Connect with us

Lampung Selatan

KPK Serahkan Barang Rampasan Korupsi & Pencucian Uang Zainudin Hasan Ke Pemkab Lamsel

Published

on

Hanuang.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghibahkan barang rampasan berdasarkan putusan pengadilan senilai Rp. 41.595.223.394 kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, Selasa (17/11/2020).

Barang-barang tersebut meliputi dokumen kepemilikan properti dan Pas Kecil, uang, properti berupa tanah, ruko, kendaraan, mesin, barang elektronik, dan luxury goods.

Barang-barang yang diserahkan itu merupakan hasil tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang yang dilakoni mantan Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan.

Serah terima barang rampasan tersebut diserahkan Koordinator Unit Kerja Labuksi (Pelacakan Aset Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi) KPK, Mungki Hadipratikto kepada Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lampung Selatan, Drs. H. Sulpakar, MM.

Serah terima itu ditandai dengan penandatangan Berita Acara Pelaksanaan Putusan Pengadilan di Aula Krakatau Kantor Bupati Lampung Selatan.

Koordinator Unit Kerja Labuksi, Mungki Hadipratikto menjelaskan, pelaksanaan serah terima tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan eksekusi terhadap putusan pengadilan dalam perkara tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang.

“Serah terima ini bagian dari eksekusi. Dan pelaksanaan eksekusi hari ini merupakan bagian tugas unit kerja kami yaitu Unit Kerja Labuksi,” terang Jaksa KPK ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk kasus korupsi yang melibatkan kepala daerah atau APBD, maka barang rampasan yang disita KPK akan dikembalikan lagi ke daerah asal.

“Sebelumnya KPK cukup merampas kemudian dimasukan ke kas negara. Namun belakangan KPK merubah mindset. Untuk tindak pidana korupsi yang dilakukan kepala daerah atau melibatkan APBD kita akan kembalikan hasil korupsinya ke pemda,” ujarnya.

Dirinya pun berharap, barang-barang hasil rampasan yang diserahkan itu dapat dimanfaatkan kembali oleh Pemkab Lampung Selatan.

Sebab menurutnya, berdasarkan hasil persidangan uang yang digunakan untuk tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang tersebut memang berasal dari APBD Pemkab Lampung Selatan.

“Jadi kami kembalikan lagi ke Lampung Selatan. Untuk pemanfaatannya silahkan kami serahkan ke pak bupati dan jajarannya. Apakah nanti untuk aset daerah atau mau di lelang. Nanti uangnya bisa dimanfaatkan dimasukan ke kas daerah,” imbuhnya.

Sementara, Pjs Bupati Lampung Selatan, Sulpakar menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada KPK yang telah bertindak cepat dalam menangani kasus tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang.

“Insya Allah akan segera kami tindak lanjuti barang-barang yang diserahkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan peruntukannya,” kata Sulpakar.

Sulpakar menambahkan, terkait dengan administrasi dan teknis pasca penyerahan barang rampasan tersebut, maka Pemkab Lampung Selatan akan memenuhi setiap ketentuan yang telah ditetapkan oleh KPK.

“Barang rampasan ini akan menjadi aset yang pengelolaannya akan diatur dalam peraturan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Mudah-mudahan barang rampasan ini dapat mendukung program pembangunan daerah,” tandasnya. (Aziz)

 2,462 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Hindari Kesan Angker, Babinsa Ajak Warga Bersihkan Makam

Published

on

By

Hanuang.com – Serka Basuni, selaku anggota Babinsa Koramil 421-08/Palas, kembali melakukan aksi gotong – royong bersama warga Desa Mandala Sari, Dusun Karang Sari, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Minggu (29/11/20).

Gotong – royong kali ini terpusat pada pengerjaan pembersihan dikawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) dari tumbuhan liat yang mewarnai sekitar TPU, untuk memperindah kawasan tersebut dengan melakukan pembersihan secara total.

