Connect with us

Pesawaran

Nyaris Putus Diterjang Ombak Laut, Babinsa Ajak Warga Bangun Jembatan Darurat

Published

on

Hanuang.com – Anggota Babinsa Koramil 421-05 Padang Cermin, Serda Tri Rosadi, melaksankaan giat gotong-royong membuat jembatan darurat Jembatan Muara buaya, di Desa Pagar Jaya, Kecamatan Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran, yang terputus akibat naiknya gelombang air laut beberapa hari lalu, Jum’at (29/05/20).

Serda Tri Rosadi menjelaskan, hal itu dilakukan karena sudah banyak warga yang jatuh menjadi korban akibat putusnya jembatan tersebut.

“Hal ini, saya lakukan karena banyaknya masyarakat yang mengeluh tentang kondisi jembatan selama 5 Hari ini. Bahkan sudah 4 warga terjatuh terpeleset di saat mau menyebrang. Dan saya merasa kasian melihat warga binaan saya harus basah-basahan biar bisa menyebrang dan saya mengangap masyarakat bukan lagi desa binaan tetapi kita disini adalah Keluarga” ungkapnya.

Dengan keadaan jembatan seperti itu, Babinsa mengajak musyawarah bersama Babinkamtipnas Ipda Ismail, Kepala Desa, Jamian, Aparatur Desa, dan Masyarakat, yang akhirnya memunculkan kesepakatan bersama untuk membuat sebuah jembatan darurat.

“Kami membuat jembatan darurat ini adalah atas kesepakatan bersama agar warga sekitarnya mudah melintasi jalan jembatan disini. Bukan kali ini saja, kegiatan gotong-royong seperti ini sudah menjadi kebiasaan kami. Dengan melakukan kerja bakti secara gotong-royong seperti ini secara tidak langsung menjadi sebuah wadah silaturahmi antar warga disini,” jelasnya.

Babinsa bersama warga Desa Pagar Jaya  tampak guyup rukun dan penuh gembira serta semangat kekeluargaan dalam Pembuatan jembatan darurat dari bahan Material sisa jembatan yang rusak dan mengambil Material dasar laut, mengambil dari bekas bangunan yang Rusak Milik warga dan dikerjakan Secara Sawadaya/ Gotong Royong dan ada sebiaan warga Menyumbangkan Mobil secara Sukarela untuk Mengangkut Material.

Kepala Desa Pagar Jaya, Jamian menjelaskan bahwa pada gotong-royong Ini dengan keaktifan babinsa tentu sangat membantu serta memberikan manfaat bagi masyarakat, dan pesan moral agar tetap menjaga kerukunan dan kerja sama secara bergotong royong.

“Dan Gotong Royong Ini berkelanjutan karena masih banyak jalan yang rusak akibat gelombang luapan air laut. Saya berterimakasih kepada babinsa akhirnya hasil kebun warga kami bisa ke luar dan bisa ke jual lagi” bebernya. (Arya)

 679 total views,  4 views today

Lampung Selatan

Makodim Lamsel Disemprot Disinfektan, TNI Kembali Sosialisasi Protokol Kesehatan

Published

on

By

Markas Kodim 0421 Lamsel Kembali Disemprot Disinfektan

IMG-20200617-WA0039-1024x767 Makodim Lamsel Disemprot Disinfektan, TNI Kembali Sosialisasi Protokol Kesehatan

Hanuang.com – Kodim 0421/LS, kembali melakukan penyemprotan cairan desinfektan disekitar perkantoran, guna mencegah dan menanggulangi wabah COVID-19.

Penyemprotan cairan desinfektan disekitar perkantoran dan fasilitas umum lainnya disatuan Kodim 0421/LS bertujuan untuk dalam rangka pencegahan terhadap penyebaran wabah COVID-19, agar sekitar satuan Kodim 0421/LS tetap seteril ditengah wabah COVID-19.

Dandim 0421/LS Letkol Kav Robinson oktavianus bessie SH, kembali mengingatkan agar ruang perkantoran masing-masing staf tetap melakukan streilisasi lingkungan.

