Connect with us

Lampung Selatan

Kompas Gramedia Lampung Award 2019, Diskominfo Lamsel Ajukan Dua Program Unggulan Inovatif Pro-Rakyat

Published

on

Hanuang.com – Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) mengajukan dua program unggulan dalam presentasi program inovatif prorakyat di objek wisata Pulau Tegal Mas, Kabupaten Pesawaran, Kamis, (22/08/19).

Presentasi program inovatif prorakyat merupakan rangkaian dari kegiatan Kompas Gramedia Lampung Award 2019 dengan tema “Innovative Leader Award” yang akan digelar pada awal Oktober 2019 mendatang.

Pada kesempatan itu, masing-masing kabupaten/kota diberi waktu sekitar 10 hingga 15 menit untuk mempresentasikan program inovatif unggulan daerahnya dihadapan juri.

Kadis Kominfo Lamsel, M. Sefri Masdian menyampaikan, terdapat dua program inovasi daerah yang menjadi unggulan dalam presentasi program inovatif prorakyat.

Pertama kata Sefri, yaitu “Tersentuh Sentrik, Stimulasi Somatosensorik” yang menjadi salah satu program andalan di RSUD Bob Bazar SKM Lampung Selatan.

Program itu jelasnya, merupakan terapi untuk anak dengan gangguan tumbuh kembang, dimana program tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2014 yang lalu.

“Ini (program, red) memang sudah berlangsung sejak tahun 2014, akan tetapi ruangannya masih tergabung antara terapi anak dan untuk orang dewasa,” papar Sefri.

Sefri melanjutkan, terapi orang dewasa lebih pada terapi neuro muscular problem, seperti problem saraf dan otot, sakit pinggang, stroke yang pengobatannya menggunakan teknologi dan exercise terapi.

“Sedangkan terapi untuk anak dengan gangguan tumbuh kembang secara mandiri, sudah terpisah tempat dan layanannya. Dan ini baru berlangsung sejak Juni 2019,” tuturnya.

Menurut Sefri, program terapi anak dengan metode terapi sentuh pada neuro sensomotorik pada gangguan tumbuh kembang anak di RSUD Bob Bazar SKM, merupakan yang pertama diantara rumah sakit plat merah di Lampung.

“Akan tetapi, jika ada yang mengklaim program serupa, bisa saja narasi kami yang salah. Dalam artian, rumah sakit dari kabupaten/kota lain di Lampung, juga telah memberikan layanan yang sama dengan kami,” kata Sefri.

Selain program inovatif dari RSUD Bob Bazar SKM, Kabupaten Lampung Selatan juga mengajukan program inoatif yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Selatan.

Untuk kedua kali Sefri memaparkan, program inovatif dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang berjudul “PakDe dan Pake Oli”.

“Disdukcapil Lampung Selatan memiliki program administrasi kependudukan bernana PakDe sebagai program jemput bola ke desa-desa. Program ini telah berjalan sejak tahun 2018 lalu. Dimana tim dari Disdukcapil akan melakukan pelayanan di desa,” terang Sefri.

Selain itu, Sefri menuturkan, Disdukcapil Lampung juga memiliki program Pake Oli, yaitu Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Online.

“Dengan Pake Oli masyarakat dapat mengurus dan membuat dokumen kependudukan secara online,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kompas Group Sumatera Bagian Selatan, Hadi Prayogo mengatakan, Kompas Gramedia Lampung Award 2019 merupakan kolaborasi antara tim Kompas Gramedia di Lampung yang terdapat beberapa unit usaha yakni Tribun Lampung, Gramedia, Sonora, KompasTV, Harian Kompas, dan Kompas.com.

Kegiatan itu kata dia, merupakan kegiatan yang digelar sebagai bentuk kepedulian pihaknya terhadap masyarakat, sekaligus mendorong percepatan pembangunan di Provinsi Lampung.

