Hanuang.com

Home

Kesenian Pencak Silat dan Tarian Sambut Kedatangan Bupati Lamsel Pada Musrenbang Kecamatan Sragi 2022

Hanuang.com – Kesenian pencak silat dan tarian menyambut kedatangan Bupati Lampung Selatan beserta rombongan dalam gelaran acara Musyawarah Rencana Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) Kecamatan Sragi, Kamis, (17/2/2022).

Turut hadir mendampingi Bupati Lampung Selatan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj.Winarni Nanang Ermanto yang tak lain adalah istri dari Bupati Nanang Ermanto. Penyambutan dilakukan di lapangan kantor desa Bandar Agung Kecamatan Sragi.

Pada acara penyambutan, sanggar seni kecamatan Sragi menampilkan tarian sigekh pengunten, tarian kreasi dan pencak silat. Para penari dan pesilat beserta pemain musik merupakan para siswa dan siswi tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di kecamatan Sragi.

Isnani yang merupakan salah satu penari tari kreasi mengatakan, tampil dihadapan umum membuat mereka harus bisa menampilkan yang terbaik dan menampilkan maksimal dengan latihan.

“Tarian kreasi persembahan dari karang taruna Desa Bandar Agung Kecamatan Sragi untuk persiapannya dengan latihan, agar bisa tampil nari dengan percaya diri dan tidak ada kesalahan atau lupa,” ungkapnya.

Selain itu, gadis yang kerap disapa Isna itu mengatakan, dalam menyambut acara musrenbangcam kecamatan Sragi khususnya yang dilakukan para pengisi acara seperti penari diperlukan latihan sekitar satu hingga dua minggu.

“Kita latihan sekitar dua mingguan untuk mempersiapkan ini, memang ini salah satu program rutin dari karang taruna desa Bandar Agung,” jelas Isna.

Tari kreasi yang dibawakan adalah tarian kreasi modern yang bernuansa daerah sumatera dengan diiringi iringan lagu melayu dan dibawakan oleh empat penari putri siswi SMK Negeri 1 Sragi.

Tradisi, kesenian dan budaya khususnya di Lampung Selatan tak lepas dari peran Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) yang memiliki peran pembinaan didalamnya termasuk pembinaan dan pelatihan hingga tingkat kecamatan dan desa-desa.

Sehingga, dihimbau pada setiap acara musrenbangcam tahun 2022 untuk setiap kegiatan yang menampilkan tarian, wajib menggunakan alat musik, pemusik & penari atau penampilan seni lainnya yang terlibat harus dari masyarakat kecamatan tersebut.

Tak hanya itu, serba serbi kegiatan Musrenbangcam juga diwarnai dengan berbagai pelayanan bagi masyarakat, seperti pelayanan kesehatan, pelayanan dokumen kependudukan, pasar murah, pameran produk kewirausahaan dan UMKM, pelayanan kesehatan hewan dan masih banyak lainnya. Perlu diketahui, pelaksanaan musrenbangcam di kecamatan Sragi merupakan musrenbangcam keempat belas dan memasuki hari kedelapan.

Hasil dari musrenbangcam yang telah dilaksanakan ini diharapkan akan menjadi sebuah perencanaan pembangunan yang berkualitas di Tahun 2023 mendatang. (HY)

Share

BERITA TERBARU