Connect with us

Lampung Selatan

Elemen Sesalkan Pengusiran Wartawan, Ketua DPRD Jadi Pendamai

Published

on

Yuda Pranata, Selaku Wartawan Dari Radar Lampung Saat Didamaikan Oleh Ketua DPRD Lamsel, H. Hendry Rosyadi, SH. MH, Dengan Ketua Komisi II, Halim Nasai

Hanuang.com – Pengusiran Wartawan yang dilakukan oleh Ketua Komisi II DPRD Lampung Selatan (Lamsel), Halim Nasai ditanggapi berbagai elemen masyarakat.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lampung, Hendri Sialoho menyayangkan adanya Pengusiran jurnalis yang hendak meliput rapat pembahasan Rancangan APBD Lampung Selatan. Keberadaan jurnalis di lokasi tersebut, dalam rangka memenuhi hak publik akan informasi. Terlebih hal yang dibahas adalah berkaitan dengan kepentingan publik.

“Anggota DPRD sebagai wakil rakyat tak sepatutnya mengusir jurnalis yang tengah menjalankan kerja-kerja jurnalistik. Sebaliknya, mereka seharusnya mendorong keterbukaan informasi, apalagi menyangkut APBD yang notabenenya uang rakyat,” ungkap Hendri, selasa (19/11).

Dia menjelaskan, dalam pasal 3 ayat (1) UU 40/1999 tentang Pers menyatakan bahwa pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Pasal ini sejalan dengan Pasal 6 huruf d bahwa peranan pers adalah melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum. Artinya, jurnalis yang meliput pembahasan Rancangan APBD tengah menjalankan perannya sebagai pengawas.

“Dalam konsep ketatanegaraan, DPRD bagian dari kekuasaan. Sejarawan Lord Acton bilang bahwa kekuasaan itu cenderung korup. Itulah mengapa mereka yang berkuasa perlu diawasi agar tak menyimpang. Dalam sistem demokrasi, peran tersebut dijalankan oleh pers melalui fungsi kontrol sosial,” jelasnya.

Sebagai bagian dari pers, jurnalis memiliki peran yang sangat spesifik dalam masyarakat. Tugas para jurnalis adalah mempersenjatai publik dengan informasi. Tujuannya, memberdayakan warga negara untuk memperkuat institusi demokrasi dan demokrasi itu sendiri.

“Jurnalisme memiliki kapasitas luar biasa untuk menjadi pengawas bagi mereka yang kekuasaan dan posisinya paling memengaruhi warga. Selain menjadi pengawas, fungsi jurnalisme juga menyuarakan mereka yang tak mampu bersuara. Itulah mengapa jurnalisme menjadi pemantau kekuasaan yang independen, yakni mengawasi beberapa orang yang kuat di masyarakat atas nama banyak orang untuk menjaga dari tirani,” katanya.

Menurutnya, tujuan jurnalisme adalah menyediakan informasi yang dibutuhkan warga agar mereka bisa mengatur hidupnya secara bebas. Karena itu, penting menjamin kebebasan dan perlindungan jurnalis dalam menjalankan kerja-kerja jurnalistik.

Sementara, Ketua Dewan Anak Lampung Selatan (DDALS), Andi Aziz menyesalkan adanya Pengusiran Wartawan yang dilakukan oleh Ketua Komisi II DPRD Lamsel, Halim Nasai. Menurutnya, tidak dibenarkan seorang pejabat publik mengusir media masa.

“Ini sudah nggak benar ini. Masak wartawan mau meliputi di usir. Wartawan itu kan meliputi untuk kebutuhan publik. Seharusnya Anggota DPRD tidak mengusir wartawan,” katanya.

Terpisah, Ketua DPRD Lamsel, Hendri Rosyadi meminta maaf atas Pengusiran Wartawan yang dilakukan oleh anggotanya. Dirinya telah memanggil Ketua Komisi II Halim Nasai untuk menjelaskan duduk perkaranya.

“Saya mewakili kawan-kawan DPRD Lamsel meminta maaf atas Pengusiran ini. Ini ada miskomunikasi yang dilakukan oleh anggotanya. Karena pembahasan ini dilakukan secara terbuka, tidak ada yang di tutup-tutupi. Saya tadi sudah memanggil Dia (Halim Nasai) untuk meminta maaf. Yang pasti, ini tidak akan terjadi lagi kedepannya,” katanya.

Dihadapan Ketua DPRD Lamsel, Ketua Komisi II Halim Nasai meminta maaf atas kekhilafan yang telah dilakukan. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan kondisi yang sedang membahas bersama OPD, sehingga ada miskomunikasi dengan wartawan.

“Saya secara pribadi mohon maaf. Karena saya masih baru sebagai anggota DPRD, tidak mengetahui dalam pembahasan boleh diliputi oleh wartawan. Sekali lagi saya mohon maaf,” katanya. (Arya)

 5,120 total views,  6 views today

Lampung Selatan

Babinsa Bantu Warga Buatkan Kolam Ikan Warga

Published

on

By

Hanuang.com – Koptu Sudomo, Babinsa Koramil 421-05/Padang Cermin, membantu kesulitan warganya dengan membuat kolam ikan di Dusun Bumi Rejo, Desa Wates, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, dalam rangka penguatannya melakukan pendekatan dengan masyarakat, Sabtu, (06/03/21).

