Connect with us

Lampung Selatan

Pemkab Lamsel Gelar Rekonstruksi dan Rehabilitasi Dalam Rangka Percepat Penanganan Bencana

Published

on

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) menggelar rapat koordinasi inventarisasi rekonstruksi pasca bencana tsunami yang terjadi pada 22 Desember 2018 lalu.

Malalui rapat koordinasi oleh tim BNPB dengan tim pemerintah daerah setempat, Pemkab Lamsel menyatakan akan segera melakukan percepatan penanganan bencana ke tahap rekonstruksi dan rehabilitasi (RR).

“Setelah masa tanggap darurat, selanjutnya kita masuk tahap rekonstruksi dan rehabilitasi,” ungkap Sekretaris Daerah Pemkab Lamsel Ir. Fredy SM, MM saat memberikan arahannya, di Aula Krakatau Kantor Bupati Lamsel, Rabu (16/01/19).

Dalam masa RR tersebut, Fredy mengatakan, Pemkab Lamsel akan melakukan pendataan kerugian-kerugian yang dialami para korban, termasuk relokasi, dan juga warga yang kehilangan pekerjaannya.

“Saya minta ini (inventarisasi) dihitung betul secara akurat, harus jelas, jangan sampai sudah kita anggarkan tapi tidak tepat. Ini menjadi tanggungjawab kita bersama, hari ini kita bahas, dan besok sudah final karena akan kita usulkan,” imbuh Fredy.

Ia juga meminta upaya rehabilitasi dan rekonstruksi nantinya bisa dipercepat. Hal itu agar masyarakat yang terkena dampak tsunami tidak lagi berlama-lama tinggal di pengungsian.Selain itu, pelayanan umum kepada masyarakat juga bisa segera pulih.

Sementara, berdasarkan data Media Center Posko Penanggulangan Darurat Bencana Tsunami Kabupaten Lamsel, hingga siang ini korban meninggal dunia tercatat 122 jiwa, hilang 7 orang, luka-luka 12.394 orang, rumah rusak berat 537 unit, rumah rusak sedang 146 unit, dan rumah rusak ringan sebanyak 139 unit.

Terkait dengan banyaknya kerusakan infrastruktur milik pemerintah yang rusak akibat diterjang tsunami Selat Sunda, Pemkab Lamsel juga akan segera melakukan perbaikan-perbaikan. Yang mana sumber pandanaannya dari APBD, APBN dan Provinsi. (Arya)

 1,244 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Cabuli Korban Hampir Setahun, ABG Kecamatan Penengahan Dicomot Polisi

Published

on

By

Hanuang.com, PENENGAHAN – Polsek Penengahan Lampung Selatan (Lamsel) mencokok pelaku pencabulan anak dibawah umur, yang terjadi di Desa Kuripan, Kecamatan Penengahan, Rabu (20/1/2021) sekitar pukul 14.00 WIB.

Pelaku yakni MR (15) warga Desa Kuripan, Kecamatan Penengahan. Ia melakukan aksi tak senonoh terhadap anak SD, sebut saja Bunga (9) yang merupakan teman bermain adik kandung pelaku.

Kapolsek Penengahan AKP Hendra Saputra mengatakan, perbuatan bejat tersebut terungkap saat Si Bunga mengadu kepada ibunya, Selasa (19/1/2021).

Menurut pengakuan korban, perlakuan cabul itu sudah dilakukan pelaku sejak Januari 2020 lalu hingga November 2020, yang dilakukan secara berulang-ulang kali.

“Korban mengadu ke ibunya sembari menangis. Ia mengaku, bahwa telah dicabuli oleh pelaku secara berulang kali selama berbulan-bulan. Kata korban, pelaku mencabuli dirinya pada saat sedang main bersama adik pelaku dirumahnya,” Ungkapnya, Kamis (21/1/2021).

AKP Hendra melanjutkan, pelaku memaksa korban untuk melepaskan pakaiannya dan menuruti nafsu bejatnya diruang tamu rumah pelaku itu sendiri.

“Setelah pelaku berhasil membuka pakaian korban, ia kemudian memasukan alat kelamin pelaku ke kemaluan korban. Kejadian ini dilakukan pelaku berkali-kali, sehingga korban mengalami kesakitan dibagian kemaluannya. Selain itu, korban juga mengalami trauma dan tekanan psikis,” Imbuhnya.

