Connect with us

Pemerintahan

Gelar Rakor, Kementerian PUPR RI Terkait Upaya Pembangunan Infrastruktur Diwilayah Terdampak Tsunami

Published

on

Hanuang.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan kementerian/lembaga terkait di Gedung G Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (25/1/2019) kemarin.

Rakor tersebut dilakukan, agar sinergitas aksi ditingkat pemerintah pusat semakin kuat dalam upaya pembangunan infrastruktur di wilayah terdampak tsunami Selat Sunda di Provinsi Banten dan Lampung.

Rakor yang dipimpin Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR DR. Ir. H. Khalawi Abdul Hamid, M.Sc, MM, juga untuk percepatan dalam mewujudkan hunian tetap (huntap) relokasi pasca bencana tsunami.

Rapat koordinasi kali ini dihadiri unsur pemerintah daerah seperti Bupati Pandegelang, Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Bupati Tanggamus, Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Banten dan Lampung, serta Kabupaten Pandegelang dan Kabupaten Lamsel.

Sementara untuk kementerian/lembaga diantaranya Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Ditjen Cipta Karya, Ditjen Penyediaan Perumahan, serta instansi terkait di Kementerian PUPR lainnya.

Dalam kesempatan itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lamsel Nanang Ermanto memaparkan situasi dan kondisi terkini pasca bencana tsunami yang melanda wilayah Pesisir Pantai Lamsel pada 22 Desember akhir tahun lalu.

Nanang mengatakan, saat ini Kabupaten Lamsel telah masuk ke tahap rekonstruksi dan rehabilitasi pasca berakhirnya status tanggap darurat.

IMG-20190126-WA0154-768x1024 Gelar Rakor, Kementerian PUPR RI Terkait Upaya Pembangunan Infrastruktur Diwilayah Terdampak Tsunami

“Sebagian masyarakat yang terdampak tsunami telah memasuki hunian sementara di Wisma Atlet Kalianda. Yakni 40 KK atau sebanyak 162 jiwa,” ungkap Nanang dihadapan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR.

Nanang menambahkan, selain Wisma Atlet pihaknya juga menyiapkan hunian sementara di eks Hotel 56 Kalianda yang dapat menampung sebanyak 120 KK.

Selain itu, Nanang menyebut, saat ini juga tengah dibangun hunian sementara untuk korban tsunami yang pembangunannya dilaksanakan oleh jajaran Kodim 0421 Lamsel, PCNU Lamsel, dan PD Muhammdiyah Lamsel dibantu warga setempat.

Rinciannya, Desa Banding jumlah 40 unit, alokasi anggaran Muhammadiyah 20 unit dan NU 20 unit.

Desa Rajabasa jumlah 40 unit, alokasi anggaran Kodim 20 unit dan Muhammadiyah 20 unit. Serta Desa Sukaraja alokasi anggaran NU sebanyak 27 unit.

“Mereka (pengungsi) sebagian masih ada di tenda-tenda pengungsian, sambil menunggu selesainya hunian sementara,” kata Nanang.

Adapun, dari informasi yang dihimpun, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, Ditjen Sumber Daya Air, sebagai satgas pembangunan infrastruktur dan hunian bagi pengungsi, untuk selanjutnya akan melaksanakan rapat teknis lanjutan yang dipusatkan di Kalianda, Lamsel. (Arya/Kmf)

 6,751 total views,  5 views today

Lampung Selatan

Nunik & Jihan Hadiri Musrenbang RKPD Lamsel Tahun 2021

Published

on

By

Hanuang.com – Wakil Gubernur (Wagub) Lampung, Chusnunia Chalim menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021.

Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Rimau Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung, Kamis (12/3/2020).

Hadir di Kalianda, Chusnunia Chalim, atau akrab disapa Nunik, turut didampingi anggota DPD RI asal Provinsi Lampung, Jihan Chalim yang tak lain adik kandungnya. Selain itu hadir juga Kepala Bapeda Provinsi Lampung, Fredy Sukirman.

