Connect with us

Bandar Lampung

Belasan Titik JTTS Rusak, Polda Lampung Imbau Pengendara Berhati-hati

Published

on

Hanuang.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung berupaya menekan angka kecelakaan dan mencegah kemacetan baik di Jalan Lintas Sumatra maupun Tol Trans Sumatera pada libur panjang Imlek 2021.

Upaya itu dilakukan dalam bentuk survey lokasi rawan bencana banjir, tanah longsor, dan jalan rusak akibat cuaca ekstrem.

Dari hasil peninjauan lapangan, Polda akan menginventarisasi lokasi rawan dan merumuskan solusi bersama berbagai pihak.

Dirlantas Polda Lampung Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik mengatakan, personel kepolisian sudah disiagakan untuk membantu pihak lain demi mengantisipasi dampak cuaca ekstrem.

“Kami antisipasi dampak bencana akibat cuaca ekstrem. Kami juga bersiaga selama libur panjang Imlek di setiap rest area,” jelas Dirlantas Polda Lampung, Kombes Pol. Donny Sabardi Halomoan Damanik.

Dirlantas Polda Lampung mengatakan pihaknya sudah menurunkan tim survei terpadu untuk melaksanakan pengecekan jalan di arah Bandar Lampung-Tegineneng dari Tugu Raden Intan hingga Pos Lantas Tegineneng maupun sebaliknya.

Para petugas mengecek pohon rapuh juga baliho usang di sekitar jalan nasional tersebut.

Hasil pantauan, dari arah Tugu Raden intan sampai Pos Lantas Tegineneng ditemukan jalan berlubang di Jembatan Way Sekampung yang berpotensi terjadinya kecelakaan dan kemacetan lalu lintas.

Ditemukan juga pohon rapuh yang berpotensi tumbang di Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) depan Dealer Auto 2000 Hajimena KM 14, Jalinteng depan Dealer Mercedes Benz Hajimena KM 14.500, Jalinteng Natar KM 20, Jalinteng Desa Haduyang Natar KM 29 depan Rumah Makan Mandiri, dan Jalinteng depan Notaris Linda Natar KM 17.

Sat PJR Ditlantas Polda Lampung mengecek kondisi Tol Trans Sumatra ruas Terbanggi – Pematang – Panggang – Kayu Agung (Terpeka). Dari hasil pemantauan, di KM 202 sampai 252+800 ditemukan tujuh ruas jalan berlubang atau belum diperbaiki di jalur A maupun B.

Berikut rinciannya ;

  • KM 249+400 A
  • KM 252+400 A
  • KM 208+800 A
  • KM 211+400 A
  • KM 228+800 A
  • KM 240+600 B
  • KM 240+500 B

Pemantauan ruas jalan itu dilakukan demi memberikan informasi ke masyarakat agar lebih berhati-hati. (Tribratanews.polri.go.id)

 4,679 total views,  3 views today

Bandar Lampung

Polisi Tangkap Warga Panjang Bandar Lampung Yang Curi Speaker Aktif di Katibung

Published

on

By

Hanuang.com – Pemuda pengangguran AB (15) warga Kampung Sinar Gunung, Kecamatan Panjang, Bandar Lampung, diamankan Jajaran Polsek Katibung Polres Lampung Selatan, Rabu, (01/12/21).

Penangkapan terhadap pemuda yang masih ABG tersebut dilakukan setelah jajaran Polsek Katibung menerima laporan dari korban SB (40) atas terjadinya tindak pidana pencurian pada hari Rabu (1/12/2021) sekira pukul 02.00 WIB di Lapak Duren yang berada di jalan Trans Sumatera Desa Tarahan Kecamatan Katibung.

Adapun barang yang dicuri yakni berupa 1 unit HP Merk Oppo warna putih dan Speaker aktif Mini Merk Nico saat korban sedang tertidur.

“Pelaku berhasil kami amankan dirumahnya” Tutur Kapolsek Katibung AKP Defrison.

Saat ini barang bukti (BB) berupa, 1 unit Hand phone Merk OPPO Warna Putih, 1 unit Speaker Mini Merk NICO warna Hitam serta pelaku sudah diamankan di Mapolsek Katibung guna penyidikan lebih lanjut. (*)

 190 total views,  118 views today

Continue Reading

Bandar Lampung

Siap Dikukuhkan, Pengurus Kobakum DPD APSI Lampung Gelar Rapat Koordinasi

Published

on

By


Hanuang.com – Komisi Bantuan Hukum (Kobakum) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) Provinsi Lampung menggelar rapat koordinasi pengurus, Kamis, (04/11/21).

Rakor yang dibalut dengan silaturahmi tersebut digelar di Kafe dan Resto Alun-alun Kepayang, Jalan Kepayang, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung.

Hadir dalam giat tersebut, Ketua APSI Lampung, Andri Meirdyan Syarif, Sekretaris APSI Lampung, Yudi Setiawan, dan jajaran pengurus Kobakum.

