Hanuang.com

Home

Pemudik Wajib Tahu, Ini Tips Hilangkan Rasa Kantuk Saat Berkendara

Hanuang.com – Rasa kantuk saat kerap dialami seseorang saat berkendara, termasuk ketika perjalanan mudik. Hal ini bisa mengurangi konsentrasi pengemudi yang dapat memicu kecelakaan.

Untuk mengatasi kondisi ini, banyak orang mengandalkan kopi agar tetap terjaga dan berstamina selama mengemudi perjalanan panjang. Namun, minuman ini dinilai bukan cara terbaik menghilangkan kantuk.

Berikut cara mencegah kantuk saat perjalanan mudik lebaran:

1. Istirahat Cukup Sebelum Perjalanan
Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan mudik. Kurangnya tidur bisa membuat Anda lebih rentan mengantuk di jalan.

2. Selingi Perjalanan dengan Istirahat
Berhenti dan istirahatlah secara teratur selama perjalanan, terutama jika Anda merasa mengantuk. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan sebentar atau meregangkan otot untuk menyegarkan tubuh.

3. Konsumsi Makanan Ringan dan Sehat
Hindari makanan berat dan berlemak yang bisa membuat Anda merasa mengantuk. Sebaliknya, konsumsilah makanan ringan dan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau makanan tinggi protein untuk menjaga energi Anda tetap stabil.

4. Minum Air Secukupnya
Tetap terhidrasi dengan minum air secukupnya selama perjalanan. Dehidrasi dapat menyebabkan rasa ngantuk, jadi pastikan untuk minum air secara teratur.

5. Berbicara dengan Penumpang
Berbicaralah dengan penumpang di dalam mobil untuk menjaga diri tetap terjaga dan fokus selama perjalanan. Percakapan yang seru dapat membantu mengurangi rasa ngantuk.

Share

BERITA TERBARU