Connect with us

Lampung Selatan

PMII Lamsel Gelar Bincang Sejarah di TMP Kusuma Bangsa

Published

on

Hanuang.com – Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Lampung Selatan mengadakan acara Bincang Sejarah di halaman Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Kalianda, Sabtu pagi (14/11/2020).

Kegiatan yang mengangkat tema Pertempuran 5 Jam Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia Di Kawedanan Kalianda Karesidenan Lampung ini digelar dalam rangka memperingati sekaligus merefleksikan Hari Pahlawan tahun 2020.

Kegiatan ini diikuti ratusan peserta yang terdiriq dari sejumlah sekolah yang ada di Kecamatan Kalianda, kemudian BEM STIH Muhammadiyah Kalianda, Dema STAI Yasba Kalianda, Dema IAI An-Nur Kampus 2 Kalianda, dan perwakilan masyarakat sekitar.

Hadir juga Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, Supriyanto, S.Sos, MM, Wakapolres Lampung Selatan Kompol Yuspita Ujang, perwakilan Kodim 0421 Mayor Aris serta Ketua Majlis Pembina Cabang (Mabincab) PC PMII Lampung Selatan.

Sedangkan kegiatan itu menghadirkan narasumber yakni Iskandar yang merupakan putra kandung dari Alm. Kolonel Ma’mun Rasyid, lalu Aulia Imanullah yang merupakan putra kandung Alm. Harun Rosyid mantan Kepala Staff Angkatan Darat, serta dari pihak akademisi yakni Hayatun Maya Purnama.

Ketua Umum PC PMII Kabupaten Lampung Selatan, Andri Alfarizal menyatakan, terselenggaranya kegiatan itu tidak hanya sebatas seremonial belaka. Dia menegaskan, ada tiga poin penting sebagai out put dari kegiatan tersebut.

“Pertama sebagai media edukasi bagi para pelajar dan mahasiswa yang ada di Lampung Selatan,” ujar Andri Alfarizal dalam sambutannya.

Kemudian lanjut dia, kegiatan itu mempunyai makdsud mendorong Pemkab Lampung Selatan untuk membuat buku khusus terkait sejarah Pertempuran Lima Jam di Kalianda.

“Dan yang ketiga yaitu PC PMII Lampung Selatan mendorong Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan agar lebih memperhatikan monumen-monumen perjuangan yang ada di Lampung Selatan. Seperti Tugu Perjuangan dan Gedung Joeang yang ada di Kecamatan Kalianda,” tukasnya.

Sementara, dari kaca akademisi, Hayatun Maya melihat kegiatan tersebut sebagai bentuk konkret untuk mengedukasi berbagai kalangan. Khususnya pelajar, mahasiswa dan masyarakat.

“Hari ini kita semua sama-sama melihat bahwa banyak dari kalangan masyarakat yang belum mengetahui sejarah Pertempuran Lima Jam di Kalianda. Ini dibuktikan dengan kurangnya perawatan Tugu Perjuangan dan Gedung Joeang baik oleh pemerintah daerah maupun dari masyarakat,” katanya.

Untuk itu dirinya pun sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh PC PMII Lampung Selatan. Dia juga mendukung langkah Ketua Umum PC PMII Kabupaten Lampung Selatan yang menyampaikan tiga poin kepada pemerintah daerah setempat.

“Harapannya PMII Lampung Selatan tetap konsisten dalam segala bentuk pergerakannya. Dan juga sebagai media untuk mengedukasi masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa yang ada di Lampung Selatan yang kita cintai ini,” ujar perempuan tangguh yang kerap disapa Maya ini.

Sementara, mewakili Pjs Bupati Lampung Selatan, Supriyanto juga sangat mengapresiasi kegiatan Bincang Sejarah terkait Pertempuran Lima Jam di Kalianda.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan adik-adik mahasiswa yang tergabung dalam PMII Lampung Selatan,” kata Supriyanto.

Supriyanto juga sangat mendukung tiga poin yang disampaikan Ketua Umum PC PMII Kabupaten Lampung Selatan, Andri Alfarizal.

“Karena kegiatan ini sangat bersifat positif untuk kita semua agar paham akan sejarah lokal. Prinsipnya pemerintah daerah sejalan dan akan mendukung setiap kegiatan yang bersifat positif,” tandasnya. (*)

 697 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Ramadhan Penuh Berkah, Lapas Kalianda Bagikan Sembako Kepada Warga Desa Negeri Pandan

Published

on

By

Hanuang.com – Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kalianda melakukan Bhakti Sosial membagi-bagikan Sembako di Desa Negeri Pandan, Kalianda, Jumat (16/4). Kegiatan Bhakti Sosial dilakukan dalam Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke – 57.

