Connect with us

Lampung Selatan

Refresing Materi Pengasuhan 1000 HPK, Nanang : “Lamsel Bebas Stunting Dibutuhkan Kerjasama Semua Pihak”

Published

on

Hanuang.com – Dalam rangka menggiatkan pemberantasan stunting di Lampung Selatan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana gelar pertemuan Refresing Materi Pengasuhan 1.000 Hari Pertama Kehidupan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Taman Agung pada Senin (27/7/2020) tersebut, Dibuka secara langsung oleh Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto.

Turut hadir, Ketua TP PKK Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua DWP Lampung Selatan, Yani Thamrin, Kepala Dinas Dalduk & KB, Eka Riantinawati, Camat Kalianda, Zaidan, SE, Para Kepala Desa dan Para Kader Bina Keluarga Balita (BKB).

Kepala Dinas Dalduk & KB, Eka Riantinawati mengatakan kegiatan Refresing Materi Pengasuhan 1.000 Hari Pertama Kehidupan bertujuan untuk mengingat kembali tentang penerapan pencegahan dan penanganan stunting.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyegarkan kembali ingatan bapak/ibu semua tentang materi-materi pengasuhan 1.000 hari pertama kehidupan, sehingga dapat mensosialisasikan dengan baik kepada masyarakat,” Ujarnya.

“Tahun ini BKKBN telah melakukan Reblanding Program Banggakencana dan perlu kami informasikan juga bahwasannya BKKBN akan melauncing Alat Edukasi untuk Para Remaja yang diberi nama KIP Siap Nikah,” Jelasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengatakan pemberantasan Stunting di Lampung Selatan tidak serta-merta hanya tugas dari TP PKK dan Dinas Instansi terkait, akan tetapi tanggung jawab bersama.

Nanang juga mengatakan Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dibutuhkan pendidikan keluarga yang baik, Karena Menurutnya kesehatan Gizi ibu dan anak adalah sebagai penentu kualitas sumber daya manusia dimasa yang akan datang.

“Untuk menuntaskan stunting di lampung selatan diperlukan kebersamaan semua pihak, tidak serta-merta hanya menjadi tugas dari TP PKK dan Dinas Dalduk saja. Tapi mari kita bersatu sehingga tidak perlu menunggu tahun 2023, lampung selatan bisa terbebas dari stunting lebih cepat,” Ucapnya.

“Saya yakin, melalui sosialisasi yang tepat ditengah masyarakat tentang pentingnya pendidikan keluarga pada 1000 HPK akan dapat mencegah terjadinya stunting. Ini tugas yang tidak mudah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, namun saya percaya, para kader BKB dapat mensosialisakannya dengan baik,” Pungkasnya.

Pada Kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto menyampaikan bahwa Dalam pencegahan stunting ada dua hal yang perlu diketahui. Pertama, Intervensi Spesifik pada 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK) hanya memberikan pengaruh sebanyak 30% pada pencegahan stunting.
Kedua, Intervensi Sensitif yang memberikan pengaruh 70% pada pencegahan stunting, yang merupakan intervensi sensitif oleh lintas sektor terkait.

“Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) merupakan periode yang sangat sensitif, karena akibat yang ditimbulkan terhadap bayi pada masa ini bersifat permanen dan tidak dapat dikoreksi lagi, sehingga peran lintas sektor dalam mencegah stunting penanganannya perlu dilakukan oleh seluruh instansi terkait secara bersama-sama,” Tuturnya.

“saya minta kepada seluruh Kader Bina Keluarga Balita (BKB), untuk memberikan pelayanan konseling ASI Ekslusif dan praktik-praktik pemberian makanan serta pola asuh bayi dan anak yang tepat agar tercukupi kebutuhan gizinya,” Jelasnya. (Arya/Riko)

 5,097 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Desa Palas Bumiasih Gelar Musrenbangdes 2021

Published

on

By

Hanuang.com – Desa Bumiasih, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2021.

Giat yang digelar di balai desa setempat tersebut dalam rangka Pembahasan dan Rencana Kegiatan serta Pembangunan di Tahun 2022, Jum’at, (24/09/21).

Hadir dalam acara tersebut, Camat Palas, Rika Wati, Kapolsek Palas, Iptu Efi Suhadi, Danramil 421-08/Palas Kapten lnf Imron Nata, dan tamu undangan lainnya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Tim dari Kecamatan Palas sudah hadir. Melaporkan bahwa Musdus, Musdes sudah dilaksanakan sehingga hari ini dilanjutkan pelaksanaan Musrenbangdes Desa Bumiasih dan penyerahan keranda ke KAUM” ujar Poniran selaku Kades setempat.

