Connect with us

Advertorial

Luar Biasa…!!! Lamsel Kembali Raih WTP Tiga Kali Berturut-Turut

Published

on

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kembali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Pemerintah Republik Indonesia (RI).

Penghargaan berupa piagam dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tersebut, diberikan atas keberhasilan Pemkab Lampung Selatan dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2018.

Perolehan itu menjadi yang ketiga kalinya secara berturut-turut. Sebelumnya, Pemkab Lampung Selatan juga berhasil mendapat predikat WTP atas penyusunan Laporan Keuangan pada 2016 dan 2017.

IMG_20191023_235241 Luar Biasa...!!! Lamsel Kembali Raih WTP Tiga Kali Berturut-Turut

Adapun, penghargaan itu diserahkan Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Perwakilan Provinsi Lampung Sofandi Arifin kepada Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto di ruang Bupati Lampung Selatan, Rabu (23/10/19).

“WTP ini bukanlah suatu tujuan akhir. Tapi ini merupakan sarana yang menunjukkan bahwa tata kelola keuangan Pemkab Lampung Selatan ini sudah baik,” ujar Sofandi Arifin ditemui usai acara.

Menurutnya, diraihnya WTP tersebut telah melalui proses penilaian tahapan yang panjang. Dimana Kabupaten Lampung Selatan telah menyusun dan menyajikan laporan keuangan dengan sebaik-baiknya sehingga berhasil meraih WTP.

“Ini (WTP) harus dipertahankan, jangan cuma hanya sesaat, tetapi ditahun-tahun berikutnya harus dipertahankan terus. Sehingga apabila bisa sampai lima kali berturut-turut akan mendapat plakat dari pemerintah pusat,” kata dia.

IMG_20191023_235138-1024x273 Luar Biasa...!!! Lamsel Kembali Raih WTP Tiga Kali Berturut-Turut

Menanggapi hal tersebut, Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, perolehan opini WTP itu merupakan hasil kerja keras semua pihak.

Nanang berharap, dengan opini WTP, pemerintah daerah semakin terpacu untuk bekerja lebih baik dan memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat Lampung Selatan.

“Penghargaan ini bukanlah suatu kebanggaan. Tetapi ini adalah tantangan kedepannya agar kami bisa lebih baik lagi,” kata Nanang. (Arya)

 2,338 total views,  7 views today

Advertorial

DPRD Lamsel Gelar Paripurna Penyampaian Ranperda KLA

Published

on

By

Keterangan Gambar : Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang, Burhanuddin menerima pandangan umum dari Fraksi PKS

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Layak Anak (KLA) ke DPRD setempat.

Hal ini dimaksudkan sebagai dasar hukum penyelenggaraan KLA di Lampung Selatan.

Raperda KLA tersebut disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan (Ekobang), Burhanuddin mewakili Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan dalam rapat paripurna di gedung DPRD setempat, pada Rabu (11/3/2020) siang.

Dari pantauan tim ini, rapat paripurna yang dipimpin Waki Ketua I DPRD Lampung Selatan, Agus Sartono didampingi Wakil Ketua II Agus Sutanto, dan Wakil Ketua III Darol Khutni, dihadiri 38 dari 50 orang jumlah anggota DPRD Lampung Selatan.

Dalam penyampaiannya, Burhanuddin menjelaskan, peraturan daerah tersebut bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat martabat kemanusiaan, demi terwujudnya anak yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera.

IMG-20200311-WA0014-1024x666 DPRD Lamsel Gelar Paripurna Penyampaian Ranperda KLA

“Raperda ini juga bertujuan untuk menjamin pemenuhan hak anak dalam menciptakan rasa aman, ramah, bersahabat. Juga untuk melindungi anak dari acaman permasalahan sosial dalam kehidupannya,” terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Raperda KLA juga bertujuan untuk mengembangkan potensi, bakat dan kreativitas anak. Kemudian, mengoptimalkan peran dan fungsi keluarga sebagai basis pendidikan pertama bagi anak.

