Connect with us

Lampung Selatan

Lamsel Jadi Kabupaten Pertama Terapkan LP2B Sebagai Syarat Investasi & Perizinan

Published

on

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan telah menetapkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2017 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B).

Penetapan Perda itu sebagai langkah strategis untuk menjamin ketersediaan lahan untuk pangan. Terlebih Lampung Selatan adalah salah satu sentra pangan di Provinsi Lampung sekaligus sebagai daerah penyangga pangan ibukota.

Hal tersebut dikatakan Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto dalam Rapat Koordinasi Implementasi Perda Nomor 8 Tahun 2017 dilingkungan Pemkab Lampung Selatan yang digelar di Aula Krakatau kantor bupati setempat, Rabu (12/8/2020).

Nanang menegaskan, Perda tersebut harus nyata operasi dan implementasinya ditingkat lapangan dalam pelaksanaan tugas stakeholder terkait seperti Dinas Penataan Ruang, Dinas Penanaman Modal sampai ke tingkat camat dan kepala desa.

Menurutnya, penerapan PLP2B di Kabupaten Lampung Selatan dapat terwujud dengan komitmen dan kebrsamaan dari semua stakeholder terkait.

“Saat ini Perda PLP2B telah digunakan dalam proses investasi dan perizinan di Kabupaten Lampung Selatan. Dimana setiap investor yang akan berinvestasi, lahan calon lokasi harus dipastikan berada diluar LP2B melalui pengecekan titik koordinat,” ujar Nanang dalam arahannya.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, saat ini Kabupaten Lampung Selatan merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang telah menjadikan LP2B sebagai salah satu persyaratan investasi dan perizinan.

“Diharapkan hal ini dapat ditiru oleh kabupaten/kota yang lain. Agar lahan pertanian dapat terus terlindungi dan penataan ruang untuk investasi tetap dapat dilaksanakan,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Kabupaten Lampung Selatan, Bibit Purwanto mengatakan, Kabupaten Lampung Selatan telah menetapkan Perda PLP2B sejak tahun 2017.

Dia menyebut, lahan yang dilindungi seluas 36.052 Hektar. Lahan ini diharapkan dapat dimanfaatkan bagi petani untuk memprodukasi pangan untuk kebutuhan daerahnya maupun untuk cadangan nasional.

“Dengan adanya Perda PLP2B, maka ketersediaan lahan untuk pangan terjamin. Dan pada akhirnya pangan untuk Kabupaten Lampung Selatan, provinsi maupun nasional juga dapat terpenuhi secara berkelanjutan,” terang Bibit.

Disamping itu dia mengatakan, Perda tersebut juga telah dilengkapi dengan peta geospasial. Sehingga hal ini dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan arahan Bupati Lampung Selatan agar Perda ini diterapkan secara operasional dan implementatif.

“Meskipun secara nasional kita nomor dua setelah Kabupaten Lumajang, tetapi Perda kita telah ditetapkan sejak tahun 2017. Sedangkan Kabupaten Lumajang Perdanya ditetapkan pada tahun 2018,” tandasnya. (Arya/Aziz)

 1,896 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Pemkab Lamsel Gelar MoU PKS Layanan Informasi Publik Bersama Perum LKBN ANTARA

Published

on

By

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjikan Kerja Sama (PKS) Layanan Informasi Publik dengan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA.

Penandatangan MoU-PKS dilakukan antara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Thamrin dan Kepala Dinas Komunikasi dan Infromatika M. Sefri Masdian dengan CEO Antara Digital Media, Darmadi, di ruang Sekda Lampung Selatan, Jumat (24/9/2021).

Dalam kesempatan itu, CEO Antara Digital Media, Darmadi mengatakan, kerja sama dengan Pemkab Lampung Selatan itu terkait dengan pelayanan informasi publik.

Dimana nantinya, pihaknya akan memasang I-media/TV Robot Indoor dan layar luar ruang dengan teknologi lampu LED (videotron) yang mampu menampilkan video, gambar atau konten di sejumlah lokasi strategis. Seperti tempat pelayanan umum dan lainnya. 