“Dimana wabah COVID-19 ini, hingga saat ini belum juga berakhir, ini semua demi keselamatan dan keamanan kita bersama dilingkungan satuan Kodim 0421/LS” pungkasnya.

“Sterilisasi lingkungan yang dialakukan bukan hanya disekitar satuan Kodim 0421/LS, namun juga saya perintahkan seluruh satuan jajaran satuan Kodim 0421/LS juga harus melakukannya secara menyeluruh, termasuk rumah para anggota yang ditempatinya, ini semua merupakan upaya dalam pencegahan dan penangulangan wabah covid 19” tandasnya. (Arya)

Di Kecamatan Way Lima, TNI Kembali Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Hanuang.com – Komando Distrik Militer 0421/Lampung Selatan (Lamsel) bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pesawaran melaksanakan Sosialisasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dalam Penerapan Tatanan Baru (New Normal) di Wilayah Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran, Rabu (17/06/20).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Tim Gabungan sejumlah 123 orang diantaranya Kodim 0421/LS 27 orang, Brigif Marinir Piabung 8 orang, Polres Pesawaran 20 orang, Satpol PP 16 orang, Dinas Kesehatan 10 orang, BPBD 12 orang, Dishub 4 orang, Kominfo 5 orang, Koperindag 2 orang, Dinas Perijinan 2 orang, Dinas Pariwisata 2 orang, Bagian Hukum 1 orang, Kecamatan 14 orang.

Disampaikan oleh Danramil 421-01/Kedondong, Kapten Chb Agus Masgus Riyanto mewakili Dandim Letkol Kav Robinson Octovianus Bessie, SH, menjelaskan bahwa Sosialisasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan ini kami laksanakan dengan melibatkan Tim Gugus Tugas Kabupaten Pesawaran.

“Dimana tujuannya adalah upaya bersama untuk mengedukasi masyarakat agar mengikuti Protokol Kesehatan seperti di tempat keramaian, pasar, jalan raya dan ruang publik tentunya harus menggunakan masker, rajin cuci tangan dan selalu menjaga jarak” Pungkas Kapten Agus.

Oleh karenanya Pihak Kodim dan Tim Gugus Tugas berharap agar masyarakat bisa menyadari dan mengikuti anjuran Pemerintah terkait Protokol Kesehatan selama pandemi Covid-19 ini.

“Kita sangat berharap masyarakat bisa mengikuti dan sadar sehingga kita aman dari penyebaran Covid-19, dalam penerapan ini akan kita laksanakan secara terus-menerus dan masif dengan cara yang humanis,” katanya.

“Karena ini merupakan wujud kewaspadaan kita terhadap penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pesawaran,” tutupnya. (Arya)

 1,097 total views,  7 views today

Continue Reading

Pesawaran

Di Pesawaran, Kapten INF Sugeng Beri Arahan Kepada Tim Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

Published

on

By

Hanuang.com – Tim Sosialisasi Penegakan Disiplin Protokol kesehatan menyongsong era new normal yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas percepatan penanganan covid-19 kab Pesawaran di wilayah kecamatan Padang Cermin, Minggu, (14/06/20).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0421/Lamsel, Letkol Kav Robinson Oktavianus Bessie, yang diwakili oleh Danramil 421-02/Gedong Tataan Kapten Inf Sugeng Pamuji, Kadis Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Ir. Harun Trijoko, Sekretaris BPBD Pesawaran, Irwandi, Kasubag Bagian Hukum Kabupaten Pesawaran Riki Domela, dan Camat Padang Cermin, Darsoyo.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan :

  • Memberikan himbauan kepada masyarakat tentang penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan secara persuasif dan humanis.
  • Melaksanakan penerapan protokol kesehatan dengan kegiatan mengukur suhu tubuh, penggunaan masker, cuci tangan dan jaga jarak aman di tempat-tempat umum.
  • Melaksanakan pemasangan banner himbauan kepada masyarakat tentang penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan menyongsong era new normal.
  • Melaksanakan patroli di tempat-tempat keramaian untuk menekankan dan mengingatkan masyarakat tentang protokol kesehatan.
  • Memberikan peringatan kepada warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan agar tidak mengulangi kembali, apabila masih mengulangi akan dikenakan sangsi.

