Connect with us

Pemerintahan

Plt. Bupati-DPRD Lamsel Tandatangani MoU KUA-PPAS APBDP 2018

Published

on

KALIANDA– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) bersama DPRD Lamsel melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman terkait Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Perubahan Kabupaten Lamsel tahun 2018.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) tersebut dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamsel, Nanang Ermanto bersama Ketua dan Wakil Ketua DPRD Lamsel, di Aula Rumah Dinas DPRD setempat, Senin (10/9/2018) siang.

Dalam kata sambutannnya, Nanang secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap Badan Anggaran DPRD Lamsel serta Tim Anggaran Pemkab Lamsel yang telah berupaya keras hingga terlaksananya MoU tersebut.

Pihaknya menyadari, dalam rangka penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan selama kurun waktu setengah semester pada tahun anggaran 2018, belum dapat memenuhi harapan dari semua pihak.

Selan itu juga, sambungnya, selama kurun waktu tersebut masih ditemui permasalahan dan kendala yang perlu dibenahi dan disempurkan bersama.

“Untuk itu, terhadap saran dan masukan yang disampaikan, akan senantiasa menjadi perhatian pemerintah daerah, demi perbaikan serta bahan evaluasi dalam rangka mewjudkan kabupaten Lampung Selatan yang maju dan sejahtera,” ujarnya.

Nanang juga berharap, melalui kesepakatan tersebut serta sejumlah masukan dari anggota dewan yang terhormat, akan mejadi program kegiatan yang dapat diakomodir dalam penyusunan APBD Perubahan tahun 2018.

Diketahui, berdasarkan pembahasan sebelumnya, dalam struktur APBD Perubahan Kabupaten Lamsel, terdapat peningkatan PAD sekitar Rp.21,477 miliar. Ditambah Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) APBD tahun anggaran 2017 sebesar Rp.25 miliar.

Sehingga, untuk belanja daerah dirancang sebesar Rp.47 miliar. Rinciannya belanja tidak langsung sebesar Rp.6,35 miliar dan belanja langsung yang cukup signifikan sebesar Rp.40 miliar. (/az)

565 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lampung Selatan

Pemkab Lamsel Serahkan Sertifikat Hibah Untuk Mapolres

Published

on

By

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menghibahkan sebidang tanah dan bangunan yang berada di Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, kepada Kepolisian Resort (Polres) setempat, Rabu (3/7/2019).

Hibah tersebut ditandai dengan penyerahan sertifikat dari Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto kepada Kapolres Lampung Selatan AKBP. M. Syarhan, S.IK, MH disaksikan Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si.

Dengan dilakukannya serah terima tersebut, pembangunan gedung baru Mapolres Lampung Selatan yang berada di Jalan Trans Sumatera atau tepatnya di depan SPBU Jati Indah,Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, resmi dimulai.

Pembangunan itu diawali dengan peletakan batu pertama oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto M.Si, bersama Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Kapolres Lampung Selatan AKBP. M. Syarhan, S.IK, MH serta anggota Forkopimda setempat.

Turut hadir dalam acara itu, Inspektur Wilayah II Irwasum Mabes Polri Brigjen Pol Drs. Bejo Sulaksono, pejabat utama Polda Lampung, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta organisasi masyarakat dan kepemudaan d wilayah Lampung Selatan.

Nanang berharap, hibah tersebut dapat mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Polres Lampung Selatan, serta lebih memantapkan semangat baru untuk senantiasa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, sekaligus melakukan sinergi dengan Forkopimda setempat.

“Kami menegaskan bahwa penyerahan hibah ini tidak ada niatan barter atau intervensi dibidang penegakan hukum. Artinya meskipun ada kerjasama dan pemberian hibah, jika dikemudian hari ada persoalan hukum, maka penegakan hukum tetap akan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegas Nanang saat memberikan kata sambutannya.

Adapun lanjut Nanang, dokumen tanah Sertifikat yang diserahkan tersebut berdasarkan Naskah Hibah Daerah Nomor 020/1400/V.03/2019 dan Nomor B/315/VI/2019 Tanggal 24 Juni 2019, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan.

