Connect with us

Lampung Selatan

Gebyar Kreatifitas Paud Ibu & Anak, Winarni : “Jangan Paksakan Anak Usia Dini Calistung”

Published

on

Hanuang.com – Bunda PAUD Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto menegaskan bahwa pengenalan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) tidak diperkenankan untuk diajarkan langsung sebagai pembelajaran kepada anak di usia dini.

Hal itu ditegaskan Winarni saat menyampaikan sambutan dalam acara Gebyar Kreatifitas PAUD Ibu dan Anak (Parenting), di Gedung Olahraga Way Handak (GWH) Kalianda, Selasa (9/4/2019).

Menurut Winarni, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah merupakan kelompok bermain untuk melatih daya kreatif serta kemandirian anak-anak, sehingga tidak boleh memaksa anak-anak di jenjang usia dini untuk belajar calistung.

“Dulu saya juga berfikir harus menyekolahkan anak di Taman Kanak-kanak yang harus bisa berhitung, tau huruf, dan bisa membaca, ternyata ini salah. Ini jadi pembelajaran bagi saya kepada cucu saya dan juga untuk ibu-ibu wali murid kepada anak-anaknya,” ujar Winarni.

Winarni menambahkan, jika dipaksa harus bisa calistung pada usia dini, mungkin awalnya kelihatan baik, tetapi hal itu menurutnya akan berdampak terhadap semangat belajar anak-anak yang bisa menurun di jenjang pendidikan selanjutnya.

“Ibu-ibu sayang tidak dengan anak-anaknya ? Kakek dan nenek sayang tidak dengan cucunya ? Nah ini harus jadi perhatian kita semua. Jangan sampai kita paksakan ini (calistung) karena bisa berbahaya untuk keperibadian dan masa depan anak-anak kita,” imbuh Winarni.

Untuk itu, Winarni berharap para orang tua dan tenaga pendidik dapat mensosialisasikan hal tersebut ke masyarakat, bahwa anak usia dini terhitung sejak usia 0-6 tahun wajib mendapatkan pendidikan usia dini, untuk pengembangan perilaku dan mendidik karakter anak.

“Jadi lembaga pendidikan usia dini jangan cuma menerima anak didik sebanyak-banyaknya saja, tetapi juga harus bertanggungjawab dengan pendidikan muridnya. Ini program pemerintah pusat yang harus kita sosialisasikan, bagaimana pemerintah pusat begitu perhatiannya dengan generasi penerus bangsa Indonesia,” tandasnya.

Senada disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan, Thomas Amrico meminta para orang tua dan tenaga pendidik untuk lebih menanamkan karakter yang baik, kemandirian, kedisiplinan kepada anak-anak sebagai pondasi menuju jenjang yang lebih tinggi.

Karena katanya, PAUD atau TK seharusnya hanya menciptakan lingkungan yang kaya dengan beragam bentuk keaksaraan yang akan lebih memacu kesiapan anak didiknya untuk memulai kegiatan calistung ditingat lanjutan, yakni pada sekolah dasar.

“Jangan paksakan mereka untuk calistung, tapi ajarkan karakter-karakter yang baik. Didik mereka untuk kedisiplinan, didik mereka bagaimana mengenal tuhan lebih dekat, menanamkan akhlakul karimah dan bagaimana bersinergi dengan guru-gurunya,” pungkasnya. (Arya/Kmf)

 741 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Ramadhan Penuh Berkah, Lapas Kalianda Bagikan Sembako Kepada Warga Desa Negeri Pandan

Published

on

By

Hanuang.com – Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kalianda melakukan Bhakti Sosial membagi-bagikan Sembako di Desa Negeri Pandan, Kalianda, Jumat (16/4). Kegiatan Bhakti Sosial dilakukan dalam Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke – 57.

Dalam kegiatan, Kepala Lapas Kalianda, Dr. Tetra Destorie yang turut melaksanakan Bhakti Sosial mengatakan bahwa Sembako yang dibagikan merupakan Sumbangan yang dikumpulkan dari Petugas Lapas Kalianda.

“Dalam memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke 57, ini, sumbangan yang diberikan merupakan sumbangan dari Seluruh Petugas Lapas Kalianda. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang menerima,” ucap Kepala Lapas Kalianda.