Berikut Kekuatan personel yang terlibat dari berbagai kesatuan :

  1. Kodim 0421/Lamsel : 16 orang
  2. Marinir : 9 orang
  3. Polres Pesawaran : 5 orang
  4. Satpol PP Kabupaten Pesawaran : 16 orang
  5. Dinkes Kabupaten Pesawaran : 6 orang
  6. Dishub Kabupaten Pesawaran : 3 orang
  7. Bagian Hukum : 2 orang
  8. Dinas Perijinan : 2 orang
  9. Dinas Pariwisata : 1 orang
  10. BPBD Pesawaran : 4 orang
  11. Dinas Kominfo : 4 orang
  12. Unsur Kecamatan Padang Cermin : 4 orang

“Saya akan menyampaikan tehnis pelaksanaan di sasaran, Kita akan melaksanakan sosialisasi pendisiplinan protokol kesehatan new normal, ada (enam) 6 tempat yang akan kita tuju meliputi indo dan Alfamart, tempat wisata, dan pangkalan angkutan desa” ujarnya.

“Agar tim nantinya bisa mengingatkan di sasaran masing-masing tentang protokol kesehatan yang berlaku, karna masih banyak saya lihat disepanjang jalan masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan. Tentang sangsi akan diterapkan nanti pada saat diterapkannya new normal, jika sudah diingatkan beberapa kali namun tempat usaha tersebut masih tidak melaksanakan maka akan ditutup dan dicabut ijinnya melalui Perbup. Sekarang tindakan kita masih sebatas mengingatkan masyarakat, untuk tindakan sangsi belum bisa kita laksanakan karena belum ada Perbupnya” tutup Kapten Sugeng.

Camat Padang Cermin, Darsoyo, mengucapkan terimakasih kepada seluruh yang hadir, puji syukur marilah kita senantiasa panjatkan ke Tuhan YME karena rizkinya kita dapat hadir disini.

“Kita berkumpul disini dalam rangka kegiatan sosialisasi pendisiplinan protokol kesehatan menuju new normal, yang akan diterapkan khususnya di Kecamatan Padang Cermin. Kendala karena jadwal dilaksanakan tepat hari libur maka dari itu banyak fasilitas umum yang tutup. Nanti akan kita laksanakan sasaran di lokasi pariwisata BUMDES dan beberapa tempat tempat keramaian yang hari ini buka nanti bisa kita sosialisasikan disana.” bebernya.

Terpisah, Kadis Kesehatan Pesawaran mengingatkan tujuannya sebagai bentuk sosialisasi pendisiplinan, tentunya ini merupakan suatu tahapan untuk mencapai new normal, karena obat COVID-19 belum ditemukan, untuk itu kita akan tetap berdampingan dengan COVID-19.

“Agar kita dapat hidup aman berdampingan dengan COVID-19 dengan kita, harus menerapkan protokol kesehatan hingga obat ditemukan” jelasnya.

Berikut 4 Item Yang Akan Dilakukan Oleh Tim :

  • Mengukur suhu tubuh, Apabila suhu tubuh diatas 38°C bisa diduga terjangkit COVID-19. namun belum pasti positif COVID-19, karena penyakit lainnya juga indikasinya sama, namun harus diantisipasi dan kita perlakukan SOP COVID-19.
  • Selalu menggunakan masker. Untuk masyarakat dianjurkan menggunakan masker kain, bukan masker medis.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan Handsanitizer
  • Fisycal distancing. Jadi diterapkan batasan ruangan hingga 50% dari volume yang ada dengan diberikan jarak di tempat tunggu.

