Connect with us

Pringsewu

Pengurus GRANAT Pringsewu Dikukuhkan, Ini Pesan Para Petingginya

Published

on

Hanuang.com – Ketua Umum DPP GRANAT (Gerakan Nasional Anti Narkotika), Dr. H. KRH. Henry Yosodiningrat, SH, MH, mendapat kehormatan melantik Pengurus DPC GRANAT Kabupaten Pringsewu Periode Tahun 2019 – 2024 dibawah kepemimpinan Rizky Raya Saputra, SH, MH, CLA, Jum’at, (25/10/19).

Pelantikan yang dilaksanakan di Aula Pemda Kabupaten setempat tersebut, disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Pringsewu, DR. H. Fauzi beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Pringsewu, Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GRANAT Brigjen Pol (P) Drs. H. Ashar Suryobroto, M.Si, Ketua DPP GRANAT Brigjen Pol (P) Drs. Djoko Satryo, M.Si beserta jajaran, Ketua DPD GRANAT Provinsi Lampung H.Tony Eka Candra dan Sekretaris, Yanuar Irawan,SE, MM, beserta jajaran, Para Pengurus Dewan Pengurus Cabang (DPC) Granat se-Provinsi Lampung, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya, Ketua DPD Granat Provinsi Lampung, H.Tony Eka Candra mengatakan, dengan dilantiknya pengurus baru berdasarkan SK nomor : SKEP.011/DPD-GRNT/LPG/X/2019, DPC GRANAT Pringsewu harus dapat bekerja dengan baik dan mampu membantu serta mendukung tugas-tugas Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Peredaran Gelap, dan Penyalahgunaan Narkotika (P4GN) khususnya di Kabupaten Pringsewu guna terwujudnya masyarakat yang aman, maju, adil makmur sejahtera, mandiri, bermartabat dan bebas narkoba, dengan terus memupuk, menjaga dan menjalin persatuan dan kesatuan, kebhinekaan, cinta damai, dengan semangat gotong royong.

“Jajaran Dewan Pimpinan Cabang GRANAT Kabupaten Pringsewu yang baru saja dilantik wajib hukumnya bersinergi dengan unsur Pemerintahan dan Aparat Penegak Hukum yang ada, dalam rangka menyelamatkan anak Bangsa dari bahaya Narkotika, mulai dari tingkat kabupaten sampai tingkat Desa, dalam upaya pemberantasan narkotika di Kabupaten Pringsewu,” ungkap Tony.

Kemudian ia juga menjelaskan bahwa Pengurus Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) merupakan organisasi yang mandiri dan independent serta concern terhadap penanggulangan narkotika, berisikan orang-orang yang memiliki latar belakang dan asal-usul yang beragam, baik suku, agama, aktivitas, profesi hingga latar belakang politiknya, sehingga GRANAT dikenal sangat kental semangat keberagaman, kebersamaan dan kekeluargaannya, ketika berada di rumah besar GRANAT asal usul dan latar belakang anggota harus dilepaskan, oleh sebab itu sekali lagi saya tegaskan, GRANAT wajib mendukung tugas Pemerintah dan aparat penegak hukum, dengan keberagaman didalamnya tersebut, membuat GRANAT tidak kemana-mana, tetapi ada dimana-mana. Segera bentuk dan konsolidasi pengurus ditingkat kecamatan dan satgas anti narkotika hingga di tingkat desa, dalam upaya cegah dini dan mempersempit ruang gerak peredaran narkotika,” harapnya.

Sementara, Ketua Umum DPP GRANAT Dr. H. KRH Henry Yosodiningrat,SH, MH, dalam sambutannya menuturkan, sejarah berdirinya GRANAT di Indonesia yang lahir pada 28 Oktober 1999, dimulai dari rasa keperihatinan sebagai warga negara Indonesia, ia mengungkapkan pada tahun tersebut sekitar 20 orang mati sia-sia setiap harinya akibat narkotika, kemudian sekitar 3 juta jiwa adalah para pecandu narkotika.

