Connect with us

Berita Sumatera

Polda Jambi Amankan Pelaku Pembakaran Lahan

Published

on

Hanuang.com – Polda Jambi melalui Polres Tanjab Barat mengamankan satu warga berinisial SU (40) yang tinggal di Parit Jawa Dusun Perdana, Desa Pantai Gading, Kecamatan Bramitam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang diduga membuka lahan dengan cara membakar.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Santyabudi mengatakan pelaku SU (40) diduga membakar lahan di Parit Jawa Ujung, Desa Pantai Gading, Kecamatan Bramitam, Kabupaten Tanjab Barat, pada 28 Juli 2020.

“Penangkapan pelaku berdasarkan
Laporan subsatgas udara bahwa terdapat Fire Spot di Desa Pantai Gading, Kecamatan Bramitam, Kab. Tanjab Barat dan setelah dicek personel di Lapangan, Akhirnya pelaku dapat diamankan,” jelas Kapolda Jambi saat memimpin konferensi pers di Mapolres Tanjab Barat, Senin (3/8/2020).

Kapolda Jambi menambahkan, lahan yang terbakar merupakan milik SA (43) warga Desa Bramitam Kanan, Kecamatan Bram Itam dan DE (35) warga Tungkal Harapan, Kecamatan Tungkal Ilir, Tanjab Barat dengan luas lahan yang terbakar kurang lebih 2 Hektare yang rencananya akan dibuat petak sawah.

“Pelaku akan dikenakan pasal 108 Jo. Psl 56 ayat (1) UU No 39 tahun 2014 tentang perkebunan atau pasal 188 KUHP,” jelas Alumni Akpol 1988 ini. (*)

 3,066 total views,  3 views today

Berita Sumatera

Puluhan Ribu Nomor Telepon Diblokir Karena Permainkan Call Center 110 Polri

Published

on

By

Hanuang.com – Polda Sumatera Utara (Sumut) mencatat ada 39.840 nomor seluler yang melakukan prank (lelucon) ke nomor call center Polri 110 di wilayah Sumut. Nomor seluler yang nge-prank itu pun telah diblokir sehingga tidak bisa menghubungi call center lagi.

Kabagdalops Roops Polda Sumut, AKBP Hilman Wijaya menjelaskan bahwa nomor seluler yang diblokir itu karena penggunanya terbukti melakukan perbuatan jahil, ngerjain orang dengan tujuan guyon (nge-prank) saat menghubungi operator 110 Polda Sumut, Kamis (27/5/2021).

Kabagdalops Roops Polda Sumut mengatakan untuk bulan ini sudah 1.012 nomor seluler yang diblokir. Dia menjelaskan nomor ini diblokir setelah tiga kali melakukan prank.

“Nomor-nomor (seluler) itu apabila dalam tiga kali melakukan perbuatan jahil akan terblokir secara otomatis,” jelas Kabagdalops Roops Polda Sumut.

Kabagdalops Roops Polda Sumut meminta warga untuk tidak lagi melakukan prank. Dia mengatakan, jika nomor sudah diblokir, tidak akan bisa menghubungi call center lagi.

“Pemilik nomor seluler yang telah diblokir itu tidak akan bisa menghubungi call center 110 sampai kapan pun,” tegas Kabagdalops Roops Polda Sumut.

Untuk diketahui call center 110 merupakan layanan darurat Kepolisian dengan nomor tunggal secara Nasional. call center ini dalam rangka transformasi operasional di bidang Harkamtibmas sebagai bagian program Prioritas Kapolri.

 1,577 total views,  21 views today

Continue Reading

Berita Sumatera

Pengembangan Terkait Penyelundupan Orang Hutan Membuahkan Hasil, Polres Lamsel Tangkap Pelaku Hingga Ke Medan

Published

on

By

Hanuang.com – Team gabungan Sat Reskrim Polres Lampung Selatan (Lamsel) dan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni berhasil menangkap tersangka Endiko Dean Prayudha (30), di Jl. Setia Budi Kota Medan di areal Parkir Bank Mega Kota Medan Sumatera Utara, sekira jam 12.00 WIB, Jum’at (30/4/2021).

Penangkapan itu merupakan hasil dari pengembangan kasus percobaan penyelundupan 2 ekor orang hutan Sumatera yang sebelumnya digagalkan di pintu masuk Pelabuhan Penyebrangan Bakauheni oleh petugas gabungan dari Karantina Pertanian Lampung, KSKP Bakauheni dan Jakarta Animal Aid Network (JAAN), pada hari Senin (26/4/2021).

Kasat Reskrim AKP Enrico Donald Sidauruk menjelaskan, setelah dilakukan penangkapan kemudian petugas melakukan pengembangan ke kontrakan tersangka di Jl. Coklat LK.V, Desa Suka Ramai, Kecamatan Binjai Barat, Kota Medan.

“Dari hasil pengembangan, ditemukan fakta lapangan dimana kontrakan tersangka dijadikan sebagai gudang penyimpanan satwa-satwa lainnya,” ujar mantan Kasat Reskrim Polres Pesawaran itu, Sabtu malam (1/5/2021).

Mengejutkan, karena petugas kembali mengamankan beraneka ragam satwa liar dari kontrakan tersangka seperti 18 ekor kadal Soa kecil, 2 ekor kadal Soa besar, 2 ekor ular Phyton, 5 ekor Biawak air, 3 ekor Kura-Kura kaki gajah dan 3 ekor Kadal Sabon.

Guna keperluan penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut, berbagai jenis satwa liar tersebut dibawa ke Mapolres Lamsel dan petugas pun langsung melaksanakan koordinasi dengan BKSDA.