“Kita bisa lakukan teguran jika ditempat keramaian belum menerapkan itu semua” tegas Kapten Sugeng. (Arya)

 414 total views,  7 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Bantu Warga, TNI Kodim 0421 Lamsel Terjun Ke Sawah Hingga Kawal BLT

Published

on

By

Bantu Petani, TNI Bajak Sawah Warga Sragi

Hanuang.com – Pengolahan lahan untuk musim tanam kedua sudah mulai diolah, dengan tujuan percepatan tanam, diareal persawahan Dusun 1, Sukarandeg, Desa Kuala Sekampung, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

Kendatipun ditengah-tengah pandemi COVID-19, para petani sekitar mulai melakukan pembajakan, untuk mempercepat tanam pada musim tanam padi kedua.

Serka Mardiyanto anggota Koramil 08/palas selaku babinsa di desa tersebut terjun langsung bantu petani membajak sawah.

“Hal ini guna percepatan tanam musim kedua di Dusun 1 Sukarandeg, desa Kuala Sekampung” ungkapnya, jum’at, (12/06/20).

Mesin hand tractor sebagai alat pembajak sawah sangat piawai dijalankan oleh serka Mardiyanto, saat membantu petani yang sedang melakukan pembajakan sawahnya dilokasi tersebut.

“Desa Kuala Sekampung merupakan salah satu desa sebagai lumbung pangan nasional, dengan luasan sawah ratusan hektar terbentang di desa ini. Untuk itu, kita dorong petani dalam percepatan tanam, demi mewujudkan swasembada pangan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah” tutupnya. (Arya)

Hujan Deras Sebabkan Pohon Tumbang & Longsor, TNI Bantu Pulihkan Jalan

IMG-20200612-WA0112-1024x576 Bantu Warga, TNI Kodim 0421 Lamsel Terjun Ke Sawah Hingga Kawal BLT

Hanuang.com – Sertu Hendarwis membantu pembersihan jalan dan mengatur lalu lintas saat pembersihan pasca terjadinya longsor di Dusun Khinjing Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Jum’at, (12/06/20)

Hujan lebat pada malam hari menyebabkan longsor dan tumbangnya pohon di dusun setempat, sehingga pengguna jalan menjadi terhambat.

“Setelah dilaksanakan pembersihan perbaikan jalan menggunakan alat berat berupa eksavator dan singso. Dalam kegiatan Babinsa Sertu Hendrawis dan polsek Padang cermin melaksanakan giat gatur lalin agar kemacetan tidak berlanjut” ujarnya. (Arya)

TNI Bantu Pengamanan Penyaluran BLT Di Desa Kuripan

IMG-20200612-WA0110-1024x768 Bantu Warga, TNI Kodim 0421 Lamsel Terjun Ke Sawah Hingga Kawal BLT

Hanuang.com – Danramil 421-03/Penengahan Kapten Inf. Rudi Teguh bersama Uspika setempat, melakukan pemantauan dan pengamanan penyaluran BLT di Desa Kuripan, jum’at, (12/06/20).

Dalam penyaluran BLT dihadiri oleh Kadis PMD, kepala unit BRI Penengahan dan Kades Kuripan untuk melihat secara langsung prosesnya penyaluran BLT yang diselenggarakan di Balai Desa setempat.

“Masyarakat penerima BLT di Desa Kuripan tahap pertama ini sebanyak 41 KK, dengan jumlah Rp. 600.000, tiap KK, akibat terdampak COVID-19, yang dianggarkan dari DD dalam penanggulangan covid 19” ujarnya.

Kapten Inf. Rudi teguh saat sedang melakukan pemantauan mengatakan bahwa penyaluran BLT yang diberikan pada masyarakat terdampak COVID-19 tepat sasaran.

“Agar tidak menimbulkan gejolak maupun permasalahan ditengah-tengah kehidupan masyarakat, juga kami berpesan bagi pihak penyelenggara tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, agar semua selamat dan terjaga dari wabah virus ini” tandasnya. (Arya)

Di Kedaton, Babinsa Bantu Warga Dalam Pembuatan Cor Beton Jalan

IMG-20200612-WA0109 Bantu Warga, TNI Kodim 0421 Lamsel Terjun Ke Sawah Hingga Kawal BLT

Hanuang.com – Babinsa Koramil 0421-04/ Kalianda, Serda Indra, membantu warga dalam pembuatan jalan rabat beton di Dusun VII RT 05 Desa Kedaton, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Jum’at, (12/06/20).

