Connect with us

Lampung Selatan

Gelar Briefing Hadapi Banjir, Inilah Daftar Tim Yang Dibentuk Nanang

Published

on

Hanuang.com – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto,  didampingi Sekdakab, Fredy,  memberikan arahan kepada para Kepala OPD terkait penanganan pasca banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Lamsel, Sabtu, (01/12/18).

Briefing yang dilaksanakan di Balai Desa Rangai Tri Tunggal tersebut, membentuk 4 (empat) kelompok, yang masing-masing kelompok diberikan tugas untuk meninjau, mendata serta memberikan solusi bagaimana penanganan serta pencegahan banjir agar tidak terjadi lagi dimasa-masa yang akan datang.

Pada kesempatan itu, Nanang mengucapkan rasa terimakasihnya kepada para kepala OPD, yang tetap kompak, semangat dan tak kenal lelah, meskipun dihari libur, dapat meluangkan waktunya untuk terus berkoordinasi membagi tugas bagaimana mengatasi banjir dengan segera.

Brifing dilakukan setelah melakukan peninjauan. Merupakan suatu kekompakan dihari libur karena tetap bisa hadir untuk berkoordinasi membagi tugas bagaimana mengatasi banjir dengan segera.

“Itulah gunanya pemimpin, ketika rakyatnya mendapat musibah, kita harus berada di tengah-tengah mereka untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena musibah banjir,” kata Nanang.

“Saya ucapkan terima kasih, saudara tetap kompak, dapat meluangkan waktunya hadir disini untuk berkoordinasi, meskipun ini hari libur” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Nanang meminta agar tim yang dibentuk ini dapat bekerja secara maksimal untuk mengatasi banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Lamsel akibat dari hujan deras yang mengguyur sejak jum’at dini hari. Bahkan untuk wilayah Rangai Tri Tunggal Kecamatan Katibung, sempat membuat arus lalu lintas dari Bandar Lampung menuju Bakauheni atau sebaliknya macet.

“Saya meminta agar tim ini dapat mengidentifikasi terhadap warga yang terdampak banjir. Data kerusakan yang ada. Cari penyebabnya apa. Jika penyebab banjir di Rangai ini adalah sampah serta penyempitan gorong-gorong saluran air, daerah lain apa penyebabnya” tegasnya.

“Dapur umum pun perlu diperhatikan, termasuk stok beras, jangan sampai masyarakat kelaparan, juga tim kesehatan” bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, Fredy, mengatakan, pembentukan tim ini untuk menangani musibah secara cepat.

“Tim ini bersifat permanen, dan akan kita tambah dengan beberapa Kepala OPD yang belum masuk” ujarnya.

Adapun Tim yang dibentuk dalam arahan Bupati adalah :

Tim 1. Untuk wilayah Rangai Tri Tunggal Kecamatan Katibung.

  • Supriyadi (Asisten Pemerintahan/koordinator)
  • Arsyad (Ka. Peternakan dan keswan)
  • Intji (Kepala BPKAD)
  • Martoni Sani (Kadis BPMPPT)
  • Thamrin (Kadis Lingkungan Hidup)
  • Hermansyah Hamidi (Ka. PUPR)

Tim 2. Wilayah Tarahan

  • Priyanto Putro (Staf Ahli)
  • Mulyadi Saleh (Asisten Ekobang)
  • Thomas Americo (Ka. Pendidikan)
  • Joko Sapta (Inspektur)
  • Badrus (BPPRD)
  • Jimmy Banggas Hutapea (Kadis Kesehatan)
  • Edy Firnandi (Kadisduk Capil)

Tim 3. Wilayah Kalianda dan Sidomulyo

  • Yansen Mulya (Kepala BKP)
  • Rini Ariasih (PP&PA)
  • Wahidin Amin (Kepala Bappeda)
  • Meizar (Kadis Kelautan dan Perikanan)
  • Yusri (Staf Ahli)
  • Heri Bastian (KasatPol PP)
  • Diah Anjarini (Direktur RSUD)
  • Setiawansyah (Kabag Protokol)

