Connect with us

Lampung Selatan

Bimtek Oleh KPK RI, Sebanyak 307 Pejabat Pemkab Lamsel Wajib Laporkan Harta Kekayaan

Published

on

Hanuang.com – Sebanyak 307 pejabat dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan wajib melaporkan harta kekayaannya.

Hal itu disampaikan Inspektur Kabupaten Lampung Selatan Joko Sapta dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) e-Filing pada aplikasi e-LHKPN yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lampung Selatan, Selasa (26/2/2019).

“Artinya, yang wajib melaporkan harta kekayaannya di seluruh Lampung Selatan saat ini berjumlah 307 orang, itu termasuk anggota DPRD Lampung Selatan,” ungkap Joko saat menyampaikan laporan daam pembukaan acara tersebut.

Lebih lanjut Joko menjelasakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan itu adalah untuk meningkatkan pemahaman para wajib lapor LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara).

Sehingga kedepan, diharapkan para wajib lapor bisa melaksanakan kewajibannya untuk melaporkan harta kekayaannya setiap tahun.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong kepatuhan para wajib lapor sebagai bentuk tanggungjawab selaku pejabat publik kepada masyarakat,” ujar Joko.

Joko menambahkan, pihaknya juga berharap, melalui bimtek itu bisa lebih mendorong pencegahan korupsi dibanding penindakan. Selain itu juga lanjutnya, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

“Jadi target kami hari ini adalah 257 orang, yang terdiri dari pejabat eselon II dan pejabat eselon III. Ini karena para anggota DPRD sedang ada kegiatan lain,” tuturnya.

Sementara, Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto yang membuka kegiatan mengatakan, kegiatan itu menjadi salah satu upaya pihaknya, untuk melakukan tindak pencegahan terhadap berlangsungnya praktek-praktek KKN dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Untuk itu dia berharap, seluruh peserta dapat mengikuti dan menggunakan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk mempelajari dengan jelas tata cara pelaporan, sehingga tidak terjadi terjadi kesalahan atau kekurangan dalam pengisian pelaporan pada aplikasi e-LHKPN.

“Selanjutnya, setelah mengikuti bimtek ini, saya minta para pejabat yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan memiiki kepatuhan pada aturan dan tanggungjawab dalam mengisi pelaporan harta kekayaan dengan sejujur-jujurnya, tepat waktu, serta sesuai dengan ketentan yang telah ditetapkan,” imbuh Nanang.

Berdasarkan pantauan tim ini, kegiatan itu menghadirkan narasumber Andhika Widiarto spesialis LHKPN beserta 2 orang stah dari Direktorak Pendaftaraan dan Pemeriksaan LHKPN KPK RI. (Arya/Kmf)

 2,056 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Dankodiklat TNI AD Sambangi Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, menyambut kedatangan Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto beserta rombongan di bandara Internasional Raden Intan II Branti Natar Lamsel, Sabtu, (17/04/21).

Kedatangan Dankodiklat TNI AD beserta rombongan ke wilayah Provinsi Lampung adalah dalam rangka melakukan kunjungan kerja peninjauan medan Latma Garuda Shield 15/2021, antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat, yang akan dipusatkan di Pusat latihan tempur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan.

Tim peninjauan medan dari Kodiklat TNI AD langsung dipimpin oleh Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, serta didampingi oleh Dirlat Kodiklatad Brigjen TNl Haryanto, Pabanopslat Sdirlat Kodiklatad Kolonel Inf. Suparlan Purwo Utomo, Asrendam Jaya Kolonel Inf. Erwin, Danbrigif PR-17/K/1 Kostrad Kolonel Inf.Marwan Supriyanto, Kasmin Dankodiklatad Mayor Arh. Ahmad Yani serta Kasiops Brigif PR-17/K/1 Kostrad Kapten Inf. Maulana.

Beberapa orang pejabat yang ikut menyambut kedatangan rombongan Dankodiklat TNI AD di VIP Room Bandara raden intan II diantaranya Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf. Dwi Endrosasongko, Kasiops Rem 043/Gatam Kolonel Inf. Selamet Winarto, Dandim 0421/LS Letkol Inf. Enrico Setiyo Nugroho, serta Danramil 421-06/Natar Kapten Inf. Yudi Ardi.

Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putanto, beserta rombongan, selanjutnya meninggalkan VIP Room Bandara Internasional Raden Inten ll Lampung menuju Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan guna melaksanakan serangkaian kunjungan kerjanya. (*)

 50 total views,  50 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Indahnya Ramadhan, Koramil Sidomulyo Bagikan Takjil dan Masker Kepada Pengendara

Published

on

By

Hanuang.com – Koramil 421-07/Sidomulyo melakukan Bakti Sosial Ramadhan berbagi, dengan melakukan pemberian takjil dan pembagian masker kepada masyarakat yang melintas dijalan raya Sidomulyo – Candipuro, Jum’at (16/04/21).