Sementara, dipihak Pemkab Lampung Selatan, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto didampingi Penjabat Sekretaris Daerah, Thamrin beserta seluruh pejabat struktural dilingkungan Pemkab setempat.

Dalam kata sambutannya, Nanang menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kehadiran Wagub Nunik.

“Ini luar biasa, pagi di Lampung Utara, siang di Kalianda. Dari empat tahun terakhir, baru kali ini dihadiri Wakil Gubernur. Dan yang luar biasa juga dihadiri anggota DPD RI,” ujar Nanang dalam sambutannya.

Nanang juga berharap kehadiran wakil gubernur kelahiran Desa Karang Anom, Kabupaten Lampung Timur, 37 tahun silam itu, dapat membawa keberkahan bagi kabupaten bumi Khagom Mufakat. (Arya)

 3,769 total views,  81 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Awal Tahun 2020, Nanang Gelar Peletakan Batu Pertama Untuk TPA Al-Hidayah Jati Agung

Published

on

By

Hanuang.com, Lampung Selatan – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengawali hari pertama kerja di tahun 2020 dengan mengunjungi Taman Pendidikan Alquran (TPA) Al Hidayah di Desa Banjar Agung, Kecamatan Jati Agung, Kamis (02/01/20).

Kunjungan orang nomor satu di kabupaten Khagom Mufakat ini dalam rangka meresmikan pembangunan TPA yang tepatnya berada di Dusun IV Desa Banjar Agung, Kecamatan Jati Agung.

Peresmian dimulainya pembangunan TPA tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama sekaligus penandatanganan prasasti oleh Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto didampingi istrinya yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Winarni.

Hadir juga dalam kegiatan itu, anggota DPRD Lampung Selatan dari Fraksi PDI Perjuangan yakni Rosdiana dan Asmara, sejumlah pejabat utama Pemkab Lampung Selatan, camat beserta Uspika Kecamatan Jati Agung, para Kepala Desa, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Nanang Ermanto menyambut baik pembangunan TPA Al Hidayah tersebut. Dia berharap TPA itu dapat menjadi sarana untuk mencetak generasi penerus bangsa yang mempunyai karakter dan berakhlak mulia.

“Saya sampaikan terima kasih atas partisipasi seluruh masyarakat yang telah turut serta dalam pembangunan TPA ini. Karena dengan kebersamaan apa yang kita inginkan pasti bisa terwujud. Mudah-mudahan TPA ini dapat melahirkan pemimpin-pemimpin yang berakhlak mulia,” ujar Nanang.

Sementara, Ketua Pembangunan TPA Al Hidayah, Muhammad Nasrudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Plt Bupati Lampung Selatan beserta jajarannya yang telah menyempatkan hadir untuk meresmikan pembangunan TPA tersebut.

Dia menjelaskan, TPA Al Hidayah tersebut dibangun di atas tanah wakaf milik almarhum Sifon dengan luasan tanah 800 meter persegi. Nantinya TPA tersebut akan dibangun 8 lokal atau ruangan dua tingkat, dengan 4 lokal di bawah dan 4 lokal di atas ditambah ruang guru.

“Sebetulnya TPA ini sudah ada setahun yang lalu, namun masih berdiri ditempat yang darurat. Kami mempunyai 84 santri dengan 34 santri putri dan 50 santri putra. Dengan semangat seluruh elemen masyarakat, maka kami niatkan untuk membangun TPA ini supaya lebih baik lagi,” kata dia.

Sementara itu, Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto juga turut berkontribusi dalam pembangunan TPA Al Hidayah dengan memberikan infak berupa 200 sak semen. (Arya)

 8,171 total views,  2 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Pemkab Lamsel Serahkan Sertifikat Hibah Untuk Mapolres

Published

on

By

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menghibahkan sebidang tanah dan bangunan yang berada di Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, kepada Kepolisian Resort (Polres) setempat, Rabu (3/7/2019).

Hibah tersebut ditandai dengan penyerahan sertifikat dari Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto kepada Kapolres Lampung Selatan AKBP. M. Syarhan, S.IK, MH disaksikan Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si.

