Connect with us

Lampung Selatan

Lahan Seluas 20,5 Hektar Akan Dijadikan Kawasan Agrowisata

Published

on

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan akan menyulap lahan tidur seluas 20,5 Hektar milik pemerintah setempat menjadi kawasan agrowisata.

Lahan seluas 20,5 Hektar itu nantinya akan dibagi menjadi tiga kawasan agrowisata, yakni Kawasan Agrowisata Buah dan Bunga, Farm Edupark Kalianda, dan Mina Wisata Taman Ikan Way Handak.

Konsep itu terungkap dalam paparan tentang pengembangan kawasan agrowisata Lampung Selatan yang disampaikan tiga instani yakni Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Dinas Peternakan, dan Dinas Perikanan di ruang rapat bupati setempat, Kamis (2/5/2019).

Hadir dalam acara itu, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Sekretaris Daeah Lampung Selatan, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Dinas Peternakan, dan Dinas Perikanan, serta Kepala Dinas Parwisata Lampung Selatan.

“Daripada gak kepakai itu (lahan), lebih baik kita manfaatkan untuk pengembangan kawasan agrowisata Lampung Selatan,” ujar Nanang saat memberikan pengarahan dalam paparan tersebut.

Menurut Nanang, hal itu juga merupakan jawaban dengan telah dioperasikannya Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar. Sebab katanya, sebagai daerah yang terpanjang dilintasi tol, Nanang tidak ingin Lampung Selatan hanya sebagai daerah perlintasan semata.

“Jika tidak punya daya tarik yang bisa kita jual, yang kita cuma dilewati begitu saja, tidak mungkin mereka (wisatawan) akan singgah. Untuk itu, kita perlu mempersiapkan dengan matang rencana agrowisata ini semaksimal mungkin,” imbuh Nanang.

Lebih lanjut Nanang mengatakan, meskipun proyek tersebut baru mulai dianggarkan pada tahun 2020 mendatang, akan tetapi Nanang meminta keseriusan semua pihak terkait untuk mewujudkan kawasan agrowista di Lampung Selatan.

“Meski baru dianggarkan tahun 2020, tetapi persiapnnya dimulai dari sekarang. Dengan kerja keras dan semangat kebersamaan, saya yakin apa yang kta cita-citakan akan terwujud,” ujarnya.

Sementara, berdasarkan informasi yang dihimpun, untuk Kawasan Agrowisata Buah dan Bunga lokasinya terletak di Jalan Muslim Peninjau, Desa Way Urang, Kecamatan Kalianda, atau tepatnya berada dibelakang Stadion Jati Kalianda dengan luas lahan sekitar 6 Hektar.

Untuk lokasi Farm Edupark Kalianda, rencananya akan dibangun dibelakang Kantor Radar Lamsel dengan luas lahan sekitar 5 Hektar.

Sedangkan untuk lokasi Mina Wisata Taman Ikan Way Handak berada di samping dan belakang GOR Mini, Jalan Jati Rukun, Kelurahan Way Lubuk, Kalianda, dengan seluas lahan sekitar 2 Hektar.

Selain bakal dipercantik sehingga bisa menjadi destinasi wisata alam yang baru, kawasan tersebut juga akan menjadi lumbung pangan bagi warga Kota Kalianda dan sekitarnya. Selain itu, kawasan agrowisata itu juga diproyeksi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Lampung Selatan, Ir. Zailani Bura, MM menjelaskan, tujuan dibangunnya kawasan agrowsiata buah dan bunga tersebut adalah untuk menciptakan spot wisata baru di Lampung Selatan.

Selain itu kata dia, juga untuk mengenalkan kegiatan pertanian dan produk unggulan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi kepada para petani khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya.

“Kami juga berharap, melalui kawasan ini akan menumbuhkan minat generasi muda tani, kalangan pelajar dan mahasiswa untuk belajar dan mencintai sektor pertanian. Disamping itu, kawasan agrowisata ini juga nanti, diharapkan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah,” ungkap Zailani.

Senada disampaikan Kepala Dinas Perikanan Lampung Selatan, Dr. Meizar Malanesia, M.Si. Kawasan Mina Wisata Taman Ikan Way Handak juga bertujuan untuk menciptakan spot wisata baru, wahana pembelajaran, dan menumbuhkan minat masyarakat untuk bergerak di sektor perikanan.

“Kita ingin nantinya kawasan ini dapat menjadi ajang promosi Gerakan Makan Ikan (Gemarikan) dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lampung Selatan,” kata Meizar.

Sedangkan, dikesempatan yang sama, dalam paparannya, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lampung Selatan, drh. Arsyad mengatakan, kawasan Farm Edupark Kalianda nantinya akan dijadikan sebagai pusat pembibitan ternak, pelestarian plasma nuftah, dan penggemukan ternak.

Selain itu juga kata dia, kawasan Farm Edupark Kalianda akan dijadikan pusat aplikasi teknologi peternakan dan reproduksi (IB, TE, pengolahan pakan, biogas, dan lain-lain).

“Nanti di kawasan ini juga akan dijadikan pusat pelatihan peternakan, showroom aneka ternak, wisata peternakan, pelayanan hewan kurban dan pasar murah, hingga penjualan souvenir peternakan dan produk-produk peternakan,” terang Asryad. (Arya/Aziz)

 1,555 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Menteri PUPR Sambangi Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai

Published

on

By

Hanuang.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dr. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono, melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Provinsi Sai Bumi Khua Jukhai, Senin, (25/01/21).