Tim 4. Wilayah Palas dan Penengahan

  • Ketut Sukerta (Kepala BPBD)
  • Akar Wibowo (Ka. BKD)
  • Sefri (Plt. Kadis Kominfo)
  • Sahidi (Kepala Litbang)
  • Qorinilwan (Kadis Perdagangan dan Perinduatrian)
  • Anasrullah (Kadis Perhubungan)
  • Zailani (Kadis Perkebunan). (Arya)

 1,753 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Pjs Bupati Lamsel Kunjungi Kediaman Korban Kecelakaan Tragis

Published

on

By

Hanuang.com – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Lampung Selatan sampaikan Belasungkawa korban kecelakaan di Sragi, Senin (23/11/2020).

Sopiyansah Bin Rusli warga Desa Negeri Pandan Kecamatan Kalianda yang mengalami kecelakaan di Desa Sukarandak Kecamatan Sragi bersama kendaraan dinas Satuan Pol PP Lampung Selatan, pada Selasa (20/10/2020) Sopiyansah meninggal dunia di RSUD Bob Bazar pukul 23:50 WIB (22/11/2020).

Saat kejadian kecelakaan Sopiyansah langsung dilarikan ke RSUD Bob Bazar oleh pihak Puskesmas setempat dan menjalani perawatan di RSUD tersebut dan seluruh biaya perawatan menjadi tanggung jawab pihak Sat Pol PP Kabupaten Lampung Selatan.

Saat mengunjungi rumah duka Drs H. Sulpakar, MM disambut keluarga besar Almarhum. Selaku Pjs. Bupati Lampung Selatan, Sulpakar menyampaikan rasa duka yang mendalam atas musibah tersebut.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Plt. Asisiten Administrasi Umum M. Darmawan, Kasat Pol PP Heri Bastian, Kabag Hukum Agus Hariyanto, Camat Kalianda Zaidan dan Kepala Desa Negeri Pandan Suplimansyah dan keluarga dekat Almarhum Sopiyansah.

“Atas nama Pemerintah dan Pribadi saya mengucapkan Belasungkawa atas musibah yang menimpa kita semua. Mudah-mudahan almarhum diterima disisi Allah SWT dan kita yang ditinggal diberikan kesabaran. Mudah-mudahan ini menjadikan pelajaran bagi kita semua, ini adalah suatu cobaan bagi kita”, kata Sulpakar.

Sulpakar juga memberikan semangat kepada istri dan anak-anaknya yang ditinggalkan, “apapun prosesnya, semua adalah jalan Allah. Jalan hidup kita sudah ditetapkan, keluarga yang ditinggal harus semangat. Terutama anak-anak, buat bangga orang tua, jangan putus asa”, ujar Sulpakar.

Ernawati istri almarhum Sopiyansah mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kehadiran Pjs. Bupati Lampung Selatan, “terima kasih Pak Pjs. Bupati telah mau datang ke rumah kami”, ucap Ermawati.

Pada kesempatan tersebut Sulpakar juga memberikan bantuan berupa uang tunai kepada keluarga almarhum Sopiyansah. (*)

 899 total views,  33 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Sulpakar Lantik Pj. Kades Karang Raja Kecamatan Merbau Mataram

Published

on

By

Hanuang.com – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Lampung Selatan melantik Penjabat (Pj) Kepala Desa Karang Raja Kecamatan Merbau Mataram, Rabu (25/11/2020).

Pelantikan Pj Kades Karang Raja yang dilaksanakan di Kantor Desa Merbau Mataram tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Keuangan Akar Wibowo, Asisten Bidang Pemerintahan Supriyanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rohadian, Kepala Badan Pengelola Pendapatan dan Retribusi Daerah (BPPRD), Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ketut Sukerta, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA) Anasrullah, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Qori Nilwan, Kepala Bagian Hukum Agus Hariyanto, Plt Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Awaludin, Forkopimcam Merbau Mataram dan para Kepala se-Kecamatan Merbau Mataram.

