Connect with us

Lampung Selatan

KAHMI Lamsel Gelar Diskusi Virtual, Pilkada 2020 Bisa Batal? Ini Penjelasan…!!!

Published

on

Hanuang.com – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Indonesia (KAHMI) Lampung Selatan (Lamsel) menggelar diskusi secara virtual dengan tema ‘Kesiapan Pilkada Lamsel Dimasa Pandemi’, Jum’at, (26/06/20).

Narsum yang dihadirkan pun sudah mumpuni dan sesuai bidangnya, yakni mulai dari Komisioner KPUD, Hendra Apriansyah, Komisioner Bawaslu Lamsel, Wazzaki Chaniago, Asisten Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Pemkab Lamsel, Supriyanto, Komisi 1 DPRD Lamsel, Dwi Riyanto, Perwakilan Dinas Kesehatan Lamsel, dr. Diah Anjarini, Perwakilan Akademisi, Subagio.

Adapun dalam diskusi virtual tersebut, dimoderatori oleh Desi Septiyanasari yang dilanjutkan oleh Erdiyansyah selaku presidium KAHMI Lamsel.

“Ini adalah agenda diskusi rutin KAHMI yang mengangkat tema-tema aktual, kebetulan saat ini mengemuka soal dilanjutkannya pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2020, dimana sebelumnya sempat ditunda selama 3 bulan. Oleh karena itu, perlu dikaji dari berbagai pihak keputusan pemerintah tersebut terutama konteks Lamsel” ungkap Erdiyansyah.

“Bagaimana pelaksanaan Pilkada agar bisa berjalan lancar dan aman ditengah pandemi, hasil dari diskusi ini tentu akan menjadi masukan kepada berbagai stakeholder dan KAHMI sebagai elemen bangsa ingin agar pesta demokrasi tidak hanya semata sebagai mesin pergantian kepemimpinan semata, namun lebih dari itu hrus juga memperhatikan aspek substansi keselamatan nyawa warga negara yang lebih dari sgalanya” tambahnya.

Berikut hasil dari diskusi secara virtual tersebut :

Perwakilan KPUD Lamsel :

“Pada prinsipnya, KPU Lamsel tetap optimis dan siap, beberapa aturan telah diterbitkan oleh KPU Pusat terkait penyesuaian pelaksanaan Pilkada dimasa Pandemi, diantaranya jumlah TPS, pengaturan waktu mencoblos, mekanisme kampanye dengan membatasi jumlah” ucapnya.

“Setiap pertemuan mengedepankan daring, penggunaan APD dan sarana pendukung seperti tinta yang diteteskan/penggunaan sarung tangan, hal ini tentunya memerlukan biaya tambahan. dalam hal ini KPUD sudah mengajukan anggaran tambahan kepada Pemda setempat, namun msih dalam proses pembahasan” jelasnya.

“Jika saja tambahan dari APBN tak ada. Maka kemungkinan Pilkada tidak jadi diadakan, dan agar masyarakat bisa tersosialisasikan mngenai hal tersebut” tutupnya.

Perwakilan Bawaslu Lamsel :

“Bawaslu juga menyatakan siap, dengan situasi Pilkada dimasa pandemi, dan berharap dukungan Pemda agar bisa melaksanakan rapid test bagi segenap penyelenggara Pilkada, serta menyoroti soal keterlibatan ASN agar dapat menjalankan netralitasnya” bebernya.

Perwakilan Pemkab Lamsel :

“Pemda mendukung penuh terhadap suksesnya Pilkada 2020, karena memang instruksi Kemendagri bahwa proses demokrasi tersebut harus dilaksanakan, mengingat akan terjadi kekosongan kekuasaan definitif dengan berdampak pada banyaknya PLT atau Pj Kepala Daerah jika Pilkada kembali ditunda tahun depan” ucapnya.

“Oleh karena itu, Pemda siap memfasilitasi penyelenggaraan pilkada, namun terkait dukungan anggaran tambahan, pemda akan berkoordinasi dengan pihak terkait” tutupnya.

Perwakilan DPRD Lamsel :

“Disini kita menyoroti, bahwa siap mengawal pelaksanaan Pilkada dimasa pandemi dan akan berkoordinasi dengan Pemda terkait anggaran tambahan, karena ada sejumlah aturan dan kondisi keuangan daerah dimasa pandemi ini. Jika pada 3 pilkada langsung sebelumnya mengemuka soal partisipasi pemilih, maka saat ini lebih dikedepankan soal keamanan agar tak terpapar Covid-19 bagi penyelenggara dan pemilih, dan mengingatkan agar melibatkan DPRD dalam penyaluran bansos, karena DPRD konteksnya untuk pengawasan” ungkapnya.