“Selanjutnya Raperda KLA ini bertujuan untuk membangun sarana dan prasarana daerah yang mampu memenuhi kebutuhan dasar anak untuk tumbuh berkembang secara optimal,” katanya.

Sementara itu, delapan Fraksi di DPRD Kabupaten Lampung Selatan yakni, Fraksi PDIP, Fraksi PAN, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PKS, Fraksi Demokrat, Fraksi PKB, dan Fraksi Gabungan Nasdem Hanura Perindo menyatakan siap membahas Raperda KLA ditingkat Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bampeperda) DPRD setempat. (Arya)

 722 total views,  3 views today

Continue Reading

Advertorial

Paripurna DPRD, Realisasi PAD Lamsel TA 2019 Capai 99,48%

Published

on

By

Keterangan Gambar : Ketua DPRD Lampung Selatan, H. Hendry Rosyadi, SH, MH, Saat Memimpin Paripurna Penyampaian LKPJ Kepala Daerah TA. 2019

Hanuang.com – Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lampung Selatan mencapai Rp.275 miliar lebih pada Tahun Anggaran (TA) 2019.

Hal itu diungkapkan Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Bidang Ekonomi Pembangunan, Burhanuddin, SH, MH dalam rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah TA 2019 di ruang sidang utama, DPRD setempat, Rabu (11/3/2020).

Mewakili Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, Burhanuddin menyampaikan LKPj Kepala Daerah TA 2019 dihadapan 40 anggota dewan dalam sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD H. Hendry Rosyadi.

Dikatakan Burhanuddin, apabila dipresentase, jumlah realiasi PAD TA 2019 mencapai 99,48 % dari target yang telah ditetapkan sebesar Rp.276.906.061.381,00.

“Pencapaian PAD ini memberikan kontribusi sebesar 12,09 % dari total Pendapatan Kabupaten Lampung Selatan sebesar Rp.2,2 triliun,” ujar Burhanuddin.

Lebih lanjut dia menyampaikan, realisasi Dana Perimbangan TA mencapai Rp.1.412.941.259.230,00 dari target yang ditetapkan sebesar Rp.1.447.251.112.614,00 atau 97,63 %.

ZIZ04519-1024x666-1 Paripurna DPRD, Realisasi PAD Lamsel TA 2019 Capai 99,48%
Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang, Burhanuddin saat menyampaikan LKPj Kepala Daerah TA 2019

Kemudian, realisasi lain-lain pendapatan daerah yang sah mencapai Rp.574.360.177.281,00,00 dari target yang ditetapkan sebesar Rp.591.186.760.386,64 atau presentase sebesar 102,93 %.

“Sehingga realisasi pendapatan sebesar Rp.2.279.592.336.840,81 dari total target pendapatan Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp.2.298.517.351.276,00. Atau persentase pencapaian sebesar 99,18 %,” ungkapnya.

Mengakhiri penyampaian LKPj Bupati TA 2019, dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat, anggota DPRD, jajaran Fokorpimda, dan segenap pemangku kepentingan atas kerjasama dan dukungan terhadap jalannya roda pemerintahan maupun proses pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan.

“Kemiteraan antara berbagai pihak yang telah terjalin sepanjang tahun 2019, marilah terus menerus kita tingkatkan untuk mewujudkan Kabupaten Lampung Selatan yang lebih maju dan lebih sejahtera,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam rapat paripurna tersebut, delapan Fraksi yang di DPRD Kabupaten Lampung Selatan menyatakan siap membahas lebih lanjut terhadap LKPj Bupati Lampung Selatan TA 2019.