Lebih lanjut Darmadi menjelaskan, nantinya 40 persen konten yang ditampilkan berisi kegiatan dari Pemkab Lampung Selatan. Kemudian, 60 persen dari ANTARA News yang akan menyebarkan berbagai informasi yang telah dihimpun dari seluruh nusantara. 

“Kami himpun berita dari Aceh dan daerah lainnya masuk ke Lampung Selatan, begitu juga sebaliknya. Sebagian informasi dari Lampung Selatan akan kami sebarkan ke seluruh Indonesia. Itulah konsep kami menyebarkan ke seluruh Indonesia, agar nanti Lampung Selatan tahu tentang Indonesia dan Indonesia tahu tentang Lampung Selatan,” ujarnya. 

Darmadi menambahkan, beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat dengan terjalinnya kerja sama tersebut yaitu, masyarakat akan lebih mudah mendapat akses informasi yang valid, interaktif tanpa batas, cepat, murah, mudah, inklusif dan intrusif. 

“Sisi baiknya sebenarnya kalau kita bisa mengedukasi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar, itu bagus. Tapi masalahnya kita tidak bisa mengontrol dan mereka bisa liar pemikirannya terhadap berita yang tidak benar. Nah ini perlu cara bagaimana pemerintah bisa menyakinkan tentang informasi sebenarnya yang terjadi,” katanya.

Sementara, mewakili Bupati Lampung Selatan, Sekda Thamrin menyambut baik atas terjalinnya kerja sama dalam rangka penyebarluasan layanan informasi publik itu.

“Tentunya kerja sama ini menjadi sangat penting, mengingat media digital saat ini sangat diperlukan untuk penyampaian informasi yang cepat dan akurat,” kata Thamrin.

Thamrin berharap, dengan kerja sama tersebut juga dapat menyebarluaskan berbagai informasi tentang Kabupaten Lampung Selatan, terutama sebagai sarana promosi investasi dan produk unggulan dan pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan.

“Kabupaten Lampung Selatan memiliki potensi baik SDA, pertanian, peternakan, perikanan, pertambangan, wisata dan produk unggulan. Harapannya semua potensi ini bisa dikenal secara luas, sehingga memberikan peluang untuk meningkatkan dan menarik wisataan maupun para investor untuk berinvestasi di Lampung Selatan,” ujarnya.

Thamrin menambahkan, setelah dilakukannya penandatangan MoU itu, yang tidak kalah penting juga adalah pengisian konten-konten informasi yang akan ditayangkan. 

Untuk itu, dia meminta mulai dari sekarang para Kepala OPD juga sudah merancang atau menyiapkan konten-konten informasi yang nantinya akan ditayangkan oleh LKBN ANTARA.

“Artinya dalam hal pengisian konten informasi ini bukan hanya menjadi tanggungjawab Dinas Kominfo saja. Tetapi juga tanggungjawab semua OPD. Untuk itu, saya minta kepada Kepala OPD agar secara aktif untuk membuat konten informasi itu,” tegasnya.

Diakhir penyampaiannya, Thamrin juga berharap, dengan ditandatanganinya MoU dan PKS itu, tidak hanya sebatas kerja sama layanan informasi publik saja. Tetapi juga program-program yang lain seperti peningkatan SDM dan program lainnya. (*)

 155 total views,  155 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Desa Palas Bumiasih Gelar Musrenbangdes 2021

Published

on

By

Hanuang.com – Desa Bumiasih, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Tahun 2021.

Giat yang digelar di balai desa setempat tersebut dalam rangka Pembahasan dan Rencana Kegiatan serta Pembangunan di Tahun 2022, Jum’at, (24/09/21).

Hadir dalam acara tersebut, Camat Palas, Rika Wati, Kapolsek Palas, Iptu Efi Suhadi, Danramil 421-08/Palas Kapten lnf Imron Nata, dan tamu undangan lainnya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Tim dari Kecamatan Palas sudah hadir. Melaporkan bahwa Musdus, Musdes sudah dilaksanakan sehingga hari ini dilanjutkan pelaksanaan Musrenbangdes Desa Bumiasih dan penyerahan keranda ke KAUM” ujar Poniran selaku Kades setempat.

