe kecil/jahe emprit (zingerber officinale varamarum). Jahe emprit memiliki senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Anti oksidan berguna untuk membuang racun dari tubuh dan memperlambat penuaan,  bahkan disebut sebagai antikarsinogenik (mencegah kanker)” Jelas Rini. (Arya)

 2,224 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Terjun Ke Jalanan, Bawaslu Gelar Sosialisasi Partisipatif Pilkada Lamsel 2020

Published

on

By

Hanuang.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) melalui Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) menggelar Sosialisasi Partisipatif Pilkada Lamsel Tahun 2020.

Dengan terjun langsung ke jalanan, anggota Panwaslu Kecamatan Kalianda menyapa para pengendara baik roda dua ataupun roda empat dengan membagikan berbagai souvernir dan himbauan terkait politik uang di Kelurahan Way Urang, tepatnya di perempatan Hotel Kalianda.

Mewakili Bawaslu Lamsel, Muhammad Fauzi selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Kalianda menjelaskan bahwa, pihaknya mengingatkan kembali kepada masyarakat agar menyalurkan hak pilihnya sesuai hati nurani.

“Kami menghimbau kepada masyarakat, untuk dapat mengingat kembali Pilkada 2020 yang jatuh pada tanggal 9 Desember ini, jangan sampai golput, ayo salurkan hak suara kita dengan mencoblos pilihan sesuai hati nurani” jelasnya.

“Tolak Poltik uang, Jangan sampai hanya karena uang yang tidak seberapa, kita menyerahkan nasib Lampung Selatan ini, karena pilihan kita menentukan nasib Lamsel untuk 5 tahun kedepan nanti” tambahnya.

Dirinya juga mengajak masyarakat Lamsel untuk memberantas politik uang dengan cara tolak dan laporkan.

Karena menjanjikan, memberikan, atau menerima uang atau materi lainnya yang mempengaruhi pilihan kepada calon tertentu dianggap perbuatan melawan hukum.

Yang diancam dengan UU No. 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, dengan ancaman pidana 6 Tahun penjara, dan denda hingga 1 milyar rupiah.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, hari ini Bawaslu Lamsel melakukan Sosialisasi Partisipatif dengan terjun ke jalan di tiga Kecamatan yang ada di Lamsel, diantaranya yakni, Kecamatan Kalianda, Sidomulyo, dan Way Panji. (*)

 212 total views,  212 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Di Lamsel, Sulpakar Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Published

on

By

Hanuang.com – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lampung Selatan, Drs. H. Sulpakar, MM memimpin upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang diadakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lampung Selatan di Halaman Sekretariat Kwarcab setempat, Rabu pagi (28/10/2020).

Upacara yang diikuti Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka serta anggota Pramuka se-Kabupaten Lampung Selatan tersebut, sekaligus disatukan dengan Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Bencana, Kwarab Gerakan Pramuka Lampung Selatan.Hadir juga Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan, Sukadi beserta sejumlah pejabat utama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam amanatnya, Sulpakar mengtakan, momentum peringatan hari Sumpah Pemuda harus dapat dijadikan sebagai semangat persatuan dan kesatuan para pemuda dalam memperjuangkan cita-cita dan masa depan.

Menurutnya, para pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus mampu menjawab tantangan zaman yang semakin komplek ini.

“Hal ini sesuai dengan tema Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 yaitu ‘Semangat Bersatu dan Bangkit’. Tema ini mempunyai kesan tegas sebagai salah satu sifat pemuda yang energik dan aktif,” ujar Sulpakar saat menyampaikan sambutan sebagai pembina upacara tersebut.

Disela-sela upacara itu, juga dilakukan penandatangan Kesepakatan Bersama antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan dengan Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan mengenai komitmen bersama dalam penanggulangan bencana alam dan non alam di daerah setempat.

Pjs Bupati Lampung Selatan, juga sempat memberikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa helm, face shield, dan sepatu boot secara simbolis kepada dua orang anggota Gerakan Pramuka Lampung Selatan.

Terkait penanggulangan bencana, Sulpakar mengajak seluruh peserta khususnya adik-adik anggota pramuka dan BPBD agar dapat saling bersinergi dan bekerjasama dalam menghadapi perubahan iklim dan fenomena alam yang dapat menimbulkan bencana dan menelan korban jiwa di daerah setempat.

Untuk itu, Sulpakar juga mengingatkan, semangat gotong royong harus dikedepankan dalam menghadapi setiap persoalan. Karena kata dia, seberat apa pun masalah, jika dilakukan dengan fokus dan bersatu akan diselesaikan dengan baik.

“Termasuk dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri kita. Oleh karena itu kita harus tumbuhkan semangat persatuan dan gotong royong. Kita harus berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Gerakan Pramuka termasuk dengan para pemuda dan elemen masyarakat lainnya,” tandasnya. (Aziz)

 842 total views,  222 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Cuti Bersama, Basarnas Tinjau Kesiapsiagaan Personil di Pelabuhan Bakauheni

Published

on

By

Hanuang.com – Tim Basarnas yang diketuai oleh Mayjen TNI Marinir, Bambang Suryo Adji, dari bidang Deputi Operasi Kesiapsiagaan, menggelar Kunjungan Kerja (Kunker) ke PT. ASDP Indonesian Ferry Cabang Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel), Rabu, (28/10/20).

Kunker tersebut untuk melakukan peninjauan kesiapsiagaan seluruh personel yang ditempatkan diposko – posko, dalam rangka menghadapi cuti bersama Peringatan Maulid Nabi Muhammada SAW 1442 H Tahun 2020 yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Kunker Bambang Suryo Adji Mayjen TNI Mar. Deputi Operasi kesiapsiagaan juga didampingi oleh Dir. Siaga Didi Hamzar S. Sos M.M, Sigit Mintarso Atd Kepala BPTD Wil VII, Bambang Sumbogo, Kadishub Provinsi Lampung, Jumaril, Kakansar Provinsi Lampung, Solikhin selaku General menejer PT. ASDP, Kapolres lamsel diwakili Kompol Ujang, Dandim 0421/LS diwakili Kapten Kav H. Limbong dan Dansup Denpom II/3/2 lamsel Kapten Cpm Syambasri.

Mayjen TNI Mar, Bambang suryo Adji dalam kunkernya mengatakan bahwa, menyambut cuti bersama dan libur panjang ini, siaga mulai digalakkan.

“Perlu diketahui siaga dimulai sejak tanggal 27 oktober hingga tanggal 02 november 2020 mendatang, hari ini kami ada tiga kegiatan, yakni melakukan peninjauan udara dengan sasaran pelabuhan cabang Bakauheni Lamsel, simpang Nagrek Garut Jabar, dan Kalikalung” pungkanya.

“Dihadapkan pada kondisi cuaca yang extrim ini dan kurang bagus ini, perlu diantisipasi terhadap kemungkinan terjadinya hal yang menonjol dan harus benar – benar siaga, apabila terjadinya musibah ataupun bencana lainnya, dan mudah mudahan tidak ada hal yang menonjol, kepada petugas yang ikut terlibat dalam pengamanan semoga diberikan kesehatan dan keselamatan” tandasnya. (*)

 832 total views,  228 views today

Continue Reading

Trending Topic