Connect with us

Lampung Selatan

Di Lamsel, Istri Arjuna Buka Pembinaan Pelaksanaan Metode IVA & Pencegahan Stunting

Published

on

Hanuang.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Lampung Hj. Riana Sari Arinal membuka secara resmi kegiatan pembinaan pelaksanaan metode Inspeksi Visual dengan Asam asetat (IVA) dan pencegahan stunting bagi kader PKK di Kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rajabasa, kantor bupati Lampung Selatan itu juga dihadiri Wakil Ketua TP PKK Provinsi Lampung Mamiyani Fahrizal beserta Kepala Dinas Kesehatan DR. dr. Hj. Reihana, M.Kes, Ketua TP PKK Lampung Selatan Hj. Winarni beserta pengurus.

Kegiatan itu diikuti peserta mulai dari ketua dan pengurus TP PKK Kecamatan dan Desa, Pokja 4 TP PKK Kecamatan, serta para pengelola IVA kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan. Nampak hadir pula sejumlah pejabat struktural dilingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Dalam sambutan pengantarnya, Ketua TP PKK Lampung Selatan, Winarni berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan itu dapat terjalin suatu gerakan bersama, menyeluruh dan berkesinambungan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker serviks.

Terutama kanker serviks serta dengan deteksi dini melalui pemeriksaan pap smear atau IVA test. Karena menurutnya, penyakit kanker leher rahim atau kanker serviks merupakan kanker tebanyak yang ditemukan oleh Yayasan Kanker Indonesia setelah penyakit kanker payudara.

“Dimana dengan metode IVA, terbukti sangat efektif dalam menurunkan angka kesakitan dan angka kematian oleh kanker serviks sebesar 85 persen,” tutur Winarni.

Selain itu, Winarni menyampaikan, stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita yang diakibatkan kekurangan gizi kronis, terutama dalam 1.000 hari pertama kehidupan.

“Stunting merupakan masalah gizi kronis menahun yang dipengaruhi kondisi ibu, baik sebagai calon ibu, pada masa janin dan perawatan bayi serta pola asuh. Serta asupan makanan pada masa bayi dan balita, termasuk penyakit yang diderita selama masa balita,” katanya.

Untuk itu, dalam kesempatan itu, Winarni meminta kepada seluruh peserta yang hadir agar dapat bersama-sama memperhatikan masalah stunting, sehingga kasus stunting dapat hilang atau setidaknya berkurang di wilayah Kabupaten Lampung Selatan

“Saya meminta kepada peserta pembinaan, agar ini (stunting) menjadi perhatian serius dalam penanganannya dan dapat menjadi tanggung jawab kita bersama,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menyampaikan ucapan terima kasih kepada TP PKK Lampung Selatan beserta seluruh jajarannya yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan pembinaan pelaksanaan metode IVA tersebut.

“Ini merupakan langkah awal kita dalam membangun sinergitas. Saya berharap silaturahmi seperti ini dapat terus terlaksana guna mempermudah pencapaian tujuan-tujuan pokok PKK sebagaimana tertuang dalam 10 program pokok PKK,” ujar Riana Sari.

Dikesempatan itu, Riana Sari juga menyoroti permasalahan stunting yang dapat menyebabkan menurunnya kualitas sumber daya manusia generasi penerus bangsa.

Dia berharap, keberadaan PKK pada semua tingkatan dapat menjadi garda terdepan guna meningkatkan derajat kesehatan maupun kesejahteraan keluarga dalam menopang upaya pembangunan oleh pemerintah dari lingkup terkecil yaitu keluarga.

“Isu stunting menjadi sangat serius untuk kita perhatikan bersama. Saya berharap melalui PKK kita dapat bersama-sama meningkatkan kualitas pertumbuhan anak yang dimulai dari saat si ibu mengandung bayinya,” imbuh istri orang nomor satu di Provinsi Lampung ini.

Diakhir, Riana Sari juga berharap kontribusi positif dari seluruh kader secara berjenjang, untuk dapat mendukung semua program pemerintah, baik kabupaten, provinsi maupun pusat.

“Pemerintah yang kuat pasti ditopang oleh masyarakat yang sejahtera dan mandiri, yang tentunya berawal dari lingkungan yang sehat dan harmonis,” pungkasnya. (Arya)

 2,366 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Dankodiklat TNI AD Sambangi Kabupaten Gerbang Sumatera

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, menyambut kedatangan Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto beserta rombongan di Bandara Internasional Raden Intan II Beranti Natar, Lamsel, Minggu, (20/06/21).

Kedatangan Dankodiklat TNI AD beserta rombongan ke wilayah Provinsi Lampung dalam rangka melakukan kunjungan kerja meninjau latihan YTP Batalyon Infanteri 203 di Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan.