Hal senada diungkapkan Camat Palas, Rika Wati, yang menjelaskan bahwa Musrenbangdes merupakan tindak lanjut Musdus, Musdes yang sudah dilaksanakan di Desa Bumiasih, Kecamatan Palas Tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2022, Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Yaitu Penanggulangan Kemiskinan, Peningkatan Kapasitas Bumdes, dan Pembangunan Pengembangan Usaha Produktif. Tiap desa harus mempunyai 3 (tiga) Fasilitas yg harus ada di tiap – tiap desa.
Diantaranya kolam, kebun dan kandang.
Penggunaan Dana Desa untuk Stunting agar masyarakat hidup sehat dan sejahtera terwujud.” bebernya.

Danramil 08/Palas, Kapten Inf Imron Nata juga menyampaikan kekompakan semua pihak harus dijaga dan ditingkatkan dalam Pembangunan Desa.

“Anggaran untuk tunjangan perangkat desa sangatlah besar harapannya agar tunjangan Linmas benar-benar diperhatikan diwujudkan, tingkatkan honor/gaji dan perlengkapan lain-lainnya untuk mensejahterakan anggota Linmas Dan diberikan Pelatihan Linmas,karna linmas adalah mata dan telinga bagi perangkat desa, Babinsa dan babinkamtibmas. Pembangunan Pos Ronda dan pembangunan rumah yg tidak layak huni lebih tepat sasaran, Pengadaan kombat lebih untuk kepentingan masyarakat Mari kita bersama sama untuk kemajuan di desa harus tepat lokasi, dan manfaatkan linmas dibantu warga, kalau pun desa kita aman kondusif sudah pasti kesejahteraan masyarakat meningkat.
Alhamdulillah Lamsel tentang Covid-19 sudah PPKM level 2 (zona kuning), agar tetap jangan kendor jalankan protokol kesehatan” tutupnya. (*)

 164 total views,  164 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

GML Kota Metro Kembali Gelontorkan Bantuan Sembako di Tiga Kelurahan

Published

on

By

Hanuang.com – GML Kota Metro kembali menggeruduk warga kurang mampu yang berada di Kota Metro, Jum’at, (24/09/21).

Sedikitnya ada tiga Kelurahan yang dikunjungi yakni diantaranya, Imopuro, Iringmulyo, dan Hadimulyo Timur. 

Jajaran Pengurus DPD GML Kota Metro terpantau langsung menuju  kerumah-rumah Warga fakir miskin yang sudah di survey dan di data oleh Divisi bidang Sosial Kemasyarakatan.

“Alhamdulillah Jum’at berkah kali ini seperti biasa kami membagikan bingkisan paket sembako Berupa Mi instan, Minyak Goreng, Tepung Terigu, Gula dan beras 5kg kepada warga semuanya kondisi Rumahnya Geribik terbuat dari Bambu, kami selalu berupaya keberadaan GML semoga semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” beber Slamet Riyadi selaku Ketua DPD GML Metro.

“Kita fokuskan kepada yang belum terjangkau oleh pemerintah Kota Metro, dan GML Kota Metro akan selalu konsisten membantu warga kurang mampu” tambahnya.

Senada Menurut Jafar Sidiq selaku Divisi Sosial kemasyarakatan mengatakan bahwa Penerima paket sembako Jum’at Berkah Peduli telah melalui seleksi dan pendataan yang tepat.

“Mereka diantaranya Siti Zulaiha RT/RW 008/004 Iringmulyo, Ristinah RT/RW 008/004 Iringmulyo, Romi setiawan RT/RW 011/002 Imopuro, Basuki RT/RW 011/004 Imopuro, Trisnawati RT/RW 038/008 Hadimulyo Timur Kecamatan Metro Pusat” jelasnya.

Trisnawati selaku warga penerima paket sembako mengucapkan terimakasih kepada Ormas GML Kota Metro yang sudah menyambanginya dan memberikan paket sembako.

“Ini sangat bermanfaat, semoga Allah SWT membalas kebaikan dan dipermudah segala urusannya” jelasnya.

“Terimakasih banyak atas kepeduliannya, saya sangat bersyukur semoga mendapatkan keberkahan dan dimurahkan selalu Rizkinya” ujar penerima lainnya. (*)

 210 total views,  210 views today

Continue Reading

Trending Topic