Connect with us

Lampung Selatan

Cerita TNI Lamsel, Dari Terjun Ke Sawah Hingga Kawal BLT DD

Published

on

Serda Sudarwanto Motivasi Petani Dalam Percepatan Penanaman Padi

Hanuang.com – Serda Sudarwanto anggota Koramil 421-03/Penengahan semangati petani untuk melakukan percepatan tanaman padi petani di areal sawah garapan di Desa Kelaten Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Jum’at, (05/06/20).

Ditengah wabah COVID-19, tentunya telah membatasi ruang gerak petani, juga tengah diberlakukan penegakan disipilin protokol kesehatan oleh pemerintah dalam penerapan new normal, namun demikian kebutuhan pangan juga harus tersedia demi kelangsungan hidup dan perekonomian masyarakat petani.

Sehingga disaat situasi sekarang ini, Babinsa melakukan upaya semangati petani untuk percepatan tanam padi, namun tidak terlepas untuk melaksanakan protokol kesehatan saat melakukan aktifitas dalam pekerjaannya.

“Kegiatan yang dilakukan ini semata-mata untuk memotivasi semangat kerja petani, agar para petani lebih giat melakukan upaya percepatan tanam dilahan sawah miliknya, sehingga lahan sawahnya lebih cepat produktif disaat situasi pandemi covid 19” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Wagirin, selaku salah seorang petani menjelaskan bahwa pihaknya merasa terbantu atas motivasi dan dukungan dari TNI.

“Kami merasa lebih termotivasi atas dukungan bapak Babinsa yang telah memberikan semangat pads kami para petani, kami juga akan menjalankan arahan bapak Babinsa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah” ujarnya. (Arya)

Bersama Uspika Penengahan, TNI Kawal Penyaluran BLT

Hanuang.com – Serda Edy Lala, selaku anggota Koramil 421-03/Penengahan, bersama Camat Erdiyansyah dan Kades Padan, Andriyansyah melaksanakan penyaluran (BLT-DD) Tahap 1 Sebagai Lounching Desa Padan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan (Lamsel) di Balai Desa setempat, Kamis, (05/06/20).

Pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat penerima terdampak COVID-19 diberikan selama 3 bulan, yakni sejak Mei, Juni dan Juli 2020 yang bersumber dari anggaran dana desa (DD), sebesar 600.000, untuk 80 kepala keluarga.

Serda Edy Lala selaku Babinsa Padan berharap bagi pemerintah desa ataupun petugas yang ditunjuk, dalam penerapannya agar tepat sasaran.

“Agar BLT ini diberikan tepat sasaran serta disesuaikan dengan kriteria yang ada, sehingga tidak menimbulkan gejolak bagi warga yang tidak menerima, dan kepada masyarakat yang mendapatkan bantuan pergunakan BLT ini, sesuai dengan kebutuhan hidup sehari – hari selama pandemi COVID-19, kami percaya seluruh masyarakat desa Padan dapat menjaga kestbilan keamanan di wilayah desanya ” bebernya. (Arya)

Jelang New Normal, Koramil & Polsek Jati Agung Gencarkan Sosialisasi

Hanuang.com – Koramil 421-09/TB bersama Polsek Jati Agung, bersama Uspika Kecamatan Setempat, menggelar sosialisasi dalam rangka mendukung rencana penerapan kebijakan pemerintah terkait New Normal atau tatanan kehidupan baru dalam beraktivitas sehari-hari dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Danramil 421-09/TB Kapten, lnf. Ujang Haerudin menyampaikan, Selain melakukan sosialisasi, pihak Koramil dan Polsek memeriksa kesiapan sarana prasarana dalam pemberlakuan New Normal di wilayah Kecamatan Jati Agung.

“Kami sudah memeriksa langsung sarana pendukung seperti tempat cuci tangan dan batas untuk mengantre disejumlah lokasi,” bersama Polsek Jati Agung, lptu Mayer Siregar usai mensosialisasikan persiapan menuju New Normal, di Desa Margodadi, Kecamatan Jati Agung, Jum’at, (05/06/20).