Lebih lanjut Nanang menjelaskan, bangunan dengan luasan tanah 24.177 meter persegi yang dihibahkan tersebut, sebelumnya merupakan tempat pengujian kendaraan bermotor (uji KIR) milik Dinas Perhubungan Lampung Selatan.

“Untuk itu, kami juga berharap Pak Kapolda nanti bisa menyampaikan kepada pihak Mayapada Gruop, supaya bangunan uji KIR yang ada dibelakang ini bisa dipindahkan. Mudah-mudahan dengan hadirnya Kapolda hari ini, harapan kami bisa terealisasi,” cetusnya.

Selanjutnya, melalui pelaksanaan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan gedung baru Mapolres Lampung Selatan tersebut, ke depan Nanang juga berharap keberadaan bangunan tersebut dapat bermanfaat dalam mendukung kinerja Polres setempat

“Mudah-mudahan dengan adanya gedung yang baru nanti, dapat bermanfaat dalam menunjang berbagai pelaksanaan kegiatan Polres Lampung Selatan, utamanya yang berkaitan dengan pelayanan terhadap masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Lampung Selatan AKBP. M. Syarhan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab setempat. Dia berharap, dengan hibah tersebut, kinerja Polres Lampung Selatan dapat lebih optimal dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Serta dapat lebih maksimal dalam menjalankan tugas pokok sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang sangat merespon cepat hibah tanah ini, sehingga pembangunan Mapolres yang baru bisa terlaksana. Dan ini statusnya sudah ada setifikat, artinya sudah benar-benar legal,” kata Syarhan.

Hal senada disampaikan Kapolda Lampung Irjen. Pol. Purwadi Arianto. Menurutnya, hibah tersebut menunjukkan bahwa ada kemiteraan dan kerja sama yang baik antara instansi pemerintah dalam rangka mendukung kelancaran pembangunan hukum.

“Atas nama Kepolisian, kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Ini membuktikan bahwa kemiteraan di Lampung Selatan ini berjalan dengan baik,” ujar jenderal bintang dua ini.

Adapun, dari informasi yang dihimpun, anggaran pembangunan gedung baru Mapolres Lampung Selatan tersebut, berasal dari dana hibah Tahir Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir yang juga merupakan pemilik Mayapada Group.

Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir memberikan dana hibah sebesar Rp20 miliar untuk membangun Mapolres Lampung Selatan di lahan yang telah dihibahkan Pemkab Lampung Selatan. (Arya/Aziz)

12,550 kali dilihat, 56 kali dilihat hari ini

Continue Reading

Lampung Selatan

Usai Jalani Tes Tertulis, Maharuddin Lolos Menjadi Kades Pauh Tanjung Iman

Published

on

By

Hanuang.com – Calon Kepala Desa (Kades) Pauh Tanjung Iman, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), hari ini jalani tes tertulis pembobotan Calon Kades, Rabu, (03/07/19).

Tes tertulis tersebut digelar di Aula Kantor Kecamatan Kalianda, dan disaksikan serta dipantau langsung oleh Kabag Otda, Setiawansyah, Camat Kalianda, Erdiyansyah, Polsek Kalianda, IPDA Roni, Koramil Kalianda, Serma Budi, Uspika, serta masyarakat Desa setempat.

Dalam tes pertama yakni meliputi Pengalaman Bidang Pemerintahan, Usia, dan Pendidikan, kedua calon mendapatkan perolehan nilai berbeda.

DSC9576-1024x684 Usai Jalani Tes Tertulis, Maharuddin Lolos Menjadi Kades Pauh Tanjung Iman

Calon 01 Amiludin dengan nilai 27 dan Calon 02 Maharuddin dengan nilai 22, perbedaan nilai tersebut sebanyak 5 angka yakni meliputi Usia, dimana Calon 02 tertinggal 5 angka.

Selanjutnya dalam tes terakhir dengan pertanyaan 50 soal, kembali mengalami selisih perbedaan, dimana calon 02 menjawab benar semua dan calon 01 menjawab benar 46 dan salah 4.