Dengan kehadiran Babinsa tentu saja sangat membantu serta memberikan mafaat bagi masyarakat, dan pesan moral agar tetap aman kerukunan dan kerja sama dengan bergotong royong.

Serda Indra Babinsa Koramil 04/Kalianda mengatakan, pengecoran jalan ini menjadi prioritas kami, agar memudahkan para pengguna jalan yang semula masih berupa tanah dan bebatuan.

“Bahkan saat musim hujan pun jalan licin dan becek. Kini jalan tersebut telah rata dan nantinya memudahkan untuk dilalui para pengguna jalan. Hal ini sebagai wujud kemanunggalan antara TNI dengan rakyat sudah terjalin komunikasi yang baik dan harmonis” ungkapnya.

Rudiansyah selaku Kadus setempat, mengucapkan terimakasih kepada babinsa yang ikut terjun langsung dalam kegiatan pengecoran rabat beton atas pengabdian kepada warga binaanya. (Arya)

Prihatin & Iba, TNI Bantu Bedah Rumah Warga Tanjungan

IMG-20200612-WA0107-1024x768 Bantu Warga, TNI Kodim 0421 Lamsel Terjun Ke Sawah Hingga Kawal BLT

Hanuang.com – Babinsa 421-10/Katibung dan Sekdes Tanjungan, Prakarsai Gotong-Royong bedah rumah secara Swadaya.

Sebagai anggota Babinsa yang mengemban fungsi Pembina desa Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

Sertu Bunsari tentu mengetahui betul kondisi di dusun Tanjung Baru, Desa Tanjungan Kecamatan Katibung, Lampung Selatan, Sebagai wilayah kerjanya.

Tak ayal, saat mendapati rumah salah seorang warga yang nyaris roboh, Sertu Bunsari merasa terketuk hati untuk membantu memperbaiki kediaman Siti Aminah (65) warga setempat.

Bekerja sama dengan Kepala Desa yg diwakili Sekdes Tanjungan tersebut pun mendapat solusi, yakni memperbaiki rumah Siti Aminah dengan Dana Swadaya Babinsa dan Kades Tanjungan.

*Benar adanya, babinsa dan Sekdes desa melaksanakan kegiatan bedah rumah tidak layak huni milik warga. Kegiatan ini juga melibatkan masyarakat sekitar, Ketua RT, Tokoh masyarakat, Serta perangkat Desa Tanjungan” jelasnya.

“Melihat kondisi rumah milik Ibu Siti Aminah yang sudah hampir roboh, Sekdes beserta babinsa berinisiatif memberikan dana secara swadaya. Semoga saja apa yg diberikan oleh bpk kades  dan Babinsa dan masyarakat sekitar sangat bermanfaat untuk ibu Siti Aminah. Alhasil Bahan material Dapat membantu mendirikan Bangunan sederhana tersebut. Ungkap sekdes Tanjungan” ujarnya.

Dijelaskan Sertu Bunsari sebelumya Siti Aminah menggeluhkan soal kondisi rumahnya, ketika Babinsa dan Sekdes mendata dan membagikan Bantuan dari pemerintah Sertu Bunsari tergerak hatinya ingin membantu ibu Siti Aminah.

“Saat itu ibu Siti Aminah menjelaskan bahwa rumahnya sudah hampir roboh. Apabila hujan angin, Ibu Yati Aliyah yang hidupnya sebatang kara selalu dihantui kekhawatiran. Mereka takut rumah ambruk,” paparnya.

Kini, ibu yang berusia 65 Tahun itu, tidak khawatir lagi lantaran rumahnya sedang diperbaiki. Dengan aksi ini, warga masyarakat semakin bangga akan kehadiran babinsa.

Babinsa sering mengontrol serta memberikan pesan-pesan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) kepada warga.

“Sehingga terciptalah gotong-royong. Dengan ini juga, saya mewakili warga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam membantu memperbaiki rumah salah satu warga di desanya” beber warga sekitar. (Arya)

 2,618 total views,  7 views today

Continue Reading

Trending Topic