Hal senada diungkapkan Camat Palas, Rika Wati, yang menjelaskan bahwa Musrenbangdes merupakan tindak lanjut Musdus, Musdes yang sudah dilaksanakan di Desa Bumiasih, Kecamatan Palas Tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2022, Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Yaitu Penanggulangan Kemiskinan, Peningkatan Kapasitas Bumdes, dan Pembangunan Pengembangan Usaha Produktif. Tiap desa harus mempunyai 3 (tiga) Fasilitas yg harus ada di tiap – tiap desa.
Diantaranya kolam, kebun dan kandang.
Penggunaan Dana Desa untuk Stunting agar masyarakat hidup sehat dan sejahtera terwujud.” bebernya.

Danramil 08/Palas, Kapten Inf Imron Nata juga menyampaikan kekompakan semua pihak harus dijaga dan ditingkatkan dalam Pembangunan Desa.

“Anggaran untuk tunjangan perangkat desa sangatlah besar harapannya agar tunjangan Linmas benar-benar diperhatikan diwujudkan, tingkatkan honor/gaji dan perlengkapan lain-lainnya untuk mensejahterakan anggota Linmas Dan diberikan Pelatihan Linmas,karna linmas adalah mata dan telinga bagi perangkat desa, Babinsa dan babinkamtibmas. Pembangunan Pos Ronda dan pembangunan rumah yg tidak layak huni lebih tepat sasaran, Pengadaan kombat lebih untuk kepentingan masyarakat Mari kita bersama sama untuk kemajuan di desa harus tepat lokasi, dan manfaatkan linmas dibantu warga, kalau pun desa kita aman kondusif sudah pasti kesejahteraan masyarakat meningkat.
Alhamdulillah Lamsel tentang Covid-19 sudah PPKM level 2 (zona kuning), agar tetap jangan kendor jalankan protokol kesehatan” tutupnya. (*)

 11 total views,  11 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

GML Kota Metro Kembali Gelontorkan Bantuan Sembako di Tiga Kelurahan

Published

on

By

Hanuang.com – GML Kota Metro kembali menggeruduk warga kurang mampu yang berada di Kota Metro, Jum’at, (24/09/21).

Sedikitnya ada tiga Kelurahan yang dikunjungi yakni diantaranya, Imopuro, Iringmulyo, dan Hadimulyo Timur. 

Jajaran Pengurus DPD GML Kota Metro terpantau langsung menuju  kerumah-rumah Warga fakir miskin yang sudah di survey dan di data oleh Divisi bidang Sosial Kemasyarakatan.

“Alhamdulillah Jum’at berkah kali ini seperti biasa kami membagikan bingkisan paket sembako Berupa Mi instan, Minyak Goreng, Tepung Terigu, Gula dan beras 5kg kepada warga semuanya kondisi Rumahnya Geribik terbuat dari Bambu, kami selalu berupaya keberadaan GML semoga semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” beber Slamet Riyadi selaku Ketua DPD GML Metro.

“Kita fokuskan kepada yang belum terjangkau oleh pemerintah Kota Metro, dan GML Kota Metro akan selalu konsisten membantu warga kurang mampu” tambahnya.

Senada Menurut Jafar Sidiq selaku Divisi Sosial kemasyarakatan mengatakan bahwa Penerima paket sembako Jum’at Berkah Peduli telah melalui seleksi dan pendataan yang tepat.

“Mereka diantaranya Siti Zulaiha RT/RW 008/004 Iringmulyo, Ristinah RT/RW 008/004 Iringmulyo, Romi setiawan RT/RW 011/002 Imopuro, Basuki RT/RW 011/004 Imopuro, Trisnawati RT/RW 038/008 Hadimulyo Timur Kecamatan Metro Pusat” jelasnya.

Trisnawati selaku warga penerima paket sembako mengucapkan terimakasih kepada Ormas GML Kota Metro yang sudah menyambanginya dan memberikan paket sembako.

“Ini sangat bermanfaat, semoga Allah SWT membalas kebaikan dan dipermudah segala urusannya” jelasnya.

