Hanuang.com

Home

Jelang Pilkades Serentak, Forkopimcam Palas Gelar Rapat Kesepakatan & Sosialisasi

Hanuang.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di wilayah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) yang rencananya akan digelar di 131 Desa diantaranya di Desa Tanjungsari, Kecamatan Palas, Lamsel.

Menyikapi kemungkinan permasalahan maka  di balai Desa Tanjung Sari diadakan rapat kesepakatan dan sosialisasi bahwa masa kampanye Pilkades sudah berakhir.

Rapat tersebut bertujuan untuk menjaga stabilitas keamanan dan suksesnya pemilihan kepala serentak desa Tanjung Sari.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Palas, Rika Wati, Danramil Palas, Kapten INF. Imron Nata, Kapolsek Palas, IPTU  M. Sariakip, Pjs. Kades Tanjung Sari, Jumino, Kanit Intelkam Polsek Palas, Aiptu Ramdani, Babinsa, Serda Iwan Ridwan, Ketua BPD Desa Tanjung Sari, Alim Pidana dan para peserta Pilkades setempat.

Suradi, selaku Ketua Panitia Pilkades menyampaikan adanya pelaporan masyarakat tanggal 29 – 30 Mei 2019 bahwa Kampanye Pilkades oleh salah satu Calon Kades Tanjungsari diberhentikan pihak tertentu (29-30 Mei 2019).

“Akan tetapi permasalahan itu kami kurang mengetahui dikarenakan kami panitia tidak diundang dalam kampanye tersebut. Atas nama Panitia, kami mohon bantuan kepada masyarakat dan pihak Uspika untuk dapat  mencarikan solusinya dalam permasalahan tentang kampanye itu” ungakpnya.

Pjs. Kades Tanjung Sari dalam sambutannya kepada calon Kades serta tim Suksesnya agar menjaga stabilitas keamanan Desa Tanjung Sari tetap aman dan kondusif.

Ditempat yang sama, Camat Palas sangat mengapresiasi terhadap kinerja Panitia pilkades Tanjung Sari yang mana telah dilaksanakannya masa kampanye Pilkades dan saat ini untuk masa kampanye sudah berakhir dan selaku uspika diundang untuk memantau tahapan pelaksanaan Pilkades dan berharap apapun permasalahan didesa tersebut dalam tahapan kampanye dapat dibicarakan/diselesaikan oleh Panitia Pilkades.

Dirinya juga berharap kepada calon kades  untuk menyampaikan visi & misi masing-masing jangan mengacak-acak ataupun menyinggung calon kades lainnya agar kedepannya Pilkades serentak tahun 2019 dalam keadaan aman dan kondusif.

“Calon kades seharusnya menyampaikan kepada Timsesnya masing-masing supaya tahu apa permasalahan yang disampaikan didalam visi – misi dan jangan saling pemecah belah dalam pilkades serentak tahun 2019 siapapun itu yang terpilih adalah kades Tanjung Sari” jelasnya.

Kapolsek Palas, selaku pemangku hukum di wilayah tersebut juga berharap bagi calon kades siap menerima kalah dan menang dengan adanya pilihan masyarakat.

Selanjutnya Danramil Palas berharap  permasalahan kampanye didesa Tanjung Sari tidak perlu dibesar-besarkan, tetapi semua ini merupakan sebuah pelajaran bagi semuanya dan menghimbau dan mengajak semua bisa  menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif selama  pelaksanaan pilkades serentak dan seterusnya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, berikut hasil rapat yang dituangkan dalam Berita Acara Kesepakatan Calon Kades Tanjung Sari Tahun 2019 yang berisi :

  • Para Calon Kepala Desa bersedia utk mendiskusi tahapan Pilkades yang sudah dibuat oleh Pemerintah Kabupaten sesuai Dengan Peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Para calon bersedia untuk menjaga situasi aman dan kondusif dalam pelaksanaan Pilkades sampai dengan terpilihnya Kades definitif.
  • Menjaga kerukunan dan tidak memprovokasi para pendukung massa dari calon masing yang membuat polemik dimasyarakat.

Penulis : Muhammad Arya Malikul Mulki

Share

BERITA TERBARU