Connect with us

Lampung Selatan

Bentuk Promosi, Durian Unggulan Gunung Rajabasa Dilombakan

Published

on

Hanuang.com – UPTD KPH XIII Gunung Rajabasa-Way Pisang-Batu Serampok, Adakan kegiatan “Lomba Durian Lokal Unggul Gunung Rajabasa.”

Lomba yang diikuti peserta dari 22 Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) di sekitar Gunung Rajabasa itu, berlangsung di Kantor KPH XIII Komplek Pemkab Lamsel, Rabu, (23/01/19).

Kepala UPTD KPH XIII, Wahyudi Kurniawan mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencari dan mempromosikan durian lokal terbaik yang berada di Gunung Rajabasa.

“Durian yang terbaik akan diupayakan untuk pengembangan budidaya durian lokal unggulan di Gunung Rajabasa, sehingga nantinya akan diperbanyak jenis bibit durian dengan kualitas unggul tersebut dengan menerapkan metode vegetatif,” ujarnya.

Aneka Durian Lokal Unggul Gunung Rajabasa Yang Diperlombakan

Sementata itu, Mares Ersan selaku Ketua Pelaksana mengungkapkan, dari 35 jenis varian durian yang dilombakan, setiap varian yang mempunyai potensi keunggulan dan kekhasan tertentu juga akan disimpan datanya sebagai database untuk KPH.

“Harapannya dengan kegiatan ini juga bisa lebih mengenalkan jenis-jenis durian lokal unggulan di Lampung ini ke kancah nasional maupun internasional untuk ke depannya,” terangnya.

Iqbal A. Ihsanu, selaku koordinator juri, bahwa ada 6 kriteria yang dinilai dalam lomba ini yaitu Berat, Aroma, Tekstur, Warna Daging Buah, Ketebalan Daging Buah, dan Rasa.

“Keenam kriteria tersebut mempunyai bobot yang berbeda sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan panitia dan juri,” katanya.

Panitia Perlombaan Saat Menilai Durian Lokal Unggul Gunung Rajabasa Yang Diperlombakan

Dari hasil perlombaan, Juara 1 Durian Lokal Unggul Gunung Rajabasa adalah Durian “Tapak Indun” yang berasal dari LPHD Jondong dari Desa Jondong, Kecamatan Kalianda, Lamsel yang merupakan varietas asli Jondong.

Keunggulan utama durian ini adalah rasanya yang pas manisnya dilidah dan aromanya harum tapi tidak terlalu menyengat. Ukuran buah nya pun cukup besar dan ketebalan daging buah nya juga cukup tebal.

“Jenis durian ini asli dari wilayah Desa Jondong dan pohonnya sendiri sudah berumur kurang lebih 100 tahun,” ucap Basri salah seorang pemenang dari Desa Jondong.

Selain lomba Durian Lokal Unggul, kegiatan juga dimeriahkan dengan Lomba Makan Durian antar Resort di KPH untuk memupuk erat tali silaturahim dan kebersamaan antar pegawai di KPH. (Arya/Boby)

 3,061 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Ramadhan Penuh Berkah, Lapas Kalianda Bagikan Sembako Kepada Warga Desa Negeri Pandan

Published

on

By

Hanuang.com – Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kalianda melakukan Bhakti Sosial membagi-bagikan Sembako di Desa Negeri Pandan, Kalianda, Jumat (16/4). Kegiatan Bhakti Sosial dilakukan dalam Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke – 57.

Dalam kegiatan, Kepala Lapas Kalianda, Dr. Tetra Destorie yang turut melaksanakan Bhakti Sosial mengatakan bahwa Sembako yang dibagikan merupakan Sumbangan yang dikumpulkan dari Petugas Lapas Kalianda.

“Dalam memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 57, ini, sumbangan yang diberikan merupakan sumbangan dari Seluruh Petugas Lapas Kalianda. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang menerima,” ucap Kepala Lapas Kalianda.

Dengan melakukan Derma di Bulan Ramadhan, dirinya meyakini bahwa, Ia bersama rekan-rekan Petugas Lapas Kalianda yang beragama Islam akan mendapat pahala berlipat ganda.

