Connect with us

Bandar Lampung

Pemprov Dan DPRD Lampung Sepakati KUA-PPAS Perubahan APBD 2019

Published

on

Hanuang.com – Pemerintah Provinsi Lampung dan DPRD PRovinsi Lampung sepakati Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan APBD Provinsi Lampung Tahun 2019.

Kesepakatan ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman KUAPPAS oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung. Jum’at (9/8/2019) di Gedung DPRD Provinsi Lampung.

Hasilnya, APBD Perubahan TA 2019 mengalami penambahan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) diproyeksikan bertambah Rp 56 Milyar menjadi Rp. 7.371 Triliun, begitu pula dengan Belanja Daerah bertambah Rp 56 Milyar sehingga menjadi Rp. 7,489 Triliun.

Sementara dari sisi pembiayaan daerah disepakati sesuai dengan rancangan awal dalam artian tidak mengalami perubahan.

Juru Bicara Badan Anggaran DPRD Joko Santoso menungkapkan jika proyeksi penambahan Pendapatan Daerah sebesar 56 Milyar yang berasal dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, Pajak Kendaraan Bermotor, dan Hasil retribusi daerah juga dari pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah.

Secara khusus ia mengatakan, jika kenaikan proyeksi PAD akan dialokasikan beberapa diantaranya untuk menuntaskan rencana kegiatan RSUDAM tipe A sampai dengan 2019, kemudian biaya untuk mengatasi dampak kemarau panjang melalui pembuatan sumur bor di kab/kota.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya mengatakan penambahan tersebut ditujukan untuk mendukung implementasi prioritas pembangunan daerah dan pelayanan publik.

“Selain pembangunan bidang kesehatan, juga untuk pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, kepemudaan, pertanian, kehutanan, perumahan dan kawasan permukiman serta beberapa kegiatan bidang pembangunan lainnya,” ujar Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga mengutarakan jika Tim Anggaran Pemerintah daerah dan Badan Anggaran DPRD menyepakati asumsi makro ekonomi Provinsi Lampung sebagai berikut pertumbuhan Lampung diproyeksikan 5,3 sampai dengan 5,6. Laju inflasi akan dipertahankan pada tingkat 3,5 hingga 4 persen.

Pendapatan perkapita 40 juta, tingkat pengangguran terbuka pada level 4 persen.
Penduduk miskin akan berada pada level 12,36 persen, IPM pada angka 70 dan Indeks Gini pada angka kisaran 0,32 hingga 0,33. Sedangkan nilai tukar petani pada angka 106.

PAD Provinsi Lampung juga diproyeksikan akan tumbuh menjadi 4,29 persen serta kondisi jalan yang menjadi kewenangan pemerintah Provinsi 78 persen dalam kondisi mantap, terang Gubernur. (Rilis)

 2,605 total views,  3 views today

Bandar Lampung

DPRD Kota Bandar Lampung Gelar Paripurna Penetapan Calon Walikota dan Wakilnya

Published

on

By

Hanuang.com – Setelah menerima dokumen penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota terpilih dari KPU Kota Bandar Lampung, DPRD Kota Bandar Lampung menggelar sidang paripurna di gedung semergou, Kamis, 18/2/2021 siang.

Sidang paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Bandar Lampung, H. Wiyadi. SP. MM didampingi para Wakil Ketua, Aderly Imelia Sari, ST.MT, Aep Saripudin. SP dan H. Edison Hadjar, SE.

Agenda sidang paripurna adalah Pengumuman hasil penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung Terpilih hasil Pilkada 2020.

Sebelumnya, bertempat di ballroom Swiss-Belhotel, KPU Kota Bandar Lampung telah menggelar rapat pleno terbuka dan menetapkan pasangan Hj. Eva Dwiana, SE dan Deddy Amarullah sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung terpilih.

Wiyadi menjelaskan, sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 273/478/SJ dinyatakan sebelum disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri, untuk pengesahan pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, maka DPRD harus mengumumkan terlebih dahulu Walikota dan Wakil Walikota terpilih dalam sidang paripurna.