Pembuatan kolam ikan merupakan salah satu wujud kebersamaan dan pendampingan petani ikan sekaligus bentuk komunikasi sosial bersama warga binaan.Kolam ikan tersebut dibuat diatas lahan Bapak Tiyo yang nantinya digunakan sebagai tempat budidaya ikan.Babinsa merupakan garda terdepan aparatur kewilayahan yang selalu melekat dengan rakyat.Kegiatan komsos yang dilakukan Koptu Sudomo ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan yang harmonis dengan warga binaan, juga sebagai senjata paling ampuh dalam mengetahui kondisi seluruh keadaan maupun permasalahan di wilayah desa binaannya.

“Saya berharap melalui kegiatan silaturahmi seperti ini, warga binaannya jadi tidak canggung dalam mengungkapkan keluh kesahnya kepada Babinsa sehingga dapat bersama-sama mencari jalan keluar dalam meningkatkan produksi perikanan demi kesejahteraan para peternak ikan” ujarnya

“Dengan bersilaturahmi saat membuat kolam seperti ini, kita bisa membahas perencanaan budidaya ikan dan metode-metode bagus dalam meningkatan produksi budidaya ikan yang mungkin bisa dipakai, Babinsa itu juga harus bisa membantu warga dalam meningkatkan kesejahteraannya. Contohnya dengan membantu peternak ikan. Meski hanya dapat memberikan bantuan tenaga serta memberikan solusi-solusi kepada peternak ikan yang memiliki sebuah masalah. InsyaAllah dengan demikian akan terjalin kerjasama dalam pembangunan ekonomi diwilayah tersebut,” tutupnya. (Arya)

 534 total views,  534 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Sepakbola Persahabatan, Diskominfo dan Wartawan Lamsel Kalahkan Tim NE

Published

on

By

Hanuang.com – Pertandingan sepakbola bertajuk “Revance” ditunjukkan oleh Tim Dinas Kominfo Lampung Selatan (Lamsel) dan Wartawan dalam melawan Tim Nanang Ermanto, Jum’at Sore, (05/03/2021).

Pertandingan yang berlangsung di Lapangan Sepakbola Desa Way Galih, Tanjung Bintang Lamsel berlangsung panas di babak pertama. Kedua tim saling serang dimenit-menit awal. Hingga akhirnya di ujung paruh babak pertama sang striker Tim Kominfo-Wartawan Idho melesatkan gol pertama ke gawang lawan. 5 menit kemudian giliran gelandang Maxi Mai menyumbangkan gol indahnya, namun dianulir wasit karena dianggap offside. 1 menit sebelum turun minum, pemain tengah Idho Mai Saputra menambah nestapa Tim NE-B dan menggenapkan skor sementara menjadi 2 – 0 tanpa perlawanan.

Babak kedua pertandingan lumayan berimbang, Tim NE-B memasukkan pemain-pemain andalannya seperti Edy “Bule” yang pernah bergabung di Tim Elite. Kontan saja permainan menjadi berimbang. Bahkan Tim NE-B mampu membalas 2 gol sekaligus. Pertandingan menjadi setengah lapangan. Beruntung 2 gol pamungkas gelandang nasional Ferdy “Batistuta” menutup keunggulan Tim Diskominfo-Wartawan. Skor akhir 4 – 2 untuk keunggulan telak Tim Diskominfo-Wartawan Lampung Selatan.(*)

 2,777 total views,  1,336 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Dengar Kabar Jembatan Putus, Bupati Lamsel Langsung Terjun Ke Lokasi

Published

on

By

Hanuang.com – Terdengar kabar jembatan putus dan makan korban jiwa di wilayahnya, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto segera turun meninjau lokasi jembatan sungai Batu Ampar yang putus di Dusun Sumberejo, Desa Mekar Jaya Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Jum’at (5/3/2021).

Turut mendampingi, Kalak BPBD, Drs. M. Darmawan, MM, Camat Merbau Mataram, Heri Purnomo, Uspika Merbau Mataram dan Para Kepala OPD Lamsel.

Sebelumnya diinformasi, dua orang pengendara sepeda motor tidak mengetahui jika jembatan putus sehingga saat menyeberang motor yang ditumpangi keduanya masuk kedalam sungai dan terseret arus deras, pada peristiwa selasa lalu.

Dilokasi, Bupati Nanang Ermanto menghimbau kepada Para camat dan Kepala Desa agar selalu memperhatikan wilayahnya, sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Pak Camat nanti sering dikontrol karena saat ini musim penghujan, tolong dilihat untuk jembatan-jembatan yang lainnya. Kita lakukan antisipasi jangan sampai terjadi yang kedua kali,” Ujarnya.

“Saya harap masayarakat desa juga peduli lingkungannya, dikontrol disekitar jembatan. Apa gorong-gorongnya tidak ada, tolong diperhatikan. Dan pak kades ajak masyarakat bergotong-royong,” Imbaunya.

Bupati Nanang Ermanto juga mengatakan akan segera menurunkan alat berat untuk melakukan evakuasi jembatan yang roboh untuk nantinya diperbaiki dan untuk sementara jalan penghubung antar desa tersebut akan ditutup.

Setelah meninjau lokasi kejadian jembatan putus Bupati Nanang Ermanto segera mengunjungi rumah korban dan memberikan bantuan materi dan semangat kepada keluarga yang ditinggalkan.

“Saya harap keluarga bisa ikhlas, sabar dan Tabah. Ini musibah yang tidak kita inginkan, Kedepan jika anak-anak mengalami kesulitan untuk pendidikan sekolahnya. Segera lapor melalui Pak kades atau pak camat, nanti akan kami bantu,” Ucapnya. (Riko)

 2,761 total views,  1,341 views today

Continue Reading

Trending Topic