Connect with us

Lampung Selatan

Di Sragi, Nanang Lepas Sepatunya & Berikan Kepada Hendra

Published

on

Hanuang.com – Hendra (46), salah satu Ketua RT di Desa Sumbersari, Kecamatan Sragi ini mengaku terharu dan bahagia karena mendapat hadiah sepatu yang sedang dipakai oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

Sepatu itu diterima Hendra ketika dirinya sedang melakukan dialog dengan Plt Bupati Lampung Selatan disela acara silaturahmi Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dengan masyarakat Kecamatan Sragi di Lapangan Komplek Warung Desa Sumbersari, Rabu (27/2/2019) malam.

Tindakan Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dengan memberikan sepatu yang sedang dipakainya kepada salah seorang warga, mendapat apresiasi dari ratusan masyarakat yang hadir.

Pantauan tim imi, awal mula Nanang Ermanto memberikan salah satu sepatu kesayangan itu, karena merasa iba kepada Hendra, yang merupakan Ketua RT di desa setempat.

Dalam dialog langsung dengan Hendra, diketahui Nanang bahwa Hendra diajak oleh Kepala Desa dan Kadus setempat untuk mengikuti kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan hingga silaturahmi dan ramah tamah dengan Plt Bupati Lampung Selatan.

Hendra pun sempat menceritakan, dirinya diminta untuk datang dengan menggunakan sepatu yang sedikit lebih bagus. Namun, karena tidak memiliki sepatu yang bagus, dirinya pun terpaksa membeli sepatu baru, dengan cara mengutang karena sedang tidak memiliki uang.

Mendengar cerita pilu itu, Nanang Ermanto pun langsung merasa iba. Sehingga, mantan Kepala Desa Way Galih dua periode itu sempat mempertanyakan ukuran kaki Hendra.

“Berapa nomor sepatu Pak RT,” kata Nanang.

Hendra pun langsung menjawab, bila ukuran kakinya 40.

Mendengar jawaban itu, Nanang pun secara spontan langsung mencopot sepatunya, dan untuk selanjutnya diberikan kepada Hendra.

“Ini saya berikan ke bapak, tapi sepatu saya ini ukurannya 41,” tutur Nanang sambil menyodorkan sepatu bermerk ternama itu.

Melihat Plt Bupati menyerahkan sepatunya itu, Hendra pun sontak kaget dan terharu. Seakan tak percaya, dia pun langsung mendekati Plt Bupati.

“Beneran untuk saya pak bupati, terima kasih banyak ya pak,” ucap Hendra sumringah.

Percakapan Nanang Ermanto dengan masyarakat yang berakhir pada pemberian salah satu sepatu kesayangan sang bupati untuk masyarakat itu, sedikit menggambarkan bila, acara silaturahmi dengan masyarakat dapat langsung menyerap keluhan dan masukan secara langsung.

“Inilah tujuannya kami buat kegiatan silaturahmi, kami ingin  tahu apa keluhan masyarakat dan apa yang diinginkan oleh masyarakat,” ujar Nanang.

Sesuai menyerahkan sepatu itu, Nanang kembali membuka percakapan dengan Hendra.

“Silahkan pak RT, apa yang mau disampaikan,” tanya Nanang membuka diskusi dengan warganya.

Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu, Hendra pun menyampaikan keluhannya. Dia meminta kepada orang nomor satu di Kabupaten Gerbang Sumatera itu agar, menaikkan insentif untuk RT, mengingat tugas seorang RT yang cukup berat sebagai ujung tombak pemerintahan terbawah.

“Begini pak, yang lainkan (aparatur desa) penghasilannya dinaikkan, jadi kami harap, insentif RT juga sama, bisa naik,” ungkap Hendra.

Merespon hal itu, Nanang pun berjanji akan menambah kesejahteraan ketua RT dalam anggaran perubahan mendatang.

“Tapi dengan syarat, ketua RT juga harus bisa membantu meningkatkan penerimaan PBB, kalau PBB baik, kan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga, termasuk ketua RT,” kata Nanang. (Arya/Kmf)

 1,163 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Selama Ramadhan, Divisi Sosial GML Indonesia Bantu Korban NTT dan Santuni Anak Yatim

Published

on

By

Hanuang.com – Divisi Sosial Ormas Gema Masyarakat Lokal (GML) Indonesia, menggelar dua kegiatan sekaligus selama bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah.

adapun dua kegiatan tersebut yakni pertama, mengadakan penggalangan donasi dalam membantu para korban Bencana Alam di NTT/NTB.

“Kegiatan digelar di beberapa titik di Lamsel, mulai dari tanggal 19 sampai 25 April kemarin” ujar Ustad Ahmad Sopyan, selaku Ketua Divisi Sosial GML Indonesia.

“Alhamdulillah terkumpul sejumlah dana dari masyarakat Lampung Selatan dan Alhamdulillah telah disalurkan kepada yayasan Insan Tara dan telah sampai ke NTT dan NTB. Masyarakat NTT dan NTB mengucapkan terima kasih kepada DPP GML Indonesia Divisi Sosial dan masyarakat se-Lampung” bebernya, Selasa, (11/05/21).

sedangkan giat yang kedua yakni, pemberian santunan terhadap yatim dan pakir dan sebanyak 30 orang dan kaum duafa 20 orang.