Kapolsek Jati Agung menerangkan, seluruh jajaran Polsek dan Koramil Wil Jati Agung juga melakukan sosialisasi di tempat-tempat ibadah dan sarana publik lainnya. Dengan tujuanya agar masyarakat lebih siap menghadapi era tatanan kehidupan baru ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Catatan pentingnya untuk menuju New Normal harus ada kesadaran dan kepatuhan dari masyarakat itu sendiri untuk bisa menerapkan disiplin sesuai protokol kesehatan bagi diri masing-masing.

Kapolsek menambahkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan diri, salah satunya dengan selalu menggunakan masker dan menjaga jarak aman ditempat umum.

Camat Jati Agung, Jhoni lrzal mengungkapkan bahwa saat ini langkah upaya memasuki tatanan hidup baru (New Normal) Ada aturan yang harus ditaati dan regulasi yang akan diikuti.

“Boleh beraktifitas namun dengan peningkatan kedisiplinan dengan protokol kesehatan bukan berarti pelonggaran, namun ada peningkatan kedisiplinan yang harus kita ikuti, sehingga dalam segala aktifotas akan merasa lebih aman” ujarnya.

“Sejauh mana kita mendorong dan sosialisasi dalam memahami kondisi New Normal, Komitmen kita bersama dengan pelaksanaan peningkatan kedisiplinan, wajib pakai Masker, Jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, pola hidup sehat. Kita hadir di sini untuk memastikan menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat di tengah Pemdemi Covid-19 di wilayah Kecamatan Jati Agung” tutupnya. (Arya)

Koramil Kedondong & Uspika Gelar Sosialisasi Jelang New Normal

Hanuang.com – Menindak lanjuti Apel Terpadu Gelar Pasukan penegakan disiplin protokol kesehatan, Jajaran Koramil 421-01/Kedondong melaksanakan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat wilayah Kecamatan Kedondong, Way Lima, dan Way Khilau, Kabupaten Pesawaran, Jum’at, (05/06/20).

Koramil Kedondong bersama Sat Pol PP, Puskesmas dan aparatur Desa, menghimbau masyarakat untuk tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak fisik apabila pergi ke tempat umum seperti pasar tradisional, Toko Modern, Bank ATM, Kantor Pos dan sebagainya.

Selanjutnya Tim juga menghimbau kepada para pengelola pasar dan toko modern untuk menyediakan fasiltas cuci tangan, hand sanitizer dan alat pengukur suhu tubuh.
Dalam kegiatan ini juga dibagikan masker gratis kepada masyarakat yang tidak memakai masker

“Kami akan melaksanakan himbauan secara berkala, diprioritaskan tempat keramaian tentang tatanan kehidupan baru, masyarakat bisa beraktifitas seperti biasa tapi wajib mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah” ungkap Chb Agus Masgus Riyanto selaku Danramil Kedondong.

“Begitu juga dengan pengelola toko modern dan pasar tradisional serta tempat umum lain, Bank, ATM, Kantor Pos agar menyediakan tempat cuci tangan dan pengukur suhu tubuh agar pencapaian tujuan memutus penyebaran Covid-19 dapat dicapai” Tutupnya. (Arya)

Bersama Uspika Palas, Koramil Kawal Penyaluran BLT DD Ke Masyarakat

Hanuang.com – Danramil 421-08/Palas, Kapten Inf. Imron Nata bersama uspika Kecamatan Palas, Kades Kalirejo dan Instansi terkait lainnya melakukan pemantauan dan pengamanan pelaksaan pembagian BLT-DD tahap pertama, di Balai Desa Kalirejo, Kecamatan Palas, Lampung Selatan (Lamsel), Jum’at, (05/06/20).