IMG-20190703-WA0018-1024x576 Usai Jalani Tes Tertulis, Maharuddin Lolos Menjadi Kades Pauh Tanjung Iman

Adapun nilai terakhir untuk Calon 01 Amiludin dengan nilai 91,4 dan Calon 02 Maharuddin dengan nilai 92,0. Sehingga calon 02 atas nama Maharuddin dianggap lulus dan menang untuk memegang kandidat sebagai Kades Pauh Tanjung Iman periode 2019-2025.

Camat Kalianda menjelaskan bahwa usai terpilihnya Kades Pauh Tanjung Iman, jadi semua pihak harus legowo dan kembali membangun Desa bersama-sama.

DSC9592-1024x684 Usai Jalani Tes Tertulis, Maharuddin Lolos Menjadi Kades Pauh Tanjung Iman

“Memang pahit, tapi inilah ketentuannya, kita maunya selesai waktu di Desa, ini sudah kita laksanakan tes tertulis, dan saya mohon untuk semuanya, tidak ada lagi 01 atau 02, yang ada yakni 03 (Persatuan_red)” ungkapnya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, usai digelar tes tertulis tersebut, kedua calon saling bersalaman serta berpelukan yang disaksikan langsung oleh Uspika Kecamatan Kalianda beserta warga masyarakat Pauh Tanjung Iman. (Arya)

2,615 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Continue Reading

Lampung Selatan

Nanang Ermanto : “Kalau Untuk Rakyat, Saya Tidak Main-Main”

Published

on

By

Hanuang.com – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto memberikan batas waktu seminggu kepada PT Tanjung Selaki untuk memperbaiki gorong-gorong yang dilalui aliran air sungai di Dusun Graba, Desa Tarahan, Kecamatan Katibung.

Hal itu ditegaskan Nanang Ermanto dalam audiensi bersama pihak PT Tanjung Selaki di ruang kerjanya, Senin (1/7/2019). Audiensi itu dalam rangka menyikapi keluhan warga Dusun Graba, Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, yang sering dilanda banjir saat musim hujan.

“Saya minta PT Tanjung Selaki ini perbaiki dulu gorong-gorongnya. Satu-satu kita selesaikan, saya mau dalam waktu satu minggu dikerjakan, supaya masyarakat juga tidak resah lagi,” tegas Nanang kepada Penanggungjawab Lapangan PT Tanjung Selaki Andi Azis dalam audiensi itu.

Diketahui, gorong-gorong yang berada di Kawasan PT Tanjung Selaki itu, dikeluhkan warga sekitar karena diameternya kecil dan menjadi penyebab tersumbatnya aliran air ketika hujan turun. Akibatnya, pemukiman warga sekitar kerap direndam banjir setinggi pinggang orang dewasa.

“Kalau untuk rakyat saya ini tidak main-main. Ini tuntutan masyarakat, jadi selesaikan saja dulu. Masalah nanti kalau (gorong-gorong) sudah diperbaiki masih banjir, ini nanti kami yang selesaikan. Kalau mencari-cari siapa yang salah, maka tidak ada solusinya,” tukasnya.

Nanang juga mengimbau kepada seluruh perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Lampung untuk memiliki kepedulian akan lingkungan dan keluhan warga sekitar.

“Saya tidak melarang-larang investasi, tapi saya harap perusahaan juga memiliki kepedulian terhadap lingkungannya. Kalau lingkungan kita baik, warganya nyaman, usaha pun enak, perusahaan bisa tenang, gak ada yang ganggu-ganggu lagi,” tandasnya.

Sementara, Penanggungjawab Lapangan PT Tanjung Selaki Andi Azis yang hadir dalam kesempatan itu, menyatakan siap menindaklanjuti arahan Plt Bupati Lampung Selatan dan keluhan warga Dusun Graba, Desa Tarahan, Kecamatan Katibung.

“Ya intinya kami siap memperbaiki (gorong-gorong). Tetapi kami lapor dulu ke pimpinan, supaya masalah ini cepat diselesaikan,” ujar Andi Azis ditemui tim ini usai audiensi.

Adapun audiensi itu turut dihadiri Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Kepala Dinas Perizinan, Plt Kepala Dinas Kominfo Pemkab Lampung Selatan serta Pj Kepala Desa Tarahan Muhammad Hasan. (Arya/Aziz)

1,660 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Continue Reading

Trending