Connect with us

Lampung Selatan

Hari Anak Internasional, SMPN1 Kalianda Gelar Belajar Di Luar Kelas

Published

on

Hanuang.com – SMPN 1 Kalianda melaksanakan program Sehari Belajar Diluar Kelas. Kegiatan itu bertepatan dengan peringatan Hari Anak Internasional yang jatuh pada tanggal 7 November 2019.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan deklarasi Sekolah Ramah Anak yang ditandai pembacaan ikrar oleh Kepala Sekolah SMPN 1 Kalianda Sakwan, M.Pd diikuti seluruh elemen sekolah meliputi pengurus komite, dewan guru, serta seribuan siswa setempat.

Hadir juga dalam kegiatan itu, Staf Ahli Bupati Lampung Selatan Bidang Ekobang Burhanuddin, Kepala Bappeda Wahidin Amin, Kepala Dinas Pendidikan Burhanudin, Kepala BPBD M. Darmawan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Qorinilwan, Kepala Dinas PPPA Anasrullah beserta sejumlah pejabat dari Dinas PPPA setempat.

Mewakili Plt Bupati Lampung Selatan, Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang, Burhanuddin menyambut baik pelaksanaan kegiatan Sehari Belajar Diluar Kelas yang merupakan suatu hal yang sangat mengasikan, baik bagi siswa bahkan bagi dewan guru.

“Saya berharap, selain dapat memberikan pembelajaran yang lebih bermakna, lebih dari itu pembelajaran di luar kelas ini juga akan membuat pikiran dan semangat belajar para siswa menjadi meningkat,” ujar Burhanuddin saat memberikan sambutan pada kegiatan yang dipusatkan di Lapangan SMPN 1 Kalianda, Kamis (7/11/2019).

Menurutnya, jika dalam setiap harinya para siswa dan guru melaksanakan pembelajaran yang monoton tentu akan mudah membuat jenuh, sehingga dapat menurunkan minat dan semangat siswa dalam belajar.

“Oleh karena itu, saya menilai pembelajaran diluar kelas merupakan sarana terapi efektif untuk memacu semangat dan rajinnya siswa dalam belajar,” pungkasnya.

Sementara itu, pantauan tim ini, kegiatan Sehari Belajar Diluar Kelas itu diawali dengan gerakan mencuci tangan sebelum makan, doa bersama sebelum makan, dilanjutkan sarapan sehat dengan bekal yang disiapkan orang tua dari rumah, ditutup berdoa bersama setelah makan dan kembali mencuci tangan setelah makan.

Kemudian kegiatan dilanjutkan memeriksa lingkungan, menyingkirkan tanaman rumput yang tumbuh di halaman kelas serta menyingkirkan barang atau sesuatu yang dapat membahayakan siswa di sekolah.

Lalu para siswa juga diimbau untuk mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak diperlukan serta mematikan keran air yang terbuka. Serta ada juga kegiatan membaca buku diluar kelas, simulasi bencana dalam lagu dan gerak serta senam Germas bersama.

Kemudian yang tak kalah menarik dan yang paling dinanti siswa adalah kegiatan permainan tradisional. Dimana para siswa melakukan permainan seperti lompat karet, taplak, kelereng, gasing, bola bekel, monopoli, congklak, enggrang, dan lain-lain. (Arya)

 1,855 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Serka Basuni Ajak Para Calon Kades Ciptakan Suasana Damai

Published

on

By

Hanuang.com – Babinsa Palas, Serka Basuni Aka, mendampingi Proses penelitian berkas bacalon Kades Mandalasari, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Senin, (21/06/21).

“Pada hari ini kita berkumpul disini adalah untuk meneliti berkas bakal calon yang akan menjadi calon Kepala Desa. Sebelum sampai hari ini sudah kita ketahui semua bahwa kami sudah memulai tahap-tahapan mulai dari pengumuman, pendaftaran, sampai pada hari ini memverifikasi atau meneliti berkas bakal calon Kades dengan membawa persyaratan yang sudah ditentukan” ujar Eva selaku Ketua Panitia.

Hal senada diungkapkan Serka Basuni yang berharap para peserta dapat menciptakan suasana aman dan kondusif.

pesta demokrasi ini harus berjalan dengan aman dan kondusif, jangan sampai ada gesekan-gesekan yang bisa menjadi tidak kondusif untuk daerahnya masing-masing. Perlu kita ingat bahwa takdir seseorang sudah menjadi ketentuan dari Tuhan dan siapapun yang terpilih nanti kita harus mendukungnya” bebernya. (*)

 633 total views,  633 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Di Lamsel, Peradi, HMI, dan PT. Pertamina Gelar Silaturahmi Bersama Bupati

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menerima kunjungan silaturahmi dengan DPC PERADI Kalianda dan Pengurus Cabang HMI Bandar Lampung serta melakukan audiensi bersama PT. Pertamia (Persero) terkait pelaksanaan program langit biru di wilayah kabupaten lampung selatan, Senin (21/6/2021).

Bertempat diruang kerjanya, Bupati Nanang Ermanto menyambut baik seluruh kunjungan kerja yang dilakukan masing-masing pihak terkait diatas.

Turut mendampingi Sekretaris Daerah Lamsel, Thamrin, S.Sos, MM, Asisten Bid. Pemerintahan, Supriyanto, Para Staf Ahli Bupati dan Para Kepala OPD terkait lainnya.

Pada Kesempatan itu, Nanang Ermanto menyampaikan kepada DPC PERADI Kalianda terkait kerja sama dengan pemerintah daerah agar dicarikan rumusannya dan berharap kepada PERADI agar dapat membantu masyarakat dalam menghadapi persoalan hukum.

“Saya berterima kasih dengan terbentuknya DPC PERADI kalianda, semoga dengan adanya PERADI ini merupakan jalan keluar dalam membantu masyarakat terkait upaya menghadapi persoalan-persoalan hukum,” Ucapnya.

Selanjutnya pada audiensi bersama PT. Pertamina (Persero) Bupati Lamsel, H. Nanang Ermanto mendukung program langit biru dan berharap program tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat dengan hilangnya polusi udara.

“Saya berterima kasih terkait program langit biru dari PT. Pertamina (persero), bahwa benar-benar situasi saat ini polusi udara harus menjadi perhatian kita bersama, Semoga dengan adanya program ini udara di lamsel lebih asri lagi, dan virus-virus corona bisa hilang,” ujarnya. (*)

 711 total views,  711 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dankodiklat TNI AD Sambangi Kabupaten Gerbang Sumatera

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, menyambut kedatangan Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto beserta rombongan di Bandara Internasional Raden Intan II Beranti Natar, Lamsel, Minggu, (20/06/21).

Kedatangan Dankodiklat TNI AD beserta rombongan ke wilayah Provinsi Lampung dalam rangka melakukan kunjungan kerja meninjau latihan YTP Batalyon Infanteri 203 di Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan.

Dankodiklatad beserta rombongan, selanjutnya meninggalkan VIP Room Bandara Internasional Raden Inten ll Lampung menuju Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan guna melaksanakan serangkaian kunjungan kerjanya. (*)

 2,082 total views,  1,361 views today

Continue Reading

Trending Topic