Dengan dilakukannya serah terima tersebut, pembangunan gedung baru Mapolres Lampung Selatan yang berada di Jalan Trans Sumatera atau tepatnya di depan SPBU Jati Indah,Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, resmi dimulai.

Pembangunan itu diawali dengan peletakan batu pertama oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto M.Si, bersama Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Kapolres Lampung Selatan AKBP. M. Syarhan, S.IK, MH serta anggota Forkopimda setempat.

Turut hadir dalam acara itu, Inspektur Wilayah II Irwasum Mabes Polri Brigjen Pol Drs. Bejo Sulaksono, pejabat utama Polda Lampung, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta organisasi masyarakat dan kepemudaan d wilayah Lampung Selatan.

Nanang berharap, hibah tersebut dapat mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Polres Lampung Selatan, serta lebih memantapkan semangat baru untuk senantiasa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, sekaligus melakukan sinergi dengan Forkopimda setempat.

“Kami menegaskan bahwa penyerahan hibah ini tidak ada niatan barter atau intervensi dibidang penegakan hukum. Artinya meskipun ada kerjasama dan pemberian hibah, jika dikemudian hari ada persoalan hukum, maka penegakan hukum tetap akan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegas Nanang saat memberikan kata sambutannya.

Adapun lanjut Nanang, dokumen tanah Sertifikat yang diserahkan tersebut berdasarkan Naskah Hibah Daerah Nomor 020/1400/V.03/2019 dan Nomor B/315/VI/2019 Tanggal 24 Juni 2019, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan.

Lebih lanjut Nanang menjelaskan, bangunan dengan luasan tanah 24.177 meter persegi yang dihibahkan tersebut, sebelumnya merupakan tempat pengujian kendaraan bermotor (uji KIR) milik Dinas Perhubungan Lampung Selatan.

“Untuk itu, kami juga berharap Pak Kapolda nanti bisa menyampaikan kepada pihak Mayapada Gruop, supaya bangunan uji KIR yang ada dibelakang ini bisa dipindahkan. Mudah-mudahan dengan hadirnya Kapolda hari ini, harapan kami bisa terealisasi,” cetusnya.

Selanjutnya, melalui pelaksanaan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan gedung baru Mapolres Lampung Selatan tersebut, ke depan Nanang juga berharap keberadaan bangunan tersebut dapat bermanfaat dalam mendukung kinerja Polres setempat

“Mudah-mudahan dengan adanya gedung yang baru nanti, dapat bermanfaat dalam menunjang berbagai pelaksanaan kegiatan Polres Lampung Selatan, utamanya yang berkaitan dengan pelayanan terhadap masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Lampung Selatan AKBP. M. Syarhan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab setempat. Dia berharap, dengan hibah tersebut, kinerja Polres Lampung Selatan dapat lebih optimal dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Serta dapat lebih maksimal dalam menjalankan tugas pokok sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang sangat merespon cepat hibah tanah ini, sehingga pembangunan Mapolres yang baru bisa terlaksana. Dan ini statusnya sudah ada setifikat, artinya sudah benar-benar legal,” kata Syarhan.

Hal senada disampaikan Kapolda Lampung Irjen. Pol. Purwadi Arianto. Menurutnya, hibah tersebut menunjukkan bahwa ada kemiteraan dan kerja sama yang baik antara instansi pemerintah dalam rangka mendukung kelancaran pembangunan hukum.

“Atas nama Kepolisian, kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Ini membuktikan bahwa kemiteraan di Lampung Selatan ini berjalan dengan baik,” ujar jenderal bintang dua ini.

Adapun, dari informasi yang dihimpun, anggaran pembangunan gedung baru Mapolres Lampung Selatan tersebut, berasal dari dana hibah Tahir Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir yang juga merupakan pemilik Mayapada Group.

Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir memberikan dana hibah sebesar Rp20 miliar untuk membangun Mapolres Lampung Selatan di lahan yang telah dihibahkan Pemkab Lampung Selatan. (Arya/Aziz)

 21,902 total views,  7 views today

Continue Reading

Trending Topic