“Saya percaya, apabila kita melakukan kebaikan dengan melakukan Derma di Bulan Ramadhan Niscaya pahala kita akan berlipat ganda,” tutup Dr. Tetra Destorie. (Humas)

 99 total views,  99 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dankodiklat TNI AD Sambangi Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, menyambut kedatangan Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto beserta rombongan di bandara Internasional Raden Intan II Branti Natar Lamsel, Sabtu, (17/04/21).

Kedatangan Dankodiklat TNI AD beserta rombongan ke wilayah Provinsi Lampung adalah dalam rangka melakukan kunjungan kerja peninjauan medan Latma Garuda Shield 15/2021, antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat, yang akan dipusatkan di Pusat latihan tempur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan.

Tim peninjauan medan dari Kodiklat TNI AD langsung dipimpin oleh Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, serta didampingi oleh Dirlat Kodiklatad Brigjen TNl Haryanto, Pabanopslat Sdirlat Kodiklatad Kolonel Inf. Suparlan Purwo Utomo, Asrendam Jaya Kolonel Inf. Erwin, Danbrigif PR-17/K/1 Kostrad Kolonel Inf.Marwan Supriyanto, Kasmin Dankodiklatad Mayor Arh. Ahmad Yani serta Kasiops Brigif PR-17/K/1 Kostrad Kapten Inf. Maulana.

Beberapa orang pejabat yang ikut menyambut kedatangan rombongan Dankodiklat TNI AD di VIP Room Bandara raden intan II diantaranya Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf. Dwi Endrosasongko, Kasiops Rem 043/Gatam Kolonel Inf. Selamet Winarto, Dandim 0421/LS Letkol Inf. Enrico Setiyo Nugroho, serta Danramil 421-06/Natar Kapten Inf. Yudi Ardi.

Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putanto, beserta rombongan, selanjutnya meninggalkan VIP Room Bandara Internasional Raden Inten ll Lampung menuju Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan guna melaksanakan serangkaian kunjungan kerjanya. (*)

 239 total views,  239 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Indahnya Ramadhan, Koramil Sidomulyo Bagikan Takjil dan Masker Kepada Pengendara

Published

on

By

Hanuang.com – Koramil 421-07/Sidomulyo melakukan Bakti Sosial Ramadhan berbagi, dengan melakukan pemberian takjil dan pembagian masker kepada masyarakat yang melintas dijalan raya Sidomulyo – Candipuro, Jum’at (16/04/21).

Tak ketinggalan ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana Ranting 6 Ramil 421-07/SDM, juga ikut turun kejalan dan terlibat dengan ramahnya mereka berbagi kepada masyarakat.

Terkesan sangat humanis saat Personel beserta persit KCK Ranting 6 melakukan kegiatannya, masyarakat yang melintas di jalan raya Sidomulyo – Candipuro sangat menikmati atas Bakti Sosial yang dilakukan saat ini dalam rangka ramadhan berbagi.

“Kegiatan ini yang pertama adalah untuk memberikan rasa kesadaran bagi masyarakat, dalam mematuhi protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19, sehingga kita bersama membagikan masker kepada masyarakat yang melintas dijalur jalan ini, dengan adanya kegiatan pembagian masker kami berharap di bulan suci ramadhan ini selain kita selain kita menjalankan ibadah puasa, namun juga kita harus bisa sehat, aman dari ancaman pandemi covid 19” ujar Serka Sarino.

Menurutnya, hal ini bertujuan untuk memperkuat rasa kerukunan diantara sesama, dimana indahnya berbagi, demi meningkatkan rasa persaudaraan.

“Kami turut mengucapkan selamat berbuka puasa dan selamat menjalankan ibadah puasa 1442 H, mudah mudahan segala amal ibadah kita diterima oleh allah SWT, dan kita semua diberikan kesehatan serta segera dibebaskan dari semua ujian yang sekarang ini kita sedang hadapi bersama” tutupnya. (*)

 245 total views,  245 views today

Continue Reading

Trending Topic