Hanuang.com

Home

Bupati Lamsel Beserta Jajaran Disambut Dengan Pencak Silat dan Tarian Pada Pembukaan Musrenbang Kecamatan Way Sulan 2022

Hanuang.com – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto beserta jajaran Pemerintah Kab. Lampung Selatan disambut hangat dengan kesenian pencak silat dan tarian sigekh pangunten dalam acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) Kecamatan Way Sulan yang dilaksanakan di Lapangan Desa Karang Pucung, Selasa (15-2-2022).

Rombongan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto beserta jajaran secara simbolis mengikuti prosesi pengalungan selempang tapis oleh penari sebagai wujud penyambutan tamu kehormatan serta dengan diiringi pencak silat ke lokasi gelaran acara musrenbangcam.

Kesenian pencak silat merupakan persembahan dari Pencak Silat Siliwangi Desa Sumber Jaya Kec. Way Sulan.Sedangkan tarian sigekh pengunten dan musik pengiring tari merupakan persembahan dari siswa-siswi SMA Nurul Hidayah Kec.Way Sulan.

Penampilan kesenian ini sebagai upaya untuk terus melestarikan budaya Indonesia terkhusus kesenian dan kebudayaan di Lampung Selatan.

Hal tersebut disampaikan Muhammad Fanto selaku pelatih pencak Silat Siliwangi Kec. Way Sulan saat ditemui dalam gelaran acara musrenbangcam.

“Ini nanti bapak ibu bupati datang, pemain Pencak Silat Siliwangi mengiringi ke acara musrenbang. Kita juga latihan rutin, agar tetap lestari dan memang sudah sering tampil dalam berbagai acara, kita juga sudah siapkan pesilat yang senior-senior,” Jelas Fanto.

Muhammad Fanto juga menambahkan latihan Pencak Silat Siliwangi dilakukan setiap malam Rabu di Desa Sumberjaya, sebagai bentuk kecintaan dan pelestarian terhadap warisan budaya Indonesia yang kaya.

“Kita latihan rutin setiap malam rabu, bentuk rasa cinta dan pelestarian kita terhadap warisan budaya Indonesia yang kaya,” tambahnya.

Senada dengan pelatih pencak silat, Fatmawati pelatih tari sekaligus guru seni budaya SMA Nurul Hidayah juga mengatakan pelestarian kesenian khususnya Lampung Selatan harus melibatkan para generasi muda seperti siswa-siswa sekolah.

“Para penari dan pemain musik adalah siswa kelas X, XI, XII SMA Nurul Hidayah. Alhamdulilah musrenbangcam sebelumnya SMA Nurul Hidayah Kec.Way Sulan juga dipercaya untuk tampil,” tambah Fatmawati.

Fatmawati menambahkan, diperlukan pelatihan maupun pembinaan terhadap pelestarian serta pengembangan seni budaya di Lampung Selatan termasuk pada tingkat sekolah dari pihak terkait seperti peran dari Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) baik tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten.

“Kalau bisa memang harus ada pembinaan serta pelatihan pada tingkat sekolah dari dewan kesenian kabupaten maupun kecamatan untuk kedepan kesenian kita agar lebih bagus,” tutur Fatmawati.

Perlu diketahui, Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) yang diketuai langsung oleh Ibu Hj.Winarni Nanang Ermanto mempunyai peran sebagai wadah masyarakat dalam pelestarian dan pengembangan seni dan budaya yang ada di Lampung Selatan.

Terbagi kedalam beberapa divisi seni dan budaya Dewan Kesenian Lampung Selatan juga membentuk dewan kesenian ditingkat kecamatan serta secara aktif melakukan pembinaan dan pelatihan pada tiap-tiap divisi seperti pelatihan pada divisi seni tari, seni rupa, seni musik dan divisi atau bidang lainnya.(HY)

Share

BERITA TERBARU