Connect with us

Lampung Selatan

Di Lamsel, Sulpakar Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Published

on

Hanuang.com – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lampung Selatan, Drs. H. Sulpakar, MM memimpin upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang diadakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lampung Selatan di Halaman Sekretariat Kwarcab setempat, Rabu pagi (28/10/2020).

Upacara yang diikuti Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka serta anggota Pramuka se-Kabupaten Lampung Selatan tersebut, sekaligus disatukan dengan Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Bencana, Kwarab Gerakan Pramuka Lampung Selatan.Hadir juga Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan, Sukadi beserta sejumlah pejabat utama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam amanatnya, Sulpakar mengtakan, momentum peringatan hari Sumpah Pemuda harus dapat dijadikan sebagai semangat persatuan dan kesatuan para pemuda dalam memperjuangkan cita-cita dan masa depan.

Menurutnya, para pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus mampu menjawab tantangan zaman yang semakin komplek ini.

“Hal ini sesuai dengan tema Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 yaitu ‘Semangat Bersatu dan Bangkit’. Tema ini mempunyai kesan tegas sebagai salah satu sifat pemuda yang energik dan aktif,” ujar Sulpakar saat menyampaikan sambutan sebagai pembina upacara tersebut.

Disela-sela upacara itu, juga dilakukan penandatangan Kesepakatan Bersama antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan dengan Kwarcab Gerakan Pramuka Lampung Selatan mengenai komitmen bersama dalam penanggulangan bencana alam dan non alam di daerah setempat.

Pjs Bupati Lampung Selatan, juga sempat memberikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa helm, face shield, dan sepatu boot secara simbolis kepada dua orang anggota Gerakan Pramuka Lampung Selatan.

Terkait penanggulangan bencana, Sulpakar mengajak seluruh peserta khususnya adik-adik anggota pramuka dan BPBD agar dapat saling bersinergi dan bekerjasama dalam menghadapi perubahan iklim dan fenomena alam yang dapat menimbulkan bencana dan menelan korban jiwa di daerah setempat.

Untuk itu, Sulpakar juga mengingatkan, semangat gotong royong harus dikedepankan dalam menghadapi setiap persoalan. Karena kata dia, seberat apa pun masalah, jika dilakukan dengan fokus dan bersatu akan diselesaikan dengan baik.

“Termasuk dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda negeri kita. Oleh karena itu kita harus tumbuhkan semangat persatuan dan gotong royong. Kita harus berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Gerakan Pramuka termasuk dengan para pemuda dan elemen masyarakat lainnya,” tandasnya. (Aziz)

 1,755 total views,  3 views today

Lampung Selatan

Hindari Kesan Angker, Babinsa Ajak Warga Bersihkan Makam

Published

on

By

Hanuang.com – Serka Basuni, selaku anggota Babinsa Koramil 421-08/Palas, kembali melakukan aksi gotong – royong bersama warga Desa Mandala Sari, Dusun Karang Sari, Kecamatan Sragi, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Minggu (29/11/20).

Gotong – royong kali ini terpusat pada pengerjaan pembersihan dikawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) dari tumbuhan liat yang mewarnai sekitar TPU, untuk memperindah kawasan tersebut dengan melakukan pembersihan secara total.

“Kawasan TPU ini memang perlu kita bersihkan karena epertinya sudah tidak terawat lagi dan terkesan seperti angker, untuk itu masyarakat dusun Karang Sari bersepakat melakukan pembersihan dilokasi TPU ini, agar TPU terlihat tetap terawat, bersih dan indah” pungkasnya.

“Agar masyarakat khususnya dusun karang sari ini agar tetap kompak dalam melakukan kegiatan gotong – royong, demi meningkatnya kemajuan pembangunan desa, dan terakhir saya berpesan tentang protokol kesehatan tetap dilakukan selama pandemi covid-19 ini masih saja berlangsung” tutupnya. (*)

 801 total views,  196 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

TNI Bantu Pengamanan Obyek Vital JTTS

Published

on

By

Hanuang.com – Serda Eko Sugiarto selaku Anggota Babinsa Koramil 421-10/Katibung ikut melaksanakan pengamanan dan monitoring objek vital Nasional di Desa Rangai Tri Tunggal, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), untuk membantu petugas security di areal tersebut, Minggu, (29/11/2020).

Keikut sertaannya dalam menjaga dan mengamankan obyek vital nasional dijalan tol, dengan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang keluar masuk di area objek vital Nasional, dari kemungkinan tindakan – tindakan yang dapat menggangu sistem keamanan wilayah.

Jalan tol yang menghubungkan dari bakauheni Lamsel hingga ke Sumatera Selatan, masih sangat perlu mendapatkan pengawalan serta pengamanan, dari beberapa terjadinya permasalahan yang dialami oleh warga saat melintas dijalur tersebut.

“Jalan tol yang terletak didesa rangai tritunggal kecamatan Katibung ini, memang sangat perlu mendapatkan pengamanan dari aparat, pasalnya bila terjadi sesuatu bisa segera untuk ikut mengatasinya sehingga permasalahan tersebut bisa selesai” ujarnya.

“Pihak keamanan yang dipersiapkan oleh pengelola jalan tol ini juga masih perlu kita berikan bimbingan tentang teknis pengamanan di lapangan, agar mereka dapat bekerja secara baik” pungkasnya. (*)

 771 total views,  196 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Rasa Prihatin Kepada Warga Tertanam Dalam Jiwa TNI-POLRI

Published

on

By

Hanuang.com – Serka Deki Sartana anggota Babinsa Koramil 421-10/Katibung, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) bersama Bhabinkamtibmas melakukan silaturahmi dan membesuk seorang warga Dusun Tamiang, Desa Pardasuka Kecamatan setempa, Sabtu (28/11/20).

Rasa keprihatinan seorang aparat babinsa dan babinkamtibmas sangat merasakan penderitaan yang dialami oleh saudara Safi’i (35), yang tengah terbaring terkulai lemas karena mengalami sakit akibat terjatuh dari pohon durian beberapa musim yang lalu, sehingga tulang bagian tubuh belakang mengalami patah.

Akibat musibah yang dialami, sampai ini ia hanya bisa berbaring ditempat tidur dan tak bisa berbuat apa – apa, hanya pihak keluarga yang masih memperhatinkan dalam mengurus.

“Secara pribadi dan rasa kemanusiaan saya sangat turut perihatin dengan musibah yang dialamai oleh saudara Safi’i, tentunya hal ini membuat dirinya sangat menderita, dan kedatangan kami berdua adalah untuk menjenguk dan bersilaturahmi dengan saudara safi’i dan keluarga, mudah – mudahan dengan kehadiran kami berdua ini akan memberikan semangat bagi saudara safi’i dan keluarga” ungkapnya.

“Kami juga turut prihatin atas kejadian ini, semoga saudara safi’i dan keluarga diberikan ketabahan atas musibah ini, dan kami mengucapkan terimakasih atas penerimaan kami ini dalam menjenguk” pungkasnya. (*)

 1,400 total views,  196 views today

Continue Reading

Trending Topic