Connect with us

Nasional

Jelang Lebaran, KPK Gelar OTT Di Kemendikbud

Published

on

Hanuang.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) bersama Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di lingkungan Kemendikbud.

Dwi Achmad Noor, selaku Kepala Bagian (Kabag) Kepegawaian UNJ Kementerian Pendidikan & Kebudayaan (Kemendikbud) diamankan.

“Benar, pada hari Rabu tanggal 20 Mei 2020 sekitar jam 11.00 WIB, KPK bekerjasama dengan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud telah melakukan kegiatan tangkap tangan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Deputi Penindakan KPK Karyoto kepada wartawan, Kamis (21/5/2020) dikutip dari detik.com.

Diketahui bahwa tertangkap tangan Dwi Achmad Nur setelah mendapatkan informasi dari Itjen Kemendikbud, dimana ada penyerahan sejumlah uang yang diduga dilakukan oleh pihak Rektor UJN kepada salah satu pejabat di Kementerian Pendidikan.

“Selanjutnya tim KPK bersama dengan tim Itjen Kemendikbud menindaklanjuti informasi tersebut dan kemudian diamankan Dwi Achmad Noor (Kabag Kepegawaian UNJ)” bebernya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, saat ini kasus tersebut dilimpahkan ke Polri melalui Unit Koordinasi dan Supervisi, karena belum ditemukan terkait unsur pelaku penyelenggara negara karena kewenangan dan tupoksi KPK. (Arya)

 2,296 total views,  31 views today

Nasional

Kasdam I/BB Hadiri Rapat Koordinasi Gugas Percepatan Penanganan COVID-19

Published

on

By

Hanuang.com – Kasdam I/BB Brigjen TNI Didied Pramudito menghadiri rapat koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid – 19, yang di gelar di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Jalan Jenderal Sudirman No. 41 Medan, Jumat, (29/5/2020)

Pada kesempatan tersebut Gubsu Edy Rahmayadi menyampaikan Pemerintah Prov. Sumut menyiapkan kemungkinan penerapan New Normal di daerah ini. Hal tersebut dilakukan terkait skenario normal baru atau new normal untuk kembali menggerakkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang bakal diterapkan pemerintah pusat.

Pola hidup baru atau new normal harus disiapkan di setiap aspek, mulai dari dunia usaha hingga tempat ibadah. “Covid-19 ini akan menjadi pandemi yang terus melekat di dunia ini. Maka kita harus membuat pola kehidupan baru, seperti apa kita berinteraksi serta semua pola kegiatan kita berubah sebelum ditemukannya vaksin ini,” kata Gubsu.

Selain itu, sosialisasi pelaksanaan protokol kesehatan kepada masyarakat masih perlu digalakkan, sehingga jika saatnya nanti new normal harus dijalankan, Sumut sudah siap. Untuk itu, Wagub mengajak pemegang kebijakan agar dapat bersama-sama mengawal dan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai hal itu.

“Pastinya kita mohon bersama-sama ikut mengawal memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa virus ini belum selesai. Bagaimana pelaksanaannya nanti disosialisasikan, penerapan ini harus ada ketegasan dari kita,” Tegas Gubsu

Di kesempatan yang sama Kasdam I/BB juga menyampaikan, seperti di daerah lain, TNI-POLRI akan berada di depan jika hal tersebut dijalankan. Pemerintah daerah menurutnya membantu bertugas menghimbau masyarakat tentang pendisiplinan protokol ksehatan.

“Protokol seperti jaga jarak, pakai masker, mengecek suhu tubuh, cuci tangan, membatasi jumlah kapasitas di sarana umum dan lain sebagainya yang harus menjadi perhatian,” kata Didied.

Turut Hadir pada acara tersebut Gubernur Sumut, Kapolda Sumut, Wakil Gubernur Sumut, Kasdam I/BB dan beberapa pejabat Forkopimda Sumut lainnya. (*)

 165 total views,  36 views today

Continue Reading

Nasional

Jelang Lebaran 1441 H, Kepolisian RI Berhasil Ringkus Sindikat Peredaran Narkoba

Published

on

By

Hanuang.com – Sindikat peredaran Narkoba berhasil diungkap tim gabungan dalam Operasi Ketupat tahun 2020, Bareskrim Polri bersama jajaran Polda Lampung.

Peredaran dan penyelundupan Narkoba dilakukan dengan menggunakan kendaraan angkutan barang, jaringan sindikasi itu memanfaatkan situasi pandemi Covid-19.

Diketahui, sebelumnya KSKP Bakauheni, Polres Lampung Selatan (Lamsel), pada Jum’at (8/5/2020) lalu, berhasil menggagalkan penyelundupan 66 kilogram narkoba jenis shabu yang akan menyebrang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Penyebrangan ASDP Bakauheni.

Puluhan kilo shabu tersebut, disembunyikan didalam safe deposit box yang diangkut oleh kendaraan truk milik PT. AMP. Namun, saat dilakukan pemeriksaan di cek point pintu masuk Pelabuhan Bakauheni, petugas berhasil mendapati barang haram tersebut.

