Connect with us

Lampung Selatan

Malam Ini, Kegiatan Warga Sebesi Sudah Seperti Biasanya

Published

on

Hanuang.com – Suasana pasca pemulangan pengungsi kembali ke Pulau Sebesi akibat bencana Tsunami pada 22 Desember 2018 yang lalu, kembali bergeliat.

Suasana malam ini (Minggu, 06/01/19), kembali seperti sedia kala. Mereka tampak ceria bersama kerabat dan keluarga. Meski dimalam hari, beragam aktifitas dilakukan oleh warga yang telah kembali dari pengungsian.

IMG-20190106-WA0126-1024x682 Malam Ini, Kegiatan Warga Sebesi Sudah Seperti Biasanya

Terlihat banyak warga sedang asik bersantai diberanda rumahnya bersama keluarga tercinta. Beberapa rumahpun telah terisi dan penghuninya tampak sedang menikmati makan malam bersama keluarga.

Saat menjelang waktu Isya terlihat puluhan warga menuju masjid Al – Iman yang tepat berhadapan didepan lapangan Desa tersebut, disana Tim membaur untuk melaksanakan Shalat berjama’ah.

IMG-20190106-WA0139-1024x682 Malam Ini, Kegiatan Warga Sebesi Sudah Seperti Biasanya

Sementara itu, Dermaga Pulau Sebesi yang dibangun pada Tahun 2017 oleh Kementerian Perhubungan masih kokoh berdiri, bahkan disana, warga baik tua maupun muda terlihat mengisi waktu dengan memancing, sekumpulan muda-mudi pun ada yang asyik memetik gitar dan bernyanyi bersama.

Suasana malam yang pada beberapa malam sebelumnya tampak mencekam, kini hanya menyisakan cerita. Tak ada lagi rasa takut terlihat diwajah penduduk sabesi.

IMG-20190106-WA0134-1024x682 Malam Ini, Kegiatan Warga Sebesi Sudah Seperti Biasanya

Beberapa nelayan juga terlihat sedang menyiapkan perahunya untuk berangkat mencari ikan esok harinya. Juga telah siap Kapal Motor ukuran sedang stand by di dermaga yang akan mengangkut hasil bumi serta mengangkut warga yang akan berbelanja kebutuhan sehari-hari di Kota Kalianda.

Warga Dusun Segenom, Yahya yang ditemui di kediamannya mengungkapkan rasa terima kasihnya.

IMG-20190106-WA0123-1024x682 Malam Ini, Kegiatan Warga Sebesi Sudah Seperti Biasanya

“Alhamdulillah warga sebagian sudah kembali, kampung kami tidak sepi lagi”, katanya.

“Saya berharap semua warga pulau sebesi khususnya warga dusun Segenom dapat segera kembali, kita sama-sama bergotong royong membersihkan sampah-sampah yang dibawa ombak kemarin”, ucapnya.

IMG-20190106-WA0127-1024x682 Malam Ini, Kegiatan Warga Sebesi Sudah Seperti Biasanya

Hal senada diungkapkan Kepala Urusan (Kaur) Pembangunan Desa setempat, Junaidi yang ditemui di Kantor Desa.
“Mudah-mudahan semua kembali normal seperti semula, warga baru sebagian yang kembali”, ujarnya.

“Pemda sudah menyiapkan kapal, hari ini 135 warga kembali ke Pulau Sebesi dan 44 warga kembali ke Pulau Sebuku.

IMG-20190106-WA0120-1024x768 Malam Ini, Kegiatan Warga Sebesi Sudah Seperti Biasanya

“Itu ada 7 kapal yang disewa Pemda sudah stand by di dermaga, siap berangkat besok menjemput warga yang mau pulang, keadaan sudah berangsur pulih tinggal kita sama-sama gotong-royong bersihkan kampung”, sambung Junaidi. (Arya/Kmf)

2,272 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini

Lampung Selatan

Ini Penjelasan Sekum, Terkait Adanya Pemberitaan Dekranasda Lamsel

Published

on

By

Keterangan Gambar : Ketua Dekranasda Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto

Hanuang.com – Terkait ada pemberitaan dugaan korupsi Dekranasda Lampung Selatan (Lamsel) disalah satu media online, Sekretaris Umum Dekranasda, angkat bicara, Jum’at, (13/12/19).

Eka Riantina Wati, Selaku Sekretaris Umum (Sekum) Dekranasda Lamsel, yang biasa disebut bu Eka sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa kabar itu tidak benar. Menurutnya saat ini Kegiatan Dekranasda semakin maju pesat.

“Kata siapa itu gak ada kegiatan atau menurun, justru malah sekarang kegiatannya makin maju dan berkembang pesat, sekarang kita sudah ada alat cetak untuk membuat batik, alat tenun inuh, serta mesin bordir ukuran besar” bebernya.

Selain itu, dirinya juga menyatakan bahwa selang beberapa waktu lalu juga Dekranasda Lamsel menggelar launching Kolase di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni Lamsel.