“Melihat fenomena tersebut, saya bersama para pendiri, membentuk sebuah gerakan moral pada tanggal 28 oktober 1999, kemudian saya berkomunikasi dengan seorang tokoh Lampung, yaitu Bapak H.Tony Eka Candra untuk membentuk GRANAT di Provinsi Lampung. Jadi DPD GRANAT Pertama kali yang dibentuk se-Indonesia ini adalah DPD GRANAT Provinsi Lampung dibawah kepemimpinan Bapak H.Tony Eka Candra. Hingga sekarang Pengurus GRANAT sudah terbentuk dan tersebar diseluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota hingga Kecamatan dan Desa seluruh Indonesia, dan GRANAT adalah Organisasi Sosial Kemasyarakatan yang terdaftar di PBB dan di dunia Internasional,” ujar Henry Yoso.

Tidak hanya itu, advokat terkenal ini juga mengaku perihatin, bahwa Indonesia menjadi salah satu negara yang menjadi sasaran empuk pasar besar peredaran dan perdagangan narkotika di dunia.

“Indonesia berada dalam kondisi darurat narkoba, karena tidak ada satu desa di negeri ini yang bersih dari penyalahgunaan narkoba.
Dalam kondisi tersebut, tentu Pemerintah tidak dapat bekerja sendirian dan diperlukan dukungan dan keterlibatan elemen masyarakat untuk turut serta membantu mencegah peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika, dimana saat ini tidak banyak orang yang mau mengorbankan waktu, tenaga, pikiran hingga anggaran untuk menyelamatkan anak bangsa,” imbuh Henry Yoso.

Kemudian menurutnya, pemerintah atau penegak hukum harus merubah paradigma, dari berani mengungkap para pelaku penyalahgunaan narkotika, menjadi tidak ada lagi di negeri ini orang yang menggunakan narkotika.

“Jadi prestasi yang terbaik oleh pemerintah atau aparat penegak hukum, adalah bukan berapa banyak bandar narkoba yang dapat ditangkap, tetapi bagaimana mencegah masuknya barang haram tersebut ke Indonesia terutama dipelabuhan-pelabuhan tikus serta menyelamatkan dan merehabilitasi yang sudah menjadi korban,” tegas Henry Yoso.

Henry Yoso juga mengucapkan selamat bertugas kepada Pengurus GRANAT Kabupaten Pringsewu yang baru saja dilantik, dan menekankan kepada seluruh Pengurus dan anggota GRANAT Pringsewu agar menjadi contoh tauladan ditengah manyarakat dan menjaga nama baik organisasi.

“GRANAT wajib menjaga nama baik organisasi, jadikan GRANAT sebagai contoh bagi organisasi lainnya, dan saya berharap dengan dikukuhkanya pengurus GRANAT yang baru, semangat patriotisme dapat diwujudkan dengan program nyata, dan narkoba adalah musuh Bangsa,” pungkas Henry Yoso.

Sementara Ketua DPC GRANAT Kabupaten Pringsewu Risky Raya Saputra, SH, MH, CLA menegaskan siap menjalankan amanah dan siap mendukung kinerja pemerintah daerah guna terwujudnya pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Bumi berslogan Jejama Secancanan, dan GRANAT bersama Pemerintah serta Aparat Penegak Hukum siap menjadikan Pringsewu bersih dan bebas narkoba.

“Dengan telah dilantiknya Pengurus Cabang GRANAT Pringsewu kita komitmen untuk terus dapat menjadi organisasi yang tangguh dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, yang bersih dan bebas Narkoba,” tutup Rizky yang juga Wakil Ketua DPRD Pringsewu ini.

Dikesempatan yang sama Wakil Bupati Pringsewu DR.H.Fauzi dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus GRANAT Pringsewu dibawah kepemimpinan Risky Raya Saputra, SH, MH, CLA.

Ia berharap GRANAT berkomitmen untuk memajukan organisasi ini ke arah yang lebih baik serta bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menyukseskan program pembangunan dan terus concern terhadap pencegahan dan penanggulangan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba.

“Kalau semua unsur dan elemen yang ada di Kabupaten Pringsewu ini dapat bersatu-padu, bahu-membahu, dan bekerjasama, yakinlah kabupaten yang kita cintai ini, akan menjadi kabupaten yang maju, makmur sejahtera dan bebas narkoba,” pungkas Wakil Bupati.

