Connect with us

Lampung Selatan

Sambangi Pemkab Lamsel, Ini Yang Disampaikan KPK RI

Published

on

Hanuang.com – Sebagai upaya mencegah korupsi kembali terulang, Tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI memberikan arahan kepada seluruh pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (18/10/2019), di Aula Krakatau Pemkab Lampung Selatan itu, dilakukan guna mewujudkan pemerintahan Kabupaten Lampung Selatan yang bersih bebas KKN.

Hadir dalam acara itu, Pelaksana tugas(Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Wakil Ketua DPRD Lampung Selatan Agus Sartono dan Darol Kutni, serta Ketua Tim Korsupgah KPK RI Wilayah III Dian Patria serta anggota Oding Juharudin.

Ketua Tim Korsupgah KPK RI Wilayah III Dian Patria mengatakan, kegiatan itu merupakan program KPK yakni penindakan terintegrasi setelah adanya OTT yang terjadi pada bulan Juli tahun 2018 lalu.

Sehingga kata Dian Patria, Tim Korsupgah perlu melakukan pembinaan untuk mencegah terjadinya hal serupa di pemerintahan Kabupaten Lampung Selatan.

“Kita mencoba mendorong agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Disini kita berbicara terbuka, bukan berarti mencari-cari kesalahan orang perorang atau mengorek luka lama. Tetapi bagaimana kita mencari solusi bersama,” ujar Dian Patria.

Dian Patria mengungkapkan, di Provinsi Lampung terdapat 5 kasus yang ditangani KPK, dimana 4 diantaranya terjaring OTT dengan modus yang sama melalui proyek infrastruktur.

“Statistik KPK menyebutkan 60 persen kasus KPK itu dari suap menyuap, lalu 23 persen dari pengadaan barang dan jasa. Jadi dari data ini nyambung dengan fakta yang ada di lapangan dan modus-modusnya masih konvensional,” bebernya.

Sementara, Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyambut baik upaya pencegahan yang dilakukan Tim KPK.

Nanang berharap, dengan hadirnya Tim Korsupgah KPK, dapat membuat kondisi birokrasi Pemkab Kabupaten Lampung Selatan lebih baik lagi.

Sedangkan, menindaklanjuti arahan KPK, Nanang mengatakan, pasca kejadian OTT, jajaran Pemkab Lampung Selatan telah melakukan langkah-langkah perbaikan maupun rencana aksi pemberantasan korupsi.

“Sebagai contoh masalah tender di Dinas PU kami tidak ada intervensi oleh pihak manapun. Begitu juga ULP sudah independen, dari tidak ada tunjangan sekarang sudah kami beri tunjangan. Hal ini untuk meningkatkan kinerja dan mencegah terjadinya korupsi,” ujar Nanang.

Nanang menambahkan, meskipun semua proses tender proyek telah dilakukan secara terbuka dan transparan melalui sistem online, peretas (hacker) menjadi kendala proses pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Lampung Selatan.

“Jadi ketika semua sudah terbuka, kami mengalami masalah dengan adanya hacker. Ini yang menjadi kendala saat ini,” katanya. (Arya)

 3,406 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Waspada Investasi Bodong, BEI Berikan Edukasi Kepada Warga Sidomulyo

Published

on

By

Hanuang.com – Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Lampung melakukan edukasi dan sosialisasi waspada investasi bodong dan sekolah pasar modal di dua desa di Kecamatam Sidomulyo, yaitu di Desa Sidomulyo dan Desa Sidowaluyo, Selasa, (19/01/21).

Kegiatan yang dilaksanakan dengan metode web binar tersebut tetap mematahui protokol kesehatan.

Pada kesempatan tersebut salah satu inisiator desa nabung saham Sidorejo Lampung Selatan Refa Risnadi mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat tentang ciri-ciri investasi bodong dan mengenalkan investasi saham ke masyarakat desa.

Harapannya masyarakat bisa lebih waspada dan tidak terjerumus pada tawaran yang tidak masuk akal.

Ryan Ahmad yang juga salah satu inisator desa nabung saham mengatakan bahwa saat ini masyarakat di pedesaan sudah bisa berinvestasi di pasar modal dengan nilai yang sangat terjangkau.

Meluruskan pandangan masyarakat yang selama ini beranggapan bahwa investasi pasar modal hanya untuk orang-orang kaya dan rumit padahal masyarakat bisa berinvestasi dengan modal minimal Rp. 5.000,- dan saat ini transaksi di pasar modal hanya bermodalkan smartphone saja ujar Ryan. (*)

 108 total views,  108 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Polsek Tanjung Bintang Lumpuhkan Begal Cilik Asal Lamtim Dengan Timah Panas

Published

on

By

Hanuang.com, TANJUNG BINTANG – Tim Opsnal Polsek Tanjung Bintang, Lampung Selatan (Lamsel) berhasil melumpuhkan pelaku pencurian sepeda motor (Curanmor) dengan timah panas, di Jalan Ir. Sutami, Kecamatan Tanjung Bintang, Senin (18/1/2021) sekitar pukul 18.55 wib.

Pelaku tersebut yakni AS (17), warga Kecamatan Sekampung Udik Lampung Timur. Bocah yang masih duduk di bangku SMP ini melakukan aksinya di Perum Nusantara Permai Campang Raya Bandar Lampung.