Dokumen pengumuman ini menjadi lampiran dalam pengusulan pengesahan pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota terpilih kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Lampung, jelas Wiyadi

Sidang paripurna dihadiri oleh Plh. Walikota Bandar Lampung, Badri Tamam, jajaran forkopimda, KPU, Bawaslu dan Pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, Hj. Eva Dwiana dan Deddy Amarullah (*)

 1,843 total views,  115 views today

Continue Reading

Bandar Lampung

Herman HN Didapuk Menjadi Bapak Pembangunan Kota Bandar Lampung

Published

on

By

Hanuang.com – Ketua DPRD Kota Bandar Lampung, H. Wiyadi. SP. MM, didampingi Para Wakil Ketua, Aderly Imelia Sari, ST. MT, Aep Saripudin, SP dan H. Edinson Hadjar, SE menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Walikota Bandar Lampung, Drs. H. Herman. HN. MM, Senin, (15/02/21).

Adapun penghargaan tersebut, atas Prestasi, Jasa dan Pengabdiannya selama 10 tahun memimpin Kota Bandar Lampung.

Kegiatan penyerahan piagam penghargaan digelar pada sidang paripurna istimewa akhir masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota masa jabatan 2016-2021.

Selain memberikan penghargaan, DPRD Kota Bandar Lampung menetapkan Drs. H. Herman. HN. MM sebagai Bapak Pembangunan Kota Bandar Lampung (*)

 2,248 total views,  117 views today

Continue Reading

Bandar Lampung

Belasan Titik JTTS Rusak, Polda Lampung Imbau Pengendara Berhati-hati

Published

on

By

Hanuang.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung berupaya menekan angka kecelakaan dan mencegah kemacetan baik di Jalan Lintas Sumatra maupun Tol Trans Sumatera pada libur panjang Imlek 2021.

Upaya itu dilakukan dalam bentuk survey lokasi rawan bencana banjir, tanah longsor, dan jalan rusak akibat cuaca ekstrem.

Dari hasil peninjauan lapangan, Polda akan menginventarisasi lokasi rawan dan merumuskan solusi bersama berbagai pihak.

Dirlantas Polda Lampung Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik mengatakan, personel kepolisian sudah disiagakan untuk membantu pihak lain demi mengantisipasi dampak cuaca ekstrem.

“Kami antisipasi dampak bencana akibat cuaca ekstrem. Kami juga bersiaga selama libur panjang Imlek di setiap rest area,” jelas Dirlantas Polda Lampung, Kombes Pol. Donny Sabardi Halomoan Damanik.

Dirlantas Polda Lampung mengatakan pihaknya sudah menurunkan tim survei terpadu untuk melaksanakan pengecekan jalan di arah Bandar Lampung-Tegineneng dari Tugu Raden Intan hingga Pos Lantas Tegineneng maupun sebaliknya.

Para petugas mengecek pohon rapuh juga baliho usang di sekitar jalan nasional tersebut.

Hasil pantauan, dari arah Tugu Raden intan sampai Pos Lantas Tegineneng ditemukan jalan berlubang di Jembatan Way Sekampung yang berpotensi terjadinya kecelakaan dan kemacetan lalu lintas.

Ditemukan juga pohon rapuh yang berpotensi tumbang di Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) depan Dealer Auto 2000 Hajimena KM 14, Jalinteng depan Dealer Mercedes Benz Hajimena KM 14.500, Jalinteng Natar KM 20, Jalinteng Desa Haduyang Natar KM 29 depan Rumah Makan Mandiri, dan Jalinteng depan Notaris Linda Natar KM 17.

Sat PJR Ditlantas Polda Lampung mengecek kondisi Tol Trans Sumatra ruas Terbanggi – Pematang – Panggang – Kayu Agung (Terpeka). Dari hasil pemantauan, di KM 202 sampai 252+800 ditemukan tujuh ruas jalan berlubang atau belum diperbaiki di jalur A maupun B.

Berikut rinciannya ;

  • KM 249+400 A
  • KM 252+400 A
  • KM 208+800 A
  • KM 211+400 A
  • KM 228+800 A
  • KM 240+600 B
  • KM 240+500 B

Pemantauan ruas jalan itu dilakukan demi memberikan informasi ke masyarakat agar lebih berhati-hati. (Tribratanews.polri.go.id)

 2,547 total views,  115 views today

Continue Reading

Trending Topic