Perwakilan Dinas Kesehatan Lamsel :

“Bahwa kondisi Lamsel saat ini masih zona kuning, karena dibeberapa Kecamatan masih ada ODP atau PDP, yakni diantaranya Kecamatan Natar, Jati Agung, Kalianda, dan ketapang” jelasnya.

“Namun Kabupaten Lamsel dalam proses ke zona hijau, Dinkes telah mmpunyai protokol kesehatan untuk Pilkada 2020 yang telah disampaikan dalam bimtek-bimtek penyelenggara, diantaranya penggunaan soal APD bagi petugas KPU/PPK/PPS/KPPS, kemudian bilik Isolasi dan lainnya” bebernya.

Perwakilan Akademisi dari STIH Muhammadiyah Kalianda :

“Proses demokrasi ini telah ada landasan hukumnya. Oleh karena itu, harapannya semua pihak harus mematuhi protokol kesehatannya. Pada dasarnya secara kesiapan smua pihak telah menyiapkan langkah-langkah pengamanan untuk pelaksanaan Pilkada 2020 ditengah pandemi” ucapnya.

“Namum sebagai kendala diantaranya soal anggaran tambahan karena harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19” ujarnya.

Perwakilan KAHMI Provinsi Lampung :

“Semisal jika anggaran tidak memungkinkan, bisa dipakai mekanisme hibah barang seperti APD kepada penyelenggara Pilkada diantaranya petugas kpps dan lainnya. Sehingga tambahan anggaran bisa lebih diminimalisir” jelasnya.

Sekretaris Umum KAHMI Lamsel, Baiquni Aka Sanjaya, berharap agar KPU dan semua pihak dalam Pilkada 2020 ditengah pandemi Covid-19, tetap memperhatikan partisipasi dari warga pemilih. (Arya)

 2,706 total views,  4 views today

Lampung Selatan

Berkeliling Desa, Kartini Perindo Berikan Pelatihan UMKM Di Kecamatan Way Sulan

Published

on

By

Hanuang.com – Ketua Kartini Perindo Lampung Selatan (Lamsel) Hj. Dariati Aribun Sayunis terus berkeliling desa, melakukan pembinaan ketrampilan UMKM kepada kaum ibu-ibu di kabupaten itu.

Hari ini, (11/7/2020), Kartini bersama Ketua DPD Perindo Lamsel, H Aribun Sayunis mengunjungi Kecamatan Way Sulan. Dalam pelatihan UMKM yang dilakukan di Desa Purwodadi itu, melibatkan 8 desa.

Yakni, Desa Banjarsari, Karang Pucung, Mekar Sari, Pamulihan, Purwodadi, Sukamaju, Sumber Agung dan Desa Talang Way Sulan. Pelatihan yang diberikan, masih seputar pembuatan sabun antiseptik untuk cuci tangan dan piring.

Ketua Kartini Perindo Lamsel, Hj. Dariati Aribun mengatakan, pelatihan pengembangan UMKM ini bakal ditargetkan kesemua ibu-ibu yang ada di Lamsel. Sehingga, semua kalangan kartini dapat memiliki ketrampilan untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui UMKM.

“Setiap kali pelatihan, sengaja kita ambil perkecamatan dengan melibatkan 3-4 ibu-ibu perdesanya. Tapi, bukan hanya sampai disini saja, nantinya akan kita lakukan terus menerus hingga merata. Agar semua ibu-ibu dapat mendapatkan pelatihan ini,” Ujarnya.

Ibu dari tiga anak ini juga mengungkapkan, sesuai dengan arahan Ketua Umum Kartini Perindo, bahwa pelatihan UMKM bukan hanya seputaran produksi sabun. Rencananya, Kartini Perindo juga akan melatih ibu-ibu untuk pengolahan ikan.

“Ketua umumnya adalah istrinya Ketua APCI pusat. Dalam programnya, terdapat pelatihan 30 jenis pengolahan ikan untuk pengembangan UMKM,” Tambahnya.

Tak hanya itu, Kartini juga melakukan pembinaan kepada kaum hawa tersebut terkait pemasaran hasil produksi UMKM. Sehingga diharapkan, dari pelatihan dan pembinaan ini dapat selalu dirasakan manfaatnya untuk masyarakat Lamsel.

“Hal ini juga dalam rangka menuju Lampung Selatan sehat, cerdas dan sejahtera. Semoga, pelatihan ini dapat diterima dan dirasakan manfaatnya untuk para ibu rumah tangga di Lamsel,” Harapnya.