Seperti diketahui Rasmiyati yang terlibat masalah hukum berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Lampung Selatan, Nomor : B/504/IV. 13/HK/2020 digantikan oleh Suhadi, S.I.Kom sebagai Pj Kades Karang Raja Kecamatan Merbau Mataram.

Pjs Bupati Lampung Selatan Drs. H. Sulpakar, MM dalam arahannya mengatakan bahwa Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan bagi Penjabat Kepala Desa yang baru saja dilantik ini, adalah tindak lanjut dari dinonaktifkannya Saudari Rasmiyati Kepala Desa Karang Raja.

“Karena yang bersangkutan saat ini sedang berurusan dengan hukum. Mengingat pentingnya Pemerintahan di ditingkat Desa maka dipandang perlu untuk segera dilakukan pengisian kekosongan jabatan Kepala Desa tersebut” katanya.

Sulpakar juga mengingatkan kepada Pj Kades Karang Raja untuk segera menjalankan tugas-tugas Pemerintahan dan lainnya.

“Segera jalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan amanah. Layani masyarakat dengan baik tanpa tebang pilih. Selanjutnya, laksanakan musyawarah Desa untuk mengagendakan Pilkades yang akan datang”, ujarnya.

“Selain itu pada kesempatan ini, saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat Desa Karang Raja untuk dapat mendukung kinerja Penjabat Kepala Desa yang baru, agar Pemerintahan Desa dapat berjalan dengan baik. Sebab masyarakat memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung setiap program pembangunan yang ada di Desa Karang Raja”, lanjut Sulpakar.

Sulpakar juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari Penularan COVID 19.

“Saya juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menggunakan masker, hindari kerumunan dan gunakan sanitizer atau rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Agar kita dapat terhindar memutus dan terhindar dari penyebaran virus Corona”, ujarnya. (*)

 778 total views,  31 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Empat Kelompok Tsunami Lamsel Terima Bantuan Stimulan dari BNPB

Published

on

By

Hanuang.com – Sebagai upaya memulihkan ekonomi, Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan stimulan untuk empat kelompok masyarakat di Lampung Selatan yang terdampak tsunami akhir 2018 lalu.

Bantuan yang diberikan kepada empat kelompok tersebut yakni, alat produksi sale pisang berikut bahan baku untuk tiga bulan produksi kepada kelompok masyarakat Sebesi Mandiri Desa Tejang Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa senilai Rp.50 juta.

Lalu alat produksi rengginang berikut bahan baku untuk tiga bulan produksi kepada Kelompok Masyarakat Minan Kunjir Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa senilai Rp.50 juta.

Bantuan peralatan mesin dan kayu untuk tiga bulan produksi kategori pariwisata dan ekonomi kretatif diberikan kepada kelompok masyarakat Wat Wat Gawoh Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa senilai Rp.35 juta.

Serta bantuan alat produksi mie dan bakso ikan berikut bahan baku tepung terigu untuk tiga bulan produksi diberikan kepada kelompok masyarakat Mamak Kalianda, Kalianda Bawah, Kecamatan Kalianda senilai Rp.65 juta.

Adapun bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Ir. Rifai, MBA kepada masing-masing ketua kelompok masyarakat di Aula Krakatau kantor bupati Lampung Selatan, pada Rabu (25/11/2020).

Turut hadir dalam penyerahan itu, Direktur Pemulihan Peningkatan Sosial Ekonomi dan Sumber Daya Alam BNPB, DR. Yolak Dalimunthe, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung, DR. Ir. Lusmeilia Afriani, DEA.

Sedangkan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten, Thamrin, S.Sos, MM, Kepala BPBD sekaligus Pelaksana tugas Asisten Bidang Administrasi Umum, Drs. M. Darmawan, MM beserta sejumlah pejabat lainnya.

Hadir juga perwakilan BPBD Provinsi Lampung, Camat Rajabasa dan Kalianda beserta sejumlah kepala desa dari kedua kecamatan tersebut. (*)

 790 total views,  29 views today

Continue Reading

Trending Topic