Dankodiklatad beserta rombongan, selanjutnya meninggalkan VIP Room Bandara Internasional Raden Inten ll Lampung menuju Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan guna melaksanakan serangkaian kunjungan kerjanya. (*)

 31 total views,  31 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Erik Thohir dan Zulhas Seangkonan Muakhi, PKD Berikan Apresiasi

Published

on

By

Hanuang.com – Wakil Bupati Lampung Selatan, Pandu Kesuma Dewangsa, S.IIP menghadiri Acara Prosesi Adat Saibatin Marga Dantaran di SMA Kebangsaan Kecamatan Penengahan Lampung Selatan, Sabtu (19/6/2021).

Dilakukannya Prosesi Adat Saibatin Marga Dantaran (Penguwakhan Adok dan Seakkonan) antara Wakil Ketua MPR RI, H. Zulkifli Hasan, SE, MM dan Menteri BUMN, H. Erik Thohir, BA, MBA yakni bertujuan untuk, menjalin silaturahmi demi mempererat hubungan antara pemerintah pusat dan masyarakat adat Marga Dantaran, dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan.

Turut hadir pada acara tersebut
Ketua Umum LPTTK, Raditiyo, EGP, ST, MBA, Kapolres Lamsel, AKBP Edwin, SH, SIK, M.Si., dan para tokoh adat saibatin marga dantaran.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Lampung Selatan sangat mengapresasi dan mendukung kegiatan Adat tersebut. Menurutnya, ini merupakan salah satu cara mempertahankan budaya daerah ditengah arus globalisasi yang menggerus dan mengancam eksistensi adat budaya khususnya di lamsel.

“Saya sangat bangga sekali dapat hadir mengikuti prosesi adat dalam pemberian gelar dan pengangkatan kerabat oleh Ananda saya Pangeran Naga Bringsang yang kelima,” Ucapnya.

“Kepada Wakil Ketua MPR Bpak Zulkifli Hasan dan Mentri BUMN Erik Thohir, semoga pengangkatan beliau berdua sebagai kerabat keadatan marga dantaran akan menambah khazanah kekayaan budaya kita yang ada di Lampug Selatan,” Ujarnya.

Selanjutnya, Acara dilanjutkan dengan prosesi penyerahan Kikat Hanuang Bani oleh Saibatin Marga Dantaran Pangeran Naga Beringsang Ke-V kepada Wakil Ketua MPR Bpak Zulkifli Hasan dan Mentri BUMN, Erik Thohir dengan gelar (Khadin Bangsawan).

Untuk diketahui, Pemberian Adat atau gelar yang dilakukan oleh Adat Marga Dantaran telah sesuai berdasarkan tata tertib Adat Lampung Sai Batin, sebagai tanda ikatan tali persaudaran lahir dan batin.

Dimana, Dr. H. Zulkifli Hasan, Seakkonan (pengangkatan kerabat) dengan H. Erik Thohir sebagai adik. Beliau berdua telah Seakkonan (pengangkatan kerabat) kakak dan adik yang sah secara adat. (Kmf)

 1,635 total views,  872 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Jelang Pilkades 2021, Bupati Lamsel Berikan Arahan Kepada Masyarakat

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto berikan arahan kepada masyarakat yang akan melakukan Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) di Desa Budi Lestari, Sabtu (19/6/2021).

Silaturahmi bersama masyarakat yang dihadiri oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Camat Tanjung Bintang Hendri.

Nanang Ermanto mengatakan, “pada dasarnya kita mencari pemimpin yang bisa bersinergi dan bisa berjalan bersama masyarakat, maju mundurnya Desa akan tergantung dengan pemimpin tersebut”, katanya.

“Tujuan kita adalah mendidik masyarakat, jangan sampai karena uang kita mengesampingkan segala aspek yang ada dalam Pilkades,” tukas Nanang.

“Tolong sampaikan kepada masyarakat, pembangunan ini tertunda karena COVID-19, tingkatkan terus gotong-royong bersama masyarakat kita. Tingkatkan Protokol Kesehatan, jaga diri kita dan keluarga kita,” pungkas Nanang.

Pada kesempatan itu, Bupati Nanang juga langsung memerintahkan kepada seorang Kepala Dinas untuk segera mengirimkan bantuan Dozer untuk membantu masyarakat memperbaiki jalan Desa.

“Hari ini saya turunkan alat berat, nanti sore sudah sampai. Ini semua untuk kebaikan dan kepentingan masyarakat Lampung Selatan,” lanjut Nanang.

“Jaga Pilkades kondusif, jaga persatuan dan kesatuan kita dan gotong royong kita,” ujar Nanang mengakhiri arahannya. (Kmf)

 1,581 total views,  822 views today

Continue Reading

Trending Topic