Direktur Kobakum DPD APSI Lampung, M. Fauzi, menjelaskan bahwa silaturahmi kali ini membahas berbagai agenda yang ada diantaranya pelantikan dan pengukuhan pengurus.

“Hasil dari pertemuan tadi, kita agendakan secepatnya pengurus Kobakum untuk dilantik dan dikukuhkan” ujarnya.

“Kedepannya kegiatan seperti ini akan rutin kita gelar, Kobakum siap memberikan bantuan hukum untuk anggota satpam di Lampung khususnya, selain itu kita juga berkomitmen akan memberi edukasi hukum dan perlindungan hukum terhadap anggota satpam, tentunya yang sudah tergabung di APSI” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Andri Meirdyan Syarif yang menjelaskan bahwa pengukuhan Kobakum ada dua opsi dan akan dilaksanakan secepatnya.

“Ya tadi sudah kita bahas dan ada beberapa opsi untuk jadwal pelantikan Kobakum. Yakni diakhir November ini atau diawal Desember 2021 ini” jelasnya.

Diketahui bahwa APSI merupakan asosiasi satpam yang telah diakui oleh Mabes Polri dan Kemenkumham, awalnya bernama Asosiasi Manager Securty Indonesia (AMSI) yang berdiri pada 9 Juli 2001 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Pusat. AMSI dikukuhkan dengan SK Kapolri No. 500/VI/2002 tertanggal 28 Juni 2002.

Satpam adalah anak kandung Polri. Demikian statemen Kapolri saat HUT Satpam ke-36 di hadapan ribuan Satpam. Pernyataan ini meneguhkan kembali bahwa keberadaan Satpam sangat strategis dalam menjaga kondusivitas lingkungan kerja. Karena itu, APSI hadir memiliki visi dan misi yang jelas dalam rangka memuliakan Profesi Satpam. (Arya)

 2,882 total views,  58 views today

Continue Reading

Bandar Lampung

Sinergi Dengan Kemenkumham, LKBH-SPSI Lampung Gelar Pelatihan Paralegal

Published

on

By

Hanuang.com – LKBH-SPSI Lampung mengadakan pelatihan Paralegal, pelatihan tersebut dihadiri langsung oleh M. Ridwan S.H. selaku Direktur LKBH-SPSI Lampung, Sabtu, (23/10/21).

Hadir dalam giat tersebut, Samsabastian selaku Kepala bidang Paralegal, M. Imron Suhada, S.H.,M.H. selaku Sekertaris LKBH-SPSI Lampung, dan Ahmad Julian, S.H. selaku Direktur LKBH periode 2018-2020 sekaligus pemateri dalam pelatihan tersebut.

M. Ridwan, S.H, menyampaikan apresiasi atas antusiasme peserta dalam pelatihan tersebut.

“Kegiatan ini cukup strategis karena nanti Insya Allah dapat saling memberi manfaat baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat luas” ujarnya.

“Dan kami berharap mudah-mudahan dengan diadakannya Pelatihan Paralegal ini dapat menghasilkan paralegal yang siap terjun ke lapangan karena materi yang diberikan bukan hanya materi pengetahuan saja tetapi para peserta juga akan diminta aktif melakukan simulasi bagaimana mendampingi klien, bagaimana merumuskan dokumen hukum yang dapat bermanfaat di lapangan” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa paralegal tidak terbatas sarjana hukum saja, tetapi siapapun yang memiliki pengetahuan bisa menjadi paralegal dan bisa mendampingi masyarakat yang terkena masalah hukum nantinya.

Diketahui bahwa pelatihan paralegal ini merupakan upaya LKBH-SPSI Lampung untuk mendukung Program Pemerintah khususnya Kementerian Hukum dan HAM dalam melindungi dan memberikan bantuan hukum kepada masyarakat, sesuai amanah UU No. 16 Tahun 2011.

karena kehadiran Paralegal sangat penting bagi masyarakat sekitar terutama dalam melakukan pendampingan bagi para korban yang bersifat litigasi maupun non litigasi.

Dalam praktik pembelaan maupun pendampingan yang dilakukan oleh Organisasi bantuan hukum terdapat beberapa kendala salah satunya adalah sumber daya manusia, karena itu melalui pelatihan ini ia berharap dapat menumbuhkan banyak paralegal antar lintas Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang ada di Lampung sehingga dapat bersinergi bersama mengatasi permasalahan hukum yang dihadapi masyarakat.

Lanjut disampaikan, bahwa dalam mewujudkan akses bantuan hukum serta peningkatan kesadaran hukum masyarakat khususnya di Provinsi Lampung, maka LKBH-SPSI Lampung merasa perlu dilakukan langkah nyata berupa penyediaan sumber daya pemberi bantuan hukum salah satunya dengan melakukan pelatihan paralegal.

“kami sebagai Organisasi Bantuan Hukum siap memberikan Pelayanan dan bantuan hukum seluas-luasnya, khususnya masyarakat yang kurang mampu untuk mencari keadilan dan kesetaraan dimuka hukum” tutupnya.

 4,449 total views,  58 views today

Continue Reading

Trending Topic