“Kawasan TPU ini memang perlu kita bersihkan karena epertinya sudah tidak terawat lagi dan terkesan seperti angker, untuk itu masyarakat dusun Karang Sari bersepakat melakukan pembersihan dilokasi TPU ini, agar TPU terlihat tetap terawat, bersih dan indah” pungkasnya.

“Agar masyarakat khususnya dusun karang sari ini agar tetap kompak dalam melakukan kegiatan gotong – royong, demi meningkatnya kemajuan pembangunan desa, dan terakhir saya berpesan tentang protokol kesehatan tetap dilakukan selama pandemi covid-19 ini masih saja berlangsung” tutupnya. (*)

 732 total views,  127 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

TNI Bantu Pengamanan Obyek Vital JTTS

Published

on

By

Hanuang.com – Serda Eko Sugiarto selaku Anggota Babinsa Koramil 421-10/Katibung ikut melaksanakan pengamanan dan monitoring objek vital Nasional di Desa Rangai Tri Tunggal, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), untuk membantu petugas security di areal tersebut, Minggu, (29/11/2020).

Keikut sertaannya dalam menjaga dan mengamankan obyek vital nasional dijalan tol, dengan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang keluar masuk di area objek vital Nasional, dari kemungkinan tindakan – tindakan yang dapat menggangu sistem keamanan wilayah.

Jalan tol yang menghubungkan dari bakauheni Lamsel hingga ke Sumatera Selatan, masih sangat perlu mendapatkan pengawalan serta pengamanan, dari beberapa terjadinya permasalahan yang dialami oleh warga saat melintas dijalur tersebut.

“Jalan tol yang terletak didesa rangai tritunggal kecamatan Katibung ini, memang sangat perlu mendapatkan pengamanan dari aparat, pasalnya bila terjadi sesuatu bisa segera untuk ikut mengatasinya sehingga permasalahan tersebut bisa selesai” ujarnya.

“Pihak keamanan yang dipersiapkan oleh pengelola jalan tol ini juga masih perlu kita berikan bimbingan tentang teknis pengamanan di lapangan, agar mereka dapat bekerja secara baik” pungkasnya. (*)

 702 total views,  127 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Rasa Prihatin Kepada Warga Tertanam Dalam Jiwa TNI-POLRI

Published

on

By

Hanuang.com – Serka Deki Sartana anggota Babinsa Koramil 421-10/Katibung, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) bersama Bhabinkamtibmas melakukan silaturahmi dan membesuk seorang warga Dusun Tamiang, Desa Pardasuka Kecamatan setempa, Sabtu (28/11/20).

Rasa keprihatinan seorang aparat babinsa dan babinkamtibmas sangat merasakan penderitaan yang dialami oleh saudara Safi’i (35), yang tengah terbaring terkulai lemas karena mengalami sakit akibat terjatuh dari pohon durian beberapa musim yang lalu, sehingga tulang bagian tubuh belakang mengalami patah.

Akibat musibah yang dialami, sampai ini ia hanya bisa berbaring ditempat tidur dan tak bisa berbuat apa – apa, hanya pihak keluarga yang masih memperhatinkan dalam mengurus.

“Secara pribadi dan rasa kemanusiaan saya sangat turut perihatin dengan musibah yang dialamai oleh saudara Safi’i, tentunya hal ini membuat dirinya sangat menderita, dan kedatangan kami berdua adalah untuk menjenguk dan bersilaturahmi dengan saudara safi’i dan keluarga, mudah – mudahan dengan kehadiran kami berdua ini akan memberikan semangat bagi saudara safi’i dan keluarga” ungkapnya.

“Kami juga turut prihatin atas kejadian ini, semoga saudara safi’i dan keluarga diberikan ketabahan atas musibah ini, dan kami mengucapkan terimakasih atas penerimaan kami ini dalam menjenguk” pungkasnya. (*)

 1,331 total views,  127 views today

Continue Reading

Trending Topic