Connect with us

Lampung Selatan

Usai Wartawan, Kini BPN Didemo Ormas GML dan Warga Lamsel

Published

on

Hanuang.com – Masyarakat Desa Bumi Restu, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), bersama Organisasi Masyarakat (Ormas) Gema Masyarakat Lokal (GML) Lampung, menggeruduk Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Agraria Tata Ruang (ATR) setempat.

Diketahui, aksi unjuk rasa ini masih berkaitan dengan persoalan sengketa lahan Pasar Bumi Restu. Salah seorang orator menyampaikan, bahwa pejabat BPN Lamsel telah bersikap dzolim, tidak membela kepentingan rakyat.

“Bahkan, BPN melakukan mal administrasi dan murni cacat hukum. Beberapa kali melakukan mediasi, juga tidak pernah menemukan solusi dan titik terang dari persoalan lahan pasar Desa Bumi Restu,” jelas Syaifunnaim, selaku Ketua LPKSM-GML.

Hal senada diungkapkan Ketum GML, Rizal Anwar, mengungkapkan bahwa, segala bentuk urusan dokumen pertanahan di BPN Lamsel banyak permainan.

”Pejabat BPN memang pintar, namun pintar bermain dalam hal urusan dokumen tanah,” Tegasnya.

Diketahui bahwa Ormas GML dan masyarakat telah beraudensi dengan Pihak BPN atas terbitnya sertifikat Tanah Desa Pasar Bumi restu yang diklaim atas milik seseorang dan jelas-jelas dalam surat permohonan pembatalan yang dikirim sesuai mekanisme yang diatur pada pasal 110 jo Pasal 108 ayat (1) Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 9 Tahun 1999, Bahwa sertifikat yang diterbitkan jelas-jelas melanggar UU, dan terdapat cacat Hukum administratif dalam penerbitanya sebagai mana diatur dalam undang-undang Agraria pada Pasal 106 ayat (1) jo Pasal 107 dan jelas cacat hukum administrasi sebgaimana dimaksud dalam pasal 106 (1)

Berikut Tuntutan Ormas GML bersama Masyarakat Bumi Restu terhadap BPN Lamsel :

  1. Agar BPN Kabupaten Lampung Selatan segera membatalkan sertifikat Tanah yang diklaim atas nama Tumenggung Cahaya Marga untuk segera dikembalikan kepada pemilik aslinya yaitu Pemerintah Desa Bumi Restu.
  2. Pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia baik dari Polsek, Polres, Polda, ataupun Polri, untuk segera mengusut tuntas dugaan upaya penghilangan atas hak masyarakat yang diduga dilakukan oleh oknum BPN Kabupaten Lampung Selatan secara tegas sesuai dengan ketentuan Hukum yang berlaku.

Sebelumnya diketahui bahwa persoalan sama muncul, yakni dimana para Jurnalis Lampung Selatan bersama LSM dan lainnya menggeruduk kantor BPN setelah mendapatkan perlakuan pengusiran oleh oknum BPN saat meliput di kantor BPN dalam peliputan penyelesaian sengketa terkait tanah di desa tersebut. (*)

 5,815 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Hindari Kesan Angker, Babinsa Ajak Warga Bersihkan Makam

Published

on

By

Hanuang.com – Serka Basuni, selaku anggota Babinsa Koramil 421-08/Palas, kembali melakukan aksi gotong – royong bersama warga Desa Mandala Sari, Dusun Karang Sari, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Minggu (29/11/20).

Gotong – royong kali ini terpusat pada pengerjaan pembersihan dikawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) dari tumbuhan liat yang mewarnai sekitar TPU, untuk memperindah kawasan tersebut dengan melakukan pembersihan secara total.

“Kawasan TPU ini memang perlu kita bersihkan karena epertinya sudah tidak terawat lagi dan terkesan seperti angker, untuk itu masyarakat dusun Karang Sari bersepakat melakukan pembersihan dilokasi TPU ini, agar TPU terlihat tetap terawat, bersih dan indah” pungkasnya.

“Agar masyarakat khususnya dusun karang sari ini agar tetap kompak dalam melakukan kegiatan gotong – royong, demi meningkatnya kemajuan pembangunan desa, dan terakhir saya berpesan tentang protokol kesehatan tetap dilakukan selama pandemi covid-19 ini masih saja berlangsung” tutupnya. (*)

 812 total views,  207 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

TNI Bantu Pengamanan Obyek Vital JTTS

Published

on

By

Hanuang.com – Serda Eko Sugiarto selaku Anggota Babinsa Koramil 421-10/Katibung ikut melaksanakan pengamanan dan monitoring objek vital Nasional di Desa Rangai Tri Tunggal, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), untuk membantu petugas security di areal tersebut, Minggu, (29/11/2020).

Keikut sertaannya dalam menjaga dan mengamankan obyek vital nasional dijalan tol, dengan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang keluar masuk di area objek vital Nasional, dari kemungkinan tindakan – tindakan yang dapat menggangu sistem keamanan wilayah.

Jalan tol yang menghubungkan dari bakauheni Lamsel hingga ke Sumatera Selatan, masih sangat perlu mendapatkan pengawalan serta pengamanan, dari beberapa terjadinya permasalahan yang dialami oleh warga saat melintas dijalur tersebut.

“Jalan tol yang terletak didesa rangai tritunggal kecamatan Katibung ini, memang sangat perlu mendapatkan pengamanan dari aparat, pasalnya bila terjadi sesuatu bisa segera untuk ikut mengatasinya sehingga permasalahan tersebut bisa selesai” ujarnya.

“Pihak keamanan yang dipersiapkan oleh pengelola jalan tol ini juga masih perlu kita berikan bimbingan tentang teknis pengamanan di lapangan, agar mereka dapat bekerja secara baik” pungkasnya. (*)

 782 total views,  207 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Rasa Prihatin Kepada Warga Tertanam Dalam Jiwa TNI-POLRI

Published

on

By

Hanuang.com – Serka Deki Sartana anggota Babinsa Koramil 421-10/Katibung, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) bersama Bhabinkamtibmas melakukan silaturahmi dan membesuk seorang warga Dusun Tamiang, Desa Pardasuka Kecamatan setempa, Sabtu (28/11/20).

Rasa keprihatinan seorang aparat babinsa dan babinkamtibmas sangat merasakan penderitaan yang dialami oleh saudara Safi’i (35), yang tengah terbaring terkulai lemas karena mengalami sakit akibat terjatuh dari pohon durian beberapa musim yang lalu, sehingga tulang bagian tubuh belakang mengalami patah.

Akibat musibah yang dialami, sampai ini ia hanya bisa berbaring ditempat tidur dan tak bisa berbuat apa – apa, hanya pihak keluarga yang masih memperhatinkan dalam mengurus.

“Secara pribadi dan rasa kemanusiaan saya sangat turut perihatin dengan musibah yang dialamai oleh saudara Safi’i, tentunya hal ini membuat dirinya sangat menderita, dan kedatangan kami berdua adalah untuk menjenguk dan bersilaturahmi dengan saudara safi’i dan keluarga, mudah – mudahan dengan kehadiran kami berdua ini akan memberikan semangat bagi saudara safi’i dan keluarga” ungkapnya.

“Kami juga turut prihatin atas kejadian ini, semoga saudara safi’i dan keluarga diberikan ketabahan atas musibah ini, dan kami mengucapkan terimakasih atas penerimaan kami ini dalam menjenguk” pungkasnya. (*)

 1,411 total views,  207 views today

Continue Reading

Trending Topic