Connect with us

Lampung Selatan

Hujan Deras, Pemkab Lamsel Tetap Peringati Hari Pahlawan Ke 73

Published

on

Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, Bersama Forkopimda Saat Memperingati Hari Pahlawan Di Rumah Dinas Lamban Rakyat

Hanuang.com – Hujan deras yang terjadi di Kota Kalianda membuat pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan dipindahkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel).

Setiadanya, upacara peringatan Hari Pahlwan ke-73 akan dilaksanakan di Lapangan Kopri Pemkab setempat, dipindahkan di Aula Sebuku, Rumah Dinas Bupati Lamsel. Meski demikian, upacara tetap berlangsung khidmat dan lancar.

Upacara yang dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamsel, Nanang Ermanto, dihadiri oleh anggota Fokorpimda Lamsel, Ketua TP PKK Lamsel, Sekretaris Daerah beserta Kepala OPD dilingkup Pemkab Lamsel.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto menyampaikan sambutan Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dia mengatakan, rangkaian peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air, dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara dihati sanubari bangsa Indonesia.

“Peringatan Hari Pahlawan bukan semata seremoni, namun harus sarat makna. Subtansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Nanang yang menjadi inspektur upacara.

Hal itu menurutnya sangat penting, sebab nilai kepahlawanan bukan bersifat statis, namun dinamis, bisa menguat bahkan melemah.

“Untuk itu kiranya, seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai perjuangan dan patriotism dalam membangun bangsa Indonesia,” tutur Nanang.

Ia menambahkan, tema Hari Pahlawan tahun 2018, yakni “Semangat Pahlawan di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawan.

“Oleh karenanya, siapaun bisa menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabadikan hal bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, dan bagi bangsa dan negara,” katanya.

Diakhir, melalui momentum peringatan Hari Pahlawan, Nanang juga mengajak kepada semua untuk berbuat yang terbaik bangsa Indonesia, serta berkontribusi nyata untuk kemajuan bangsa.

“Kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita,” imbuhnya. (Ari/Kmf)

 2,458 total views,  6 views today

Kriminalitas

Sange Gak Kebendung, Pelaku Cabul Diciduk Polsek Merbau Mataram

Published

on

By

Hanuang.com, MERBAU MATARAM – Pelaku pencabulan di Merbau Mataram Lampung Selatan (Lamsel) akhirnya berhasil diringkus Polsek setempat. Pelaku yakni inisial DD alias Jablay (25).

Ia merupakan seorang supir warga Desa Tanjung Baru, Kecamatan Merbau Mataram. Pria mesum ini diringkus polisi pada Hari Sabtu, 24 Oktober 2020 di perumahan Batu suluh Kotamadya Bandar Lampung.

Kapolsek Merbau Mataram, Iptu Aspul Nizwan mengungkapkan, pelaku telah melakukan pencabulan terhadap korban EL (22) dengan cara menarik tangan korban dan langsung memeluk korban.

Setelah itu, pelaku juga mencium leher dan pipi korban serta meremas kemaluan korban.

“Atas kejadian pencabulan ini, korban yang ditemani rekannya kemudian melapor ke Polsek Merbau Mataram untuk penyelidikan lebih lanjut,” Ungkap Iptu Aspul, Minggu (25/10/2020).

Iptu Aspul juga menjelaskan, berdasarkan laporan korban, Unit Reskrim Polsek Merbau Mataram berserta anggota Buser Polsek Merbau Mataram serta di Back Up Kateam Buser Polres Lamsel melakukan penyelidikan terhadap pelaku kasus pencabulan tersebut.

“Alhasil, pada hari Sabtu tanggal 24 Oktober 2020 kemarin, pelaku berhasil dirimgkus di perumahan Batu Suluh Kotamadya Bandar Lampung,” Sambungnya.

Saat ini pelaku rudapaksa itu telah di amankan di Polsek Merbau Mataram untuk dilakukan penyidikan sesuai aturan hukum yang berlaku.