Terkait hal itu, DPRD Kabupaten Lampung Selatan membentuk Panitia Khusus (Pansus) LKPj Bupati TA 2019. Dari hasil musyawarah internal tim Pansus, M. Akyas dari Fraksi PKS didaulat sebagai Ketua, Waris Basuki dari Fraksi Gerinda sebagai Wakil Ketua, dan Rosdiana dari Fraksi PDIP sebagai Sekretaris. (Arya)

 1,744 total views,  3 views today

Continue Reading

Advertorial

Lamsel Fair 2019 Ditutup, Nanang : “Setiap Malam Ramai Pengunjung”

Published

on

By

Hanuang.com – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto resmi menutup perhelatan Lampung Selatan Fair (LSF) 2019 di Lapangan Cipta Karya, Kalianda, pada Sabtu malam (14/9/2019).

Nanang mengatakan, kegiatan yang dihelat setiap tahun tersebut berjalan dengan sukses dan lancar. Bahkan dirinya mengaku terharu, karena setiap malamnya selalu dipadati pengunjung yang datang untuk menyaksikan LSF 2019.

“Saya merasa puas dan bangga, karena ini (LSF, red) diluar dugaan, begitu ramai pengunjung yang datang setiap malamnya,” ungkap Nanang saat memberikan sambutan di malam itu.

Nanang pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak penyelenggara dan juga kepada warga yang berkunjung ke Lampung Selatan Fair 2019.

Dia mengatakan tanpa dukungan semua pihak serta pengunjung yang tertib dan baik, tak mungkin kegiatan LSF 2019 berjalan dengan sukses dan lancar.

“Terimakasih kepada seluruh OPD, camat, pimpinan perusahaan, BUMN, BUMD, UMKM, pedagang serta masyarakat dan semua pihak yang terkait, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, aman, dan lancar, tanpa gangguan,” ucapnya.

Meskipun demikian, Nanang berpesan agar kedepan pelaksanaan LSF dikonsep dengan lebih baik lagi, sehingga dapat sukses penyelenggaraan, sukses pelaksanaan dan sukses transaksi.

IMG-20190915-WA0054-1024x682 Lamsel Fair 2019 Ditutup, Nanang : "Setiap Malam Ramai Pengunjung"
(Plt. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto Ketika Menutup Lampung Selatan Fair 2019)

Disamping itu, dia juga berharap penyelenggaraan LSF dapat menjadi tonggak perekonomian masyarakat Kabupaten Lampung Selatan, serta menjadi etalase perekonomian dan pariwisata.

“Ini tentunya merupakan indikasi bahwa penyelenggaraan LSF tidak hanya menjadi hiburan bagi masyarakat, tetapi juga diharapkan dapat memajukan ekonomi atau bisnis di Kabupaten Lampung Selatan,” kata Nanang.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara LSF 2019, Yusri mengatakan, selama pelaksanaan pameran, kunjungan penonton rata-rata mencapai 10 ribu orang setiap malamnya.

Bahkan dia mengungkapkan, selama 7 hari pelaksanaan sejak 8 September hingga 14 September 2019, angka transaksinya mencapai Rp 7 miliar lebih.

“Angka itu terdiri dari transaksi OPD, kecamatan, BUMN, BUMD, otomotif, UKM dan pedagang,” ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Lampung Selatan ini.

Adapun, selain diisi dengan penampilan artis ibukota Desi Tata, acara malam penutupan LSF 2019 juga diisi dengan suguhan berbagai penampilan seni budaya dan juga penampilan para camat beserta istri yang menyanyikan lagu Indonesia Pusaka.

Berdasarkan panatauan tim ini, acara malam penutupan itu, turut dihadiri Ketua DPRD Lampung Selatan H. Hendry Rosyadi, SH, MH, Kapolres Lampung Selatan AKBP M. Syarhan, S.IK, MH, serta Dandim 0421 Lampung Selatan Letkol Kav. Robinson Octovianus Bessie.

Nampak hadir juga, Ketua TP PKK Lampung Selatan Hj. Winarni beserta jajaran pengurus, Sekretaris Daerah Ir. Fredy SM, MM dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta camat dilingkungan Pemkab Lampung Selatan, serta tokoh adat Pangeran Sabatin Lima Marga. (Arya/Kmf)

 1,192 total views,  1 views today

Continue Reading

Trending Topic