Connect with us

Lampung Selatan

Hadapi Corona, Pemerintah Se-Provinsi Lampung Satukan Persepsi

Published

on

Hanuang.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan metode video conference, Kamis (26/3/2020) pagi.

Rakor itu dimaksudkan untuk menyamakan persepsi antara Pemprov Lampung dengan Pemerintah Kabupaten/Kota terkait pencegahan penyebaran virus Corona alias Covid-19 serta penanganan dampak yang terjadi di masyarakat, baik secara ekonomi maupun sosial.

Rakor itu dihadiri Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim didampingi Sekda Provinsi, Fahrizal Darminto, dan diikuti Sekda Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Dalam arahannya, Fahrizal Darminto meminta kepada pemerintah kabupaten/kota untuk memangkas anggaran yang tidak penting dan dialihkan untuk penanganan Corona.

“Saya meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk memangkas belanja yang tidak prioritas, seperti perjalanan dinas maupun sosialisasi yang melibatkan banyak orang,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota untuk saling berkoordinasi dan terus melakukan update data setiap hari. Itu agar pemerintah daerah dapat bergerak seirama sehingga mendapatkan efek yang maksimal.

“Terkait penanganan Covid-19, pak gubernur menekankan kepada kita agar dapat bergerak seirama. Sebab jika tidak seirama, efeknya tidak maksimal,” ujar Nunik, begitu sapaan akrab Wakil Gubernur perempuan pertama di Lampung ini.

Dalam rakor itu, Nunik juga menyoroti data terkait Covid-19, baik yang positif terkena virus Corona, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maupun Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Untuk itu, ia meminta pemerintah kabupaten/kota selalu berkoordinasi dalam penyampaian data dengan Tim Gugus Tugas Penanganan Virus Corona agar tidak terjadi kesalahan data. Terutama data yang akan disampaikan kepada masyarakat luas.

Bukan itu saja, Nunik juga meminta agar data yang disampaikan kepada masyarakat luas, harus disertai dengan penjelasan agar tidak berpotensi terjadinya kepanikan.

“Kita harus saling berkoordinasi agar tidak misdata. Updatenya harus setiap saat, terutama penyampaian data kepada masyarakat luas harus disertai penjelasan agar tidak berpotensi terjadinya kepanikan,” tegasnya.

Selain persoalan data, Nunik juga meminta realokasi anggaran agar difokuskan untuk penanganan Covid-19 sesuai arahan Presiden RI. Khususnya ditujukan kepada 30 rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 yang tersebar di seluruh Provinsi Lampung.

“Pastinya semua telah memiliki data 30 rumah sakit ini. Kita harapkan agar anggaran itu bisa masuk untuk kebutuhan tenaga kesehatan dan kebutuhan pasiennya. Teknisnya, nanti koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi agar tidak mis dalam penentuannya,” ujarnya.

Terpisah, Sekda Kabupaten/Kota secara bergiliran menyampaikan kondisi terkini terkait penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing.

Dalam kesempatan itu, setiap Sekretaris Daerah juga diminta untuk menjelaskan langkah-langkah yang sudah dan akan dilakukan terkait penanganan penyebaran Covid-19 di daerahnya. Termasuk alokasi anggaran yang disiapkan untuk penanganannya.

Sekda Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, yang mendapatkan kesempatan pertama dalam sesi tanya jawab tersebut, menuturkan, Pemerintah Kabupaten Selatan telah melakukan berbagi upaya untuk mengatisipasi dan mencegah penyebaran virus Covid-19.

Seperti melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui berbagai media hingga melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah titik. Kemudian melibatkan seluruh pelaku usaha yang ada di Lampung Selatan untuk berpartisipasi dalam penanganan virus Corona.

Disamping itu, Thamrin melanjutkan, pihaknya juga telah berkali-kali melakukan sidak ke Pelabuhan Bakauheni yang dipimpin langsung Plt Bupati, H. Nanang Ermanto.

Dalam berbagai kesempatan, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan meminta kepada PT ASDP Indonesi Fery (Persero) agar memperketat Pelabuhan Bakauheni sebagai tempat keluar masuknya arus penumpang maupun barang.

“Dari pengamatan kami disana (Pelabuhan Bakauheni) masih longgar. Masih banyak penumpang tidak dilakukan pemeriksaan kesehatan dalam SOP penanganan Covid-19. Untuk itu ami mohon pak gubernur memperhatikan hal ini. Sehingga apa yang kita kerjakan tidak sia-sia,” kata Thamrin, melalui video conferene di rumah dinas bupati setempat.

Lebih lanjut Thamrin mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan menyediakan anggaran Rp.16,48 miliar untuk penanganan Covid-19.

“Ini sudah dirapatkan dengan TAPD. Kita siapkan anggaran sebesar Rp.16,48 miliar atau 0,70% dari APBD,” ungkapnya. (Arya)

 2,812 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Bersama Korem 043/Gatam, Dandim Lamsel Sambut Kedatangan KSAD

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421 Lampung Selatan (Lamsel), Letkol Inf Enrico SN, menyambut kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa beserta rombongan di pelabuhan Bakauheni, Sabtu, (31/07/21).

Kedatangan Kasad beserta rombongan dalam rangka meninjau Latma Garuda Shield 15/2021 di Puslatpur Baturaja Sumatera Selatan.