Setelah korban mengadukan prilaku bejat pelaku kepada ibu kandungnya, kemudian orang tua korban langsung melaporkan perbuatan cabul tersebut ke Polsek Penengahan.

“Berdasarkan laporan keluarga korban, anggota Reskrim Polsek penengahan, telah berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku. Saat ini, pelaku diamankan di Mapolsek Penengahan untuk dilakukan tindakan hukum lebih lanjut,” Tukasnya. (*)

 18 total views,  18 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Patut Ditiru, Kodim Lamsel Ajak Persit KCK Olahraga Bersama

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS Letkol Inf. Enrico SN, bersama anggota dan ibu – ibu persit Kartika Candra Kirana Cabang XXXIII, melakukan olahraga jalan santai disekitar wilayah Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel), Kamis (21/01/2021).

Kegiatan olahraga jalan santai yang diprakarsai Dandim 0421/LS, adalah untuk membiasakan semua personel dan ibu – ibu persit giat berolahraga, agar tubuh tetap bugar, dan stamina terjaga secara baik.

Selain itu dengan berolahraga jalan santai dapat meningkatkan imun tubuh, dimana kondisi sekarang ini ditengah pandemi COVID-19 kita semua dituntut untuk tetap sehat, salah satunya dengan melakukan giat berolahraga.

“Selaku pimpinan di Satuan Kodim, saya mengajak kepada seluruh personel jajaran perwira maupun anggota agar tetap meluangkan waktunya untuk berolahraga, dengan demikian kebugaran dan stamina tubuh kita tetap fit dan dapat menunjang untuk sehat” ungkapnya.

“Olahraga bersama ini juga , untuk memupuk rasa kebersamaan dan rasa persaudaraan antara pemimpin dengan yang dipimpin sehingga akan terciptanya sinergitas yang kuat dalam menjalankan semua tugas – tugas satuan kodim ini” pungkasnya. (*)

 26 total views,  26 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Bersama Forkopimda, Nanang Sambut Kedatangan Wakapolda Lampung di Bumi Khagom Mufakat

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menerima kunjungan silaturahmi Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Lampung, Brigjen Pol Drs. Subiyanto di rumah dinas bupati setempat, Rabu siang (20/1/2021).

Tiba di rumah dinas bupati, Wakapolda Lampung yang didampingi sejumlah Pejabat Tinggi Polda Lampung itu langsung disambut Bupati beserta jajaran Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten, Thamrin beserta jajaran.

Diketahui, kunjungan Wakpolda Lampung ke Lampung Selatan itu dalam agenda ramah tamah bersama anggota Forkopimda Lampung Selatan di Polres Lampung Selatan.

Momen kunjungan singkat itu dimanfaatkan Bupati Lampung Selatan untuk meningkatkan silaturahmi dengan menjamu makan siang bersama Wakapolda Lampung.

Nanang Ermanto juga sempat mengajak jenderal bintang satu itu untuk melihat keadaan kebun edukasi yang memang berada di belakang rumah dinas bupati setempat.

“Tidak ada agenda khusus. Kita jajaran Pemkab Lampung Selatan dan anggota Forkopimda hanya bersilaturahmi dengan Wakapolda,” ujar Nanang ditemui usai pertemuan itu.

Hanya saja kata Nanang, dalam pertemuan itu, Wakapolda Lampung meminta jajaran Pemkab Lampung Selatan dan jajaran Forkopimda Lampung Selatan untuk bersama-sama menekan laju penyebaran Covid-19 semakin meluas.

“Iya, tadi Wakapolda sempat membahas Covid-19. Kita diminta untuk turun dari mulai tingkat kabupaten hingga ke desa-desa untuk menekan penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Nanang mengatakan, salah upaya pihaknya untuk menekan penyebaran Covid-19 adalah dengan meningkatkan sosialisasi ke desa-desa hingga ke tingkat RT.

“Seluruh kepala desa juga sudah kita panggil untuk meningkatkan kembali tim gugus tugasnya. Selain itu kita juga terus mengedukasi masyarakat untuk disiplin menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan),” imbuh Nanang. (Aziz)

 1,771 total views,  445 views today

Continue Reading

Trending Topic