“Kami memberikan apresiasi kepada pemerintah desa atas pelaksanaan kegiatan ini, serta berharap agar pembagian bantuan BLT – DD ini tepat pada sasaran, untuk mencegah timbulnya permasalahan ditengah-tengah masyarakat, dan menghimbau kepada pemerintahan desa juga masyarakat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan, atur secara tertib sehingga tidak terjadi kerumunan maupun kontak fisik disaat jalannya pembagian BLT DD ini” jelasnya.

Terpisah, Camat Palas, Rikawati, juga menambahkan agar pelaksanaan pembagian BLT DD bagi masyarakat Desa Kalirejo diberikan secara utuh oleh pihak penyelenggara BLT DD ini. (Arya)

Koramil Padang Cermin Sosialisasi New Normal Di Kantor Pos Saat Penyaluran BLT DD

Hanuang.com – Peltu Bambang Babinsa Koramil 421-05/PDC Sosialisasikan Penegakan disiplin new normal di kantor Pos Cabang Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Jum’at, (05/06/20).

Koramil 421-05/PDC yang tergabung dalam tim Gugus tugas penanggulangan Covid 19 Kabupaten Pesawaran, melakukan sosialisasi diterapkannya new normal di lima kecamatan diwilayahnya.

pada kesempatan ini Peltu Bambang beserta 6 anggota Koramil 421-05/PDC lainnya memberikan sosialisasi penegakan disiplin kesehatan new normal di Kantor Pos Cabang Padang cermin yang pada saat itu Jumat 05 Juni 2020 sedang berlangsung kegiatan pembagian BST.

“Untuk menjamin kelancaran dan tercapainya maksud dan tujuan, Tim sosialisasi penegakan disiplin kesehatan new normal Koramil 421-05/PDC melakukan kegiatan dengan tahapan-tahapan seperti meminta izin kepada Camat dan lainnya, serta memberikan arahan kepada masyarakat untuk disiplin kesehatan” ungkapnya.

Berikut poin-poin rincian arahan kesehatan dalam menyambut new normal :

  1. Pintu masuk gerbang harus disiapkan air dan sabun cuci tangan.
  2. Sebelum masuk ke tempat acara/ Tempat tunggu undangan harus sudah diukur dahulu suhu tubuh dengan Thermo gun.
  3. Pembatasan undangan di ruang tunggu.
  4. Pengaturan jarak duduk tamu undangan.
  5. Pembatasan antara kasir dan penerima dana bantuan dengan plastik.

Selain itu, Pelda Bambang Sulistyo menghimbau ke masyarakat penerima bantuan agar penerima dana bantuan membatu program pemerintah New Normal dengan melaksanakan protokol kesehatan lapangan dengan benar. (Arya).

 4,777 total views,  6 views today

Lampung Selatan

Polres Lampung Selatan Layani Vaksinasi Khusus Pelajar dan Mahasiswa

Published

on

By

Hanuang.com – Guna mensukseskan program pemerintah dalam percepatan pencegahan penularan covid-19, Polres Lampung Selatan terus melakukan vaksinasi kepada masyarakat yang ada di bumi Khagom Mufakat ini.

Pelayanan vaksinasi oleh Korp Bhayangkara ini tidak hanya diberikan kepada warga masyarakat, namun para pelajar dan mahasiswa juga menjadi target pelayanan vaksin covid-19 yang dilaksanakan secara menyeluruh diseluruh wilayah hukum Polres Lampung Selatan.

Setelah sebelumnya, Kamis (16/9/2021) sebanyak 450 dosis pertama diberikan pelayanan vaksinasi kepada para pelajar di SLTA di Kecamatan Bakauheni, saat ini Polres Lampung Selatan melanjutkan pelayanan vaksinasi kepada mahasiswa sebanyak 1.000 dosis pertama yang penyelenggaraannya dipusatkan di Klinik Polres Lampung Selatan.