“Itu sekarang kita buka gerai kopi Lampung Selatan (Kolase_red), yang baru beberapa minggu lalu diresmikan, dan itu merupakan produk serta terobosan dari Dekranasda Lamsel juga” tambahnya.

“Ya kalau pengen tau apa saja kegiatannya, coba datang kesini dan kita jelaskan, bahkan dari luar daerah sudah banyak yang mengunjungi kerajinan kita disini” tutupnya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, Eka Riantina Wati, merupakan salah satu promotor dan penggerak Dekranasda Lamsel, dimana saat ini dibawah Pemerintahan Winarni Nanang Ermanto selaku Ketua Dekranasda Lampung Selatan. (Arya)

1,026 kali dilihat, 1,026 kali dilihat hari ini

Continue Reading

Lampung Selatan

Usai Rawa Selapan, Kini Desa Bakauheni Dinobatkan Jadi Desa Kerukunan

Published

on

By

Hanuang.com – Usai Desa Rawa Selapan, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) yang dinobatkan menjadi desa percontohan sebagai desa kerukunan, kali ini, Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni jadi desa percontohan kedua, Kamis, (13/12/19).

Pengukuhan ditandai dengan pemotongan pita serta penandatanganan piagam kerukunan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung. Serta membacakan ikrar kerukunan agama yang dibacakan oleh perwakilan yang hadir.

Hadir dalam giat tersebut, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag proviynsi Lampung, H. Wasril Purnawan, SE, M.Si, Kepala Kemenag Lamsel, H. Juanda Naim, MH, Kepala Kesbangpol lamsel, Thomas amrico, S.STP.MH, Sekcam Kecamatan Bakauheni, Kepala Desa Bakauheni, serta peserta utusan berbagai Agama, Lembaga dan Ormas Keagamaan, beserta tokoh masyarakat.

Menurut Wasril Purnawan mengajak masyarakat agar lebih jeli dan memahami semua informasi yang datang dan menyaringnya terlebih dahulu, agar tidak menimbulkan fitnah.

“Dalam melihat setiap masalah maka, lihatlah masalah tersebut secara utuh agar informasi yg kita dapatkan juga utuh” bebernya.

Hal senada yang diungkapkan oleh Thomas Amrico, dimana dirinya mendukung langkah FKUB Lamsel dalam menciptakan kerukunan untuk masyarakat di Kabupaten Lamsel.

“Jadilah para tokoh agama ini sebagai duta-duta Kerukunan, jangan sebaliknya menjadi provokator,” pungkasnya.

Terpisah, Dr. KH. Rafiq Udin selaku Ketua FKUB Lamsel, menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk memantapkan kerukunan antar umat beragama.

“Kerukunan antar umat beragama ini dilatarbelakangi multikultural, jadi kita menciptakan kesamaan visi dan pola pikir serta tindakan dalam mengaktualisasi serta membumikan Kerukunan Umat Beragama di bumi Ragom Mufakat ini” pungkasnya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, Hanya ada dua desa di Lampung Selatan yang dipilih menjadi desa kerukunan, yakni pertama desa Rawa Selatan, Kecamatan Candipuro, dan yang kedua Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni Lamsel. (Arya)

917 kali dilihat, 917 kali dilihat hari ini

Continue Reading

Lampung Selatan

Reses Di Jati Agung, Ekonomi Kreatif Jadi Salah Satu Dasar Serapan Baiquni

Published

on

By

Hanuang.com – Anggota DPRD Lampung Selatan (Lamsel) yang juga sebagai Ketua Fraksi PAN, Baiquni Aka Sanjaya melaksanakan Reses di Desa Sinar Rejeki, Kecamatan Jati Agung, Lamsel, Kamis (12/12/19).

Kegiatan Reses tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, BPD, LPMD aparatur Desa dan ratusan masyarakat Desa Sinar Rejeki.

Di sela kegiatan, Baiquni Aka Sanjaya selaku Sekretaris komisi III DPRD Lamsel kepada media mengatakan Kegiatan reses ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat khususnya yang ada di Daerah Pemilihan (Dapil) V, Kecamatan Jati Agung.

“Mari kita maksimalkan secara bersama, guna kemajuan di Jati Agung ini” kata Baiquni.

Ditambahkan Baiquni, ada usaha kreatif pembuatan mobil-mobilan untuk anak-anak oleh Faturokhman yang berlokasi di Desa Sinar Rejeki persis di samping Balai Desa.

“Diharapkan kita bisa mengembangkan usaha kreatif ini dalam membantu pemasaran dan pengembangan usahanya” tutup Baiquni.

Selesai dilaksanakan Reses ini Baiquni Aka Sanjaya, meninjau pelaksanaan pengecoran Rigid beton dan jalan aspal di Desa Sinar Rejeki. (Arya/Jho)

1,311 kali dilihat, 1,111 kali dilihat hari ini

Continue Reading

Trending Topic