Connect with us

Lampung Selatan

Dukung Pemerintah Dan Bantu Pengusaha DAM, LPKSM-GML Keluarkan Surat Edaran

Published

on

Hanuang.com – Dalam rangka membantu mensukseskan Program Pemerintah, terutama mensupport Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Lembaga Perlindungan Konsumen Masyarakat (LPKSM) Gema Masyarakat Lokal (GML) hadir ditengah-tengah warga.

Melalui surat edaran No.02/SE/LPKSM-GML/VII/2019, dan berdasarkan :

  1. Peraturan MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2014 Tentang Sertifnkat Laik Higieni Sanitasi yang dikeluarkan Oleh Dmas Kesehatan kepada Depot Alr M num (DAM). dan
  2. Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Pasal 4 Tentang Hak-Hak Konsumen, Pasal 7 tentang kewajiban pelaku usaha, pasal 8 tentang perbuatan yang dilarang bagi pelaku usaha serta. 
  3. Peraturan MENTERI PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR : 41/M-IND/PER/6/2008 Ketentuan Izin Usaha Industri, Izin Perluasan Dan Tanda Daftar Industri (TDI) Pasal 2 (1) Setiap Pendirian Perusahaan Industri wajib memiliki Izin Usaha Industri (IUI), kecuali bagi Industri Kecil. (2) Industri Kecil sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib memiliki Tanda Daftar Industri (TDI). yang diberlakukan sama dengan IUI. 
  4. Depot air minum yang sudah TDI dan melanggar Pasal 6 ayat (1) dan Pasal 12 ayat (1,2) dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan Pidana sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor. 5 Tahun 1984 Tentang Perindustrian Serta.
  5. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 15 TAHUN 2001 TENTANG MEREK Pasal 7 ayat (3, 6, dan 7) dapat dikenakan sanksi sebagaimana tercantum dalam pasal 90 dan 91.

Maka LPKSM GML memberitahukan kepada Pelaku Depot Air Minum (DAM) untuk segera mengurus izin usahanya yang belum memiliki ataupun yang sudah kadaluarsa.

“Kita mendorong masyarakat terutama dalam hal Pengusaha Depot Air Minum, agar sadar hukum mengurus izin-izinnya, Kita juga siap membantu untuk mengurus izin-izin tersebut, jika dikuasakan kepada kita,” ungkap Saefunnaim selaku Ketua LPKSM GML.

Dirinya menjelaskan bahwa banyak perusahaan DAM saat ini yang berdiri di Kabupaten Lamsel belum mengurus kelengkapan izinnya.

“Untuk depot air minum isi ulang (DAMIU_red)  di Lampung selatan. Menurut survei dari kami (LPKSM GML_red) kurang lebih hampir 95% perusahaan DAMIU yang tidak mengurus kelengkapan izinnya” tambahnya.

Pihaknya menjelaskan bahwa gagasan ini, jika ditertibkan oleh dinas terkait dapat menjadi keuntungan Daerah.

“Peran serta LPKSM-GML dapat membantu PAD Pemerintah Lamsel. Bayangin kalau uji laboratorium aja Rp. 480 ribu tiap 6 bulan, kalikan kurang lebih 500 depot air minum di Lamsel ini bisa mencapai Rp. 2,5 Milyar, tiap 6 bulan, dari setahun kurang lebih bisa mencapai Rp. 5 Milyar pendapatan dari kontribusi Depot air minum isi ulang, dan itu merupakan PAD Lamsel” bebernya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, melalui surat edaran tersebut, diharapkan Pemilik usaha DAMIU untuk segera mengurus izinnya.

Kedepanya jika surat edaran ini tidak diindahakan, maka LPKSM-GML akan meminta lewat surat resmi kepada dinas terkait untuk melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) terhadap berbagai perusahaan DAMIU yang banyak diduga izinnya tidak lengkap. (Arya)

 4,181 total views,  6 views today

Lampung Selatan

Sepakbola Persahabatan, Diskominfo dan Wartawan Lamsel Kalahkan Tim NE

Published

on

By

Hanuang.com – Pertandingan sepakbola bertajuk “Revance” ditunjukkan oleh Tim Dinas Kominfo Lampung Selatan (Lamsel) dan Wartawan dalam melawan Tim Nanang Ermanto, Jum’at Sore, (05/03/2021).

Pertandingan yang berlangsung di Lapangan Sepakbola Desa Way Galih, Tanjung Bintang Lamsel berlangsung panas di babak pertama. Kedua tim saling serang dimenit-menit awal. Hingga akhirnya di ujung paruh babak pertama sang striker Tim Kominfo-Wartawan Idho melesatkan gol pertama ke gawang lawan. 5 menit kemudian giliran gelandang Maxi Mai menyumbangkan gol indahnya, namun dianulir wasit karena dianggap offside. 1 menit sebelum turun minum, pemain tengah Idho Mai Saputra menambah nestapa Tim NE-B dan menggenapkan skor sementara menjadi 2 – 0 tanpa perlawanan.

Babak kedua pertandingan lumayan berimbang, Tim NE-B memasukkan pemain-pemain andalannya seperti Edy “Bule” yang pernah bergabung di Tim Elite. Kontan saja permainan menjadi berimbang. Bahkan Tim NE-B mampu membalas 2 gol sekaligus. Pertandingan menjadi setengah lapangan. Beruntung 2 gol pamungkas gelandang nasional Ferdy “Batistuta” menutup keunggulan Tim Diskominfo-Wartawan. Skor akhir 4 – 2 untuk keunggulan telak Tim Diskominfo-Wartawan Lampung Selatan.(*)

 905 total views,  905 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dengar Kabar Jembatan Putus, Bupati Lamsel Langsung Terjun Ke Lokasi

Published

on

By

Hanuang.com – Terdengar kabar jembatan putus dan makan korban jiwa di wilayahnya, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto segera turun meninjau lokasi jembatan sungai Batu Ampar yang putus di Dusun Sumberejo, Desa Mekar Jaya Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Jum’at (5/3/2021).