Rombongan tiba di dermaga 7 Pelabuhan Bakauheni menggunakan KMP PORTLINK III yang selanjutnya menuju Puslatpur Baturaja Sumsel Via Tol Bakauheni – Terbanggi Besar Dengan pengawalan Denpom II/3 Lampung, menuju Medan Latihan LATMA GARUDA SHIELD -15/21 Baturaja Sumatera Selatan. (*)

 117 total views,  117 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Jambret HP di Rejomulyo Berhasil Diamankan Tekab 308 Polres Lamsel

Published

on

By

Hanuang.com – Jajaran Polsek Merbau Mataram bersama Tekab 308 Polres Lampung Selatan, berhasil mengamankan para pelaku perampas Handphone (HP), Jumat (30/7/2021) sekitar pukul 01.00 wib di desa Rejomulyo Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.

Para pelaku yang berhasil diamankan oleh Korp baju coklat ini yakni Feb (21) LING (20) dan MUS (32) ketiganya tercatat sebagai warga desa Rejomulyo Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.

Selain ketiga pelaku, penangkapan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Merbau Mataram Ipda Benny Ariawan, SH ini, juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 (satu) unit Handphone merk Vivo Y20 warna purist blue, 1 (satu) unit sepeda motor Honda Vario warna putih Nopol BE 6978 OS.

Kapolsek Merbau Mataram, Ipda Benny Ariawan, SH mewakili Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, SIK, SH, MSi membenarkan bahwa pihaknya bersama Tekab 308 Polres Lamsel, Jumat (30/7/2021) telah berhasil mengamankan 3 (tiga) orang pelaku yakni Feb (21) LING (20) dan MUS (32) di desa Rejomulyo Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.

Ketiga pelaku diamankan setelah sebelumnya, Minggu 27 Juni 2021, pihaknya menerima laporan tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) terhadap korban Albert Sopian (13) Alamat perumahan TKBM dusun Sukorejo Desa Tanjung baru Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan ” ungkapnya.

Dalam laporanya, Minggu (27/6/2021) sekitar pukul 02.00 wib korban Albert Sopian (13) yang masih bersatus pelajar ini beralamat di Perumahan TKBM Dusun Sukorejo Desa Tanjung Baru Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lamsel, bermula saat duduk digardu bersama rekanya sambil main Game bersama rekan-rekanya. Kemudian datang para pelaku yang sebelumnya belum diketahui identitasnya dan merampas HP milik korban merk Vivo Y20 SG warna Purist Blue bila ditafsir dengan uang senilai Rp. 2.800.000 (dua juta delapan ratus ribu rupiah). Kemudian atas kejadian tersebut korban bersama keluarganya melaporkan kejadian yang dialaminya kepolsek Merbau Mataram yang selanjutnya ditindak lanjuti.

Berdasarkan laporan dari korban dan keterangan saksi kemudian pihaknya melakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil mengamankan pelaku bersama barang buktinya ” pungkasnya.

Saat ini para pelaku yang akan dijerat dengan pasal 363 KUH Pidana bersama barang buktinya sudah diamankan di mapolsek Merbau Mataram untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut “Tutupnya. (humas)

 1,834 total views,  757 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Kapolres Lamsel Dampingi Reses Komisi III DPR RI di Bumi Khagom Mufakat

Published

on

By

Hanuang.com – Kepala Kepolisian Resor Lampung Selatan AKBP Edwin, SIK, SH, MSi mendampingi Anggota DPR RI dari Komisi III, Taufik Basari, SH, S. Hum, LL.M melakukan kunjungan kerja (Reses) diwilayah hukum bumi Khagom Mufakat, Jumat (30/7/2021).

Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Nasdem yang didampingi oleh Ketua DPC Partai Nasdem Lampung Selatan, Wahrul Fauzi Silalahi ini melakukan kunjungan kerja diberbagai titik di wilayah hukum Polres Lampung Selatan.

Dalam kunjunganya kader paratai besutan Surya Paloh ini diantaranya melakukan peninjauan pelaksanaan PPKM di Pelabuhan Bakauheni dalam pelaksanaan Rapid Test Antigen di pintu masuk pelabuhan Bakauheni, Peninjauan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 diwilayah hukum Polres Lampung Selatan dan melakukan peninjauan vaksinasi Covid-19 di Gerai Vaksinasi Polres Lampung Selatan.

Turut hadir dalam kunjungan anggota DPR-RI dari Komisi III ini diantaranya Wakapolres Lampung Selatan, Kompol Firman Sontama, S.Sos
Kabag Ops Kompol Oskar Eka Putra, S.H, M.H, Kabag Sumda, Kompol Hadi Prabowo SH MH, Kabag Ren Kompol Parhan, S.H, M.H, Kasat. Sabhara, AKP Revri Agustian, SH,
Kasat binmas iptu Yani Deviyanti, S.Pd
Kasat Lantas AKP. Edwin WB Putra SIK MH, serta para PJU Lainya.

Usai melakukan kunjungan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Aula Gedung Wicaksana. Leghawa Polres Lampung Selatan, Taufik Basari menyampaikan bahwa peserta vaksinasi ini adalah salah satu cara dalam rangka mendukung program pemerintah dalam penanganan dan mencegah penularan covid-19 diwilayah ini.

Karena dengan telah dilakukanya vaksinasi sangat mendukung dalam penanganan covid-19, yakni akan menambah imunitas/kekebalan tubuh terhadap ancaman virus yang cukup berbahaya ini, oleh karena itu pihaknya berharap kepada warga masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi ditempat-tempat yang telah disediakan. Namun demikian pihaknya juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi dari kerumunan, dan tidak melakukan kegiatan atau keluar rumah apabila tidak sangat penting. Mudah-mudahan dengan mematuhi prokes wabah ini segera berlalu dan masyarakat dapat melaksanakan kegiatannya seperti semula. ” pungkasnya. (humas)

 1,780 total views,  734 views today

Continue Reading

Trending Topic