Diketahui bahwa pemberian santunan dilaksanakan di yayasan pondok Pesantren Nurul Huda AZ-DZikri, Dusun Lebung Buluh, Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

desa merak belantung pimpinan bpk ust Ahmad sopyan sekaligus sebagai ketua divisi sosial ormas DPP GML.

“Dananya dikumpulkan dari berbagai sumber, baik pemerintah maupun para dermawan, yang dikumpulkan kurang lebih selama 10 hari dan Alhamdulillah, tepatnya pada hari Senin (10/05) telah disalurkan kepada yang berhak menerimanya yakni anak” tutupnya. (Arya)

 686 total views,  120 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Kodim Lamsel Salurkan Zakat Fitrah Kepada Warga Ponpes Beserta Panti Asuhan

Published

on

By

Hanuang.com – Dalam ibadah bulan suci Ramadhan 1442 H, selain menjalankan ibadah puasa umat muslim juga diwajibkan untuk membayar zakat fitrah, untuk disalurkan pada masyarakat tidak mampu sesuai dengan ketentuan dalam ajaran agama Islam.

Kodim 0421/LS, pada rangkaian kegiatan ibadah di bulan suci ramadhan jelang hari lebaran, menyalurkan zakat fitrah terhadap warga pondok pesantren dan panti asuhan yang digelar di Masjid Al-amanah Kodim setempat, Selasa, (11/05/21).

Hadir dalam giat tersebut, Kapten Inf. Nurdin (pasi Ter), Kapten Czi Mistry Pakar R (pasi inteldim 0421/LS), Kapten Chb Agus Masgus (Pasi Log Dim 0421/LS, Kapten Inf Ujang (Pasipersdim 0421/LS), Letda Inf Tatang (Dan unit inteldim 0421/LS), Perwakilan masyarakat dari pondok pesantren dan juga panti asuhan.

“Zakat Fitrah adalah zakat yang harus dikeluarkan oleh setiap orang Islam pada saat menjelang Idul Fitri, hal ini bertujuan untuk fitrah bagi dirinya sendiri dan diberikan kepada orang orang yang berada dalam tanggungannya, karena keutamaan zakat fitrah bagi mereka yang berpuasa adalah mampu membersihkan diri dari dosa, serta penyempurna ibadah puasa yang sudah dilakukan selama satu bulan penuh” jelas Kapten INF Ujang Herudin.

“Pembagian zakat dibagikan ke masyarakat, Panti asuhan dan juga Pondok pesantren yang berada di Wilayah Kodim 0421/LS, diperuntukkan bagi yang berhak menerima zakat tersebut, kami berharap dengan penyaluran zakat fitrah ini semoga dapat membawa barokah bagi anggota Kodim 0421/LS dengan Masyarakat yang di wilayah teritorial Kodim 0421/LS, bagi warga yang berhak menerimanya” tutupnya. (*)

 692 total views,  118 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Aparat Gabungan di Pos Screening Tugu Garuda Terus Lakukan Pemeriksaan Terhadap Pemudik

Published

on

By

Hanuang.com – POS SCREENING Tugu Pengantin/Tugu Garuda, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, sebagai tempat dilakukannya kegiatan pemeriksaan penyekatan kendaraan bagi para pemudik lebaran 1442 H.

Adapun personil gabungan tersebut yakni dari satuan Koramil 421-02/Gedong Tataan, Polres Pesawaran, Dinas perhubungan Pesawaran, Satuan Pol PP Pesawaran, Dinas Kesehatan, serta Dinas BPBD Pesawaran, Senin, (10/05/21).

Sebelumnya semua personil yang terlibat pada kegiatan itu melakukan apel kesiapan personil maupun materil yang digunakan di lapangan.

Usai melakukan apel kesiapan, selanjutnya para personil gabungan tersebut melakukan pemeriksaan dan penyekatan secara selektif bagi kendaraan pemudik yang melintas di Tugu Pengantin/Tugu Garuda gedong tataan pesawaran dan petugas gabungan melakukan penjagaan disekitar lokasi.

Hal ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi pemudik dari luar pulau yang berpotensi meningkatkan penyebaran virus Covid-19 diwilayah kabupaten pesawaran Provinsi Lampung.

“Selama melakukan kegiatan ini didapati ada beberapa orang pemudik dari luar lampung, yang melintas di pos pantau atau pos penyekatan Tugu Pengantin/pos Tugu Garuda menuju Pringsewu yang kedapatan tidak bisa menunjukan surat Rapid kepada petugas yang bertugas di Pos SCREENING, dan kami memberikan teguran secara lisan, agar para pemudik tetap memperhatikan protokol kesehatan” ujar Pelda Yunisman.

“Kita semua para petugas memberikan tindakan disiplin berupa push up, diharapkan nantinya bagi para pemudik yang tidak membawa rapid dan tidak memakai masker untuk tidak melanggar dalam mematuhi protokol kesehatan” ujarnya.

“Titik penyekatan terdapat juga di dua kecamatan yang ada di Bumi Andan Jejama antara lain Kecamatan tegineneng dan Kecamatan teluk pandan dan untuk pos penyekatan yang ada di tugu pengantin Gedong Tataan Pesawaran mulai beroperasi sejak hari Senin tanggal 26 April 2021 hingga selesai” tutupnya. (*)

 1,763 total views,  118 views today

Continue Reading

Trending Topic