Seperti diketahui, pelatihan UMKM ini dilakukan secara terus-menerus oleh Kartini Perindo Lamsel. Sejak dua bulan lalu, Kartini bergerilya memberikan pembinaan ke desa-desa. (Doy/Arya)

 151 total views,  151 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Bersama Danrem, Kapolda Jambi Ikuti Panen Raya

Published

on

By

Hanuang.com – Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Santyabudi bersama Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI. Zulkifli mengikuti acara Panen Raya secara Serentak dan Penaburan Benih Ikan dalam rangka Program Kampung Tangguh Nusantara melalui vicon di Desa Sri Agung, Batang Asam, Tanjab Barat, Jambi, Kamis (9/7/2020).

Acara Vicon Panen Raya dan Launching Program Kampung Tangguh Nusantara ini dipimpin langsung Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis dan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Tangerang, Banten.

Turut hadir dalam acara vicon tersebut, Staf Ahli Gubernur Jambi, Asisten 1 Bupati Tanjab Barat, Dirreskrimsus, Kombes Pol Edi Faryadi, Dirbinmas, Kombes Pol Abdul Gani, Dirpolairud, Kombes Pol Arif Budi Winova, Dansat Brimob, Kombes Pol Noor Hudaya,Kabid Humas, Kombes Pol Kuswayudi Tresnadi dan Kapolres Tanjab Barat, AKBP Guntur Saputro.

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi mengatakan Panen raya dan launching Program Kampung Tangguh Nusantara ini dipimpin langsung Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis dan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

” Ini merupakan program serentak seluruh Indonesia untuk ketahanan pangan di masa pandemi covid 19,” jelas Kabid Humas.

Alumni Akpol 1994 ini menambahkan, selain launching Kampung Tangguh Nusantara Secara Serentak juga dilakukan Panen Raya dan Penebaran benih ikan. (*)

 1,303 total views,  690 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Kembali Sambangi Nelayan, Sat Sabhara Polres Lamsel Bagikan Sembako

Published

on

By

Hanuang.com – Satuan Sabhara Polres Lampung Selatan (Lamsel) kembali menyambangi Nelayan di Dusun Haringin, Desa Merak Belantung, Kalianda, Lamsel, Jum’at, (10/07/20).

Berkah ini bagi-bagi baksos, dipimpin langsung oleh, Iptu Feriyantoni, selaku Kasat Sabhara Polres Lamsel yang didampingi, Ipda Zikri, Aiptu Yanuar dan Aipda Dany.

Dalam giat ini Bhayangkari dan Sat Sabhara Polres Lamsel membagikan
Baksos kepada warga Nelayan yang terdampak Pandemi Covid-19.

“Saya berharap kepada bapak dan ibu yang menerima bantuan ini, semoga bermanfaat serta dapat sedikit meringankan beban kebutuhan sembako bagi para nelayan yang terdampak Covid-19, serta bentuk rasa silaturahmi antara kepolisian bersama warga untuk saling bersinergritas dalam perihal menjaga Kamtibmas di wilayah Desa Merak Belantung,” Harapnya Iptu. Feriyantoni, SH, MH,
Kasat Sabhara Polres Lamsel.

Pembagian Baksos Jumat Berkah dari Sat Sabhara dan Bhayangkari Polres Lamsel tersebut, juga dihadiri oleh Ketua Kerukunan Nelayan Merak Belantung Rustam dan Ketua Koordinator Pelaksana Efrizal (Kanjeng Doso) serta Tokoh masyarakat Nelayan setempat.

Adapun bentuk Paket Sembako yang dibagikan kepada Nelayan berupa, Beras 5 kg, Minyak Goreng 1 kg, Gula 1 kg, Indomie instan 10 Bungkus, Kopi 1 Bungkus, Kue Roma Sandwich 2 Bungkus, Susu Cair Frisian Flag 1 Kaleng, Sarden ABC 2 Kaleng.

Paket bantuan tersebut di berikan kepada warga Nelayan yang terdampak Covid-19 atas nama Saudara, Usman (47) th, Saroji (66) th, Kamre (65) th, dan Saudari Macita (62) th, serta Nurnia (41) th.

“Alhamdulilah Selama kegiatan situasi dalam keadaan aman dan kondusif, Kami atas nama nelayan Merak Belantung sangat berterima kasih kepada Sat Sabhara serta Bhayangkari Polres Lamsel, yang telah mau menyambangi serta bersilaturahmi bertatap muka bersama kami nelayan,” Terang Efrizal Selaku Koordinator Nelayan Merak Belantung, yang sering di sapa Kanjeng Doso ini.

Iptu Feriyantoni, SH, MH,
Kasat Sabhara polres Lamsel, tidak lupa juga menghimbau dan memberikan pesan-pesan Kamtibmas dalam rangka untuk menjaga situasi yang aman, damai dan sejuk menjelang Pilkada Kabupaten Lampung Selatan serta tetap mentaati protokol Kesehatan Pemerintah. (Arya)

 1,375 total views,  705 views today

Continue Reading

Trending Topic