“Kami memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjadikan Provinsi Lampung lebih maju. Dimana pihak eksekutif atau pemerintah merupakan lokomotifnya,” ujar Hadi Prayogo.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran perwakilan provinsi serta kabupaten/kota yang telah memaparkan program inovasi daerahnya.

“Apa yang bapak ibu sampaikan tadi sungguh luar biasa. Saya meyakini, apa yang masing-masing pemerintah daerah akan memberikan yang terbaik dalam rangka percepatan pembangunan serta peningkatan layanan kepada masyarakat,” ucap Hadi Prayogo.

Namun demikian, pihaknya nanti juga akan turun ke lapangan untuk meneliti sejauh mana perkembangan inovasi yang sudah dipaparkan oleh masing-masing kabupaten/kota tersebut.

“Sekitar awal Oktober 2019, pemenangnya akan kami umumkan,” tutup Hadi Prayogo.

Sedangkan, dari pantauan tim ini, terdapat lima juri yang dihadirkn dalam presentasi program inovatif prorakyat tersebut.

Mereka adalah, Ketua Kompas Gramedia Group Sumatera Bagian Selatan Hadi Prayogo, Pemimpin Redaksi Tribun Lampung Andi Asmadi, Ketua Kompas Gramedia Group Lampung Gerry Yosada, Pimpinan Radio Sonara Bram serta Sindy Tania dari Kompas TV Lampung.

Adapun dalam paparannya, Kepala Dinas Kominfo Lampung Selatan, turut didampingi Sigit Pramono, Kasi Telematika dan Retno Rini Rahayuningsih, Fisioterapis RSUD Bob Bazar SKM Lampung Selatan. (Arya)

 1,413 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Erik Thohir dan Zulhas Seangkonan Muakhi, PKD Berikan Apresiasi

Published

on

By

Hanuang.com – Wakil Bupati Lampung Selatan, Pandu Kesuma Dewangsa, S.IIP menghadiri Acara Prosesi Adat Saibatin Marga Dantaran di SMA Kebangsaan Kecamatan Penengahan Lampung Selatan, Sabtu (19/6/2021).

Dilakukannya Prosesi Adat Saibatin Marga Dantaran (Penguwakhan Adok dan Seakkonan) antara Wakil Ketua MPR RI, H. Zulkifli Hasan, SE, MM dan Menteri BUMN, H. Erik Thohir, BA, MBA yakni bertujuan untuk, menjalin silaturahmi demi mempererat hubungan antara pemerintah pusat dan masyarakat adat Marga Dantaran, dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan.

Turut hadir pada acara tersebut
Ketua Umum LPTTK, Raditiyo, EGP, ST, MBA, Kapolres Lamsel, AKBP Edwin, SH, SIK, M.Si., dan para tokoh adat saibatin marga dantaran.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Lampung Selatan sangat mengapresasi dan mendukung kegiatan Adat tersebut. Menurutnya, ini merupakan salah satu cara mempertahankan budaya daerah ditengah arus globalisasi yang menggerus dan mengancam eksistensi adat budaya khususnya di lamsel.

“Saya sangat bangga sekali dapat hadir mengikuti prosesi adat dalam pemberian gelar dan pengangkatan kerabat oleh Ananda saya Pangeran Naga Bringsang yang kelima,” Ucapnya.

“Kepada Wakil Ketua MPR Bpak Zulkifli Hasan dan Mentri BUMN Erik Thohir, semoga pengangkatan beliau berdua sebagai kerabat keadatan marga dantaran akan menambah khazanah kekayaan budaya kita yang ada di Lampug Selatan,” Ujarnya.

Selanjutnya, Acara dilanjutkan dengan prosesi penyerahan Kikat Hanuang Bani oleh Saibatin Marga Dantaran Pangeran Naga Beringsang Ke-V kepada Wakil Ketua MPR Bpak Zulkifli Hasan dan Mentri BUMN, Erik Thohir dengan gelar (Khadin Bangsawan).

