Connect with us

Lampung Selatan

Diduga Jadi Tempat Mesum, Homestay Green Way Lubuk Di Gruduk Warga

Published

on

Foto : Saat Aksi Masyarakat Sekitar Menggeruduk Homestay Way Lubuk

Hanuang.com – Puluhan Warga Kelurahan Way Lubuk, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Datangi Homestay Green, Jum’at, (09/11/18).

Warga Saat Beraksi Menutup Homestay Green Way Lubuk

Kedatangan aksi masa tersebut yakni melakukan Penutupan terhadap homestay tersebut.

Puncak kekesalan warga karena Homestay Green Way Lubuk diduga milik salah satu Anggota Polri ini kerap dijadikan tempat mesum oleh pelanggan.

Bahkan lokasi yang berada dijalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tersebut pernah digrebek adanya penyalahgunaan narkoba oleh pihak BNN.

Anggota Sat Pol PP Lamsel, Saat Berada Di Lokasi Homestay Green Way Lubuk

Menurut salah seorang warga dilokasi mengatakan, pihak pengelolah Homestay terkesan acuh dan mengabaikan norma kesusilaan karena warga menduga banyak pasangan bukan suami istri menginap di tempat tersebut.

“Pemilik Home Stay pernah membuat kesepakatan dengan warga akan lebih selektif lagi dalam menerima tamu yang akan menginap di tempat tersebut,” ujarnya.

Dia menambahkan, penutupan ini buntut peristiwa dari penggerebekan pengunjung Hotel Homestay yang tertangkap oleh BNN tahun lalu.

Mediasi Yang Dilaksanakan Di Polsek Kalianda Terkait Penutupan Homestay Green Way Lubuk

Selain itu kata dia, permasalah jalan yang berada di samping Hotel Homestay merupakan milik umum, namun selama ini digunakan untuk tempat parkir oleh pihak Hotel Home stay.

“Disisi jalan sebelah kiri yang berbatasan dengan gudang matrial milik PP dibangun taman dan gubuk oleh pihak Hotel Homestay bahkan di bagian belakang Hotel Homestay tersebut terdapat 2 ekor anjing yang di tempat kan oleh pengelolah, sehingga banyak warga takut untuk saat akan melintasi dijalan tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Way Lubuk Hamim Fadil mengatakan, Penutupan jalan yang berada di samping Home Stay sebagai bentuk protes warga terkait pelanggaran perjanjian yang di ingkari oleh pihak Homestay.

“Warga menyadari tidak punya kewenangan untuk menutup lokasi tersebut namun perlu diketahui bahwa jalan yang berada di samping Home Stay adalah hasil dari wakaf dari Bpk Jum,an dan bukan milik Home Stay,” terangnya.

Terpisah Camat Kalianda, Erdianayah, ketika dikonfirmasi membenarkan penutupan homestay oleh warga Way Lubuk. Dalam hal ini pihak Kecamatan segera menutup, namun sebelumnya akan dikordinasikan terlebih dahulu.

“Akan kita kordinasikan dulu dengan pihak terkait. Kita Kordinasikan dulu,” pungkasnya.

Hal senada diungkapkan Kasat Pol PP Lamsel, Heri Bastian yang menjelaskan penghentian kegiatan homestay.

“Kita hentikan sementara kegiatan homestay untuk menerima tamu, sedang di mediasi di Polsek setempat” ungkapnya. (Arya)

 6,403 total views,  12 views today

Lampung Selatan

Ciptakan Lamsel Religi, Pemkot Bengkulu Gelar MoU Dengan Kabupaten Gerbang Sumatera

Published

on

By

Hanuang.com – Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menerima kunjungan Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan beserta jajaran di Aula Sebuku, rumah dinas bupati Lampung Selatan, Kamis (28/1/2021).

Tiba di rumah dinas bupati Lampung Selatan, Helmi Hasan disambut Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin beserta pejabat utama dan Kepala OPD terkait, serta Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lampung Selatan, Agus Sartono.

Kedatangan adik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan itu dalam rangka menjalin kerjasama terkait pendayagunaan potensi daerah untuk meningkatkan kehidupan masyarakat yang religius.

Adapun, ruang lingkup Kesepakatan Bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Bengkulu dan Pemkab Lampung Selatan meliputi empat poin.

Pertama, koordinasi dan komunikasi antara kedua belah pihak. Kedua, harmoniasi dan sinkronisasi program dan kegiatan. Ketiga, penyediaan data dan informasi program unggulan daerah yang mendukung peningkatan kehidupan masyarakat yang relius.

