Hanuang.com

Home

Warga Desa Pematang Sulap Kebunnya Jadi Peternakan Lebah Madu

Hanuang.com – Berawal dari susahnya mencari lahan pekerjaan, Arizal warga Desa Pematang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), menyulap kebunnya menjadi peternakan lebah Trigona, Selasa, (17/12/19).

Setelah 4 Tahun lamanya bergelut dengan lebah Trigona, kini Arizal mampu menghasilan pundi-pundi rupiah. Bahkan dirinya juga menjadi distributor penyuplai madu serta koloni lebah Trigona diberbagai daerah Lampung bahkan hingga ke luar Provinsi.

“Ya kita jual lok (Koloni lebah beserta rumahnya_red) di daerah Metro, Pringsewu, Bandar Lampung. Selain itu saya juga mengisi dan menyuplai para peternak lebah Trigona lokal” ungkapnya.

Selain dalam provinsi, dirinya juga sudah dipercaya oleh para pelanggan luar daerah seperti di Provinsi Denpasar Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Tanggerang, serta daerah lainnya.

(Jenis Lebah Trigona)

Tak sedikit juga warga sekitar yang datang langsung ke kebunnya untuk membeli madu yang dipercaya memiliki khasiat obat ini.

“Kalau untuk wilayah sini ini (Lokal_red) kita jual Rp. 150.000 s/d 200.000 dengan ukuran 460 Mili Liter, sedangkan untuk ukuran 250 Mili Liter itu, saya jual seharga Rp. 130.000 bang” jelasnya.

Menurut warga sekitar, harga ditempatnya jauh lebih murah dibandingkan dari daerah lainnya. Hal itu dilakukan karena berdasarkan jiwa sosial yang tinggi serta membantu sesama.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, Pemerintahan Desa (Pemdes) Pematang, melalui Kades terpilih, Edi Hamzah, akan mensupport atas apa yang dibudidayakan oleh warganya itu.

“Kita sangat support dan mendukung langkahnya, hal ini juga bisa menjadi lahan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Apalagi sebentar lagi juga ada pameran desa tingkat Kecamatan diwilayah kita ini, dan madu Trigona ini merupakan salah satu produk unggulan kita” jelasnya. (Arya)

Share

BERITA TERBARU