“Pelaku sebelumnya telah di interogasi oleh petugas. Pelakujuga mengakui perbuatannya bahwa telah melakukan pencabulan. Karenanya, pelaku langsung digelandang ke Mapolsek Merbau Mataram,” Tukasnya. (*)

 2,966 total views,  1,150 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Kampanye di Way Sulan, Nanang Jelaskan BUMD Yang Akan Mengatasi Pertanian, Tendik, Hingga Gadis

Published

on

By

Hanuang.com – Calon kepala daerah (Calonkada) Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto, bersama dengan ketua parpol pengusungnya, berkampanye di Kecamatan Way Sulan, Minggu (25/10/20).

Di Kecamatan Way Sulan, Nanang Ermanto bersama rombongan berkampanye di empat titik, massa pendukungnya yang hadir sangat antusias mendengarkan paparan dan capaian-capaian program yang sudah dan yang akan diterapkan nanti.

Didepan pendukungnya juga Nanang mengatakan pemkab Lamsel nanti akan memiliki Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Alhamdullilah izin dari pusatnya sudah keluar, kedepannya BUMD ini nanti salah satunya akan mengatasi masalah di sektor pertanian, dan dari hasil BUMD ini juga, kedepannya bisa mengatasi masalah honor tenaga pendidik (Tendik) dan tenaga medis (Gadis) yang non PNS”, kata Nanang.

Selanjutnya Nanang mengatakan, untuk di sektor Pertanian BUMD ini berperan, jika hasil pertanian mengalami ketidakstabilan harga, maka hasil para petani ini nanti akan diambil oleh BUMD, sesuai dengan harga yang ada di pasaran.

Diakhir sambutan kampanyenya, Ia berpesan kepada masyarakat yang hadir untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah masa pandemi virus corona ini.

“Sampaikan salam saya kepada keluarga, tetangga, dan sahabat yang tidak bisa hadir dalam kampanye ini, karena standard protokol kesehatan kampanye, jangan lupa tanggal 9 Desember 2020 nanti untuk memilih calon nomor satu Nanang Ermanto dan Pandu Kesuma Dewangsa” tutupnya. (*)

 2,388 total views,  965 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Danramil Kalianda Berikan Sertifikat Kepada Saka Wira Kartika Palas

Published

on

By

Hanuang.com – Sejumlah siswa/siswi yang tergabung dalam keanggotaan Saka Wira Kartika (SWK) Koramil 421-04/Palas, siang ini akan diberikan sertifikat SWK oleh Danramil 421-04/Kalianda, Mayor Arm Aris Khaerudin, di Koramil 421-04/Kalianda, Minggu, (25/10/20).

Acara pengambilan dan pemberian sertifikat SWK yang diperuntukkan bagi 24 orang peserta ini, merupakan siswa/siswi yang telah lulus dalam mengikuti materi pelajaran kepramukaan diantaranya, navigasi darat, survival, pioneer, mounternering, dan BNPB.

Dalam kegiatan pemberian sertifikat kepada 24 orang peserta SWK, yang terdiri dari 12 orang putra dan 12 orang putri ini, dihadiri oleh segenap panitia dan pelatih pada kegiatan kepramukaan tersebut.

“Saya mengucapkan selamat dan terimakasih kepada peserta anggota saka wira kartika koramil 421-04/Kalianda yang telah mengikuti jalannya latihan tentang materi kepramukaan ini, segenap pembina dan para pelatih telah mengganggap bahwa kalian semua sudah mampu dan menguasai materi yang diberikan, tentunya atas dasar kecakapan dan kemampuan kalian sudah sepantasnyalah untuk diberikan sertifikat SWK, ini bukti bahwa kalian sudah mahir untuk menguasai beberapa materi kepramukaan ini” pungkas Danramil Kalianda.

“Saya merasa bangga dengan dedikasi dan kemampuan yang kalian tunjukkan selama mengikuti pelatihan ini, jadikan ilmu yang kalian miliki sebagai bekal untuk menuju kejenjang yang lebih tinggi lagi dalam bidang kepramukaaan, teruslah belajar agar dan tingkatkan kembali kemampuan semua materi kepramukaan ini, demi kebanggan diri, keluarga dan nama saka wira kartika koramil 421-04/kalianda agar semakin dikenal oleh siswa / siswi maupun masyarakat” tandasnya. (*)

 2,681 total views,  932 views today

Continue Reading

Trending Topic