Kemudian keempat, kerjasama meliputi bidang keagamaan, pendidikan, sosial, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, lingkungan hidup, administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, investasi dan penanaman modal.

Selanjutnya, bidang komunikasi dan informatika, koperasi usaha kecil dan menengah, kepemudaan dan olahraga, pariwisata, perdagangan dan perindustrian, serta bidang lainnya yang disepakati antara kedua belah pihak.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin menyambut baik adanya kerjasama antara Pemerintah Kota Bengkulu dan Pemkab Lampung Selatan dalam rangka pendayagunaan potensi daerah guna meningkatkan kehidupan masyarakat yang religius.

Untuk itu, dirinya menyatakan, Kesepakatan Bersama (MoU) tersebut harus ditindaklanjuti oleh masing-masing OPD terkait dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS).

“OPD harus segera menyiapkan dokumen Perjanjian Kerja Sama mengenai teknis pelaksanaan yang mengatur tentang hak dan kewajiban masing-masing pihak,” ujar Thamrin yang menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto.

Dalam kesempatan itu, Thamrin juga sempat memaparkan selayang pandang Kabupaten Lampung Selatan serta capaian program unggulan daerah yang telah dan atau akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan.

Diantaranya, pembangunan Agro Wisata Way Handak dengan luas 5 Hektar, yang bertujuan sebagai salah satu sarana edukasi bagi masyarakat, khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa dibidang pertanian dan perikanan.

Kemudian, ada juga pembangunan Taman dan Kebun Edukasi bagi masyarakat yang terletak di areal Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan. Lalu, pengembangan Kawasan Industri yang berada di Kecamatan Ketapang dan Kecamatan Katibung.

“Kabupaten Lampung Selatan juga menjadi daerah pengembangan kawasan pariwisata terintegrasi Bakauheni yang didukung oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Lampung, sekaligus sebagai salah satu program strategis nasional,” ungkap Thamrin.

Terkait Pelayanan Administrasi Kependudukan, Thamrin mengatakan, pihaknya telah menerapkan sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Online (PAKE OLI).

“Sistem PAKE OLI merupakan aplikasi perangkat lunak yang berbasis website. Aplikasi ini bertujuan memudahkan masyarakat dalam memperoleh dokumen administrasi kependudukan tanpa harus datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Capil,” katanya.

Diakhir, Thamrin berharap, dengan adanya Kesepakatan Bersama itu, dapat saling menguntungkan, dan memberikan manfaat bagi masyarakat di kedua belah pihak.

Sementara, dalam sambutannya, Helmi Hasan menyampaikan, tujuan dari kerja sama itu adalah untuk saling berbagi kebaikan terkait program unggulan di masing-masing daerah.

Sebab menurutnya, disetiap daerah pasti memilki program unggulan yang dapat diterapkan guna meningkatkan kehidupan masyarakat yang religius.

“Inilah kenapa harus ada kerja sama antar daerah. Karena kebaikan disuatu daerah bisa kita ambil, sehingga kebaikan yang ada di satu daerah juga akan dirasakan oleh masyarakat di daerah lainnya,” ujar walikota yang terkenal religius ini.

Helmi Hasan menambakan, saat ini antara pemerintah daerah tidak lagi berbicara mengenai kompetisi. Akan tetapi kata dia, antara daerah satu dan daerah lainnya harus saling berkolaborasi dan bersinergi dalam setiap program unggulan.

“Sehingga harapannya daerah diseluruh NKRI akan lahir program-program yang membawa kebaikan bagi masyarakat. Maka hari ini kami mengajak para kepala OPD untuk banyak melihat Kabupaten Lampung Selatan. Kita ingin berkolaborasi dan bersinergi yang diharapkan berdampak positif bagi masyarakat Bengkulu,” kata Helmi Hasan. (Aziz)

 185 total views,  185 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Polsek Katibung Tangkap Pelaku Penganiayaan di Showroom Motor

Published

on

By

Hanuang.com – Kepolisian Sektor (Polsek) Katibung, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) berhasil mengungkap kasus tindak pidana penganiayaan dan mengamankan satu orang tersangka.

Diketahui, pelaku tunggal penganiayaan Rizki Aprian (33) warga Desa Tanjung Agung, Kecamatan Katibung, Lamsel.

Sedangkan korban Adiansah (29), warga Dusun Pardasuka, RT/RW 001/002, Kecamatan Katibung, Lamsel.

Kapolsek Katibung AKP Defrison menerangkan, pada hari Minggu, tanggal 24 Januari 2021, sekira jam 17.30 WIB telah terjadi penganiayaan terhadap korban Adiansah (29).