“Kemarin kami melayani vaksinasi kepada para pelajar SLTA di Bakauheni, hari ini kami lanjutkan pelayanan kepada para mahasiswa sebanyak 1.000 peserta untuk dosis pertama” kata Kapolres Lampung Selatan, AKBP Edwin, SIK, SH, M.Si , Jumat (17/9/2021) .

Percepatan vaksinasi ini dilakukan guna mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pencegahan penularan covid-19 diwilayah ini, sehingga diharapkan nantinya segera terbentuk Herd Immunitty diwilayah ini.

Sedangkan di Kecamatan Candipuro yang dipusatkan di Polsek Candipuro, pihaknya juga memberikan pelayanan vaksinasi dosis kedua sebanyak 1.000 dosis, dan diperkirakan akan dilaksanakan selama dua hari.

“Di Candipuro kami memberikan pelayanan Vaksinasi dosis kedua sebanyak 1.000 dosis, dan diperkirakan akan dilaksanakan selama dua hari” jelasnya.

“Dalam pelaksanaan vaksinasi pihaknya bekerjasama dengan Ikatan dokter Indonesia (IDI) lampung Selatan yang siap mendukung pelaksanaan vaksinasi ini” tutupnya.

Ketua IDI Lampung Selatan dr Wahyu Wibisono menerangkan bahwa dalam pelaksanaan vaksinasi ini, pihaknya didukung sebanyak 7 dokter, yang selanjutnya setiap dokter akan memimpin Tim yang akan melaksanakan vaksinasi di seluruh Wilayah hukum Polres Lampung Selatan.

“Diharapkan dengan percepatan pelayanan vaksinasi ini Herd Immunity di Lampung Selatan akan terbentuk, dan masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya kembali seperti sediakala” pungkasnya. (*)

 837 total views,  837 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Ini Daftar Sekolah di Lamsel Yang Akan Lakukan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Published

on

By

Hanuang.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pada satuan pendidikan PAUD, SD, dan SMP mulai 20 September 2021.

Sedangkan untuk tingkat SMA sederajat, pelaksanaan uji coba PTM juga akan dimulai pada Senin, 20 September 2021. Meskipun berada dibawah naungan provinsi, satuan pendidikan tingat SMA telah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Lampung Selatan untuk melakukan uji coba PTM terbatas. 

Sementara itu, berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan Nomor : 800/2212/IV.02/2021 Tanggal 16 September 2021 telah ditetapkan Sekolah Pelaksana Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan

Rinciannya, sebanyak 32 Sekolah Tingkat Pertama (SMP), 34 tingkat Sekolah Dasar (SD), dan 34 tingkat PAUD yang akan melaksanakan PTM terbatas dengan durasi jam belajar yang berbeda. 

Untuk tingkat PAUD, durasi PTM berlangsung selama 2 jam pembelajaran tanpa istirahat. Tingkat SD dan SMP dalam kondisi khusus selama 3 jam pembelajaran tanpa istirahat.

Sedangkan untuk tingkat SMA, SMK, MA sederajat, PTM dilaksanakan selama 4 jam tanpa istirahat.

Sementara untuk tingkat MI, MTS maupun MA, belum terdata secara menyeluruh, karena sistem pelaporan harus terintegrasi ke pusat. 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lampung Selatan, H. Ashari mengatakan, saat ini baru MA Wati Iya Islamiyah Kecamatan Candipuro dan MA Al Ikhlas Kecamatan Tanjung Bintang yang sudah siap dan terintegrasi ke pusat.

“Yang lain sedang dalam proses. Insya Allah senin sudah ada perubahan, baik tingkat MI, MTS, maupun MA,” ujar H. Ashari.

Disisi lain, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Tingkat SMA, Idhamsyah mengatakan, pihaknya telah siap melaksanakan uji coba PTM terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

“Kesiapan SMA Negeri untuk melaksanakan PTM terbatas sebanyak 56 sekolah. Dengan rincian 18 SMA Negeri dan 38 SMA Swasta,” kata Idhamsyah kepada Diskominfo Lamsel. 