Diketahui, rangkaian acara pelantikan tersebut diawali dengan penampilan tari kreasi dan pemberian sekapur sirih oleh Srikandi Kabupaten Pringsewu kepada Ketua DPP dan Ketua DPD GRANAT Provinsi Lampung, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Kabupaten Pringsewu, dan Mars GRANAT, dilanjutkan Pembacaan SK Pengurus DPC GRANAT Pringsewu yang dibacakan oleh Sekretaris DPD GRANAT Provinsi Lampung Yanuar Irawan, SE, MM, Pembacaan Ikrar Pelantikan oleh Ketua Umum DPP GRANAT Dr. H. KRH. Henry Yosodiningrat, SH, MH, Penyerahan Bendera Petaka GRANAT yang diserahkan langsung oleh Ketua DPD GRANAT Provinsi Lampung H. Tony Eka Candra kepada Ketua DPC GRANAT Pringsewu Rizky Raya Saputra,SH, MH, CLA, lalu ucapan selamat, sambutan-sambutan dan diakhiri ramah tamah kemudian ditutup dengan peresmian Sekretariat DPC GRANAT Kabupaten Pringsewu.(*)

 2,274 total views,  3 views today

Bandar Lampung

Hasil Kesepakatan Bersama, Tahun Ini Salat Ied Berjamaah di Masjid dan di Lapangan Ditiadakan

Published

on

By

Keterangan Foto : Gambar Merupakan Ilustrasi Salat Ied Yang Diambil Dari Google

Hanuang.com – Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah di Provinsi Lampung disepakati bersama untuk tidak dilakukan secara berjamaah di masjid atau tanah lapang melainkan di rumah masing-masing.

Hal tersebut sesuai kesepakatan bersama antara Gubernur, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung, Rektor UIN Lampung dan Pengurus Majelis Ulama Indonesia Lampung.

Berdasarkan surat ‘Kesepakatan Bersama’ tersebut, menyatakan bahwa Gubernur Lampung, Kementerian Agama Provinsi Lampung, hingga bupati serta wali kota se-Provinsi Lampung, sepakat pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 Hijriah dilaksanakan di rumah.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan, dengan memperhatikan kecenderungan peningkatan pandemi Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir, diperlukan upaya tegas dan konsisten dalam pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Termasuk dalam pembatasan kegiatan ibadah berjamaah di rumah ibadah dan di tanah lapang.

“Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah tidak dilaksanakan secara berjemaah di masjid atau di tanah lapang. Tetapi masyarakat dapat menunaikan salat Idul Fitri di rumah masing-masing,” kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kepada awak media, Senin (26/4/2021).

Kesepakatan tersebut dibuat mengingat salat Idul Fitri hukumnya sunnah, sehingga pelaksanaannya dapat disesuaikan untuk meminimalisir penularan akibat virus COVID-19 yang sangat membahayakan.

Disamping itu, dalam Surat Edaran dengan Nomor 045.2/1604/V.02/2021 Gubernur juga meminta Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung untuk melakukan Pengetatan Protokol Kesehatan di Pasar Tradisonal, Arus Mudik dan Percepatan Vaksinasi Pada Pelayan Publik. (*)

 9,959 total views,  51 views today

Continue Reading

Pringsewu

Dandim Lamsel Ikuti Trail Adventure Pringsewu

Published

on

By

Hanuang.com – Kegiatan bidang otomotif yang masih berjalan di tengah pandemi covid-19 saat ini, yakni trail adventure dalam gelaran acara yang di ikuti oleh ratusan orang peserta komunitas trail adventure termasuk salah satu peserta Dandim 0421/LS, yang ikut dalam kegiatan itu.

Ratusan peserta komunitas trail adventure yang berdatangan dari beberapa kabupaten di Pringsewu, serta luar provinsi Lampung juga tak ketinggalan untuk mengikuti aksi Adventure Trail.

Trail adventure yang digelar saat ini adalah dalam rangka memperingati Hari sumpah Pemuda Tahun 2020, yang langsung dibuka oleh Bupati Pringsewu di halaman Kantor Pemkab P
setempat, Sabtu, (24/10/20).