“Pasal yang dipersangkakan terhadap pelaku yakni Pasal 21 ayat (2) huruf a Jo Pasal 40 ayat (2) UU RI No. 5 Tahun 1990 tentang KSDAE dan atau Pasal 88 huruf a dan c UU RI No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Ikan, Hewan, dan Tumbuhan,” tegas Kasat Reskrim sembari mengakhiri. (*)

 2,856 total views,  21 views today

Continue Reading

Berita Sumatera

Perlancar Arus Penumpang dan Logistik, Dermaga II ASDP Punggur Siap Layani Lintasan Jarak Jauh

Published

on

By

Hanuang.com, Batam, 28/02/2021 — PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) segera mengoperasikan Dermaga II Telaga Punggur, Batam dalam waktu dekat pascaperesmian dermaga tersebut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (25/2) pekan lalu. Rencananya, dermaga ini akan melayani kapal lintasan jarak jauh dengan waktu tempuh pelayaran 6-20 jam, diantaranya Telaga Punggur – Dabo, Telaga Punggur – Tungkal, Telaga Punggur – Sei Selari, dan Telaga Punggur – Tanjung Balai Karimun.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan bahwa kehadiran ASDP di Provinsi Kepulauan Riau yang banyak dikelilingi pulau-pulau kecil sangat dinantikan masyarakat dalam menunjang mobilitas sehari-hari. “Penyeberangan menjadi salah satu moda transportasi yang diandalkan masyarakat, khususnya mereka yang beraktivitas dan bekerja, serta sektor angkutan logistik dari dan menuju Kota Batam. Karenanya, ASDP terus berupaya menghadirkan layanan prima dan berkeselamatan bagi seluruh masyarakat yang mengakses penyeberangan,” tuturnya.

Kendati berada di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak tidak menguntungkan bagi perusahaan karena berkurangnya muatan penumpang dan kendaraan, kinerja positif masih diraih layanan angkutan logistik yang naik sekitar 11 persen di lintasan Cabang Batam ini. “Jumlah lintasan di Cabang Batam terus meningkat trennya setiap tahun. Tahun 2019 sebanyak 12 lintasan, tahun 2020 sebanyak 16 lintasan, dan tahun 2021 sebanyak 18 lintasan (6 rute komersial dan 12 rute perintis) yang dilayani oleh 10 unit kapal ASDP,” ujar Ira merinci.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan bahwa pengoperasian dermaga baru di Telaga Punggur ini dapat meningkatkan kapasitas pelabuhan penyeberangan dan mendukung pengembangan sistem logistik nasional berdasarkan pertumbuhan jumlah lintasan dan kapal yang signifikan di pelabuhan ini.

“Kendati dalam setahun belakangan ini mengalami penurunan muatan dikarenakan terdampak pandemi Covid-19, diharapkan pada tahun mendatang diharapkan akan terjadi peningkatan demand angkutan penyeberangan yang signifikan seiring dengan pemulihan ekonomi wilayah dan ekonomi nasional,”kata Dirjen Budi.

Ia juga mengharapkan ASDP sebagai operator pelabuhan agar dapat memperhatikan kondisi fasilitas pelabuhan serta melakukan pemeliharaan terhadap fasilitas dermaga secara rutin. Menurutnya, untuk meningkatkan demand penumpang angkutan penyeberangan pada lintas eksisting, para stake holder pelabuhan penyeberangan Telaga Punggur diminta untuk melaksanakan kewajiban sesuai kewenangannya masing-masing. “Operator kapal penyeberangan senantiasa memastikan dan menjaga serta merawat kapal selalu dalam kondisi memenuhi kelaiklautan kapal dan pemenuhan terhadap standar pelayanan minimal (SPM) kapal angkutan penyeberangan,” tutur Dirjen Budi.

Dorong Pertumbuhan Ekonomi
Ketua Umum DPP ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi menilai bahwa pembangunan dermaga 2 Telaga Punggur, Batam, yang mampu melayani kapal ferry berukuran hingga 5.000 GT akan memperlancar lalu lintas logistik dan mendorong pertumbuhan ekonomi Batam.

Menurut Yukki, keberadaan dermaga baru tersebut juga akan dapat meningkatkan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA). Infrastruktur dermaga ferry ini sangat efektif bagi pelaku industri di Batam untuk melakukan pengiriman bahan baku maupun hasil-hasil produksi industri di KEK Batam.

Seperti kita ketahui bahwa BP Batam mencatat hingga triwulan ketiga tahun 2020 telah mencapai US$ 389 juta untuk 1.090 proyek, sehingga keberadaan dermaga baru tersebut akan menggairahkan perekonomian Batam di tengah pandemi Covid-19.

“Bila kondisi perekonomian global, regional ASEAN dan nasional sudah kembali normal setelah masalah pandemi Covid-19 mampu diatasi, maka keberadaan dermaga baru tersebut juga dapat mendorong ekspor komoditi unggulan dari Batam.”

Kemarin, Menhub meresmikan dermaga II ASDP Telaga Punggur yanf mulai dibangun pada 3 Februari 2020 dan telah dinyatakan rampung pada 28 November 2020. Proyek Dermaga II Telaga Punggur, Batam senilai Rp 60 miliar ini merupakan dermaga jenis moveable bridge dengan tipe quay wall berkapasitas 80 ton memiliki panjang 75 meter dan lebar 12 meter dengan kedalaman kolam 5-10 meter untuk kapal dengan draft hingga 4,125 meter. Dermaga ini mampu disandari kapal berukuran 560 GRT hingga 5.000 GRT. Adapun dermaga eksisting yang beroperasi saat ini, yakni dermaga 1 dengan kapasitas 30 ton dan bisa disandari kapal maksimal 1.500 GRT. (*)

 3,523 total views,  23 views today

Continue Reading

Trending Topic