Tiba di Dermaga 7 Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel), kedatangan beliau disambut oleh Kapolres Lamsel, AKBP Zaky Nasution, Dirut ASDP, Ira Puspita, Kepala BPTD Bakauheni Lamsel, Rahmat Gustisari, GM ASDP, Capt Solikhin, Menejer Usaha ASDP Nana, KSKP Bakauheni, AKP Ferdi, Subdenpom 2/3 Bakauheni, Kapten Cpm Syambasri, Anggota Brimob Polda Lampung, dan Anggota Polres Lamsel.

Kunjungan kerja Menteri PUPR di Lampung tersebut dalam rangka Penanaman Pohon di KM 87, Jalan Trans Sumatra dan Peninjauan Bendungan Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur (Lamtim).

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, bahwa setibanya di ASDP Bakauheni, sang Menteri singgah di salah satu Icon kebanggaan masyarakat Lampung Selatan (Lamsel), yakni Menara Siger. (*)

 810 total views,  810 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Keluarga Besar Kodim 0421 Lamsel Gelar ‘Family Gathering’

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421 Lampung Selatan (Lamsel), Letkol Inf. Enrico SN, bersama perwira jajaran Kodim, ibu Ketua Persit KCK dan pengurus cabang XXXIII Kodim beserta keluarga melaksanakan acara family gathering yang berlokasi di obyek wisata Kahai Beach Resort, Kecamatan Rajabasa, Lamsel, Minggu, (24/01/2021).

Beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam acara tersebut, salah satunya melakukan makan malam bersama, pemberian arahan, arisan, hiburan dan juga istirahat untuk menikmati keindahan alam sekitar obyek wisata Kahai Beach Resort.

“Kegiatan ataupun acara ini adalah untuk lebih mempeerat hubungan antara pemimpin (Dandim 0421/LS) dengan segenap jajaran perwira Kodim 0421/LS, agar timbul rasa persaudaraan serta persatuan yang kuat dalam menyongsong semua tugas – tugas satuan sebagai aparat komando kewilayahan yang mempunyai 2 wilayah kabupaten (lamsel dan pesawaran) sehingga semua dapat berjalan serta tercapai” pungkasnya.

“Selain tujuan dari pada itu, 2 wilayah kabupaten lamsel dan pesawaran sama – sama memiliki obyek wisata yang cukup eksotik, sehingga dapat untuk dilakukan koordinasi sekaligus berlibur di lokasi obyek wisata ini” tutupnya. (*)

 931 total views,  931 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Polres Gelar Sertijab Waka, Kabagren, Kasat Reskrim, dan Kapolsek di Lamsel

Published

on

By

Hanuang.com, KALIANDA – Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan (Lamsel) menggelar upacara serah terima jabatan Wakapolres, Kabagren, Kasat Reskrim dan Kapolsek Penengahan, bertempat di lapangan apel Mapolres baru Jalan Lintas Sumatera, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Senin (25/1/2021).

Kapolres Lamsel AKBP Zaky Alkazar Nasution yang memimpin langsung jalannya upacara serah terima jabatan, dalam arahannya menyebut serah terima jabatan merupakan hal yang biasa dan suatu keharusan dalam upaya peningkatan kinerja organisasi, khususnya Polres Lamsel.

“Hal itu merupakan bentuk promosi serta pengembangan karir dan penyegaran bagi pejabat yang bersangkutan,” jelas AKBP Zaky.

Pada kesempatan itu, Kapolres atas nama pimpinan dan keluarga besar Polres Lamsel mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pejabat yang lama atas pengabdian dan kinerja serta kontribusi demi kemajuan Polres Lamsel.

“Kepada para pejabat yang baru, saya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Polres Lampung Selatan. Segera menyesuaikan diri, jalin hubungan baik dengan tokoh masyarakat dan uspika setempat serta jaga kekompakan sesama anggota, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik,” himbau AKBP Zaky.

Pada penghujung acara, AKBP Zaky juga mengingatkan situasi pandemi Covid-19 yang dari hari ke hari kian meningkat. Bahkan, Lamsel kini ditetapkan masuk zona merah.

“Saya berpesan agar kita tetap menjaga kesehatan baik diri sendiri maupun keluarga dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat,” pungkas AKBP Zaky.

Diketahui, Wakapolres Lamsel yang semula dijabat oleh Kompol Yuspita Ujang Jundari digantikan Kompol Eko Nugroho, sedangkan Kabagren yang dijabat Kompol Marwan Kholid kini digantikan oleh Kompol Parhan, kemudian Kasat Reskrim semula dijabat Iptu Edi Yulianto beralih ke AKP Enrico Donald Sidauruk dan Kapolsek Penengahan yang semula dipimpin AKP Hendra Saputra kini dijabat oleh Iptu Setio Budi Howo.

Pelaksanaan upacara serah terima jabatan, berdasarkan Keputusan Kapolda Lampung Nomor : Kep/9/1/2021, tanggal 13 Januari 2021, Tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam di Lingkungan Polda Lampung. (*)

 986 total views,  986 views today

Continue Reading

Trending Topic