Dilain pihak, Ketua MKKS Tingkat SMK, Harminto juga menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan uji coba PTM terbatas.

“Untuk SMK, sebanyak 57 sekolah tingkat SMK sudah siap memulai PTM terbatas pada Senin lusa. Dengan rincian SMK Negeri sebanyak 13 sekolah dan SMK Swasta ada 44 sekolah,” katanya 

Sementara itu, untuk memastikan pelaksanaan uji coba PTM terbatas dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto telah membentuk tim untuk melakukan monitoring ke masing-masing sekolah pelaksana uji coba.

Hal itu tertuang dalam Surat Bupati Lampung Selatan Nomor : 40/STC-19/2021 tanggal 16 September 2021 tentang Pemantauan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas yang ditujukan pada Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan.

Nantinya, tim tersebut akan bertugas melakukan edukasi kepada jajaran Satuan Pendidikan agar pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dapat dilakukan sesuai ketentuan dan dengan memberlakukan protokol kesehatan secara lebih ketat. 

“Kita memberlakukan PTM terbatas karena Lampung Selatan sudah memasuki zona kuning. Akan tetapi, kita tidak boleh lengah, tidak boleh eforia, pelaksanaan PTM terbatas harus tetap kita kontrol. Apakah benar-benar dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan,” tegas Nanang Ermanto. 

Lebih lanjut Nanang mengatakan meskipun berada pada zona kuning, akan tetapi dalam setiap harinya masih ada masyarakat Lampung Selatan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Untuk itu, dirinya meminta kepada semua pihak terkait harus memastikan, apakah pelaksanaan uji coba PTM terbatas benar-benar telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

“Saya tidak ingin pelaksanaan PTM menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Maka saya perintahkan kepada seluruh Kepala OPD untuk memonitor secara langsung pelaksanaan PTM di tiap-tiap Kecamatan. Apakah benar-benar menerapkan protokol kesehatan atau tidak. Jika ada yang melanggar, kita hentikan,” tandasnya. (*)

 837 total views,  836 views today

Continue Reading

Lampung Selatan

Bupati Lamsel Ziarah ke Makam Karullah Hulubalang di Desa Hara Banjarmanis

Published

on

By

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melakukan ziarah ke makam Pangeran Karullah Hulubalang di Desa Hara Banjarmanis, Kecamatan Kalianda, Jumat (17/9/2021).

Dalam kunjunganya, Nanang Ermanto turut didampingi sejumlah pejabat daerah setempat. 

Nampak hadir Pelaksana tugas Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Muhadi, Inspektur Kabupaten Anton Carmana, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Feri Bastian.

Saat melakukan ziarah, rombongan Bupati Lampung Selatan juga turut didampingi keluarga dari keturunan Pangeran Karullah Hulubalang.

Dalam kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan dan rombongan melakukan doa bersama di Pusara Pangeran Karullah Hulubalang.

Selepas berdoa, Nanang Ermanto berjanji akan membangun jalan menuju arah pemakaman Pangeran Karullah Hulubalang. 

Dihadapan keluarga Pangeran Karullah Hulubalang, Nanang langsung memerintahkan pejabat terkait agar segera menurunkan alat berat untuk melebarkan jalan tersebut. 

“Saya minta dalam waktu dekat pembangunan jalan menuju area pemakaman sudah dikerjakan,” ujar Nanang.

Sementara, menurut informasi warga setempat, Pangeran Karullah Hulubalang merupakan tokoh adat Desa Hara Banjarmanis yang hidup di tahun 1817. 

Semasa hidupnya, sang Pangeran Karullah Hulubalang sangat dihormati dan disegani masyarakat sekitarnya, terutama masyarakat Adat Legun. 

Pada masanya, Pangeran Karullah Hulubalang juga merupakan tokoh pejuang yang ikut mempertahankan tanah Lampung dari penjajahan bangsa asing. (*)

 848 total views,  848 views today

Continue Reading

Trending Topic