“Tempat kejadian perkara (TKP) penganiayaan di show room motor milik pelaku Rizki Aprian (33) di Desa Tanjung Agung, Kecamatan Katibung,” cetus AKP Defrison, Rabu (27/1/2021).

AKP Defrison melanjutkan, sekira pukul 17.20 WIB, korban Adiansah (29) datang ke show room milik Rizki Aprian (33). Dengan maksud, mengundang untuk datang kerumah korban menyelesaikan secara kekeluargaan peristiwa pemukulan yang terjadi sebelumnya yakni Minggu pagi (24/1/2021), sekira pukul 10.30 WIB.

“Pelaku tidak terima lalu secara tiba-tiba langsung memukul hidung korban hingga jatuh tersungkur dan menginjak bagian dada korban,” sebut AKP Defrison.

Korban tidak berusaha melawan malahan mencoba menghindari keributan, namun pelaku yang merasa belum puas kembali memukul korban pada bagian wajah dan hidung hingga mengeluarkan darah.

“Warga sempat melerai kejadian penganiayaan itu, sehingga korban dapat meninggalkan TKP dan pulang kerumah. Setelah menceritakan kejadian kepada keluarga, lalu korban melapor ke Mapolsek Katibung,” rinci AKP Defrison.

Berdasarkan laporan itu, kemudian pada hari Selasa tanggal 26 januari 2021, sekira jam 13.30 WIB, anggota Reskrim Polsek Katibung melakukan penangkapan terhadap tersangka Rizki Aprian (33) dikediamannya yang berada di Desa Tanjung Agung, Kecamatan Katibung.

Selain tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa baju dan masker yang dipakai oleh korban ketika terjadi penganiayaan. Juga, hasil visum et repertum guna kepentingan proses hukum lebih lanjut.

“Tersangka dijerat pasal 351 KUHPidana, dengan ancaman kurungan penjara paling lama dua tahun delapan bulan,” pungkas AKP Defrison. (*)

 552 total views,  552 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Walikota Bengkulu Gelar Silaturahmi Ke Kabupaten Gerbang Sumatera

Published

on

By

Keterangan Gambar : Humas DPRD Lamsel

Hanuang.com – Walikota Bengkulu, Hi. Helmi Hasan, beserta rombongan pagi tadi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Kamis, (28/01/21).

Rombongan tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah, Thamrin, beserta jajaran yang dalam hal ini mewakili Bupati Lamsel yang kebetulan berhalangan hadir, serta Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lamsel, Agus Sartono.

Dalam sambutan Bupati Lampung Selatan yang dibacakan oleh Sekda, Bupati Hi. Nanang Ermanto menyampaikan ucapan selamat datang kepada Walikota Bengkulu dan rombongan.

“Bapak Hi. Helmi Hasan adalah Saudara kita masih berdarah Lampung Selatan juga, makanya kami menerima beliau disini (Rumah Dinas Bupati dan Aula Sebuku)” ungkapnya.

Bupati juga mengapresiasi niat baik Walikota Bengkulu untuk melakukan kerjasama di bidang kepariwisataan, demi kemajuan potensi wisata di wilayah masing-masing. Tak lupa Sekdakab juga menyampaikan sekilas mengenai potensi, data dan angka Lampung Selatan serta program unggulan ke depan dan juga menyampaikan hal-hal yang sudah dilakukan oleh Bupati Lampung Selatan.

Senada dalam sambutannya, Hi. Helmi Hasan, mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari pihak pemkab Lamsel.

“Alhamdulillah, saya pribadi, baru perdana ini masuk ke rumah dinas Bupati Lampung Selatan. Sunah bagi saya menyampaikan salam, dan wajib hukumnya Pak Bupati beserta jajaran menjawab salam, artinya, pemkab Lampung Selatan wajib membalas kunjungan kerja ke Bengkulu dan akan kami tunggu kedatangannya”, ujar Helmi Hasan bersemangat yang diikuti oleh tepuk tangan seluruh undangan.

Tak mau kalah, Walikota Bengkulu juga turut menuturkan tentang program-program unggulan yang telah dan akan dilaksanakan dibawah kepemimpinannya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama antara Kotamadya Bengkulu dan Kabupaten Lampung Selatan dalam hal pengembangan potensi kepariwisataan, kemudian saling bertukar cinderamata dan ditutup dengan makan siang bersama. (Harly)

 623 total views,  623 views today

Continue Reading

Trending Topic