Tak ketinggalan ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana Ranting 6 Ramil 421-07/SDM, juga ikut turun kejalan dan terlibat dengan ramahnya mereka berbagi kepada masyarakat.

Terkesan sangat humanis saat Personel beserta persit KCK Ranting 6 melakukan kegiatannya, masyarakat yang melintas di jalan raya Sidomulyo – Candipuro sangat menikmati atas Bakti Sosial yang dilakukan saat ini dalam rangka ramadhan berbagi.

“Kegiatan ini yang pertama adalah untuk memberikan rasa kesadaran bagi masyarakat, dalam mematuhi protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19, sehingga kita bersama membagikan masker kepada masyarakat yang melintas dijalur jalan ini, dengan adanya kegiatan pembagian masker kami berharap di bulan suci ramadhan ini selain kita selain kita menjalankan ibadah puasa, namun juga kita harus bisa sehat, aman dari ancaman pandemi covid 19” ujar Serka Sarino.

Menurutnya, hal ini bertujuan untuk memperkuat rasa kerukunan diantara sesama, dimana indahnya berbagi, demi meningkatkan rasa persaudaraan.

“Kami turut mengucapkan selamat berbuka puasa dan selamat menjalankan ibadah puasa 1442 H, mudah mudahan segala amal ibadah kita diterima oleh allah SWT, dan kita semua diberikan kesehatan serta segera dibebaskan dari semua ujian yang sekarang ini kita sedang hadapi bersama” tutupnya. (*)

 57 total views,  57 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Beredar Kabar Akan Digelar Pengukuhan Pengurus HIMALS, Tio Alim Fatwa : ‘Itu Bukan Kami, Melainkan Oknum’

Published

on

By

Keterangan Foto : Pengukuhan BPH HIMALS Periode 2021-2023 Oleh Supriyanto Selaku Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Lamsel

Hanuang.com – Tio Alim Fatwa, selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Lampung Selatan (HIMALS) Periode 2021-2023 angkat bicara terkait akan digelarnya pengukuhan kepengurusan Himals di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kalianda yang ditenggarai abal-abal atau tidak sah.

Dirinya menegaskan bahwa sebelumnya HIMALS telah melakukan pelantikan Badan Pengurus Harian (BPH) secara resmi dan sah tertanggal 18 Maret 2021 yang digelar di Aula Sebuku, Rumah Dinas Bupati Lamsel.

“Kami tegaskan dan beritahukan kepada seluruh elemen baik Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan maupun masyarakat serta rekan-rekan mahasiswa/i Lampung Selatan, bahwasanya HIMPUNAN MAHASISWA LAMPUNG SELATAN (HIMALS) sudah melakukan pelantikan Badan Pengurus Harian HIMALS Periode 2021-2023” ujarnya, Jum’at, (17/04/21).

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://hanuang.com/bph-himals-periode-2021-2023-resmi-dilantik/&ved=2ahUKEwjglb2X44PwAhWrgUsFHeZvAZgQFjAAegQIBBAC&usg=AOvVaw1q0KjOcD37Wq-BNAGUgS-L

Ia pun menjelaskan jika ada oknum mengatasnamakan HIMALS serta melakukan kegiatan diluar sepengetahuannya. Agar berhati-hati dan melakukan konfirmasi kepada dirinya ataupun pengurus HIMALS yang sah.

“Apabila ada oknum-oknum yang melakukan kegiatan mengatasnamakan HIMALS, diluar sepengetahuan dan tanggung jawab dari kami selaku BPH HIMALS yang sah, kami jelaskan bahwa itu bukan bagian dari pada kami dan kami tidak bertanggung jawab atas berjalannya kegiatan tersebut dan dianggap ilegal” bebernya.

Menurutnya sebagai seorang mahasiswa, harus dapat menunjukkan dan memberikan contoh yang baik dan benar sebagai insan akademik, insan cita, dan insan perubahan sebagaimana sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Sangat disayangkan bahwasanya citra kita sebagai mahasiswa dirusak dan dipandang arogansi oleh oknum-oknum yang mementingkan kepentingan pribadi dan kelompok tertentu yang mengatasnamakan Himpunan Mahasiswa Lampung Selatan (HIMALS)” tutupnya. (*)

 1,890 total views,  524 views today

Continue Reading

Trending Topic