Berdasarkan hasil pengembangan, polisi berhasil meringkus Direktur Utama (Dirut) PT. Alidon Expres Makmur Jakarta, RR (25) yang merupakan penerima puluhan kilo shabu itu.
Polisi meringkus RR dikantornya, yang berada di sekitar Cengkareng, Jakarta Barat.

Selain itu, dihari yang sama polisi kembali mendapat laporan bahwa perusahaan tersebut telah menerima 10 kilogram shabu melalui tangan Komisaris PT. Alidon, BP yang tengah dalam DPO Polres Lamsel. BP menerima kiriman 10 kg sabu tersebut dari PT. Alidon Cabang Pekanbaru melalui ekspedisi PT. AMP kepada ekspedisi PT. Alidon Cabang Lampung.

Bukan itu saja, berdasarkan informasi yang dihimpun, dalam pengiriman paket milik PT. Langkah Hijau (Food Herbal) juga telah disisipi sekitar 5 kilogram sabu-sabu oleh RY (DPO) dan EA (Staf Packing) yang juga akan dikirimkan ke PT. Alidon Jakarta melalui ekspedisi PT. Dakota.

Hal tersebut dibuktikan, setelah kendaraan truk ekspedisi PT. Dakota dihadang oleh aparat kepolisian di SPBU Muaro Jambi, untuk dilakukan penggeledahan, Minggu (10/5/2020). Ternyata, dalam paket food herbal tersebut ditemukan 5 bungkus shabu yang dikemas dalam kardus berisi tepung. Tim gabungan, kemudian mengamankan HT dan RU sebagai saksi yang merupaka sopir truk tersebut.

Kemudian, tim gabungan kembali melakukan pengembangan ke PT. Alidon Cabang Pekanbaru pada Rabu (13/5/2020). Dari pengembangan ini, tim berhasil mengamankan saksi SP.

Dalam press release, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pranomo menungkapkan, sebanyak 71 kilogram sabu telah berhasil diamankan Polda Lampung dari hasil penangkapan di KSKP Bakauheni, Lamsel.

“Mereka mengubah modus. Seperti kita ketahui, bahwa operasi ketupat ini kita berupaya bagaimana memperlancar distribusi logistik dan bahan pangan. Mereka (pelaku, red) menggunakan ini. Mereka memasukkan barang sabu kedalam sefti box lalu dimasukan kedalam truk,” ungkap Komjen Gatot dalam press release yang dilakukan di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (20/5/2020).

Ia juga mengatakan, kepolisian tengah memburu para DPO yang terlibat dalam jaringan peredarab narkoba tersebut. Dikatakannya, dari kasus ini tentunya diperlukan koordinasi maksimal antara Direktorat Narkoba Mabes Polri dengan Polda Lampung dan Polda lainnya.

“Karena memang, dengan situasi seperti ini, mereka mencari modus-modus baru untuk mengelabui polisi. Tentunya, kita harus mengetahui modus-modus baru itu,” lanjutnya.

Berdasarkan pantauan, dalan press release itu dihadiri oleh Yg hadir Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pranomo, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, Kapolda Lampung, Irjen pol Purwadi Arianto, , Karopenmas, Kombes Argo, Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar, Dirnarkoba Mabes Polri, Dirnarkoba Polda Lampug dan Kapolres Lamsel AKBP Edy Purnomo. (Arya)

 1,237 total views,  19 views today

Continue Reading

Nasional

Kadiv Humas Polri Lantik Kombes Awi Setiyono sebagai Karo Penmas

Published

on

By

Hanuang.com – Kepala Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono menyerahkan jabatan sekaligus melantik Kombes Awi Setiyono sebagai Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) dalam upacara serah terima jabatan di ruang Kadiv Humas Polri, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (12/5).

Dalam arahanya, Argo mengucapkan selamat kepada Kombes Awi Setiyono yang akan menduduki jabatan baru sebagai Karo Penmas yang segera menyandang pangkat Brigjen. Tak lupa, Argo berpesan agar Awi segera menyesuaikan diri dengan pola kerja sebagai Karo Penmas Divisi Humas Polri.

“Jalin kemitraan dan kerjasama yang bagus dengan media, ajak mereka (media) untuk berdiskusi bagaimana pola pemberitaan di sini dan ditengah pandemi Covid-19. Saya yakin Pak Awi mampu mengemban amanah tersebut, karena orang lama di Humas yang tentunya tau seluk beluk kehumasan,” kata Argo dalam keterangannya.

Sebelum menjabat Karopenmas, karier Kombes Awi Setiyono tidak diragukan lagi di Humas, Awi sebelumnya bertugas sebagai Irwasda Polda Jatim, dimana Awi juga pernah menjabat sebagai Kabid Humas Polda Jatim, dan setelah menyelesaikan Sekolah Pimpinan Tinggi Polri Awi sebagai Analis Kebijakan Bidang Humas Polri.

Kemudian menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya lalu menjabat Kabag Mitra Divisi Humas Polri selanjutnya menjabat Kabag Dalmutu Irwasum Polri dan sebelum ke Karo Penmas Polri Awi menjabat Irwasda Polda Jatim. (*)

 1,477 total views,  10 views today

Continue Reading

Trending Topic