“Terimakasih banyak atas kepeduliannya, saya sangat bersyukur semoga mendapatkan keberkahan dan dimurahkan selalu Rizkinya” ujar penerima lainnya. (*)

 55 total views,  55 views today

Continue Reading

Kriminalitas

Polsek Tanjung Bintang Amankan Pelaku Pembobol Toko dan Penggelapan Motor

Published

on

By

Hanuang.com – Dalam satu hari Jajaran Kepolisian dari Polsek Tanjung Bintang, berhasil mengamankan dua pelaku tindak pidana yang berbeda.

Kedua pelaku yang berhasil diamankan oleh Tim Unit Reskrim Polsek Tanjung Bintang Bintang masing-masing, Sah (32) pelaku tindak pidana pencurian di toko milik Tatang Iskandar (46) yang beralamat di Jl. Ryacudu depan Pom Bensin Itera, Desa Way Galih, Kecamatan Tanjung Bintang.

Pelaku diamankan warga dan Anggota Polsek Tanjung Bintang, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 02.00 wib di Jalan Ryacudu Way Galih Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan, setelah sebelumnya melakukan percobaan pencurian ditoko milik Tatang Iskandar (46) warga Kampung Sawah Brebes Teluk Betung Bandarlampung.

Sah (32) dalam menjalankan aksinya, pelaku bersama rekanya naik tembok dan merusak atap Asbes dan merusak plapon ditoko milik korban, namun aksinya diketahui oleh warga dan berhasil menangkapnya, sedangkan rekan pelaku berhasil melarikan diri.

Sedangkan Ran (36) ditangkap di desa Tanjungan, Kecamatan Katibung Lampung Selatan, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 01.30 WIB.

Pelaku ditangkap petugas setelah sebelumnya melakukan penggelapan satu unit sepeda motor jenis Honda Beat dengan Nomor Polisi BE 2967 ES warna Biru milik korban Evi Maryati warga Serdang Tanjung Bintang.

Modus yang digunakan pelaku saat beraksi yakni pada hari Senin (6/9/2021) pelaku meminjam sepeda motor milik korban dan berpura-pura akan berbelanja ke Alfamart , sambil membonceng anak korban, Namun sesampainya di tempat anak korban diturunkan, dan sepeda motor korban dibawa kabur, atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp. 16 juta, dan melaporkan ke Mapolsek Tanjung Bintang.

Kapolsek Tanjung Bintang AKP Feria Arista, S.Kom, SIK mewakili Kapolres Lamsel AKBP Edwin , SIK, SH, MSi, Kamis (23/9/2021) membenarkan bahwa dalam satu hari, (hari ini red*) pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap dua orang pelaku tindak pidana yang berbeda dan dilokasi yang berbeda pula.

Sah (32) ditangkap pada, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 02.00 wib di Jl Ryacudu Depan Pom Bensin Itera desa Way Galih Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan.

“Pelaku ditangkap setelah melakukan tindak pidana percobaan pencurian di toko milik korban Tatang Iskandar (46) warga Kampung Sawah Brebes Teluk Betung Bandarlampung. Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHPidana” Ucap Kapolsek Tanjung Bintang.

Sedangkan Ran (36) ditangkap dirumahnya, Kamis (23/9/2021) sekitar pukul 01.30 wib dini hari, didesa Tanjungan Kecamatan Katibung Lampung Selatan.

Pelaku diamankan petugas, setelah sebelumnya, Senin (6/9/2021) melakukan penggelapan satu unit sepeda motor jenis Honda Beat warna biru, dengan nomor polisi BE 2967 ES.

Dalam aksinya, pelaku pinjam sepeda motor milik korban Evi Maryanti, warga desa Serdang Kecamatan Tanjung Bintang, dengan modus berpura-pura akan belanja di Alfa dengan membonceng Delkis anak korban. Namun saat sampai ditujuan, anak korban diturunkan sedangkan sepeda motornya langsung dibawa kabur.

“Pelaku pinjam motor korban, dengan alasan mau belanja di Alfa, dengan bonceng Delkis anak korban, namun sampai ditujuan Delkis diturunkan sedangkan sepeda motornya dibawa kabur” bebernya.

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian Rp.16 juta dan melaporkan ke Polsek Tanjung Bintang.

Saat ini pelaku yang akan dijerat dengan pasal 378 jo pasal 372 KUH Pidana ini, sudah diamankan diruang tahanan Polsek Tanjung Bintang guna penyidikan lebih lanjut. (*)

 1,068 total views,  382 views today

Continue Reading

Trending Topic