Kapolsek Tanjung Bintang, Kompol Talen Hafidz mengungkapkan, pelaku terpaksa dihadiahi timah panas, lantaran enggan berhenti saat dilakukan pengejaran di jalur Jalan Ir. Sutami.

“Sebelum itu, anggota telah memberikan tembakan peringatan sebanyak tiga kali. Namun, pelaku tidak mengindahkan. Karena itu, polisi terpaksa mengarahkan tembakan ke pelaku, dan mengenai pantat sebelah kanan pelaku yang akhirnya pelarian dapat dihentikan,” Bebernya, Selasa (19/1/2021).

Ia menambahkan, saat dilakukan pengejaran pelaku diketahui sebanyak dua orang dengan menggunakan dua sepeda motor. Satu pelaku mengendarai sepeda motor Honda Beat, warna putih biru, milik korban Dwi Arso (44) warga Bandar Lampung.

Kemudian, seorang pelaku lainnya menggunakan sepeda motor yang diduga milik pelaku. Sayangnya, polisi hanya dapat menghentikan pengejaran terhadap satu pelaku yang berhasil dilumpuhkan dengan timah panas.

“Sementara, seorang pelaku lainnya berhasil lolos,”imbuhnya.

Ia menjelaskan, sebelum dilakukan penangkapan, Polsek Tanjung Bintang telah menerima informasi dari anggota Opsnal Polresta Bandar Lampung. Setelah mendapat informasi itu, anggota langsung melakukan penyekatan diwilayah hukum Polsek Tanjung Bintang.

“Setelah berhasil ditangkap, pelaku dan barang bukti di serahkan kepada tim Opsnal Polresta Bandar Lampung. Sebab, TKP masuk dalam Wilayah Hukum Polresta Bandar Lampung dan Korban telah melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Bandar Lampung,” Tutupnya. (*)

 562 total views,  562 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Bupati Lamsel Bersama Forkopimda Jalani Vaksinasi Covid-19

Published

on

By

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melaksanakan program vaksinasi Covid-19, pada Selasa (19/1/2021).

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menjadi orang pertama di Bumi Khagom Mufakat penerima vaksin jenis Sinovac itu.

Proses vaksinasi tersebut dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Lampung Selatan. Nanang Ermanto menjalani vaksinasi sekitar pukul 09.20 WIB di rumah sakit milik pemerintah daerah setempat.

“Sudah (disuntik) ya. Enggak kerasa ya,” tutur Nanang usai disuntik vaksin oleh petugas dari RSUD Bob Bazar, Selasa pagi (19/1/2021).

Sebelum di vaksin, Nanang terlebih dahulu menuju meja pendaftaraan untuk dilakukan verikasi identitas. Lalu menuju meja screening untuk dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan dan mengindentifikasi penyakit penyerta.

Setelah dinyatakan sehat, Nanang kemudian diberikan vaksin Covid-19 secara aman. Usai divaksin, Nanang kemudian diminta untuk menunggu 30 menit. Setelah 30 menit, Bupati Nanang Ermanto tidak merasakan adanya efek samping.

Kepada awak media, Nanang Ermanto menceritakan pengalamannya di vaksin. Menurutnya, pemberian vaksin dilakukan sangat cepat dan tidak terasa sakit. Dimana proses vaksinasi dilakukan dengan cara disuntik di tangan kiri.

“Alhamdulillah, saya bersama Forkopimda sehat-sehat semua. Karena memang kami ini olahragawan,” kelakar Nanang dihadapan awak media.

Nanang juga menuturkan, Pemkab Lampung Selatan mendukung sepenuhnya program vaksinasi. Sebab, vaksinasi ini merupakan upaya pencegahan penularan Covid-19 semakin luas.

“Masyarakat tidak perlu takut dengan vaksinasi. Saya sudah melakukannya, ini untuk meyakinkan kepada masyarakat bahwa vaksin aman untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tegas Nanang.

Sekda Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin menjalani vaksinasi Covid-19 di RSUD Bob Bazar.
Meski sudah di vaksin, Nanang meminta kepada masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M.

“Selalu gunakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan untuk kebaikan kita semua,” tandasnya.

Selain Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, terdapat delapan orang lainnya yang disuntik vaksin Covid-19 pada tahap pertama.

Mereka adalah Kapolres Lampung Selatan, Dandim 0421 Lampung Selatan, Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan, dan Sekda Kabupaten Lampung Selatan.

Kemudian, Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan, Ketua PGIS Lampung Selatan, Ketua Nahdatul Ulama dan Ketua Muhammadiyah Lampung Selatan.

Diketahui, pada termin pertama ini, Kabupaten Lampung Selatan mendapatkan 2.587 dosis vaksin Sinovac dari pemerintah pusat.

Vaksin Sinovac tersebut nantinya akan diprioritaskan untuk 2.587 tenaga kesehatan yang tersebar di RSUD Bob Bazar, RS Swasta, 27 Puskesmas dan pusat-pusat layanan kesehatan yang ada di seluruh Kabupaten Lampung Selatan. (Aziz)

 513 total views,  513 views today

Continue Reading

Trending Topic