Dengan melakukan Derma di Bulan Ramadhan, dirinya meyakini bahwa, Ia bersama rekan-rekan Petugas Lapas Kalianda yang beragama Islam akan mendapat pahala berlipat ganda.

“Saya percaya, apabila kita melakukan kebaikan dengan melakukan Derma di Bulan Ramadhan Niscaya pahala kita akan berlipat ganda,” tutup Dr. Tetra Destorie. (Humas)

 94 total views,  94 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dankodiklat TNI AD Sambangi Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai

Published

on

By

Hanuang.com – Dandim 0421/LS, Letkol Inf. Enrico SN, menyambut kedatangan Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto beserta rombongan di bandara Internasional Raden Intan II Branti Natar Lamsel, Sabtu, (17/04/21).

Kedatangan Dankodiklat TNI AD beserta rombongan ke wilayah Provinsi Lampung adalah dalam rangka melakukan kunjungan kerja peninjauan medan Latma Garuda Shield 15/2021, antara TNI AD dengan AD Amerika Serikat, yang akan dipusatkan di Pusat latihan tempur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan.

Tim peninjauan medan dari Kodiklat TNI AD langsung dipimpin oleh Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, serta didampingi oleh Dirlat Kodiklatad Brigjen TNl Haryanto, Pabanopslat Sdirlat Kodiklatad Kolonel Inf. Suparlan Purwo Utomo, Asrendam Jaya Kolonel Inf. Erwin, Danbrigif PR-17/K/1 Kostrad Kolonel Inf.Marwan Supriyanto, Kasmin Dankodiklatad Mayor Arh. Ahmad Yani serta Kasiops Brigif PR-17/K/1 Kostrad Kapten Inf. Maulana.

Beberapa orang pejabat yang ikut menyambut kedatangan rombongan Dankodiklat TNI AD di VIP Room Bandara raden intan II diantaranya Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf. Dwi Endrosasongko, Kasiops Rem 043/Gatam Kolonel Inf. Selamet Winarto, Dandim 0421/LS Letkol Inf. Enrico Setiyo Nugroho, serta Danramil 421-06/Natar Kapten Inf. Yudi Ardi.

Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putanto, beserta rombongan, selanjutnya meninggalkan VIP Room Bandara Internasional Raden Inten ll Lampung menuju Puslatpur Kodiklatad Baturaja Sumatera Selatan guna melaksanakan serangkaian kunjungan kerjanya. (*)

 234 total views,  234 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Indahnya Ramadhan, Koramil Sidomulyo Bagikan Takjil dan Masker Kepada Pengendara

Published

on

By

Hanuang.com – Koramil 421-07/Sidomulyo melakukan Bakti Sosial Ramadhan berbagi, dengan melakukan pemberian takjil dan pembagian masker kepada masyarakat yang melintas dijalan raya Sidomulyo – Candipuro, Jum’at (16/04/21).

Tak ketinggalan ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana Ranting 6 Ramil 421-07/SDM, juga ikut turun kejalan dan terlibat dengan ramahnya mereka berbagi kepada masyarakat.

Terkesan sangat humanis saat Personel beserta persit KCK Ranting 6 melakukan kegiatannya, masyarakat yang melintas di jalan raya Sidomulyo – Candipuro sangat menikmati atas Bakti Sosial yang dilakukan saat ini dalam rangka ramadhan berbagi.

“Kegiatan ini yang pertama adalah untuk memberikan rasa kesadaran bagi masyarakat, dalam mematuhi protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19, sehingga kita bersama membagikan masker kepada masyarakat yang melintas dijalur jalan ini, dengan adanya kegiatan pembagian masker kami berharap di bulan suci ramadhan ini selain kita selain kita menjalankan ibadah puasa, namun juga kita harus bisa sehat, aman dari ancaman pandemi covid 19” ujar Serka Sarino.

Menurutnya, hal ini bertujuan untuk memperkuat rasa kerukunan diantara sesama, dimana indahnya berbagi, demi meningkatkan rasa persaudaraan.

“Kami turut mengucapkan selamat berbuka puasa dan selamat menjalankan ibadah puasa 1442 H, mudah mudahan segala amal ibadah kita diterima oleh allah SWT, dan kita semua diberikan kesehatan serta segera dibebaskan dari semua ujian yang sekarang ini kita sedang hadapi bersama” tutupnya. (*)

 240 total views,  240 views today

Continue Reading

Trending Topic