Trail adventure dipringsewu menempuh jarak sekitar 72 KM, dengan melintasi 11 pekon di 3 Kecamatan, yakni Gadingrejo, Pringsewu, dan Pagelaran, dan sekaligus dirangkaikan dengan kegiatan bakti sosial (baksos), berupa pemberian bantuan paket sembako serta santunan bagi warga kurang mampu, yang diserahkan oleh Bupati Pringsewu H. Sujadi.

Turut menghadiri acara ini, Ketua DPRD kabupaten Pringsewu Suherman, Pj. Sekdakab Hasan Basri dan jajaran Pemkab.Pringsewu, Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf. Arman Aris Sallo , Dandim 0421 Lampung Selatan Letkol Inf. Rico S. Nugroho, Dandim 0429 Lampung Timur Letkol Kav. M. Darwis, Dandim 0411 Lampung Tengah Letkol Inf. Andri Hadiyanto, Dandim 0426 Lampung Utara Letkol Kav. Joko Sunarto, Dandim 0422 Lampung Barat Letkol Czi Beni Setyawan, Kasi Pengelolaan Barang Bukti Kejari Pringsewu Tri Yulianto serta GM Yamaha Lautan Teduh Lampung Supriyanto.

Dalam sambutannya Bupati Pringsewu Mengucapkan selamat dan sukses sekaligus sangat mendukung dengan kegiatan Adventure Trail ke – 5 ini.

“Kegiatan ini sangat nikai sangat positif, selain sebagai ajang silaturahim antar sesama penggemar olahraga otomotif khususnya motor trail, juga dalam rangka mendapatkan bibit-bibit prestasi, sekaligus bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan Pringsewu beserta potensi yang ada terutama keindahan alamnya.” ujarnya.

“Digelarnya event yang juga mdiikuti oleh banyak peserta dari luar daerah juga menandakan bahwa Pringsewu sangat nyaman dan layak untuk dikunjungi, pasalnya aktifitas lebih banyak dilakukan di tengah hutan dan jauh dari keramaian kota. Seperti kegiatan saat ini even trail ke -5 yang sedang di gelar di Kabupaten pringsewu” ujarnya.

“Melalui kegiatan bertitel ‘Jelajah pringsewu’, ternyata ada Dandim yang juga menjadi seorang rider trail yang hobi lintas alam dengan Tunggangannya yamaha YZ 250, nanti lokasi start dan finish di kantor pemda pringsewu” bebernya.

“Nah, Yang jelas, setiap peserta harus mengikuti standar sesuai protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak aman, itu syarat mutlak
kontribusinya dan di akhir acara akan ada pengundian hadiah yang cukup menarik di dukung oleh yamaha” ujarnya.

Dandim 0421/LS , juga mengingatkan agar menjaga kekompakan dalam jalur, sopan melewati permukiman dan selalu jaga protokol kesehatan dengan kode 3 M.

“Mencuci tangan dengan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak,” pungkas Dandim 0421 Lampung Selatan. (*)

 1,593 total views,  5 views today

Continue Reading

Advertorial

Siti Rahma : “Peran Keluarga Sangat Penting Dalam Menghindari Narkoba”

Published

on

By

Hanuang.com – Pencegahan narkoba dimulai dari lingkungan keluarga. Hal ini diungkapkan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Lampung) Dapil III (Pringsewu, Pesawaran, Metro) Siti Rahma saat menggelar sosialisasi peraturan daerah nomor 1 tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya di Pagelaran dan Para, Pringsewu, Minggu (12/7/20).

Menurut Ketua Fraksi NasDem DPRD Lampung ini, peran serta keluarga dan masyarakat di lingkungan sangat diharapkan dalam memutus peredaran narkoba seperti memberikan pemahaman tentang bahaya dan dampak narkoba.

“Peredaran dan dampak narkoba saat ini sudah sangat meresahkan. Mudahnya mendapat bahan berbahaya tersebut membuat penggunanya semakin meningkat. Tak kenal jenis kelamin dan usia, semua orang berisiko mengalami kecanduan jika sudah mencicipi zat berbahaya ini,” jelas Siti Rahma. (*)

 3,637 total views,  5 views today

Continue Reading

Trending Topic