Connect with us

Lampung Selatan

Pemkab Lamsel Gelar Rekonstruksi dan Rehabilitasi Dalam Rangka Percepat Penanganan Bencana

Published

on

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan (Lamsel) menggelar rapat koordinasi inventarisasi rekonstruksi pasca bencana tsunami yang terjadi pada 22 Desember 2018 lalu.

Malalui rapat koordinasi oleh tim BNPB dengan tim pemerintah daerah setempat, Pemkab Lamsel menyatakan akan segera melakukan percepatan penanganan bencana ke tahap rekonstruksi dan rehabilitasi (RR).

“Setelah masa tanggap darurat, selanjutnya kita masuk tahap rekonstruksi dan rehabilitasi,” ungkap Sekretaris Daerah Pemkab Lamsel Ir. Fredy SM, MM saat memberikan arahannya, di Aula Krakatau Kantor Bupati Lamsel, Rabu (16/01/19).

Dalam masa RR tersebut, Fredy mengatakan, Pemkab Lamsel akan melakukan pendataan kerugian-kerugian yang dialami para korban, termasuk relokasi, dan juga warga yang kehilangan pekerjaannya.

“Saya minta ini (inventarisasi) dihitung betul secara akurat, harus jelas, jangan sampai sudah kita anggarkan tapi tidak tepat. Ini menjadi tanggungjawab kita bersama, hari ini kita bahas, dan besok sudah final karena akan kita usulkan,” imbuh Fredy.

Ia juga meminta upaya rehabilitasi dan rekonstruksi nantinya bisa dipercepat. Hal itu agar masyarakat yang terkena dampak tsunami tidak lagi berlama-lama tinggal di pengungsian.Selain itu, pelayanan umum kepada masyarakat juga bisa segera pulih.

Sementara, berdasarkan data Media Center Posko Penanggulangan Darurat Bencana Tsunami Kabupaten Lamsel, hingga siang ini korban meninggal dunia tercatat 122 jiwa, hilang 7 orang, luka-luka 12.394 orang, rumah rusak berat 537 unit, rumah rusak sedang 146 unit, dan rumah rusak ringan sebanyak 139 unit.

Terkait dengan banyaknya kerusakan infrastruktur milik pemerintah yang rusak akibat diterjang tsunami Selat Sunda, Pemkab Lamsel juga akan segera melakukan perbaikan-perbaikan. Yang mana sumber pandanaannya dari APBD, APBN dan Provinsi. (Arya)

 1,174 total views,  4 views today

Lampung Selatan

Polsek Natar Berhasil Ringkus Maling Motor di Banjar Negeri

Published

on

By

Hanuang.com, NATAR – Tim Opsnal Polsek Natar, Lampung Selatan (Lamsel) berhasil mengungkap kasus tindak pidana Pencurian Dengan Pemberatan (Curat) yang terjadi di Dusun Tegal Bungur Desa Banjar Negeri Kecamatan Natar, (23/9/2020) lalu.

Diketahui, saat itu sekitar pukul 3.00 wib, korban atas nama Jafar Sodik telah kehilangan satu unit sepeda motor jenis Honda Mega Pro warna hitam tahun 2008, nomor polisi B 6996 CLT yang di terparkir di garasi rumahnya.

Mewakili Kapolres Lamsel, AKBP Zaky Alkazar Nasution, Kapolsek Natar, AKP Hendy Prabowo mengungkapkan, pelaku masuk melalui pintu gerbang dengan cara merusak kuncinya dan kemudian masuk ke pekarangan rumah korban.

“Pelaku kemudian mengambil sepeda motor yang terletak di dalam garasi rumah korban, lalu membawa kabur. Atas kejadian tersebut, korban melapor ke Polsek Natar, ” Ungkapnya.

Hanya dalam tempo tiga hari, Tim Opsnal Polsek Natar berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku, Sabtu (26/9/2020)sekitar jam 10.00 wib, di Dusun Induk Desa Kejadian Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran.

“Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Natar, yang dipimpin oleh Panit I Reskrim Ipda Kadek Andi, telah berhasil melakukan penangkapan terhadap 1orang terduga pelaku tindak pidana Curat. Yakni atas nama Fahmi (24) warga Desa Kejadian Kecamatan Tegineneng,” Lanjutnya.

Dari penangkapan tersangka, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit sepeda motor jenis Honda Mega Pro nomor polisi B 6996 CLT, warna hitam tahun 2008.

“Hasil interograsi terhadap terduga pelaku atas nama Fahmi, mengakui bahwa dirinya melakukan pencurian sepeda motor tersebut dilakukannya secara bersama sama dengan rekannya,” Imbuh AKP Hendy.

Saat ini, Tim Opsnal Polsek Natar tengah melakukan penyelidikan lebih lanjut tentang keberadaan rekan Fahmi, yang melarikan sebelum dilakukan penangkapan.

“Terduga pelaku lainnya inisial S saat ini masih DPO (Daftar Pencarian Orang, red). Pelaku telah melarikan diri sebelum dilakukan penangkapan,” Tukasnya. (*)

 394 total views,  394 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Bina Fisik TNI, Dandim Lamsel Ajak Bintara Remaja Gowes Bareng

Published

on

By

Hanuang.com – Komandan Kodim 0421/LS, Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho S. Sos, M.Tr (Han), membina fisik anggota Bintara Remaja Kodim 0421/LS dengan melaksanakan gowes bersama, Sabtu, (26/09/20).

Gowes yang diikuti oleh 10 anggota Bintara Remaja ini menempuh jarak lebih kurang 18 km dengan start dari Makodim 0421/LS dan finish di Makoramil 421-07/Sidomulyo.

“Kegiatan Gowes ini bertujuan untuk membina fisik anggota Bintara Remaja Kodim 0421/LS agar kebugaran fisiknya terbina, terlatih dan terjaga dengan baik sehingga setiap saat siap melaksanakan tugas” kata Letkol Inf Enrico Setiyo Nugroho S.Sos, M.Tr (Han)

Setelah beristirahat sejenak di Makoramil 421-07/Sidomulyo pada pukul 09.30 WIB, Dandim beserta Bintara remaja melanjutkan kegiatan gowes kembali ke Makodim 0421/Lamsel

Kegiatan tersebut berjalan dalam keadaan tertib dan aman, dengan tetap mematuhi standar protokol kesehatan Covid-19. (Arya)

 496 total views,  496 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Gakplin Jadi Cara Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Published

on

By

Hanuang.com – Babinsa 421-03/Penengahan, Serda Sahrul bersama anggota Koramil, Polri, Aparatur Kecamatan, Petugas Kesehatan, Pol PP dan Aparat Desa Tridarmayoga, Memberikan himbauan kepada Masyarakat yang Berjualan dan pembeli baik di Pasar maupun lingkungan pasar Untuk Mematuhi Protokol kesehatan selama Pandemi Covid-19, Sabtu, (26 /09/20).

Gakplin selama Pandemi Covid 19 yang dilaksanakan ini, bertujuan agar masyarakat yang ada di tempat keramaian selalu tetap mematuhi Prodesur.

“Khususnya Pasar tempat berkumpulnya penjual barang dan pembeli diwajibkan harus mematuhi prosedur agar penularan virus corana tidak semakin menyebar” jelasnya.

“Jangan sampai kita semuanya terkena virus tersebut, maka dari itu kita semuanya bisa jaga diri masing-masing baik di dalam rumah maupun di luar rumah, dengan tetap selalu nematuhi himbauan terkait protokol kesehatan” tambahnya.

“Tetap memakai masker, tetap jaga jarak dan rajin mencuci tangan bila di tempat keramaian, seperti di Pasar atau tempat lokasi yang lainnya” tutupnya. (Arya).

 501 total views,  501 views today

Continue Reading

Trending Topic