Untuk diketahui, Pemberian Adat atau gelar yang dilakukan oleh Adat Marga Dantaran telah sesuai berdasarkan tata tertib Adat Lampung Sai Batin, sebagai tanda ikatan tali persaudaran lahir dan batin.

Dimana, Dr. H. Zulkifli Hasan, Seakkonan (pengangkatan kerabat) dengan H. Erik Thohir sebagai adik. Beliau berdua telah Seakkonan (pengangkatan kerabat) kakak dan adik yang sah secara adat. (Kmf)

 1,481 total views,  718 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Jelang Pilkades 2021, Bupati Lamsel Berikan Arahan Kepada Masyarakat

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto berikan arahan kepada masyarakat yang akan melakukan Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) di Desa Budi Lestari, Sabtu (19/6/2021).

Silaturahmi bersama masyarakat yang dihadiri oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Camat Tanjung Bintang Hendri.

Nanang Ermanto mengatakan, “pada dasarnya kita mencari pemimpin yang bisa bersinergi dan bisa berjalan bersama masyarakat, maju mundurnya Desa akan tergantung dengan pemimpin tersebut”, katanya.

“Tujuan kita adalah mendidik masyarakat, jangan sampai karena uang kita mengesampingkan segala aspek yang ada dalam Pilkades,” tukas Nanang.

“Tolong sampaikan kepada masyarakat, pembangunan ini tertunda karena COVID-19, tingkatkan terus gotong-royong bersama masyarakat kita. Tingkatkan Protokol Kesehatan, jaga diri kita dan keluarga kita,” pungkas Nanang.

Pada kesempatan itu, Bupati Nanang juga langsung memerintahkan kepada seorang Kepala Dinas untuk segera mengirimkan bantuan Dozer untuk membantu masyarakat memperbaiki jalan Desa.

“Hari ini saya turunkan alat berat, nanti sore sudah sampai. Ini semua untuk kebaikan dan kepentingan masyarakat Lampung Selatan,” lanjut Nanang.

“Jaga Pilkades kondusif, jaga persatuan dan kesatuan kita dan gotong royong kita,” ujar Nanang mengakhiri arahannya. (Kmf)

 1,434 total views,  675 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Gerak Cepat, Nanang Akan Bangun Rumah Warga Palas Yang Roboh dan Tak Layak Huni

Published

on

By

Hanuang.com – Sikap cepat tanggap terus dilakukan oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, kepada warganya yang membutuhkan uluran tangan. Dua warga di Kecamatan Palas yang mengalami musibah rumah roboh dan rumah tidak layak huni menjadi sasaran kunjungannya, Jum’at (18/6/2021).

Mereka masing-masing adalah warga Desa Pematang Batu, Kecamatan Palas Muna (65) yang rumahnya roboh akibat hujan lebat dan warga Desa Palas Pasemah yang butuh bantuan bedah rumah.

Orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Bumi Khagom Mufakat ini, datang bersama Ketua Tim Penggerak PKK Lamsel, Hj. Winarni Nanang Ermanto. Selain menyalurkan bantuan cepat tanggap, dia juga menjanjikan perbaikan terhadap kedua rumah yang roboh.

“Nanti jajaran kami akan mendata dan memberikan bantuan segera. Semoga musibah ini menjadikan diri kita untuk lebih tabah dan tawakal,” ungkap Nanang disela kunjungannya.

Dia kembali mengimbau warga untuk senantiasa waspada terhadap berbagai bencana. Terlebih, saat ini sedang musim penghujan yang disertai angin kencang.

“Kepada warga yang tertimpa musibah kami mohon bersabar. Ini ujian yang memang sudah digariskan. Tetapi kita sebagai pemerintah daerah terus ada di belakang masyarakat,” pungkasnya. (Kmf)

 1,515 total views,  673 views today

Continue Reading

Trending Topic