Turut mendampingi, Kalak BPBD, Drs. M. Darmawan, MM, Camat Merbau Mataram, Heri Purnomo, Uspika Merbau Mataram dan Para Kepala OPD Lamsel.

Sebelumnya diinformasi, dua orang pengendara sepeda motor tidak mengetahui jika jembatan putus sehingga saat menyeberang motor yang ditumpangi keduanya masuk kedalam sungai dan terseret arus deras, pada peristiwa selasa lalu.

Dilokasi, Bupati Nanang Ermanto menghimbau kepada Para camat dan Kepala Desa agar selalu memperhatikan wilayahnya, sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Pak Camat nanti sering dikontrol karena saat ini musim penghujan, tolong dilihat untuk jembatan-jembatan yang lainnya. Kita lakukan antisipasi jangan sampai terjadi yang kedua kali,” Ujarnya.

“Saya harap masayarakat desa juga peduli lingkungannya, dikontrol disekitar jembatan. Apa gorong-gorongnya tidak ada, tolong diperhatikan. Dan pak kades ajak masyarakat bergotong-royong,” Imbaunya.

Bupati Nanang Ermanto juga mengatakan akan segera menurunkan alat berat untuk melakukan evakuasi jembatan yang roboh untuk nantinya diperbaiki dan untuk sementara jalan penghubung antar desa tersebut akan ditutup.

Setelah meninjau lokasi kejadian jembatan putus Bupati Nanang Ermanto segera mengunjungi rumah korban dan memberikan bantuan materi dan semangat kepada keluarga yang ditinggalkan.

“Saya harap keluarga bisa ikhlas, sabar dan Tabah. Ini musibah yang tidak kita inginkan, Kedepan jika anak-anak mengalami kesulitan untuk pendidikan sekolahnya. Segera lapor melalui Pak kades atau pak camat, nanti akan kami bantu,” Ucapnya. (Riko)

 894 total views,  894 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Danrem 043/Gatam Resmikan Masjid dan Perumahan di Natar Lamsel

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421 Lampung Selatan (Lamsel), Letkol Inf.Enrico SN, mendampingi kunjungan kerja Danrem 043/Gatam, Brigjen TNI Toto Jumariono, dalam rangka meresmikan 1 unit bangunan masjid dan perumahan sentral sitara yang berlokasi di Desa Kerawang Sari, Kecamatan Natar, Lamsel, Jum’at (05/03/21).

Peresmian Masjid dan Perumahan Sentral Sitara, pembangunannya oleh PT. Melana Andespal Properti, untuk membangun unit perumahan yang mayoritas akan ditempati oleh anggota bintara dan tamtama remaja disatuan kodim 0421/LS dan beberapa anggota lainnya dijajaran Korem 043/Gatam.

Selain, Dandim 0421/LS, turut hadir pula Danyonif 143/TWEJ, Mayor inf Iqbal, Danramil 421-06/Natar, Kapten Inf. Yudhi Ardi, Pasi Pers Kodim 0421/LS, Kapten Inf. Ujang Hairudin, Komandan Unit Intel Kodim 0421/LS, Letda Inf. Tatang Sulaiman, Panit Sabara, IPDA Cecep, Panit Bimas, Kepala Cabang Bank BTN, Direktur Utama PT. Melana (Perum Sentral Sitara), Devilson serta Anggota Bintara & Tamtama remaja Kodim 0421/LS.

“Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, yang mana pada hari ini akan dilaksanakannya peresmian Mushola An-Nur oleh bapak Danrem 043/Gatam, Brigjen TNI Toto Jumariono, kami mengucapkan ribuan terimakasih atas kerjasamanya selama ini dengan pihak Korem 043/Gatam dan Kodim 0421/LS, untuk melakukan pembangunan perumahan di desa Kerawang Sari ini” ujar Dirut PT Melana.

Ditempat yang sama, Danrem 043/Gatam, berharap dengan diresmikannya Mushola An- Nur ini dapat membawa kesejukan bagi seluruh warga sekitar.

“Karena suatu kebutuhan pokok utama kita sebagai umat manusia itu, diantara mempunyai sandang, pangan, dan papan” pungkasnya.

“Harapan kita semua dengan telah dibangunnya serta diresmikannya mushola An- Nur ini, semoga akan menjadi pangan rohani bagi kita semua, dan adapun kewajiban bagi seorang pengembang diantaranya harus adanya lokasi tanah untuk makam dan lokasi tempat ibadah” ujarnya.

“Perlu saya tekankan kembali, dalam menyikapi situasi covid-19 kita harus tetap menerapkan aturan protokol kesehatan melalui 3 M yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak” tandasnya.

Hal senada diungkapkan Dandim 0421/LS, yang mengucapkan terimakasih kepada bapak Danrem 043/Gatam telah berkenan untuk meresmikan bangunan masjid dan perumahan.

“Dan juga saya ucapkan terimakasih kepada pihak perusahaan, Danyonif 143, para perwira yang hadir dan juga anggota sekalian dalam acara ini, saya berharap kelak bila perumahan ini telah ditempati pergunakanlah yang baik serta dirawat, karena perumahan ini untuk para anggota yang ikut mengambil, dan tentunya ini adalah aset pribadi yang perlu dirawat dan dijaga” jelasnya. (Arya)

 801 total views,  801 views today

Continue Reading

Trending Topic