Hanuang.com

Home

GOPTKI Lamsel Gelar Seminar Parenting dengan Tema “Mendidik Anak Dengan Cinta”

Hanuang.com – DPC Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) Kabupaten Lampung Selatan menggelar seminar parenting di Aula Sebesi, Gedung PKK Lamsel, Selasa (27/11/18).

Acara yang mengusung tema “Mendidik Anak Dengan Cinta”, dibuka secara langsung oleh Penasehat DPC GOPTKI Lamsel, Winarni Nanang Ermanto didampingi Ketua DPC GOPTKI Lamsel Siti Fatimah Fredy.

Dalam penyampainnya, Siti Fatimah mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi tenaga pendidik, khususnya guru PAUD dan KOBER mengenai “Mind Full Parenting”.

“Melalui kegiatan ini, diharapakan dapat meningkatkan peran serta kita dalam dunia pendidikan, terutama tentang cara mengasuh dan mendidik anak pada proses pembelajaran,” ujar Siti Fatimah  saat menyampaikan laporannya.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Lamsel ini juga berharap, kegiatan itu dapat mempertemukan kepentingan dan keinginan antar pihak keluarga dan pihak lembaga PAUD guna mensinkronkan keduanya.

“Sehingga karakter yang dikembangkan di lembaga PAUD dapat ditindaklanjuti di lingkungan keluarga,” katanya.

Adapun peserta dalam kegiatan itu adalah tenaga pendidik dari PAUD, KOBER, Ormit Lampung Selatan. “Jumlah pesertanya 150 orang. Mudah-mudahan kegiatan ini membawa manfaat bagi kita semua,” tutupnya.

Sementara, Penasehat DPC GOPTKI Lamsel, Winarni berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan itu akan dapat menambah wawasan para peserta.

Mengingat materi yang disampaikan adalah terkait cara mendidik anak, peningkatan ilmu pengetahuan dan keterampilan.

“Hal ini penting dilakukan, bahwa mencerdasakan bangsa dapat dimulai dari pendidikan di rumah. Dan ibu adalah sosok penting dalam memberikan pendidikan kepada anak sejak usia dini,” kata Winarni.

Pesan yang tersirat dari tema kegiatan itu, menurut Winarni adalah untuk mengingatkan kepada orangtua dan pendidik, bahwa anak adalah amanah yang dititipkan Tuhan kepada orangtua yang harus dijaga dengan penuh cinta dan kasih sayang yang tulus.

“Menghadapi anak tidak dengan emosi tetapi dengan kasih sayang. Maka tujuan kegiatan ini adalah agar kita mengenal karakter, kecerdasan anak sejak dini. Orangtua juga harus selalu emmantau perkembangan anaknya,” imbuhnya.

Selain sosialisasi mengenai Mind Full Parentingatau Mendidik Anak Dengan Cinta, acara itu juga dirangkai dengan sosialisasi Kartu Identitas Anak (KIA) yang disampaikan langsung oleh Kepala Disdukcapil Lamsel, Edy Firnandi. (Arya/Kmf)

Share

BERITA TERBARU