Dalam kegiatan, Kepala Lapas Kalianda, Dr. Tetra Destorie yang turut melaksanakan Bhakti Sosial mengatakan bahwa Sembako yang dibagikan merupakan Sumbangan yang dikumpulkan dari Petugas Lapas Kalianda.

“Dalam memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 57, ini, sumbangan yang diberikan merupakan sumbangan dari Seluruh Petugas Lapas Kalianda. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang menerima,” ucap Kepala Lapas Kalianda.

Dengan melakukan Derma di Bulan Ramadhan, dirinya meyakini bahwa, Ia bersama rekan-rekan Petugas Lapas Kalianda yang beragama Islam akan mendapat pahala berlipat ganda.

“Saya percaya, apabila kita melakukan kebaikan dengan melakukan Derma di Bulan Ramadhan Niscaya pahala kita akan berlipat ganda,” tutup Dr. Tetra Destorie. (Humas)

 16 total views,  16 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dankodiklat TNI AD Sambangi Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, menyambut kedatangan Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto beserta rombongan di bandara Internasional Raden Intan II Branti Natar Lamsel, Sabtu, (17/04/21).

Kedatangan Dankodiklat TNI AD beserta rombongan ke wilayah Provinsi Lampung adalah dalam rangka melakukan kunjungan kerja peninjauan medan Latma Garuda Shield 15/2021, antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat, yang akan dipusatkan di Pusat latihan tempur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan.

Tim peninjauan medan dari Kodiklat TNI AD langsung dipimpin oleh Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, serta didampingi oleh Dirlat Kodiklatad Brigjen TNl Haryanto, Pabanopslat Sdirlat Kodiklatad Kolonel Inf. Suparlan Purwo Utomo, Asrendam Jaya Kolonel Inf. Erwin, Danbrigif PR-17/K/1 Kostrad Kolonel Inf.Marwan Supriyanto, Kasmin Dankodiklatad Mayor Arh. Ahmad Yani serta Kasiops Brigif PR-17/K/1 Kostrad Kapten Inf. Maulana.

Beberapa orang pejabat yang ikut menyambut kedatangan rombongan Dankodiklat TNI AD di VIP Room Bandara raden intan II diantaranya Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf. Dwi Endrosasongko, Kasiops Rem 043/Gatam Kolonel Inf. Selamet Winarto, Dandim 0421/LS Letkol Inf. Enrico Setiyo Nugroho, serta Danramil 421-06/Natar Kapten Inf. Yudi Ardi.

Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putanto, beserta rombongan, selanjutnya meninggalkan VIP Room Bandara Internasional Raden Inten ll Lampung menuju Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan guna melaksanakan serangkaian kunjungan kerjanya. (*)

 157 total views,  157 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Indahnya Ramadhan, Koramil Sidomulyo Bagikan Takjil dan Masker Kepada Pengendara

Published

on

By

Hanuang.com – Koramil 421-07/Sidomulyo melakukan Bakti Sosial Ramadhan berbagi, dengan melakukan pemberian takjil dan pembagian masker kepada masyarakat yang melintas dijalan raya Sidomulyo – Candipuro, Jum’at (16/04/21).

Tak ketinggalan ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana Ranting 6 Ramil 421-07/SDM, juga ikut turun kejalan dan terlibat dengan ramahnya mereka berbagi kepada masyarakat.

Terkesan sangat humanis saat Personel beserta persit KCK Ranting 6 melakukan kegiatannya, masyarakat yang melintas di jalan raya Sidomulyo – Candipuro sangat menikmati atas Bakti Sosial yang dilakukan saat ini dalam rangka ramadhan berbagi.

“Kegiatan ini yang pertama adalah untuk memberikan rasa kesadaran bagi masyarakat, dalam mematuhi protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19, sehingga kita bersama membagikan masker kepada masyarakat yang melintas dijalur jalan ini, dengan adanya kegiatan pembagian masker kami berharap di bulan suci ramadhan ini selain kita selain kita menjalankan ibadah puasa, namun juga kita harus bisa sehat, aman dari ancaman pandemi covid 19” ujar Serka Sarino.

Menurutnya, hal ini bertujuan untuk memperkuat rasa kerukunan diantara sesama, dimana indahnya berbagi, demi meningkatkan rasa persaudaraan.

“Kami turut mengucapkan selamat berbuka puasa dan selamat menjalankan ibadah puasa 1442 H, mudah mudahan segala amal ibadah kita diterima oleh allah SWT, dan kita semua diberikan kesehatan serta segera dibebaskan dari semua ujian yang sekarang ini kita sedang hadapi bersama” tutupnya. (*)

 161 total views,  161 views today

Continue Reading

Trending Topic